Mengintip 9 Cara Bekerja di Start Up untuk Meniti Karir Terbaik

Belakangan ini perusahaan startup memang tengah naik daun, dan tentu saja perusahaan jenis ini akan membutuhkan banyak karyawan dengan standar yang tinggi pada setiap posisi. Salah satu kunci sukses dari bisnis startup adalah memiliki ide yang kreatif dan segar, yang mana kemudian diolah menjadi suatu hal yang baru dan bisa dipasarkan kepada masyarakat. Untuk Anda yang ingin meniti karir di startup, berikut cara bekerja di start up yang perlu diketahui.

Cara Ampuh Meniti Karir dan Sukses di Perusahaan Startup

1. Fleksibel dan Mudah Beradaptasi

Mengintip 9 Cara Bekerja di Start Up untuk Meniti Karir Terbaik

Perlu diketahui bahwa ritme bekerja di perusahaan startup akan berbeda dengan dunia korporat. Pasalnya sistem bisnis yang ada di dunia startup berkembang dengan sangat cepat dan rentan untuk mengalami perubahan, entah itu yang bersifat minor ataupun mayor. Yang mana hal tersebut pada akhirnya akan menuntut Anda untuk lebih bisa fleksibel dalam menghadapi perubahan. Sehingga sisi fleksibilitas ini akan memengaruhi jam kerja dan lokasi kerja.

Tidak hanya fleksibel, di dunia startup juga dituntut agar lebih cepat untuk beradaptasi. Sehingga tidak jarang bahwa dalam waktu seminggu, pekerja tidak perlu datang ke kantor untuk mengurus keperluan. Atau bisa juga perusahaan memperbolehkan karyawan bekerja di rumah seharian. Di perusahaan startup kemungkinan tersebut bisa saja terjadi. Oleh karena itu, Anda harus bisa bekerja dengan lebih fleksibel dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada.

2. Membangun Relasi

Ketika sudah memutuskan untuk bekerja di perusahaan startup, maka telah dipastikan akan lebih mudah dalam hal membangun relasi. Terutama jika sudah berurusan dengan orang orang  yang berasal dari luar negeri dan juga sama sama menggeluti bidang startup. Yang mana membangun relasi ini dapat dijadikan sebagai cara bekerja di start up dan kemudian bisa sukses di perusahaan tersebut.

Mengapa membangun relasi di perusahaan startup lebih mudah? Hal ini dikarenakan bidang satu ini memiliki area kerja yang sangat luas, sehingga bisa memiliki banyak kesempatan untuk dapat mengenal orang orang baru mulai dari lokal hingga tingkat global. Dengan adanya jalinan relasi yang kuat, maka dapat dipastikan akan memiliki banyak kesempatan untuk bisa membangun karir menuju perusahaan yang lebih besar.

3. Jadikan Orang di Sekitar Sebagai Mentor

Ketika sudah bekerja di dunia startup, maka jangan pernah merasa bahwa atasan dan juga orang di sekitar adalah lawan yang harus dimusuhi atau dikalahkan. Akan lebih baik jika menjadikan mereka sebagai mentor, pasalnya dunia startup begitu luas dan sangat dalam. Sehingga sangat direkomendasikan menjadikan masukan dan saran dari atasan dan orang di sekitar sebagai salah satu faktor untuk proses perkembangan selama bekerja di startup.

4. Beranikan Diri Mengambil Proyek

Agar bisa mengetahui seberapa besar kemampuan yang dimiliki, maka sudah keharusan jika menantang diri sendiri untuk bisa mengambil sebuah proyek. Yang nama untuk memulai hal ini, bisa dimulai dengan mendiskusikan ide baru tersebut dengan atasan. Kemudian mulailah ungkapkan jika ingin memiliki kontribusi yang cukup besar di dalam ide tersebut. cara bekerja di start up satu ini akan membuat Anda mampu bertahan di perusahaan startup.

Akan tetapi perlu diingat, sebelum memutuskan mengambil proyek tersebut sebaiknya usahakan bahwa Anda memang benar benar senang dengan bidang tersebut. Dan yang lebih penting, setidaknya sudah memiliki pengetahuan yang lebih di bidang tersebut. Melihat kepercayaan diri ini, tidak menutup kemungkinan bahwa atasan akan mempertimbangkan Anda untuk bisa membangun karir lebih jauh lagi.

