Tips Membuat CV yang Menarik Agar Cepat Dipanggil Interview

Tips Membuat CV yang Menarik Agar Cepat Dipanggil Interview, Syarat untuk mendapatkan pekerjaan impian memang harus dipersiapkan dengan matang, termasuk membuat CV yang menarik agar dilirik oleh HRD.

Pasalnya hal pertama yang dilihat oleh HRD adalah CV dari pelamar. Sayangnya sebagai lulusan baru, banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membuat biodata diri yang bagus untuk melamar kerja. Berikut tips membuat CV yang bisa kamu coba agar dipilih HDR untuk melakukan wawancara.

Cara Membuat Curriculum Vitae untuk Melamar Kerja

1. Memahami Apa yang Perlu Dicantumkan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami mengenai konten dari CV itu sendiri. Kebanyakan fresh graduate masih kebingungan dan belum mengerti sebenarnya apa saja yang harus ditulis pada CV. Umumnya CV terdiri dari identitas diri yang berisi tentang nama, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi serta alamat email. Selain itu, CV juga memuat pendidikan yang telah ditempuh terutama pendidikan terakhir dan nilai yang diperoleh.

Anda juga perlu mencantumkan gambaran singkat tentang diri dan keterampilan yang dimiliki serta pengalaman kerja sebagai salah satu tambahan. Anda juga bisa mencantumkan pelatihan yang sebelumnya pernah diikuti, setidaknya dua atau tiga tahun terakhir. Tambahan lain berupa hobi atau kegiatan yang disukai, namun masih berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Usahakan menulis CV secara singkat dan jelas, sehingga HRD lebih nyaman dan mudah membacanya.

2. Memilih Desain CV yang Menarik

Selain memahami informasi apa saja yang perlu dicantumkan, anda juga perlu menggunakan desain CV yang lebih menarik. Tidak perlu menggunakan desain yang rumit dan terlalu banyak warna. Usahakan desain yang dipilih tetap simple namun masih memuat informasi yang penting. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih desain, diantaranya penggunaan bold, capslock, dan italic untuk memperjelas jenis huruf yang dipakai.

Hindari menggunakan font yang umum sebagai salah satu tips membuat CV. Anda bisa mencoba font font yang lebih modern. Namun, pemilihan font juga harus mempertimbangkan kejelasan jenis huruf tersebut ketika sedang dibaca. Anda bisa mencobanya dengan print kertas terlebih dahulu. Jika kesulitan membuat desain, anda bisa memanfaatkan aplikasi desain yang lebih mudah dan sederhana. Yang terpenting dari CV, yakni informasi bisa tersampaikan dengan baik.

3. Informasi Pengalaman Kerja

Mempunyai pengalaman kerja memang menjadi nilai tambah tersendiri ketika melamar pekerjaan. Apalagi saat ini banyak perusahaan bonafit yang menjadikan pengalaman kerja sebagai syarat untuk melamar. Sebaiknya cantumkan pengalaman kerja secara mendetail mengenai posisi pekerjaan, tanggung jawab serta kompleksitas dari pekerjaan sebelumnya yang masih berhubungan dengan pekerjaan yang saat ini dilamar.

Dengan adanya informasi yang lengkap, maka HRD akan lebih mudah mengukur kapasitas pelamar apakah pekerjaan yang dilamar sudah sesuai. Tentu HRD lebih mempertimbangkan pelamar yang telah berpengalaman pada bidang tersebut dan lebih mengetahui permasalahan yang sering dihadapi, karena bisa menghemat dari segi waktu training. Dengan mencantumkan pengalaman kerja secara detail, akan semakin besar kemungkinan untuk dipanggil interview.

Baca juga: 7 Tips Menulis Pengalaman Kerja pada Curriculum Vitae (CV)

4. Menulis Dengan Menggunakan Bahasa Asing

Jika memiliki kemampuan bahasa asing, maka tips membuat CV yang menarik dengan menulisnya memakai bahasa asing. Gunakan bahasa asing yang lebih umum seperti bahasa inggris. Dengan menulis CV menggunakan bahasa inggris, maka HRD akan semakin tertarik untuk membacanya . Apalagi jika perusahaan yang dilamar merupakan salah satu perusahaan multinasional. Namun, anda juga harus memilih pemakaian istilah yang simpel dan mudah dimengerti.

