Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan Sewaktu Interview

Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan Sewaktu Interview, Tips ini buat temen-temen yang mo nyari kerja terus mau masuk ke segmen wawancara, biasa nya perusahaan akan tahu bagaimana kita lewat wawancara…so wawancara adalah bagian penting dari melamar pekerjaan…nah ini merupakan pertanyaan jebakan perusahaan yang biasa di tanyakan ke kita untuk melihat kepribadian kita…check it out….

Ketika baru pertama kali melamar kerja, pastinya terasa mendebarkan. Tidak jarang akan muncul pikiran mengenai apa saja yang akan ditanyakan saat wawancara kerja atau interview. Pastinya, setiap pelamar akan berharap bisa lolos dari sesi wawancara ini dengan mudah dan terbebas dari pertanyaan jebakan. Nah biar tidak grogi dan gugup saat dapat pertanyaan, berikut 8 tips menjawab pertanyaan jebakan saat interview.

Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan Sewaktu Interview

Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan Sewaktu Interview

1. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

Ini peluang Anda untuk “menjual” diri Anda. Uraikan dengan singkat dan jelas kelebihan yang Anda miliki, kualifikasi Anda dan apa yang dapat Anda sumbangkan bagi perusahaan tersebut. Hati-hati , jangan memberikan jawaban yang terlalu umum.

Hampir setiap orang mengatakan mereka merupakan seorang pekerja keras dan memiliki motivasi. Berikanlah jawaban yang memperlihatkan keunikan yang Anda miliki.

2. Mengapa tertarik bekerja di perusahaan ini?

Pertanyaan ini merupakan salah satu alat bagi si pewawancara untuk mengetahui apakah Anda mempersiapkan diri anda dengan baik. Jangan pernah datang untuk sebuah wawancara pekerjaan tanpa mengetahui latar belakang perusahaan.

Dengan memiliki informasi yang cukup mengenai latar belakang perusahaan tersebut maka pertanyaan di atas memberikan kesempatan kepada Anda untuk memperlihatkan inisiatif, dan menunjukkan apakah pengalaman serta kualifikasi yang Anda miliki sepadan dengan posisi yang diperlukan.

3. Apa kelemahan utama Anda?

Rahasia dalam menjawab pertanyaan di atas adalah dengan berkata jujur mengenai kelemahan Anda, tapi jangan lupa menjelaskan bagaimana Anda mengubah kelemahan tersebut menjadi kelebihan. Misalnya, bila Anda memiliki masalah dengan perusahaan terdahulu, perlihatkan langkah yang Anda ambil.

Hal ini memperlihatkan bahwa Anda memiliki kemampuan dalam mengenali aspek yang perlu diperbaiki dan inisiatif dalam memperbaiki diri Anda.

4. Mengapa berhenti dari perusahaan terdahulu?

Pertanyaan wawancara kerja ini merupakan pertanyaan yang cukup penting, dan sebaiknya jawab pertanyaan ini dengan matang. Pasalnya, dari jawaban ini perusahaan bisa menilai karakter dan juga orientasi dari pelamar kerja. Hal ini dikarenakan, motivasi orang bisa berhenti dari kerjaan memiliki kaitan erat dengan karakter dan orientasi dari pekerja tersebut. Untuk itu, usahakan hindari menyebutkan masalah pribadi sebagai alasan dan pastikan alasan tersebut suatu hal yang profesional.

Walaupun Anda berhenti dari pekerjaan terdahulu dengan cara yang tidak baik, Anda harus berhati-hati dalam memberikan jawaban. Usahakan untuk memberikan jawaban yang diplomatis. Bila Anda memberikan jawaban yang mengandung aspek negatif, kompensasikan jawaban tadi dengan jawaban yang positif.

Bila anda mengeluhkan tentang pekerjaan terdahulu, maka hal ini tidak memberi poin apa-apa buat Anda.

5. Bagaimana Anda mengatasi masalah?

Tidak mudah memberikan jawaban bila Anda mendapatkan pertanyaan seperti di atas, terutama bila Anda baru lulus dan tidak memiliki pengalaman kerja. Pewawancara ingin melihat apakah Anda dapat berpikir kritis dan mengembangkan solusi tanpa melihat jenis permasalahan yang Anda hadapi, bahkan walaupun Anda tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengatasi masalah yang dihadapi.

Gambarkan langkah-langkah yang Anda lakukan dalam memprioritaskan pekerjaan. Hal ini memperlihatkan bahwa Anda
bertanggungjawab dan tetap dapat berpikir jernih walaupun sedang menghadapi masalah.

