Cara Menulis Profil Pribadi Curriculum Vitae (CV)

Pada tahun ini empat dari sepuluh pekerja mengkonfirmasi bahwa mereka tidak senang dengan pekerjaan mereka saat ini.

Jika ini Anda, saatnya untuk memperbaiki CV Anda dan siap untuk pencarian pekerjaan baru. Menyatukan informasi penting pada CV Anda, seperti pendidikan dan riwayat pekerjaan adalah tugas yang cukup mudah.

Cara Menulis Profil Pribadi Curriculum Vitae (CV)

Meskipun Anda mungkin berpikir ini adalah semua yang dibutuhkan untuk memasarkan diri sendiri secara efektif, Anda mungkin harus menambahkan profil pribadi juga. Ini akan memberi CV Anda nilai tambah yang dibutuhkan untuk mengamankan pekerjaan itu di 2019.

Cara Menulis Profil Pribadi Curriculum Vitae (CV)

1. Apa itu profil pribadi?

Profil pribadi, atau dikenal sebagai informasi pribadi, profil CV atau bahkan mungkin tujuan karir pada dasarnya adalah uraian portofolio karier Anda.

Paragraf kecil ini berada di bagian atas CV Anda. Ini secara ringkas dan efektif menunjukkan siapa Anda, keterampilan dan kekuatan Anda yang relevan dengan sektor atau peran pekerjaan dan tujuan karier Anda.

Kedengarannya cukup sulit, tetapi pernyataan pribadi tidak masalah untuk ditulis, cobalah. Mereka sebenarnya sangat mirip dengan surat pengantar. Kecuali, Anda akan memberikan poin terbaik Anda ke perusahaan potensial kurang dari empat kalimat.

Jadi, jika Anda telah menghabiskan seluruh waktu dalam membuat CV dan memperbarui informasi baru, membuat perekrut tertarik ketika mulai membaca CV, menambahkan profil pribadi memastikan itu terjadi.

2. Apakah profil pribadi diperlukan pada 2020?

Profil pribadi banyak diperdebatkan di seluruh industri. Beberapa ahli mengklaim Anda membutuhkan satu untuk menjual keterampilan Anda dan yang lain menyarankan untuk tidak menampilkannya karena itu akan membuang-buang ruang yang berharga.

Jawaban singkatnya adalah Anda tidak perlu memiliki pernyataan pribadi. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata perekrut menghabiskan 8,8 detik melihat CV Anda. Jadi, daripada membiarkan CV Anda tersesat dalam proses ‘sekilas’ ini, Anda harus memberi mereka alasan untuk terus membaca.

Ada beberapa alasan sebenarnya mengapa Anda mungkin tidak memilih untuk memiliki informasi pribadi. Tetapi, seharusnya Anda tidak perlu repot untuk menulisnya. Ini sebenarnya tergantung pada status pencarian pekerjaan Anda. Jika Anda melamar untuk peran pekerjaan tertentu dan melampirkan surat lamaran ke CV Anda, Anda dapat secara aktif memilih untuk tidak memiliki informasi pribadi.

Seperti yang telah kami sebutkan, surat lamaran Anda akan melakukan banyak hal untuk Anda. Jadi, Anda mungkin sebaiknya tidak memiliki ringkasan lain. Mengatakan itu, inti dari CV adalah memasarkan diri sendiri. Karena itu, jika Anda dapat memasukkan iklan lain, mengapa tidak?

Jika Anda lulusan baru, maka sebaiknya tinggalkan sisi profesional informasi pribadi. Anda dapat menuliskan sisi profesional ketika mendapatkan lebih banyak pengalaman kerja. Jika anda lulusan baru, cukup sorot fakta bahwa Anda telah mendapatkan gelar dan garis besar jalur karier yang ingin Anda ikuti.

Meskipun bukan hal yang buruk untuk membagikan ambisi Anda dengan perekrut, Anda mungkin akan menemukan jumlah kata ‘bisa’ lebih baik digunakan untuk membahas kemampuan Anda secara lebih mendalam. Tepat ketika Anda menjalan beberapa program kerja di universitas.

Namun, jika Anda telah mengumpulkan kekuatan dan pengalaman selama berada di universitas yang memberikan keunggulan pada pekerjaan yang Anda lamar, Anda harus menyoroti ini dalam pernyataan pribadi Anda, dan menjelaskan kepada perekrut bahwa Anda akan unggul dalam peran pekerjaan ini.

