8 Kemampuan Yang Wajib Dimiliki Fresh Graduate, Agar Tidak Nganggur Lebih Lama

Mencari pekerjaan masih menjadi daftar teratas yang akan dilakukan begitu lulus sekolah atau kuliah. Dan faktanya mencari pekerjaan tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi untuk lulusan baru atau Fresh Graduate yang tidak berpengalaman, tidak banyak lowongan pekerjaan yang bisa diaplly lamaran. Untuk itu, sebagai lulusan baru ada baiknya mengasah kemampuan lain agar lebih diminati perusahaan. Simak ulasannya berikut.

Kemampuan Yang Wajib Dimiliki Lulusan Baru

1. Kemampuan Beradaptasi

Dunia kerja akan jauh lebih keras jika dibandingkan dengan dunia perkuliahan. Dan sebagai manusia, tentunya kita memiliki kemampuan untuk bertahan. Kemampuan ini bisa didapatkan dengan cara mampu beradaptasi dengan baik. Tidak hanya pekerjaan, semua hal yang dimulai dari awal akan terasa berat. Namun ketika sudah terbiasa, apa yang awalnya terasa sulit akan mudah untuk disesuaikan dan dilakukan begitu juga dengan pekerjaan.

Kamu hanya perlu terus belajar dan membiasakan dirimu untuk melalui hari hari awal bekerja. Dengan terus mempelajari, lama kelamaan tubuh akan mulai terbiasa dengan apa yang harus dilakukan. Untuk memiliki kemampuan ini tidak serta merta langsung hadir. Umumnya mereka yang pandai beradaptasi juga belajar dan mencoba lebih dahulu. Memiliki kemampuan ini, akan membuat Fresh Graduate tangguh melewati dinamika dunia kerja.

2. Kemampuan Komunikasi Yang Baik

Tidak ada gunanya ketika kamu selalu memiliki ide ide yang cemerlang, namun kamu sulit untuk mengkomunikasikan. Dunia kerja membutuhkan orang dengan pikiran terbuka dan juga maju. Jika memiliki komunikasi yang baik, akan membuat kamu bisa dengan mudah menghadapi dunia kerja. Tak hanya berkomunikasi berbahasa Indonesia, bahasa asing seperti Bahasa Inggris juga perlahan menjadi keharusan yang harus kamu kuasai.

Umumnya para lulusan baru dituntut agar bisa berbicara di depan banyak orang. Sehingga semua ide dan gagasan kamu bisa didengar oleh banyak orang. Berbicara itu ada seninya, sehingga sebelum kamu benar benar masuk dunia kerja tak ada salahnya dipelajari. Kamu nantinya akan bertemu banyak orang, mulai teman, atasan hingga klien. Berkomunikasi yang baik akan membawa kamu pada karir yang sukses, sebab dari komunikasi projek besar bisa teraih.

3. Komitmen

Yang menjadi salah satu pertimbangan diterima atau tidaknya kamu dalam bekerja adalah komitmen. Perusahaan pastinya menginginkan orang orang dengan komitmen yang tinggi. Sebab dengan berkomitmen tinggi, karyawan tersebut bisa memberikan sumbangsih untuk kemajuan perusahaan. Banyak fresh graduate yang hanya coba coba dalam bekerja, ketika ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi belum genap 1 bulan sudah mengajukan resign.

Hal tersebut tidak sedikit yang terjadi, tentunya perusahaan tidak ingin membuang waktu untuk terus mencari pegawai baru. Belum lagi tanpa komitmen yang tinggi, kamu juga bisa dianggap tidak serius bekerja dan merugikan perusahaan. Untuk itu, ketika kamu dipanggil interview kamu sudah harus menunjukkan komitmen kamu. Jika dirasa terlalu jauh dengan kemampuan atau ekspektasi, kamu bisa meminta untuk tidak memperpanjang atau mengundurkan diri.

4. Kreatif dan Inisiatif

Di dunia kerja, tentunya tidak sama ketika kamu masih sekolah atau kuliah. Mungkin kamu akan diberikan sebuah tugas yang harus diselesaikan. Jika kamu tidak mengerti, maka harus memiliki inisiatif untuk menanyakan kepada yang lebih senior. Begitu juga harus memiliki inisiatif untuk mengerjakan tugas dengan sebaik baiknya. Inisiatif ini juga berhubungan dengan kreatifitas seseorang. Saat ini dunia kerja membutuhkan pemikiran pemikiran kreatif untuk kemajuan perusahaan.