6. Prestasi apa yang dibanggakan?

Rahasia dari pertanyaan di atas adalah dengan menyeleksi dan memilih secara spesifik prestasi yang berhubungan dengan posisi yang sedang ditawarkan. Walaupun Anda pernah menjuarai bola basket pada waktu kuliah, tetapi ini bukan merupakan sebuah jawaban yang diharapkan.

Berikan jawaban yang lebih profesional dan lebih relevan. Pikirkan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut dan kembangkan contoh yang memperlihatkan bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

7. Berapa gaji yang Anda harapkan?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang tersulit terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup.Yang perlu Anda lakukan sebelum wawancara adalah mencari tahu pasaran gaji untuk posisi yang ditawarkan agar
Anda dapat memberikan jawaban atas pertanyaan ini.

Pertanyaan ini sedikit menjebak dan cukup sulit untuk dijawab. Sebab, bisa saja posisi dan gaji yang diminta akan berbeda. Sehingga dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja satu ini membutuhkan waktu yang lama. oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu standar gaji di perusahaan tersebut. Kemudian perhitungkan faktor faktor, seperti pengalaman dan tingkat kesulitan tugas pekerjaan. Selanjutnya jelaskan ekspektasi Anda, yang masih dalam standar perusahaan.

Beritahu pewawancara bahwa Anda terbuka untuk membicarakan mengenai kompensasi bila saatnya tiba. Bila terpaksa, berikan jawaban yang berupa kisaran angka, bukan angka tertentu.

8. Bisa ceritakan mengenai diri Anda?

Mungkin pertanyaan di atas tampaknya mudah tetapi pada kenyataannya tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Yang pasti Anda harus menyadari bahwa pewawancara tidak tertarik untuk mengetahui apa yang Anda lakukan di akhir pekan ataupun dari daerah mana Anda berasal.

Pewawancara berusaha mengetahui Anda secara profesional. Siapkan dua atau tiga poin mengenai diri Anda, baik pengalaman kerja maupun sasaran karir Anda dan tetap konsisten. Rangkum jawaban Anda dengan mengungkapkan keinginan Anda sebagai bagian dari perusahaan tersebut. Bila memiliki jawaban yang mantap maka hal ini dapat membawa Anda pada pembicaraan yang memperlihatkan kualifikasi Anda.

9. Gambarkan Diri Anda?

Pertanyaan satu ini adalah pertanyaan yang kerap kali dilontarkan oleh pihak HRD. Lantas apa yang ada di benak Anda ketika pertanyaan tersebut diberikan? Apakah menggambarkan hal positif atau negatif? Jika pertanyaan ini terlontar, maka Anda harus hari hati. Sebab pertanyaan tersebut bertujuan agar bisa mengetahui karakter dasar para pelamar. Hal ini dikarenakan, karakter seorang pekerja adalah aspek penting bagi setiap perusahaan.

Biasanya calon pekerja yang memiliki karakter kuat, akan menarik perhatian pihak pewawancara. Terlebih jika karakter tersebut sesuai dengan nilai nilai perusahaan. Untuk itu, pilihlah 3 kata yang bisa mendeskripsikan diri Anda dan sesuaikan dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Kemudian berikan gambaran karakter yang sesuai dan gunakan kata kata positif. Contohnya seperti mudah bekerjasama, pekerja keras, jujur, berkomitmen tinggi, dan karakter positif lainnya.

10. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Pertanyaan satu ini cukup penting dalam wawancara kerja, sebab seorang pelamar wajib mengetahui tempat atau perusahaan apa yang akan dituju. Sehingga, pertanyaan ini muncul biasanya berguna untuk mengetahui seberapa banyak calon pelamar kerja mengenal visi dan misi perusahaan. Dalam menjawab pertanyaan ini, maka sebaiknya fokus memberikan jawaban yang berkaitan dengan sisi positif dari perusahaan yang akan dilamar.

Yang paling penting, jangan sampai membandingkan perusahaan tersebut dengan perusahaan yang dulu atau perusahaan lain. Ada baiknya, untuk menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki keunggulan yang bisa membuat Anda menjadi tertarik untuk bergabung. Dimana nantinya jawaban tersebut, bisa membuat perusahaan semakin tertarik merekrut Anda menjadi karyawan.

11. Mengapa Tertarik Bergabung Dengan Perusahaan Ini?

Jika mendapatkan pertanyaan seperti ini, lantas apa yang akan Anda jawab? Kebanyakan orang, biasanya akan menjawab dengan suasana kerja yang lebih nyaman atau juga karena gaji yang tinggi. Namun jangan sampai terkecoh! Sebab, pertanyaan ini merupakan salah satu usaha perusahaan untuk mencari motivasi para pelamar yang sesungguhnya. Perlu diketahui, setiap perusahaan lebih menginginkan pekerja yang loyal. Untuk itu, pastikan bawah jawaban yang Anda berikan bukan jawaban remeh.

