Hadapi HRD Dengan Percaya Diri, Yuk Intip 8 Kiat Sukses Wawancara Kerja

8 Kiat Sukses Wawancara Kerja | Melamar pekerjaan merupakan pengalaman yang sangat berarti bagi setiap orang, sehingga banyak orang yang grogi berlebihan. Hal ini diperparah saat harus berhadapan dengan HRD atau pewawancara. Oleh karena itu, sering kali lupa untuk memberikan kesan pertama yang terbaik agar CV dan diri anda dilirik pewawancara, bahkan lolos hingga ke tahap selanjutnya. Kiat sukses wawancara berikut ini yang wajib anda ketahui sebelum melamar pekerjaan.

Hadapi HRD Dengan Percaya Diri, Yuk Intip 8 Kiat Sukses Wawancara Kerja

Tips Sukses Hadapi Pewawancara saat Melamar Pekerjaan

1. Siapkan CV

Curriculum Vitae adalah cerminan dari diri seorang pelamar pekerjaan, sehingga harus dibuat dengan sangat singkat, padat, jelas, tetapi tetap informatif. Sertakan kemampuan yang anda miliki, riwayat pendidikan, informasi penting, dan pengalaman setidaknya 2 tahun terakhir. Hal ini dapat menunjang daya jual anda, sehingga lebih dilirik saat melakukan wawancara. Yang tidak kalah penting tambahkan pula gambaran diri anda secara singkat serta foto di dalam CV.

Pengalaman ataupun kemampuan yang ditulis usahakan sesuai serta relevan dengan jurusan yang anda ambil. Hal ini juga dapat disesuaikan dengan posisi yang anda lamar, sehingga berpotensi untuk lolos hingga tahap selanjutnya. Pada tahap pengecekan CV ini, sebaiknya anda juga melampirkan bukti bukti prestasi atau portofolio agar HRD atau pewawancara semakin yakin dengan kemampuan anda. Buatlah CV dengan menarik dan ringkas agar mudah dibaca.

2. Gali Informasi tentang Perusahaan

Sering kali ditemukan pelamar pekerjaan tidak menguasai posisi yang dilamar dan perusahaan yang ia inginkan. Hal ini menjadi nilai penting karena menunjukkan minat anda terhadap suatu perusahaan dan posisi tersebut. Kiat sukses wawancara satu ini juga mengharuskan para pelamar memahami tugas pokok dari posisi tersebut dan tujuan dari perusahaan tempat ia akan bernaung. Hal ini merupakan nilai penting, tetapi sering kali diabaikan oleh calon pelamar pekerjaan.

3. Memakai Pakaian yang Rapi

Pakaian yang rapi ternyata memegang peran penting dalam proses anda wawancara. Meskipun bukan sebagai penentu, tetapi yang anda pakai saat wawancara memengaruhi kesan pertama yang ditangkap oleh HRD. Pakaian yang rapi dan formal ini menunjukkan sikap profesional yang anda miliki serta sebagai tanpa menghormati pewawancara. Akan tetapi, juga harus disesuaikan dengan posisi yang anda lamar, seperti baju formal untuk perbankan dan kasual untuk industri kreatif.

4. Datang Tepat Waktu

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki budaya terlambat, sehingga beberapa orang terbiasa untuk terlambat. Tahukah anda bahwa kebiasaan ini sangat buruk dan kurang baik dampaknya saat bekerja? Setiap orang dihargai jika dapat mengelola waktunya dengan baik, sehingga para pelamar pekerjaan juga harus melakukannya. Di hari pertama bertatap muka dengan HRD sebaiknya memberi kesan yang baik, yaitu dengan datang tepat waktu.

Tidak hanya memberi kesan yang baik, datang tepat waktu juga sangat bermanfaat untuk anda. Datang lebih awal, sekitar 15 sampai 30 menit sebelum waktu wawancara sangat penting agar anda tidak tegang atau gugup. Selain itu, anda juga dapat menyiapkan penampilan karena kiat sukses wawancara satu ini. Pada saat menunggu dipanggil untuk masuk ruang wawancara, anda juga dapat mempersiapkan materi yang telah dipelajari dan memantapkan mental sebelum wawancara.