5. Memiliki Inisiatif yang Tinggi

Ketika ingin bergabung dengan perusahaan startup, maka biasanya akan diharuskan memiliki inisiatif yang tinggi. Hal ini dikarenakan pada perusahaan startup biasanya memiliki sistem birokrasi yang lebih terbuka. Sehingga, dapat dipastikan bahwa di perusahaan tersebut akan membutuhkan inisiatif dan juga ide ide yang kreatif. Dan hal tersebut bisa menjadi peluang untuk dapat meraih jenjang karir yang lebih tinggi.

Saat sudah memutuskan untuk aktif dalam memberikan ide ide segar kepada perusahaan, maka jangan ragu untuk inisiatif bertanya kepada rekan kerja. Terutama ketika mengalami kesulitan dalam menjalankan desk job. Salah satu cara bekerja di start up yang perlu untuk diterapkan adalah sifat yang ingin bekerja dengan lebih, sehingga nantinya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan sekaligus menunjukkan integritas kepada perusahaan.

6. Berkontribusi dengan Maksimal

Setiap perusahaan tentunya selalu memberikan kepercayaan kepada para karyawan bahwa para karyawan ini akan memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan. Hal tersebut juga tidak terkecuali untuk Anda yang bekerja di perusahaan startup. Oleh Karena itu, penting untuk terus bekerja secara maksimal agar kontribusi tampak nyata dan memiliki dampak positif pada perkembangan perusahaan.

Baca juga: Tips Menghadapi Wawancara Online Agar Lolos Kerja

7. Tidak Mengambil Segala Hal dengan Personal

Ketika baru pertama kali bergabung dengan perusahaan startup, maka di fase early stage ini akan terasa seperti menaiki roller coaster emosional. Yang mana hal tersebut dikarenakan ketidaktahuan akan hasil apa yang akan didapatkan saat ide yang diajukan dieksekusi. Belum lagi ketika mendapatkan tekanan agar selalu bisa meraih traffic yang lebih tinggi, jumlah pengguna yang lebih banyak, dan semua tuntutan keuntungan yang ‘lebih’ lainnya dari perusahaan.

Seperti yang diketahui, perusahaan startup memiliki dinamika yang teramat pesat. Sehingga ada kalanya terdapat masa di mana kesabaran dan juga kreativitas beserta fleksibilitas akan diuji. Oleh karena itu cara bekerja di start up yang bisa membuat bertahan hingga mampu mengembangkan karir adalah jangan mudah mengambil semua tekanan tersebut masuk dalam hati. Perlu diingat, penting untuk memiliki target agar mendapatkan sukses besar.

8. Meningkatkan Kemampuan dan Performa

Meskipun sudah menjadi profesional, namun tetap masih butuh banyak pembelajaran walaupun sudah memiliki pengalaman yang tinggi. Ada banyak yang beranggapan jika orang orang yang profesional, tentu sudah menguasai bidangnya dengan baik. Bisa dikatakan pendapat tersebut memang benar, namun tidak sepenuhnya dapat dibenarkan. Pasalnya meski sudah menyandang status profesional, meningkatkan kemampuan diri dan performa sangat penting untuk mengembangkan karir.

9. Peka Terhadap Data

Dalam dunia startup, data merupakan aset yang paling berharga. Pasalnya sekitar 95 persen strategi perusahaan yang dijalankan dilandaskan pada terapan data tersebut, bukan dari insting. Yang mana data ini didapatkan dari social listening, yang merupakan proses menyimak kepada tren dan juga perilaku masyarakat terkini. Maka dari itu, ada baiknya selalu peka terhadap data. Dengan cara bekerja di start up satu ini, tidak menutup kemungkinan Anda bisa melakukan jenjang karir yang lebih tinggi.

Itulah beberapa cara untuk bisa sukses dalam bekerja dan meniti karir di perusahaan startup. Yang mana cara dalam ulasan ini tentu saja memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu karir Anda untuk sekarang dan ke depannya. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat, selamat belajar dan memaksimalkan kemampuan yang sudah dimiliki ataupun yang baru saja dipelajari.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!