8 Tips Taklukkan Wawancara Online di Masa Pandemi

Taklukkan Wawancara Online di Masa Pandemi | Di masa pandemi ini, berbagai aktivitas lebih dibatasi yang bertujuan mengurangi kontak antar manusia. Tujuannya cukup baik agar penularan virus covid 19 dapat dibatasi, sehingga kasus terdampak dapat ditekan. Dampaknya, banyak kegiatan yang kurang leluasa untuk dilakukan seperti interview kerja ataupun bekerja. Di era digital ini, wawancara online dapat anda lakukan sebagai solusi tepat untuk tes pekerjaan. Yuk intip tips jitunya di bawah ini.

Tips Jitu Hadapi Interview Online di Masa Pandemi

1. Perhatikan Koneksi dan Siapkan Alat Pendukung

Salah satu hal penting yang harus anda siapkan ialah koneksi agar dapat terhubung dengan internet dan melakukan interview secara online. Oleh sebab itu, pastikan wifi yang dipakai memiliki koneksi yang kuat baik di rumah atau di tempat lain. Selain wifi, anda juga dapat memakai paket data dengan jaringan yang stabil. Pastikan kuota yang tersisa agar proses interview ini tidak terpotong karena kuota habis, sehingga anda dapat membelinya lebih dulu.

Yang tidak kalah penting, anda harus menyiapkan alat pentukung atau perangkat yang dapat dipakai untuk interview. Bila anda memakai ponsel, pastikan dalam keadaan baterai penuh atau siapkan charger dekat jangkauan anda. Selain itu, dapat pula memakai laptop dalam keadaan ready dan dekat dengan stop kontak. Anda dapat menanyakan aplikasi yang akan dipakai, seperti melalui aplikasi sosial chat atau lainnya agar dapat disiapkan lebih dulu.

2. Tetap memakai Pakaian Formal

Hal yang penting dan menjadi penilaian utama pada saat interview ialah penampilan. Oleh sebab itu, and adapt memastikan mengenakan pakaian yang rapi dan formal. Pakaian formal ini tetap menjadi poin penting pada saat wawancara online, meskipun pada umumnya para pewawancara focus pada jawaban yang diberikan. Anda tak boleh melewatkan kesempatan emas ini untuk mendapatkan poin lebih dan berkesempatan bekerja di perusahaan besar.

Pakaian yang dapat dikenakan oleh perempuan, seperti kemeja atau blus dan dipadukan dengan rok serta blazer. Untuk laki laki, anda bisa memilih kemeja, celana kain, dan dasi serta tambahkan jaz. Pastikan baju yang dipakai rapi, bersih dan licin dengan menyetrikanya lebih dulu. Pada saat proses wawancara, anda hanya akan terlihat setengah badan tetapi tampak rapi menandakan bahwa anda serius dalam wawancara dan bersikap professional.

3. Siapkan Tempat yang Memadai

Berada di tempat yang nyaman saat wawancara adalah suatu hal yang penting, sehingga anda dapat menjawab pertanyaan tanpa ada gangguan. Hindati tempat yang bising dan jauh dari keramaian agar suaranya tidak masuk ke dalam aplikasi yang sedang dipakai. Tempat yang bising ini dapat mengurangi penilaian pewawancara terhadap anda. Apabila di dalam rumah ada anak anak, anda dapat memilih tempat lain yang lebih nyaman untuk interview.

Selain memilih tempat yang nyaman dari kebisingan, anda juga harus memilih background yang tepat. Pilihlah background polo atau rak buku agar tidak timpul persepsi yang kurang baik. Wawancara online ini juga harus didukug pencahayaan yang baik agar penampilan tampak jelas. Hindari area yang membuat anda terlihat gelap, seperti membelakangi sumber cahaya. Cara terampuh mengambil spot di depan jendela atau lampu di depat layar monitor.

4. Melihat ke Arah Kamera

Sering kali grogi berlebihan sesaat sebelum wawancara, sehingga kurang focus pada saat menjawab pertanyaan. Tidak hanya itu, sering kali melakukan kesalahan dengan mata tidak melihat langsung ke arah kamera. Calon karyawan justru melihat ke layer monitor, sehingga mata kurang focus pada pewawancara yang sedang bertanya kepadanya. Anda harus menghindari kebiasaan satu ini agar dapat mendapatkan poin lebih.