Apabila masih tidak memiliki kemampuan bahasa asing, anda bisa mengikuti kursus atau pelatihan bahasa asing untuk mendukung pekerjaan anda kedepannya. Pasalnya, saat ini kemampuan bahasa asing sering dicantumkan sebagai persyaratan melamar kerja di suatu perusahaan. Memang mengikuti kursus bahasa asing membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga anda bisa mengandalkan aplikasi terlebih dahulu untuk melatih kemampuan bahasa asing.

5. Mencantumkan Kontak Referensi

Saat menulis CV untuk melamar suatu pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang anda miliki, maka tidak ada salahnya mencantumkan kontak referensi. Kontak referensi ini bisa berupa nomor telepon atau kontak yang dimiliki orang yang pernah bekerja sama dengan anda. Tentu mereka memiliki pengetahuan tentang keterampilan yang anda miliki. Dengan melakukan tips membuat CV ini, maka HRD akan menghubunginya jika membutuhkan informasi terkait keahlian anda.

Apabila informasi yang diterima dari kontak referensi tersebut sesuai dengan keahlian yang anda miliki, maka HRD akan mempertimbangkan untuk mewawancarai anda. Tidak perlu mencantumkan terlalu banyak kontak, cukup satu atau dua saja. Dan pastikan anda telah mendapatkan izin dari kontak yang akan dicantumkan pada CV. Karena dikhawatirkan jika orang tersebut terganggu apabila ada orang tak dikenal yang menghubunginya.

6. Mencantumkan Soft Skill yang Dimiliki

Bukan hanya pengalaman kerja saja yang perlu dicantumkan, anda juga perlu menulis soft skill yang anda miliki. Tips membuat CV ini bisa menjadi nilai tambah, terutama jika masih berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Biasanya perusahaan juga melampirkan soft skill yang harus dimiliki oleh calon pelamar. Akan lebih baik lagi jika soft skill tersebut juga dibuktikan dengan posisi yang pernah anda pegang dan masih berkaitan dengan kemampuan tersebut.

Sebagaimana contohnya ketikan dalam suatu pekerjaan mengharuskan seseorang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, tentu jika pernah memegang jabatan sebagai ketua organisasi atau lembaga maka ini akan dipertimbangkan oleh perusahaan. Soft skill yang dimiliki setiap orang berbeda beda, dan biasanya tergantung dari kepribadian seseorang. Contoh soft skill yang lain yaitu berpikir kritis, memiliki kemampuan bernegosiasi, bisa berkomunikasi dengan baik.

Baca juga: Cara Menulis Profil Pribadi Curriculum Vitae (CV)

7. Menyisipkan Media Sosial

Tidak ada salahnya menambahkan media sosial yang anda miliki saat menulis CV. Biasanya perusahaan membutuhkan informasi yang lebih detail terkait pelamar, apabila CV yang dikirim tampak menarik. Dengan mencantumkan media sosial anda, maka HRD bisa mengetahui kepribadian anda lebih jauh dan menilai apakah anda layak mendapatkan pekerjaan tersebut. Apabila yang terlihat di media sosial, anda termasuk pribadi yang baik tentu HRD akan mempertimbangkannya.

Namun, pastikan anda merapikan media sosial yang dimiliki terlebih dahulu sebelum menerapkan tips membuat CV satu ini. Selain itu, gunakan media sosial dengan bijak dan hindari postingan yang melanggar hukum atau SARA. Karena postingan yang tidak pantas bisa mengurungkan niat HRD memanggil anda untuk interview. Anda bisa mencantumkan beberapa media sosial seperti facebook, instagram atau Linkedin

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis CV. Dengan menulis CV yang baik maka anda akan masuk sebagai pelamar yang dipertimbangkan untuk melakukan wawancara. Melamar pekerjaan memang bukan perkara mudah, karena anda harus rajin mencari informasi mengenai pekerjaan yang sesuai. Sembari menunggu lamaran diterima anda bisa mengasah kemampuan anda dengan mengikuti pelatihan pelatihan yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!