Profil pribadi juga sangat berguna jika Anda mencoba memasuki sektor kompetitif seperti digital agency, iklan, film, musik, dan penerbitan. Seperti yang dapat Anda bayangkan, perekrut dari bidang ini menangani ratusan CV secara teratur. Jadi, mereka hanya akan melewati CV Anda kecuali mereka mengetahui keunggulan kompetitifnya.

Baca juga: Seberapa Panjang Isi CV Seharusnya?

Profil pribadi adalah cara sempurna bagi Anda untuk menarik perhatian mereka dan membujuk perekrut untuk terus membaca CV Anda karena Anda memberi tahu mereka secara langsung mengapa mereka harus mempekerjakan Anda. Tentu saja, Anda harus tahu cara menulis pernyataan yang efektif terlebih dahulu, tetapi kami akan membahasnya sedikit.

Anda juga harus mempertimbangkan untuk menulis pernyataan pribadi jika Anda mengunggah CV Anda ke situs perekrutan seperti jobstreet. Ini memberi Anda kesempatan untuk menyoroti tujuan karir Anda dan memberikan CV Anda lebih banyak konteks.

Meskipun ini adalah informasi berharga untuk perekrut, penting bagi Anda untuk memperbaikinya. Pernyataan pribadi Anda akan memungkinkan perekrut untuk mencocokkan Anda dengan pekerjaan yang tepat dan memastikan bahwa perannya terpenuhi.

Jika Anda tidak sepenuhnya yakin pekerjaan apa yang Anda inginkan, atau jika ada beberapa sektor yang menurut Anda dapat masuk dengan keahlian khusus Anda, maka mungkin lebih baik untuk tidak menyertakan pernyataan pribadi.

Jika pernyataan pembukaan Anda terlalu luas, Anda berisiko memberi kesan bahwa Anda belum memiliki minat dengan benar. Atau bahkan tidak sedang mencari pekerjaan. Ini bukan kesan terbaik bagi calon atasan.

3. Cara Menyusun Profil Pribadi

Kita tahu menulis pernyataan pribadi bisa sangat menakutkan. Tetapi jujur, setelah Anda mulai menulisnya, sisanya akan datang secara alami. Inilah uraian dasar-dasar pembuatan profil pribadi.

Yang paling penting untuk diingat adalah bahwa pernyataan biasanya panjangnya sekitar empat kalimat, dan tidak lebih dari enam kalimat. Bertujuan agar hasilnya antara 50 dan 200 kata, dan menggambarkan diri anda.

Seperti panjangnya, tata bahasa yang Anda tulis juga memiliki beberapa fleksibilitas. Anda dapat memilih untuk menulis sebagai orang ketiga yang dapat terlihat lebih objektif, misalnya, ‘SEO Specialist mencari … keterampilan termasuk …’ Atau Anda dapat menulis sebagai orang pertama yang cenderung lebih pribadi: ‘Saya seorang SEO Specialist yang mencari … Keahlian saya adalah … ‘

Sejujurnya tidak masalah sudut pandang mana yang Anda pilih, cukup pilih sudut pandang yang Anda sukai untuk menulis. Selama Anda tetap konsisten, Anda tidak bisa salah.

4. Apakah profil pribadi saya memerlukan judul?

Semakin mudah tata letak CV Anda, semakin baik. Hal terakhir yang diinginkan perekrut adalah mencari-cari di antara sekumpulan kata-kata yang seharusnya menampilkan bagian-bagian terbaik Anda.

Anda tidak benar-benar membutuhkan judul untuk profil pribadi Anda. Itu terletak di bawah nama Anda dan info kontak, sebelum menulis daftar pengalaman pekerjaan atau riwayat pendidikan Anda. Jadi cukup jelas pengantar itu untuk Anda.

Kedua, buat jarak lebih besar dan coba tambah menjadi 1,5. Karena ini adalah hal pertama yang akan dibaca oleh perekrut, Anda ingin ini dibaca sejelas mungkin. Seringkali pembuat CV tidak memperhatikan jarak, sehingga perekrut tidak dapat membaca informasi dengan jelas.

5. Apa yang dimasukkan dalam profil pribadi Anda?

Ketika menyusun pernyataan pribadi Anda untuk pekerjaan impian Anda pada tahun 2020, bagi menjadi tiga bagian: siapa Anda? apa yang dapat Anda tawarkan kepada perusahaan? dan apa tujuan karier Anda?

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!