Latihan Psikotes Kemampuan Penalaran Analitik Bagian 1

Latihan psikotes kemampuan Penalaran Analitik ditujukan untuk mengukur kemampuan membaca, mencerna, menganalisis, dan menarik kesimpulan logis dan metodis terhadap informasi yang diberikan. Dalam dunia kerja sangat diperlukan kemampuan tersebut.

Petunjuk Soal :
Pilihlah satu jawaban paling tepat berdasarkan beberapa informasi singkat yang diberikan. Kemudian, pilih yang menurut anda itu adalah jawaban yang benar. Kerjakan dengan cepat dan teliti. Waktu yang diberikan cukup lama, yaitu 30 menit. Bila waktunya sudah 30 menit, segera berhenti.

Latihan Psikotes Kemampuan Penalaran Analitik Bagian 1

Selamat mengerjakan Soal Latihan Psikotes Kemampuan Penalaran Analitik Bagian 1

Rekomendasi menggunakan komputer atau laptop, namun jika menggunakan smartphone sebaiknya gunakan browser Chrome, Opera atau UC Browser

Perhatian:

  1. Siapkan kertas kosong
  2. Siapkan alat tulis (Pulpen/pensil)
  3. Jangan menggunakan kalkulator atau alat bantu hitung

Catatan:

  1. Jawaban BENAR = kotak akan berubah menjadi HIJAU, SALAH = kotak akan berubah menjadi MERAH
  2. Tiap soal hanya ada satu jawaban yang Benar
  3. Tekan F5 jika anda ingin latihan psikotes dari awal

Anda dapat latihan berbagai soal psikotes di Latihan Psikotes Online dan Jawaban Gratis


Mulai sekarang!!

1. Di sini ada perempatan jalan yang saling tegak lurus. Salah satu jalan itu menuju ke kota Semarang. Jika saya menghadap utara, maka jalan yang ke kiri dan belakang saya adalah jalan yang menuju ke tempat lain. Jalan yang tepat di hadapan saya menuju ke Laut Jawa. Jalan mananakah yang menuju Semarang ?

 
 
 
 

2. Dalam satu kelas ada sejumlah anak yang menyukai olahraga. Lisa menyukai olahraga bola Volley dan tidak menyukai atletik, Dino menyukai olahraga bola basket dan volley. Perdi menyukai semua olahraga kecuali volley. Susi menyukai olahraga tanpa bola. Sedangkan Gino menyukai olahraga dengan bola. Mereka yang menyukai olahraga volley adalah…

 
 
 
 

3. Lazimnya, entrepreneur dipandang sebagai seorang individu yang memiliki dan menjalankan usaha kecil. Namun , sekedar memiliki dan menjalankan usaha kecil atau usaha besar sekalipun tidak menjadikan seseorang sebagai entrepreneur. Jika seseorang adalah entrepreneur sejati, maka ada produk baru yang ia ciptakan dan ada cara baru yang ia ciptakan untuk menjalankan usahanya. Dari pernyataan berikut, manakah kesimpulan terbaik dari paragraf di atas?

 
 
 
 

4. P, Q, R, S, T adalah lima orang diplomat. P hanya dapat berbicara bahasa Inggris dan Jerman. Q hanya berbicara dalam bahasa Perancis, Jepang, dan Cina. R hanya dapat berbicara bahasa Jerman. S hanya berbicara dalam bahsa Inggris, Jepang, dan Cina. T hanya dapat berbicara dalam bahasa Perancis dan Jerman. Satusatunya pasangan diplomat yang harus menggunakan penterjemah dalam berkomunikasi adalah…

 
 
 
 

5. A adalah seorang anak dari pasangan suami isteri B dengan C. E adalah anak dari pasangan D dengan B. Hubungan antara A dengan E disebut:

 
 
 
 

6. Dari kata-kata yang dicetak miring di bawah ini, manakah yang tidak bermakna abstrak?

 
 
 
 

7. Di sebuah pasar, harga daging lokal mahal dari harga beras, harga beras lebih mahal dari harga sayur-mayur, dan daging impor adalah yang paling mahal. Jika demikian dapat disimpulkan ….

 
 
 
 

8. Disebabkan menghisap rokok dan hanya untuk kepuasaan yang sedang-sedang saja, tidak seorang pun yang pernah rusak kesehatannya. Nikotin adalah suatu penyebab gangguan ringan. Sedikit sekali orang yang biasa merokok berhasil untuk merokok secara berlebihan-lebihan. Karena itu :

 
 
 
 

9. Prestasi belajar Tedjo lebih tinggi dari Tini dan lebih rendah dari Tono. Prestasi belajar Sinta lebih rendah dari Tedjo, tetapi lebih tinggi dari Tini, sedangkan prestasi belajar Dono lebih tinggi dari Tini dan Sinta. Apabila dipilih dari tiga orang yang memiliki prestasi terbaik yang dipilih adalah…

 
 
 
 

10. Albert dan Irene mendengarkan musik. Gloria dan Albert hobi membaca. Siapa yang sedang membaca sambil mendengarkan musik?

