5+ Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik

Bagaimana Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik agar Cepat Dipanggil Interview? Sebelum mempelajari contoh CV dalam bahasa Indonesia, Anda perlu mengetahui dasar-dasar cara membuatnya.

Seberapa Panjang CV Anda Seharusnya

Berbekal artikel ini, CV Anda pasti akan lebih baik di mata perusahaan.

Artikel ini akan mencoba menjelaskan contoh CV lamaran kerja bahasa indonesia yang benar dan baik. Semoga ini bisa membantu Anda yang mencoba mendapatkan pekerjaan.

A. Cara Membuat Curriculum Vitae Menarik

Syarat untuk mendapatkan pekerjaan impian memang harus dipersiapkan dengan matang, termasuk membuat CV yang menarik agar dilirik oleh HRD.

Pasalnya hal pertama yang dilihat oleh HRD adalah CV dari pelamar. Sayangnya sebagai lulusan baru, banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membuat biodata diri yang bagus untuk melamar kerja.

Berikut tips membuat CV yang bisa kamu coba agar dipilih HDR untuk melakukan wawancara.

1. Memahami Apa yang Perlu Dicantumkan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami mengenai konten dari CV itu sendiri. Kebanyakan fresh graduate masih kebingungan dan belum mengerti sebenarnya apa saja yang harus ditulis pada CV.

Umumnya CV terdiri dari identitas diri yang berisi tentang nama, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi serta alamat email. Selain itu, CV juga memuat pendidikan yang telah ditempuh terutama pendidikan terakhir dan nilai yang diperoleh.

Anda juga perlu mencantumkan gambaran singkat tentang diri dan keterampilan yang dimiliki serta pengalaman kerja sebagai salah satu tambahan.

Anda juga bisa mencantumkan pelatihan yang sebelumnya pernah diikuti, setidaknya dua atau tiga tahun terakhir.

Tambahan lain berupa hobi atau kegiatan yang disukai, namun masih berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Usahakan menulis CV secara singkat dan jelas, sehingga HRD lebih nyaman dan mudah membacanya.

2. Memilih Desain CV yang Menarik

Selain memahami informasi apa saja yang perlu dicantumkan, anda juga perlu menggunakan desain CV yang lebih menarik. Tidak perlu menggunakan desain yang rumit dan terlalu banyak warna.

Usahakan desain yang dipilih tetap simple namun masih memuat informasi yang penting. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih desain, diantaranya penggunaan bold, capslock, dan italic untuk memperjelas jenis huruf yang dipakai.

Hindari menggunakan font yang umum sebagai salah satu tips membuat CV. Anda bisa mencoba font font yang lebih modern. Namun, pemilihan font juga harus mempertimbangkan kejelasan jenis huruf tersebut ketika sedang dibaca.

Anda bisa mencobanya dengan print kertas terlebih dahulu. Jika kesulitan membuat desain, anda bisa memanfaatkan aplikasi desain yang lebih mudah dan sederhana. Yang terpenting dari CV, yakni informasi bisa tersampaikan dengan baik.

3. Informasi Pengalaman Kerja

Mempunyai pengalaman kerja memang menjadi nilai tambah tersendiri ketika melamar pekerjaan. Apalagi saat ini banyak perusahaan bonafit yang menjadikan pengalaman kerja sebagai syarat untuk melamar.

Sebaiknya cantumkan pengalaman kerja secara mendetail mengenai posisi pekerjaan, tanggung jawab serta kompleksitas dari pekerjaan sebelumnya yang masih berhubungan dengan pekerjaan yang saat ini dilamar.

Dengan adanya informasi yang lengkap, maka HRD akan lebih mudah mengukur kapasitas pelamar apakah pekerjaan yang dilamar sudah sesuai.

Tentu HRD lebih mempertimbangkan pelamar yang telah berpengalaman pada bidang tersebut dan lebih mengetahui permasalahan yang sering dihadapi, karena bisa menghemat dari segi waktu training.

Dengan mencantumkan pengalaman kerja secara detail, akan semakin besar kemungkinan untuk dipanggil interview.

Baca juga: 7 Tips Menulis Pengalaman Kerja pada Curriculum Vitae (CV)

4. Menulis Dengan Menggunakan Bahasa Asing

Jika memiliki kemampuan bahasa asing, maka tips membuat CV yang menarik dengan menulisnya memakai bahasa asing. Gunakan bahasa asing yang lebih umum seperti bahasa inggris.

