7 Trik Agar Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate atau Non Pengalaman

Selepas menyelesaikan semua pendidikan, tentunya langkah selanjutnya adalah bekerja. Sebagai lulusan baru yang belum berpengalaman, tak jarang rasa khawatir muncul ketika akan bersaing di dunia kerja. Perasaan ini merupakan hal yang wajar, mengingat sebagai lulusan baru, belum banyak tahu mengenai dunia kerja. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa kamu siapkan sebagai Fresh Graduate untuk menghadapi persaingan kerja. Simak ulasannya berikut.

Langkah Mudah Untuk Dapatkan Kerja Bagi Lulusan Baru

1. Memperbaiki CV dan Resume

Begitu ijazah pendidikan sudah di tangan, banyak yang kemudian bingung apa yang harus dilakukan pertama kali. Sebagai langkah awal, kamu bisa menyusun kembali CV yang sudah pernah kamu buat. CV memegang peranan penting dan bisa dikatakan sebagai senjata utama kamu. Kamu bisa menyusun CV seperti yang dianjurkan dan bisa mencerminkan diri kamu dengan baik. Jangan lupakan desain yang elegan, eye catching, kreatif tetapi tidak lebay.

Penggunaan huruf juga sebaiknya diperhatikan, kamu bisa menggunakan font seperti Arial, Times New Roman atau Calibri (body). Pastikan di dalam CV kamu, tidak ada salah pengetikan atau typo. Tata kalimat hingga penggunaan huruf mirik, huruf kapital juga harus diperhatikan. Kamu harus sudah memastikan jika CV tersebut memang pantas kamu kirimkan ke perusahaan yang diinginkan. Tidak ada salahnya menyiapkan beberapa desain CV yang berbeda.

2. Belajar Bahasa Atau Teknologi

Sembari mencari cari lowongan, sebagai Fresh Graduate kamu harus mempersiapkan diri dengan baik. Menjadi pribadi yang lebih unggul dalam hal kemampuan tentunya akan menjadi nilai plus. Salah satu yang bisa kamu asah begitu lulus adalah belajar bahasa asing atau teknologi. Tak jarang meskipun jurusan kamu tak sesuai, namun ternyata kemampuan design kamu mumpuni, bahasa asing kamu jempolan maka pekerjaan impian akan mudah diraih.

Kamu bisa mengikuti les atau kursus agar semakin memantapkan skill kamu. Selain kursus kamu juga bisa belajar melalui internet. Saat ini sudah ada banyak aplikasi hingga video pembelajaran yang bisa diakses dengan mudah. Dengan mempersiapkan hal ini, maka ketika kamu mengirim lamaran kesempatan diterima kerja bisa semakin lebar. Sehingga kamu bisa segera bekerja dan tidak lama lama menganggur, meskipun kamu belum berpengalaman.

3. Mencantumkan Prestasi atau Keahlian

Tujuan kamu mengikuti kursus atau mengasah skill tentunya untuk memperkaya CV. Modal utama seorang Fresh Graduate memang mengandalkan ketrampilan dan juga prestasi yang dimiliki. Namun sebelum menyusun semua keahlian, prestasi maupun ketrampilan, kamu harus mengetahui dahulu perusahaan yang akan dituju. Pastikan jika ketrampilan dan prestasi kamu saling berhubungan dan dibutuhkan pada kantor atau perusahaan tersebut.

Misalnya jika kamu melamar sebagai content creative, maka pastikan jika yang kamu cantumkan berkaitan dengan penulisan atau acara kreatif lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan ketrampilan lainnya, misal penggunaan teknologi terkini. Penggunaan gadget, internet, media sosial tersebut penting untuk dicantumkan. Tak hanya dicantumkan di CV, kamu juga bisa mengisi terkait keterampilan pada platform yang banyak digunakan untuk mencari kerja.

4. Mengawali Karir Dengan Menjadi Anak Magang

Menjadi lulusan baru non pengalaman bukan berarti kamu tidak bisa bekerja. Kamu bisa menyalurkan semua kemampuan, ilmu, keahlian dan ketrampilan yang dimiliki dengan jalan mendaftar magang. Terutama bagi kamu yang saat kuliah belum merasakan magang di sebuah perusahaan. Langkah satu ini bisa dimanfaatkan fresh graduate untuk mendapatkan pengalaman bekerja. Memang ketika magang, kamu tidak mendapatkan gaji namun bisa mendapatkan ilmu baru.