Hindari mengutarakan ketidaknyamanan saat kerja di perusahaan sebelumnya. Pasalnya, perusahaan yang baru ini bisa saja akan menilai Anda adalah seseorang yang tidak mau bekerja keras. Untuk itu saat wawancara kerja, ada baiknya  pertanyaan tersebut dijawab dengan alasan yang positif. Contohnya seperti, ingin berkontribusi kepada perusahaan karena menyalurkan bakat. Usahakan alasan bergabung dengan perusahaan ini karena motivasi yang membangun.

12. Jelaskan Rencana Anda Ke Depan!

Pertanyaan satu ini, juga tidak kalah penting dari pertanyaan lain saat interview. Lantas apa maksud dari pertanyaan tersebut? Di pertanyaan ini, pihak perusahaan ingin tahu berapa lama Anda akan bergabung dengan perusahaan tersebut. Pasalnya, setiap perusahaan biasanya sangat berhati hati dengan calon karyawan yang “kutu loncat” atau pegawai yang suka pindah pindah perusahaan. Pihak perusahaan tidak ingin sampai salah memilih karyawan.

Untuk itu, dalam pertanyaan ini sebaiknya uraikan tujuan jangka panjang yang ingin Anda capai. Dan pastikan bahwa dalam tujuan ini, Anda melibatkan perusahaan yang akan dilamar tersebut sebagai bagian dari rencana. Oleh karena itu, ada baiknya pertanyaan dalam wawancara kerja ini dijawab dengan bijak dan sudah dipikirkan dengan matang. Jangan sampai Anda menjawab dengan seadanya dan tidak bersungguh sungguh.

13. Berikan Gambaran Mengenai Pekerjaan yang Dilamar!

Perlu diketahui, mengerti atau paham mengenai posisi yang dilamar adalah sesuatu yang sangat penting. Pasalnya, hal tersebut akan berkaitan dengan tugas dalam perusahaan yang dilamar di kemudian hari. Setiap perusahaan pastinya tidak ingin mempekerjakan orang orang yang tidak mengerti apapun mengenai tugasnya di perusahaan. Yang mana hal tersebut berarti akan membutuhkan waktu yang cukup lama, untuk bisa membuat pekerja beradaptasi dengan lingkungan perusahaan.

Dalam kasus tersebut, pihak perusahaan tidak ingin mengambil risiko dengan hal semacam ini. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk memastikan telah mencari informasi terlebih dulu apa yang akan menjadi tanggungjawab ketika bekerja di perusahaan tersebut. Dengan memberikan jawaban yang tepat, maka pihak perusahaan akan merasa bawa Anda merupakan orang yang tepat untuk posisi pekerjaan ini.

14. Apa Pendapat Anda Tentang Lembur?

Setiap pertanyaan yang dilontarkan tim HRD pada saat interview, adalah pertanyaan penting. Namun tidak jarang pertanyaan tersebut sedikit menjebak para pelamar. Contohnya saja seperti pertanyaan, apa pendapat Anda mengenai lembut? Jika dijawab dengan asal dan seadanya, maka akan sangat berisiko. Sebab pertanyaan satu ini merupakan pertanyaan untuk mengetahui komitmen pelamar kerja.

Untuk itu, untuk bisa menjawab pertanyaan jenis ini pastikan bahwa jawaban yang diberikan sudah cukup sesuai. Yakni tidak berlebihan namun juga tidak kurang. Tentu, akan ada banyak yang tidak nyaman dengan lembur. Akan tetapi, nyatakan jika Anda memiliki komitmen yang besar untuk bisa menyelesaikan pekerjaan. Jika memang harus bekerja lembut, maka pastikan jika lembur masih dalam batas toleransi. Sehingga, jangan sampai jawaban yang diberikan tersebut justru terkesan basa basi.

Dan itulah tips yang bisa Anda gunakan, dalam menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh pihak HRD pada saat interview. Dengan adanya ulasan ini, tentu diharapkan bisa membantu Anda dalam melewati sesi interview dengan maksimal. Untuk itu, jangan lupa selalu pelajari, pahami, dan coba terapkan tips dalam ulasan ini di interview selanjutnya. Semoga berhasil!

Anda bisa melihat beberapa pertanyaan wawancara kerja lainnya di artikel kami sebelumnya Latihan Menjawab Test Wawancara dan Contoh Pertanyaannya

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!