Dengan menulis CV menggunakan bahasa inggris, maka HRD akan semakin tertarik untuk membacanya . Apalagi jika perusahaan yang dilamar merupakan salah satu perusahaan multinasional.

Namun, anda juga harus memilih pemakaian istilah yang simpel dan mudah dimengerti.

Apabila masih tidak memiliki kemampuan bahasa asing, anda bisa mengikuti kursus atau pelatihan bahasa asing untuk mendukung pekerjaan anda kedepannya.

Pasalnya, saat ini kemampuan bahasa asing sering dicantumkan sebagai persyaratan melamar kerja di suatu perusahaan.

Memang mengikuti kursus bahasa asing membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga anda bisa mengandalkan aplikasi terlebih dahulu untuk melatih kemampuan bahasa asing.

5. Mencantumkan Kontak Referensi

Saat menulis CV untuk melamar suatu pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang anda miliki, maka tidak ada salahnya mencantumkan kontak referensi.

Kontak referensi ini bisa berupa nomor telepon atau kontak yang dimiliki orang yang pernah bekerja sama dengan anda. Tentu mereka memiliki pengetahuan tentang keterampilan yang anda miliki.

Dengan melakukan tips membuat CV ini, maka HRD akan menghubunginya jika membutuhkan informasi terkait keahlian anda.

Apabila informasi yang diterima dari kontak referensi tersebut sesuai dengan keahlian yang anda miliki, maka HRD akan mempertimbangkan untuk mewawancarai anda.

Tidak perlu mencantumkan terlalu banyak kontak, cukup satu atau dua saja. Dan pastikan anda telah mendapatkan izin dari kontak yang akan dicantumkan pada CV.

Karena dikhawatirkan jika orang tersebut terganggu apabila ada orang tak dikenal yang menghubunginya.

6. Mencantumkan Soft Skill yang Dimiliki

Bukan hanya pengalaman kerja saja yang perlu dicantumkan, anda juga perlu menulis soft skill yang anda miliki. Tips membuat CV ini bisa menjadi nilai tambah, terutama jika masih berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar.

Biasanya perusahaan juga melampirkan soft skill yang harus dimiliki oleh calon pelamar. Akan lebih baik lagi jika soft skill tersebut juga dibuktikan dengan posisi yang pernah anda pegang dan masih berkaitan dengan kemampuan tersebut.

Sebagaimana contohnya ketikan dalam suatu pekerjaan mengharuskan seseorang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, tentu jika pernah memegang jabatan sebagai ketua organisasi atau lembaga maka ini akan dipertimbangkan oleh perusahaan.

Soft skill yang dimiliki setiap orang berbeda beda, dan biasanya tergantung dari kepribadian seseorang. Contoh soft skill yang lain yaitu berpikir kritis, memiliki kemampuan bernegosiasi, bisa berkomunikasi dengan baik.

Baca juga: Cara Menulis Profil Pribadi Curriculum Vitae (CV)

7. Menyisipkan Media Sosial

Tidak ada salahnya menambahkan media sosial yang anda miliki saat menulis CV. Biasanya perusahaan membutuhkan informasi yang lebih detail terkait pelamar, apabila CV yang dikirim tampak menarik.

Dengan mencantumkan media sosial anda, maka HRD bisa mengetahui kepribadian anda lebih jauh dan menilai apakah anda layak mendapatkan pekerjaan tersebut. Apabila yang terlihat di media sosial, anda termasuk pribadi yang baik tentu HRD akan mempertimbangkannya.

Namun, pastikan anda merapikan media sosial yang dimiliki terlebih dahulu sebelum menerapkan tips membuat CV satu ini. Selain itu, gunakan media sosial dengan bijak dan hindari postingan yang melanggar hukum atau SARA.

Karena postingan yang tidak pantas bisa mengurungkan niat HRD memanggil anda untuk interview. Anda bisa mencantumkan beberapa media sosial seperti facebook, instagram atau Linkedin

B. Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik

Misalnya, untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang CV bahasa Indonesia, Anda pasti perlu melihatnya secara langsung contohnya.

Ada beberapa contoh CV PDF, contoh CV word (doc) dan contoh CV bahasa Indonesia yang sederhana dan menarik di internet.

Namun khusus dalam artikel ini, saya akan memberikan contoh yang mengutamakan faktor penulisan tapi sebelum itu lihat beberapa artikel lainnya yang berhubungan:

Anda pasti bisa memahaminya dan melakukan perubahan sesuai data dan dokumen yang ada.