Status anak magang akan membuat kamu sedikit banyak memiliki gambaran tentang pekerjaan tersebut. bukan hanya bisa menyerap ilmu sebanyak banyaknya, begitu masa magang kamu selesai kesempatan untuk dipromosikan juga terbuka lebar. Dengan begitu kamu bisa cepat mendapatkan pekerjaan pasca lulus mengenyam pendidikan. Perusahaan akan lebih memilih anak magang, karena mereka dirasa lebih tahu dan tak perlu lagi beradaptasi.

5. Melamar Pekerjaan Dari Bawah

Selain mengambil program magang, kamu juga bisa mencoba pekerjaan dari yang terbawah. Tidak perlu langsung melamar sebagai manager, menjadi karyawan biasa juga bisa dilakukan. Kamu bisa mendapatkan pengalaman yang bisa dijadikan bekal nantinya. Perusahaan tentunya lebih memilih membayar mahal tenaga berpengalaman dibandingkan non pengalaman. Sebab perusahaan akan memperhatikan kontribusi yang bisa kamu berikan.

Sebagai Fresh Graduate, tidak ada salahnya melamar dari bawah. Tidak perlu malu atau gengsi lantaran tak sesuai pendidikan atau gajinya tak banyak. Dengan mengambil pekerjaan dari bawah, kamu justru bisa tumbuh dan berproses untuk meraih posisi tinggi. Misalnya kamu melamar pekerjaan sebagai sales, target selalu terpenuhi, pekerjaan kamu juga baik. Tak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan posisi manajer outlet atau bahkan lebih tinggi.

6. Memanfaatkan Relasi

Banyak yang tidak menyadari jika adanya relasi sangat penting saat kamu sudah lulus pendidikan. Relasi ini bisa kamu dapatkan ketika masih duduk di bangku kuliah atau setelah selesai kuliah. Ada banyak jalan yang bisa kamu tempuh agar bisa mendapatkan pekerjaan lebih cepat. Kamu bisa mencoba kembali menghubungi teman teman, kenalan, dosen dan lainnya yang nantinya bisa membuka jalan agar bisa mendapatkan pekerjaan.

Bukan berarti kamu menganut paham nepotisme, kamu hanya perlu mencari tahu lowongan pekerjaan yang sekiranya sesuai. Karena ada beberapa perusahaan besar yang memang tidak memasang info lowongan pekerjaan. Mereka meminta para pencari kerja untuk lebih aktif datang dan menanyakan. Selain itu biasanya lowongan hanya tersebar antar orang dalam. Sehingga bisa mengabarkan pada keluarga maupun teman temannya saja.

Baca juga: 8 Tips Mudah Dapat Kerja untuk Fresh Graduate

7. Rajin Rajin Belajar dan Berdoa

Belajar yang dimaksudkan ketika sudah lulus kuliah atau sekolah adalah belajar tentang hal yang berkaitan dengan dunia kerja. Kamu bisa mencoba belajar psikotes hingga wawancara. Semakin matang persiapan kamu, sewaktu waktu panggilan interview datang kamu tak perlu panik lagi. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan seorang Fresh Graduate sembari menunggu mendapatkan pekerjaan. Terutama kegiatan positif yang bisa membantu dan berguna di masa mendatang.

Langkah terakhir yang tak boleh dilewatkan adalah berdoa kepada Tuhan. Tidak hanya usaha duniawi, kamu juga tak bisa menyepelekan faktor rezeki yang telah diatur oleh Tuhan. Sebagai seorang hamba, tidak ada tempat untuk meminta selain kepada yang memegang segala isi dunia. Ada banyak amalan yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah rezeki. Setelah semua usaha kamu lakukan, tidak menutup kemungkinan kamu bisa cepat bekerja.

Setelah lulus kuliah atau sekolah, sebenarnya bukanlah waktu untuk berleha leha. Kamu harus menyiapkan banyak hal sebelum kamu terjun dalam dunia kerja. Hal hal bermanfaat ini akan sangat membantu kamu menghadapi persaingan yang makin sengit. Jangan lupakan juga untuk terus update mencari lowongan yang sesuai. Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil, dengan berusaha keras lebih dahulu pekerjaan impian akan bisa diraih dalam genggaman.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!