Prospek Pekerjaan Jurusan Akuntansi Yang Menjanjikan

Prospek Pekerjaan Jurusan Akuntansi Yang Menjanjikan? Jurusan akuntansi tidak hanya digandrungi oleh mereka yang mengambil jurusan IPS saat SMAnya. Karena pada dasarnya juga banyak yang dari konsentrasi lain yang tertarik. Jurusan akuntansi memang dianggap sebagai jurusan yang mudah untuk mencari kerja.

Sebenarnya apa saja prospek pekerjaan jurusan akuntansi yang terbilang menjanjikan? Untuk lebih lengkapnya tentang prospek pekerjaan konsentrasi akuntansi, bisa simak ulasannya berikut.

Peluang Pekerjaan Untuk Lulusan Jurusan Akuntansi

1. Perencana Keuangan

Prospek Pekerjaan Jurusan Akuntansi Yang Menjanjikan

Golongan menengah di Indonesia semakin tahun semakin mengalami pertambahan. Dan untuk meningkatkan kesejahteraan, golongan ini membutuhkan profesional yang bisa memberikan saran tentang pengelolaan keuangannya.

Dan jika kamu jurusan akuntansi, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut. Profesi satu ini terbilang menjanjikan, namun setelah kamu menyelesaikan S1 kamu harus mengambil sertifikasi untuk perencanaan keuangan.

Meskipun untuk mendapatkan sertifikasi langkah dan waktu yang kamu ambil tidak semudah itu.  Sertifikasi ini biasanya disebut dengan Certified Financial Planner (CFC).

Ada beberapa tahapan yang perlu untuk kamu selesaikan dan tentunya lulus. Dengan begitu kamu sudah bisa bekerja untuk menjadi perencana keuangan.  Tak hanya perorangan, bahkan instansi juga membutuhkan jasa dari perencana keuangan.

Namun untuk perencana keuangan, tidak bisa mendapatkan gaji bulanan. Penghasilan yang mereka dapatkan umumnya tergantung dari jasa konsultasinya. Untuk bayarannya juga bisa berupa tarif perjam yang juga tidak murah.

Pekerjaan jurusan akuntansi satu ini memang terlihat menggiurkan jika mengintip gajinya. Apabila dalam setahun ingin mendapatkan konsultasi, bisa mencapai Rp. 60 jutaan.

2. Internal Auditor

Semua bidang usaha sebenarnya membutuhkan seorang auditor. Tugas seorang internal auditor nantinya adalah memastikan jika hasil laporan keuangan perusahaan apakah sesuai aslinya atau tidak.

Seorang internal auditor juga akan memastikan jika semua manajemen telah bisa dilakukan dengan efisien. Auditor ini juga harus memastikan tidak akan penyimpangan di dalam sebuah perusahaan.

Yang paling penting, seorang internal auditor harus jujur dalam melakukan tugasnya. Apabila terjadi penyimpangan, harus segera melaporkan atau langsung menanganinya.

Sehingga tidak ada hal yang menyimpang di dalam perusahaan dan bisa membuat perusahaan tersebut mengalami kerugian. Yang membuat peluang pekerjaan ini menarik, gajinya terbilang besar. untuk seorang fresh graduate gajinya bisa kisaran Rp. 7 juta hingga 10 jutaan.

3. Akuntan Publik

Akuntan publik merupakan akuntan indepen yang nantinya akan menganalisa berbagai laporan keuangan. Namun ia tidak terikat dengan sebuah perusahaan.

Mirip dengan perencana keuangan, nantinya kamu akan mendapatkan bayaran dari pengguna jasa kamu. Jasa yang ditawarkan pekerjaan jurusan Akuntansi ini, mulai dari pemeriksaan kelayakan operasi perusahaan, laporan keuangan, konsultasi kebijakan keuangan dan lain sebagainya.

4. Pegawai Lembaga Keuangan Pemerintah

Sebagai lulusan akuntansi kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintahan. Instansi seperti OJK atau Otoritas Jasa Keuangan hingga Bank Indonesia membutuhkan lulusan akuntansi.

Tak hanya bisa bekerja di perusahaan bergengsi, gaji yang ditawarkan juga menggiurkan. Bahkan terbilang di atas rata rata untuk lulusan fresh graduate. Hanya saja kamu harus ingat jika untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini, kamu harus melalui persaingan yang begitu ketat.

Sebaiknya jika saat ini kamu belum resmi lulus dan masih menjadi mahasiswa, aktiflah berorganisasi. Kamu juga sudah bisa mengasah hard skill maupun soft skill yang dimiliki.