Berikut adalah contoh lengkapnya. CV yang saya kirimkan adalah contoh CV untuk melamar posisi Barista.

5+ Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik

Anda dapat membuat contoh CV di atas dalam format yang berbeda. Ada berbagai jenis yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Berikut beberapa contohnya:

1. Contoh CV Tulis Tangan

Bentuk CV seperti itu sebenarnya sudah ketinggalan zaman. Tapi sejauh yang saya tahu, masih ada perusahaan yang membutuhkannya.

Kalaupun melamar menjadi PNS, salah satu langkahnya adalah dengan menulis DRH (Daftar Kisah Hidup) yang mutlak harus diisi langsung dengan tangan.

Beberapa perusahaan lebih menyukai format tulisan tangan. Karena ada ilmu membaca karakter dari bentuk tulisan. Namanya Ilmu Grafologi.

Berikut ini Contoh CV Bahasa Indonesia tulis tangan yang sudah selesai:

5+ Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik

2. Contoh CV Word Format Doc

Selanjutkan dengan format file doc. biasanya dibuat dalam sofware pengolah kata seperti Microsoft Word atau Google Docs.

Pola ini sebenarnya cukup rentan karena dokumen ini berpotensi tinggi diubah oleh tangan yang tidak bertanggung jawab. Terdapat celah untuk mengubahnya sangat besar.

Tetapi jika perusahaan memintanya, patuhi saja.

Hasil dari Contoh CV Bahasa Indonesia format doc terlihat seperti ini:

5+ Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik

3. Contoh CV Format PDF

Baru-baru ini, CV dengan format PDF telah menjadi format permintaan yang paling umum.

Keuntungan dari format ini adalah lebih ringan dan relatif aman, karena sulit untuk merubahnya.

Biasanya lowongan kerja secara digital seperti Email atau Portal Karir yang meminta format CV ini, anda dapat membuat CV Format PDF dengan menggunakan website pembuat CV.

Jika Anda membuatnya di sana, unduhan biasanya dalam format PDF.

Meskipun ada juga yang membuat file doc terlebih dahulu kemudian mengonversinya menjadi file PDF di situs konversi format dokumen.

Contoh CV Bahasa Indonesia Format PDF seperti ini:

5+ Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik

4. Contoh CV Format Gambar (JPG/JPEG/PNG)

Informasi daftar riwayat hidup juga dapat dicantumkan dalam format gambar.

Memberikan kualitas terbaik melalui CV sangat penting bagi pelamar yang akan bekerja di bidang desain.

Oleh karena itu, sebagai bentuk optimasi, CV dibuat dalam aplikasi khusus dengan fitur desain yang lengkap.

Singkat cerita, ada juga website pembuat CV. Di beberapa situs web seperti Canva, hasil desain CV dapat diunduh bukan sebagai format PDF tetapi juga sebagai format PNG.

Ini misalnya Contoh CV Bahasa Indonesia format gambar:

5+ Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik

5. Contoh CV Format Digital

Seiring dengan berkembangnya tren mencari pekerjaan, beberapa orang membuat CV digital untuk ditampilkan di situs web yang memposting lowongan pekerjaan dan portal pekerjaan.

Salah satu situs web paling populer di bidang ini adalah LinkedIn.

Individu yang membuat CV menggunakan format ini umumnya tidak detail dalam menargetkan posisi dan perusahaan tertentu.

Mereka hanya memberikan informasi dengan cara yang akan menarik minat perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Selain itu, CV semacam itu dapat dibuat di beberapa situs web freelancer.

Saat Anda bergabung dengan situs freelancer seperti Sribulancer, Fiverr, atau Upwork, Anda akan diminta untuk membuat resume atau CV.

Berikut adalah Contoh CV Bahasa Indonesia digital:

https://www.linkedin.com/in/rudolftjandra/

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis CV. Dengan menulis CV yang baik maka anda akan masuk sebagai pelamar yang dipertimbangkan untuk melakukan wawancara.

Melamar pekerjaan memang bukan perkara mudah, karena anda harus rajin mencari informasi mengenai pekerjaan yang sesuai.

Sembari menunggu lamaran diterima anda bisa mengasah kemampuan anda dengan mengikuti pelatihan pelatihan yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar.

Berbagai deskripsi contoh CV bahasa Indonesia di atas akan membantu anda. Apakah Anda menerima pekerjaan atau tidak pada akhirnya tergantung pada kualitas Anda sebagai pelamar.

Jadi perluas pengetahuan Anda lebih jauh dengan membaca beberapa artikel menarik kita.

Sekian artikel berjudul Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!