Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan dengan Praktis dan Mudah

Bagaimana Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan dengan Praktis dan Mudah? BPJS Ketenagakerjaan merupakan program pemerintah yang biasa diberikan perusahaan kepada karyawan. Adanya BPJS ketenagakerjaan bisa memberikan perlindungan kepada setiap tenaga kerja di masa yang akan datang.

Adapun uang perlindungan ini diperoleh dari iuran perusahaan yang dibayarkan dengan memotong gaji karyawan. Bagi anda yang ingin mengetahui cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, berikut ulasannya.

Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan dengan Praktis dan Mudah

1. Klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Offline

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor. Langkah satu ini dinilai lebih efektif bagi kamu yang tidak bisa mencairkan secara mandiri.

Proses klaim secara offline akan didampingi dengan petugas kantor BPJS Ketenagakerjaan. Namun sebelumnya kamu harus menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk pencairan BPJS, sehingga nantinya proses pengajuan lebih cepat selesai tanpa harus bolak balik.

Umumnya dokumen tersebut terdiri dari fotokopi kartu BPJS Ketenagakerjaan disertai dengan kartu aslinya. Kemudian kamu juga perlu menyiapkan fotokopi KTP maupun password milik peserta, Kartu Keluarga, dan buku rekening yang masih aktif.

Setelah memastikan jika  anda sudah membawa dokumen yang dibutuhkan makaa selanjutnya adalah datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang terdekat dengan tempat tinggal anda.

Setelah itu, anda bisa menyampaikan tentang perihal anda untuk melakukan pengajuan klaim. Petugas akan memberikan formulir untuk proses pengajuan tersebut. Setelah mengisi formulir, anda bisa menyerahkan beberapa dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya.

Jika sudah menyerahkan beberapa dokumen tersebut, maka kamu akan memperoleh nomor antrian. Kemudian tunggu  sesuai dengan urutan yang didapatkan untuk menjalani wawancara.

Biasanya  proses wawancara ini disertai dengan pengambilan foto peserta. Setelah itu, kamu perlu menunggu sampai proses pencairan dana selesai. Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan ini memang lebih mudah dan cocok untuk kamu yang mengikuti klaim secara online.

Namun, perlu diketahui jika langkah ini mengharuskan kamu antre sehingga kamu perlu meluangkan waktu untuk menunggu. Oleh sebab itu, kamu harus datang ke kantor lebih pagi agar tidak lama mengantre.

2. Langkah Mudah Klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Offline

Jika kamu termasuk orang yang sibuk dan tidak sempat datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan apalagi harus menunggu dalam waktu yang cukup lama, maka pilihan yang paling tepat dengan mengajukan klaim secara online.

Kamu hanya membutuhkan gadget dan internet untuk bisa membuka situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Selain melalui website, kamu juga bisa melalui aplikasi program pemerintah satu ini.

Pertama tama, buka aplikasi BPJS Ketenagakerjaan di smartphone lalu buka aplikasi tersebut. Jika tidak ingin mengunduhnya, kamu bisa membuka websitenya untuk melakukan login. Namun bila belum memiliki akun, maka kamu perlu mendaftar sebagai pengguna terlebih dahulu.

Setelah masuk pada akunnya, maka kamu perlu memilih menu Klaim Saldo JHT. Setelah itu, isi kolom informasi yang meliputi nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan yang kamu punya.

Pada kolom keperluan, kamu bisa memilih pengajuan Klaim. Selanjutnya, kamu akan menemukan pilihan jenis klaim yang terdiri dari mengundurkan diri, mencapai usia pensiun hingga pemutusan hubungan kerja.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya, kamu bisa klik menu Klaim. Setelah itu, akan muncul daftar dokumen yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan. Setelah semua dokumen yang disyaratkan sudah disiapkan, maka kamu tinggal mengunggahnya.

Jika cara klaim BPJS Ketenagakerjaan ini sudah selesai, maka proses selanjutnya adalah menunggu email konfirmasi yang dikirim BPJS Ketenagakerjaan. Adapun isi dari email tersebut adalah informasi tanggal dan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang perlu kamu datangi  untuk kelanjutan pengajuan klaim saldo JHT.

Setelah mendapatkan hari yang telah ditetapkan, maka kamu bisa mendatangi kantor sembari menyerahkan dokumen kepada petugas.

Saat datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, anda perlu menunjukkan SMS yang telah diterima sebelumnya kemudian ambil nomor antrian untuk dipanggil.  Untuk informasi tambahan, anda bisa mendaftarkan nomor antrian setidaknya satu hari sebelum datang ke kantor.

Apabila ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan maupun menyusun laporan untuk pengaduan akan lebih mudah melalui aplikasi BPJSTKU yang dapat diunduh melalui perangkat android maupun perangkat iOS.

3. Langkah Klaim BPJS Ketenagakerjaan Lewat Bank

Selain dilakukan secara online dan offline, cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan bisa melalui bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Langkah pencairan BPJS Ketenagakerjaan ini juga tidak sulit. Sebelumnya kamu perlu memastikan jika bank yang akan didatangi telah menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Selanjutnya, kamu bisa mengunjungi kantor bank tersebut untuk penyerahan dokumen yang diperlukan.

Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen terlebih dahulu sebagaimana ketika akan melakukan klaim secara offline. Jangan lupa untuk membawa surat pengalaman kerja dan fotokopi legalisir dari perusahaan.

Selain itu, kamu juga perlu membawa buku tabungan asli beserta materai. Selanjutnya, kamu bisa menyampaikan kepada customer service bank untuk melakukan administrasi pencairan BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan  selanjutnya yaitu menyiapkan nomor rekening. Setelah itu, kamu akan memperoleh notifikasi melalui HP saat dana BPJS Ketenagakerjaan belum bisa dicairkan setelah empat belas hari.

Untuk mengecek saldo pencairannya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi BPJS. Jika masih sedang bekerja, maka pencairan dana yang bisa dicairkan adalah 10 % dan 30 % namun dengan syarat jika usia keanggotaannya sudah sepuluh tahun.

Sebaiknya pastikan jika tujuan pengajuan klaim sudah bijak. Untuk persiapan pensiun, maka anda bisa melakukan klaim 10 %. Sedangkan jika untuk keperluan biaya rumah, sebaiknya pilih klaim 30%.

Perlu diketahui jika sudah klaim 10 %, maka kamu tidak bisa klaim 30 %. Begitupun jika sudah klaim 30%, kamu tidak akan bisa melakukan klaim 100%. Sisa klaim baru akan diberikan saat pensiun atau berada pada suatu kondisi yang membuatnya tidak bisa bekerja.

4. Langkah Klaim BPJS Ketenagakerjaan Ketika Kartu Hilang

Adakalanya kartu BPJS Ketenagakerjaan yang kamu miliki hilang entah dimana. Kondisi ini seakan menyulitkan untuk melakukan proses klaim. Sebenarnya kamu tetap bisa klaim BPJS dengan langkah yang mudah.

Sebelumnya, kamu harus membuat surat kehilangan terlebih dahulu yang dapat diurus dengan mendatangi kantor kepolisian. Saat membuat kartu kehilangan, pastikan agar nomor kartu peserta sudah dicantumkan.

Setelah mendapatkan surat kehilangan, maka kamu bisa mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat untuk mengajukan proses klaim.

Tentu mendatangi kantornya akan lebih efektif, karena kamu akan diberikan petunjuk oleh petugas untuk melanjutkan cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya. Akan lebih baik jika sebelumnya kamu sudah membaca situs resminya mengenai kartu yang hilang untuk mendapatkan gambaran lebih jelas.

Proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya tidak sulit jika kamu mengikuti beberapa langkah yang telah disebutkan di atas. Namun sebaiknya pastikan jika proses pencaran ini memang ditujukan untuk keperluan yang penting.

Jangan sampai dana yang dicairkan digunakan untuk berfoya foya mengingat uang BPJS Ketenagakerjaan diperlukan sebagai jaminan saat tidak bekerja atau memasuki masa pensiun.


Sudah Pahamkah Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan dengan Praktis dan Mudah?

0%

Apakah bisa Melakukan Klaim BPJS Ketenagakerjaan Lewat Bank?

Correct! Wrong!

Selain dilakukan secara online dan offline, cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan bisa melalui bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Dokumen Apa yang dibutuhkan untuk pencairan BPJS secara Offline?

Correct! Wrong!

Umumnya dokumen tersebut terdiri dari fotokopi kartu BPJS Ketenagakerjaan disertai dengan kartu aslinya. Kemudian kamu juga perlu menyiapkan fotokopi KTP maupun password milik peserta, Kartu Keluarga, dan buku rekening yang masih aktif

Apakah bisa Klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Offline dengan Mudah?

Correct! Wrong!

Kamu hanya membutuhkan gadget dan internet untuk bisa membuka situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Selain melalui website, kamu juga bisa melalui aplikasi program pemerintah satu ini. (Lihat Artikel pada Point 2 untuk detailnya)

Apa Langkah Pertama Jika Ingin Klaim BPJS Ketenagakerjaan Ketika Kartu Hilang?

Correct! Wrong!

Kamu harus membuat surat kehilangan terlebih dahulu yang dapat diurus dengan mendatangi kantor kepolisian. Saat membuat kartu kehilangan, pastikan agar nomor kartu peserta sudah dicantumkan.

Dokumen Apa yang dibutuhkan untuk Klaim BPJS Ketenagakerjaan Lewat Bank?

Correct! Wrong!

Membawa surat pengalaman kerja dan fotokopi legalisir dari perusahaan. Selain itu, kamu juga perlu membawa buku tabungan asli beserta materai.

Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan dengan Praktis dan Mudah
Anda Sudah Paham Mengenai Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Selamat anda Sudah Paham Mengenai Pencairan BPJS Ketenagakerjaan
Sebaiknya Pahami Kembali Mengenai Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Sebaiknya Pahami Kembali Mengenai Pencairan BPJS Ketenagakerjaan.

Share your Results:

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!