Jangan lupakan untuk mulai belajar bahasa Asing salah satunya Bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu bisa mengincar perusahaan milik pemerintah ini. Umumnya gaji yang ditawarkan untuk pekerja di staff kantor ini mulai dari Rp. 16 jutaan setiap bulannya.

5. Menjadi PNS

Tidak hanya bernaung di lembaga keuangan negara, kamu yang lulusan akuntansi juga bisa mencoba untuk menjadi PNS. Jurusan akuntansi memang selalu dibutuhkan dalam bidang kerja apapun.

Bahkan setiap instansi pemerintah, akan membutuhkan pegawai dengan latar belakang  jurusan akuntansi. Nantinya kamu akan menangani seluruh hal terkait keuangan. Pekerjaan Jurusan Akuntansi ini bisa dikatakan memiliki peluang yang besar jika kamu pandai memanfaatkan.

Seperti posisi yang lainnya, kamu juga harus berjuang dengan ketat untuk bisa mendapatkan posisi ini. Tetapi semua perjuanganmu akan terbayar lunas, mengingat gaji PNS bisa mencapai Rp. 5 juta sampai Rp. 7 jutaan.

Gaji tersebut masih berupa gaji pokok, kamu masih akan mendapatkan tunjangan yang jumlahnya juga lumayan. Jika dikira kira, maka jumlahnya sampai Rp. 9 jutaan. Dan gaji ini merupakan gaji tetap yang akan kamu dapatkan setiap bulan.

6. Credit Analyst

Prospek Pekerjaan Jurusan Akuntansi Yang Menjanjikan

Industri perbankan maupun pembiayaan terbilang cukup banyak di Indonesia. Dengan fakta tersebut, maka dibutuhkanlah Credit Analyst.

Dimana tugas dari credit analyst adalah mengukur kemampuan seorang calon pencari kredit, dalam membayar cicilan beserta bunganya setiap bulan. Bukan hanya itu, seorang credit analyst juga harus menilai, mengusulkan nominal pinjaman hingga mengevaluasi calon peminjam.

Untuk bisa mendapatkan posisi pekerjaan ini, maka kamu harus memiliki beberapa skill. Umumnya dibutuhkan orang orang yang memang pandai dalam menganalisis dan juga teliti.

Kamu juga harus memiliki pandangan luas sekaligus cara komunikasi yang baik. Pekerjaan jurusan akuntansi tak hanya terlihat mentereng, namun juga memiliki gaji yang lumayan. Baik di bank ataupun di perusahaan, umumnya mereka akan digaji mulai Rp. 5,5 juta sampai Rp. 15 juta setiap bulannya.

7. Wirausaha

Mahasiswa jurusan akuntansi juga cukup fleksibel untuk bisa menjadi seorang wirausaha. Selama duduk di bangku kuliah kamu juga mendapatkan pengembangan bisnis yang bisa kamu praktekkan dalam bisnis.

Sehingga tidak menutup kemungkinan jika kamu bisa membuka usaha sendiri dan bisa membantu mengurangi pengangguran. Ilmu ilmu dasar yang kamu dapatkan bisa kamu terapkan agar bisnis yang kamu jalani bisa berkembang pesat.

Memang untuk bisa membuka usaha sendiri tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kamu membutuhkan kesabaran untuk bisa membangun usaha kamu hingga akhirnya bisa berkembang.

Sebagai seorang pengusaha kamu harus memiliki beberapa sifat, mulai dari memiliki intuisi yang tinggi, kreatif dan inovatif serta ulet. Mengingat untuk menjadi pengusaha, tentunya akan banyak tantangan yang harus kamu jawab agar bisnis makin berkembang.

Baca juga: CV Bagi Fresh Graduate untuk Mendapatkan Pekerjaan Pertama

8. Analisa Keuangan

Untuk selanjutnya pekerjaan jurusan akuntansi yang bisa kamu ambil adalah seorang analisa keuangan. Baik individu maupun perusahaan, pastinya akan membutuhkan seorang financial analyst.

Nantinya tugasmu adalah menerjemahkan data data perusahaan. berangkat dari data itu, nanti dijadikan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis. Gaji pekerjaan ini mulai dari Rp. 7 juta lebih dan juga memiliki jenjang karir yang jelas.

Itulah beberapa pekerjaan untuk lulusan akuntansi yang bisa kamu coba. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion, pastikan kamu untuk memenuhi segala kualifikasinya.

Menjadi pribadi yang unggul akan menjadi langkah paling awal agar kamu bisa memiliki pekerjaan yang baik. Jika dari awal berhasil menjadi pribadi unggul, maka kamu pekerjaan, jabatan dan juga materinya akan mengikuti.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!