Persaingan dunia kerja yang ketat membutuhkan orang orang yang terlihat berbeda. Jika kamu memiliki kedua kemampuan ini, maka kamu akan tampil menjadi Fresh Graduate yang paling menonjol. Kemampuan satu ini akan terlihat begitu kamu diundang untuk melakukan wawancara. Bagaimana kamu memiliki inisiatif untuk menanyakan hal hal yang sekiranya perlu kamu tahu. Hingga bagaimana kamu bisa memberikan ide segar yang kreatif dalam pekerjaan nanti.

5. Teamwork atau Kerjasama Tim

Beberapa pekerjaan memang bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain. Namun  dalam lingkup pekerjaan tetap dibutuhkan kerjasama tim. Tugas yang kamu emban memang berbeda, tapi dari masing masing orang ini memiliki tujuan yang sama yaitu memajukan perusahaan. Sehingga teamwork menjadi kemampuan yang harus kamu asah dan dibutuhkan di dunia kerja. Mengingat dengan teamwork korporasi akan lebih kuat.

Mampu bekerja sama dengan tim akan lebih dicari oleh perusahaan. Sekalipun perusahaan tersebut tetap akan bekerja secara mandiri. Misalnya kamu bergabung dengan perusahaan desain, dimana nantinya setiap orang akan memiliki projek sendiri sendiri. Namun untuk memudahkan komando dari atasan ke semua personil, maka dibutuhkan kerjasama tim yang baik. Inilah mengapa, skill ini harus kamu pastikan sudah ada dalam diri kamu.

6. Manajemen Waktu

Kemampuan yang harus dimiliki Fresh Graduate selanjutnya adalah mampu memanajemen waktu. Waktu adalah uang, tentunya kamu sangat tahu tentang pepatah satu ini. Dalam dunia kerja, dituntut untuk memiliki manajemen waktu yang baik. Semakin efektif waktu yang kamu gunakan, maka semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan. Jika pekerjaan kamu bagus dan maksimal, maka cuan yang akan masuk ke dalam kantong juga akan bertambah.

Dari analogi tersebut, tentunya kalian paham jika manajemen waktu yang baik menjadi skill yang harus diasah sejak lama. Nantinya semua akan terbukti begitu kamu dipanggil dalam interview. Apakah nantinya kamu datang terlambat atau justru lebih awal dari jam yang dijanjikan. Hal ini akan menjadi penilaian penting terhadap diri kamu. Perusahaan tentunya membutuhkan orang yang pandai mengatur waktunya dengan baik, sehingga perusahaan bisa berkembang.

Baca juga: 8 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik untuk Fresh Graduate

7. Problem Solving atau Pemecahan Masalah

Tidak menutup kemungkinan selama kamu bekerja, kamu akan menemukan masalah. Untuk itu kamu dituntut untuk mampu memecahkan masalah ketika bekerja nanti. Entah itu permasalahan ringan hingga yang berat. Terutama yang memang berkaitan erat dengan tanggung jawab kamu. Yang jelas, untuk memecahkan masalah maka kamu harus memiliki jiwa yang pemberani. Berani mengambil risiko sekaligus menanggung segala konsekuensi atas keputusan kamu.

8. Fleksibilitas

Dalam dunia kerja, kamu akan bertemu dengan beragam orang dengan berbagai karakter. Ada beberapa kondisi yang memang tidak bisa kamu hindari, entah menyenangkan atau tidak. Untuk menghadapi hal ini, selain memiliki adaptasi yang baik kamu juga harus memiliki fleksibilitas. Fleksibilitas akan membantu kamu Fresh Graduate, untuk bisa menghadapi dan menyelesaikan masalah. Jika sampai saat ini belum dimiliki, kamu bisa melatihnya.

Dunia kerja membutuhkan orang orang tangguh agar bisa bersaing di dunia kerja yang ketat. Untuk itulah sebelum terjun ke dunia kerja, ada baiknya membekali diri dengan soft skill yang akan membantu kamu survive nantinya. Beberapa memang sulit untuk dilakukan, namun tidak ada yang tidak bisa dilakukan. Kamu hanya perlu terus melatih dan membiasakannya. Dengan begitu kamu bisa memiliki bekal untuk hadapi dunia kerja.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!