Sikap seperti ini, sering kali dinilai tidak sopan karena mata tidak mengarah langsung pada pewawancara. Pembicaraan yang sedang terjadi hendaknya dilakukan dengan menatap langsung pada lawan bicara, sehingga poin dapat bertambah pada wawancara online ini. Yang tidak kalah penting, calon karyawan dilarang melihat potret diri di layar monitor terlalu sering. Hal ini yang membaut anda tidak melihat pewawancara yang sedang berbicara.

5. Menampilkan Wajah yang Segar

Wawancara yang seharusnya menuntut calon karyawan untuk menempuh perjalanan dari rumah ke kantor. Hal ini dapat menyebabkan penampilan jadi kusut atau wajah yang tampak Lelah setelah perjalanan yang jauh. Kondisi seperti ini dapat dihindari dengan sistem online yang membuat anda tidak perlu menempuh perjalanan jauh. Anda hanya perlu duduk di depan monitor untuk menjawab sederet pertanyaan dari para pewawancara.

Sistem online ini harus didukung dengan wajah yang segar di hadapan pewawancara, sehingga anda akan dinilai professional dan menghargai wawancara ini. Pastikan anda tetap berpenampilan menarik dan menambahkan make up agar tampak lebih segar. Hindari menampilkan wajah masam atau wajah bangun tidur pada saat interview online. Salah satu cara yang tepat ialah selalu bersiap siap beberapa jam sebelum proses interview dimulai.

6. Tunjukkan Semangat dan Antusiasme

Proses wawancara ini memang terhalang oleh layer, sehingga tidak dapat bertatap muka secara langsung. Oleh karena itu, wawancara online ini harus didukung dengan calon karyawan yang menunjukkan antusiasme cukup baik di hadapan pewawancara. Selama proses interview, anda dapat menunjukkan ekspresi wajah yang ceriah, bersemangat, senyum yang ramah, dan antusias saat pertanyaan dilontarkan kepada calon karyawan.

Baca juga: Tips untuk Fresh Graduates yang Mencari Pekerjaan di Tengah Pandemi Covid-19

7. Rencana Lain saat Koneksi Terputus

Proses dari wawancara yang dilakukan secara online ini dapat memakan waktu sekitar 1 sampai 3 jam. Oleh sebab itu, sebelumnya telah disebutkan bahwa harus didukung dengan koneksi internet yang kuat. Anda dapat memakai wifi dengan koneksi yang baik atau paket data dengan jaringan yang stabil. Keduanya dapat dipakai agar dapat terhubung dengan internet yang dipakai untuk mengaktifkan aplikasi tertentu yang dipakai untuk interview.

Kondisi ini menjadi kendala teknis yang tidak dapat diprediksi kapan terjadinya, sehingga anda dapat mengantisipasinya terlebih dahulu. Salah satu caranya, anda dapat mencatat nomor telepon dari pewawancara atau alamat email kantor. Tindakan ini akan dinilai sebagai inisiatif yang baik, karena menjadi pribadi yang kreatif dan pantang menyerah. Anda dapat mengambil langkah menghubungi kantor setelah koneksi terputus.

8. Latihan Interview

Sebelum berhadapan langsung dengan pewawancara, ada baiknya anda berlatih terlebih dulu. Berlatih Bersama teman atau saudara terkait pertanyaan yang biasanya diajukan saat wawancara online dengan pihak kantor. Anda dapat menyiapkan sederet pertanyaan lalu bersikap seperti menghadapi pewawancara yang sesungguhnya. Mintalah evaluasi dari teman anda yang bertindak sebagai pewawancara pada saat berlatih.

Selama kurang lebih hampir 6 bulan wabah virus covid 19 ini telah meresahkan masyarakat, tidak terkecuali Indonesia. Salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus ini dengan mengurangi kontak antar masyarakat. Oleh sebab itu, beberapa kantor menerapkan sistem online untuk seluruh aktivitasnya termasuk wawancara. Terdapat 8 tips jitu untuk interview secara online, sehingga anda dapat lolos dan diterima bekerja di kantor tersebut.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!