5. Perhatikan Gestur Tubuh

Panggilan wawancara berarti anda telah lolos tahap pemberkasan, sehingga berarti perusahaan ingin mengenal anda terlebih dahulu. Pada saat sebelum memulai wawancara, biasanya anda akan diminta untuk mengenalkan diri. Akan tetapi, anda tidak perlu ragu untuk mulai berjabat tangan lebih dulu. Hal ini sangat sepele, tetapi gestur kecil ini menunjukkan bahwa anda siap untuk wawancara, nyaman di tempat tersebut, dan percaya diri di hadapan pewawancara.

Gestur yang tidak kalah penting adalah menjaga kontak mata dengan pewawancara selama proses wawancara berlangsung. Kontak mata dan kepercayaan diri yang telah anda tunjukkan sejak awal menjadi penanda bahwa anda siap. Kiat sukses wawancara satu ini juga dapat anda tambah dengan selalu menyunggingkan senyum. Proses tanya jawab dengan pewawancara ini berlangsung cukup singkat, sehingga kesan yang baik harus ditinggal agar perjalanan karier anda selalu lancar.

Baca juga: Latihan Menjawab Test Wawancara dan Contoh Pertanyaannya

6. Pada Saat Sesi Tanya Jawab

Pada saat proses tanya jawab, pewawancara akan memimpin jalannya proses ini. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir jika ingin bertanya mengenai sesuatu hal. Hal itu menunjukkan anda tertarik dengan pekerjaan dan perusahaan yang dilamar. Siapkan jawaban yang diplomatis, tetapi tidak terlalu muluk muluk agar pewawancara juga yakin dengan anda. Jika anda bertanya pada pewawancara, maka wawancara ini akan berjalan lebih interaktif dan menarik.

Sebelum bertanya lebih lanjut, biasanya akan diawali dengan pewawancara meminta anda untuk menceritakan diri sendiri. hal ini menjadi ajang yang tepat untuk menjual diri di hadapan HRD perusahaan. Tidak hanya itu, anda juga diminta untuk menyatakan alasan menjadi calon karyawan yang tepat. Pada sesi ini sampaikan pengalaman dan keahlian, sehingga kiat sukses wawancara satu ini dapat meyakinkan HRD bahwa anda layak dan mampu di posisi tersebut.

7. Menjawab Pertanyaan saat Wawancara

Berhadapan dengan orang dan bertumpu pada kemungkinan diterima atau tidak memang selalu membuat gugup. Akan tetapi, anda harus dapat menguasai diri sehingga menjawab pertanyaan dengan sistematis, padat, dan tepat. Hindari menjawab pertanyaan dengan bertele tele dan berpikir terlalu lama. Hindari pula jawaban yang terlalu muluk, sehingga membuat HRD perusahaan kurang tertarik dengan anda. Terlebih jawaban yang kurang masuk akal, sehingga anda tercoret dari kandidat.

Salah satu contoh pertanyaan yang mungkin dilontarkan adalah rencana 5 tahun ke depan. Hal ini harus diperhatikan secara rasional karena perusahaan ini melihat kontribusi yang dapat anda berikan kepada perusahaan. Salah satu contoh jawaban yang terbaik adalah mengasah skill yang anda miliki, sehingga dapat berdampak baik pada perusahaan. Jawaban itu menunjukkan bahwa anda orang yang ingin belajar dan berkembang di dalam perusahaan atau di suatu posisi pekerjaan.

8. Kelebihan dan Kelemahan

Yang tidak kalah penting dari kiat sukses wawancara ini adalah menyampaikan kelebihan dan kelemahan. Anda dapat menyampaikan kelebihan yang dapat menunjang posisi pekerjaan itu. Saat menyampaikan kelemahan, pastikan dapat menjadikan kelemahan sebagai salah satu nilai plus anda. Salah satu contohnya dengan kelemahan tidak bisa multitasking yang menunjukkan anda sebagai orang yang fokus dalam bekerja dan dapat mencapai hasil yang baik hingga akhir.

Melamar pekerjaan kali pertama memang sangat menegangkan, terutama saat harus bertatap muka dengan HRD perusahaan. Anda dapat mengikuti tips tips sukses lolos wawancara dengan cara siapkan CV yang menarik dan informatif. Selain itu, cari tahu informasi perusahaan, baju yang rapi, datang tepat waktu, perhatikan gestur tubuh, cara saat sesi tanya jawab, dan siapkan jawaban terbaik. Pastikan juga selalu ramah pada resepsionis dan selalu sarapan agar tidak tegang berlebihan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!