 
 
 
 

11. Daryanti bangun kesiangan. Oleh karena itu, ia menyadari akan terlambat masuk sekolah. Maka, ia lari sekenceng mungkin dan tidak melihat ada lubang, lalu kakinya patah. Ia dibawa ke rumah sakit dan selama dirawat di rumah sakit, ia dijenguk kawan-kawannya yang ingin tahu mengapa Daryanti bangun sedemikian terlambat. Kesimpulan apakah yang tepat dari cerita di atas?

 
 
 
 

12. Film Bundaku Tersayang memecahkan rekor paling banyak ditonton orang. Sementara film Pencuri yang Baik Hati memperoleh 4 buah piala Citra, antara lain sutradara dan peran utama pria terbaik. Film Rinduku terpaut di Awan tidak ditonton sebanyak orang dibanding film terdahulu, tetapi mendapat piala Citra dua lebih banyak dari film Pencuri Yang Baik Hati merupakan film dokumenter terbaik. Manakah film, terbaik berdasarkan piala Citra yang diperolehnya?

 
 
 
 

13. Ketika Ayah pulang dari kios penjahit, sepatunya berlumpur dan topinya banyak kena tepung. Tempat-tempat yang mungkin dilaluinya adalah Kampung Iping; Lapangan Badak; Taman Muda, dan Jalan Sumbing. Dia tidak mempunyai cukup waktu untuk mengunjungi lebih dari satu daerah dari daerah-daerah itu. Di jalan-jalan sama sekali
tidak ada lumpur, kecuali di jalan-jalan yang aspalnya dibongkar untuk diperbaiki. Kampung Iping didiami oleh penjahit, demikian pula Jalan Sumbing, dan Taman Muda. Yang ada perusahaan roti adalah Jalan Sumbing, lapangan Badak, dan Kampung Iping. Saya tahu bahwa jalanan di Kampung Iping tidak sedang diperbaiki, tetapi mungkin sekali ada perbaikan jalan di tempat-tempat lain. Jalan manakah Ayah pulang ke rumah?

 
 
 
 

14. Seorang wiraniaga harus memasarkan barang dagangan di lima kota H, I, J, K, dan, L masing-masing sekali. Jadwal kunjungan kelima kota tadi sedemikian rupa
sehingga

  •  Kota H harus dikunjungi sesudah Kota-Kota J dan K.
  • Kota L harus dikunjungi sesudah kunjungan ke kota J dan sebelumnya ke kota K

Urutan kota yang harus dikunjungi wiraniaga tersebut adalah …..

 
 
 
 

15. Hanya orang kaya bisa membeli mobil. Agustina adalah orang yang membeli mobil. Orang ini tidak kaya. Jadi:

 
 
 
 

16. Gus Dur adalah putra kandung K.H. Wahid Hasyim. Kalimat manakah yang tidak berhubungan langsung dengan kalimat di atas?

 
 
 
 

17. Hasil survey menunjukkan bahwa lagu keroncong lebih disukai daripada lagu klasik. Lagu Rock dan dangdut sama-sama disukai namun lagu keroncong lebih disukai daripada lagu rock dan dangdut. Lagu pop lebih disukai daripada keroncong, lagu rock lebih lebih disenangi daripada lagu klasik. Urutan jenis lagulagu yang paling digemari sampai yang paling tidak digemari adalah…

 
 
 
 

18. Madu yang berasal dari bunga adalah makanan utama dari lebah. Tikus-tikus menghabiskan madu yang telah dikumpulkan lebah. Di jalan Sudirman ada lebih banyak tikus dari pada di Jalan Diponegoro. Jadi dapat disimpulkan :

 
 
 
 

19. Setiap upacara bendera di sekolah dasar, pengaturan baris dilakukan sebagai berikut: kelas yang bertindak sebagai petugas upacara berbaris menghadap barat. Kelas yang tertua akan berbaris mengahadap matahari tebit, sedang sisa kelas yang lain menghadap tiang bendera ke arah Utara. Barisan kelas yang menghadap Utara diatur sedemikian rupa sehingga Barat ke Timur berturut-turut adalah kelas termuda sampai kelas tertua. Jika petugas upacara hari ini adalah kelas III maka urutan yang menghadap Utara dari Timur ke Barat adalah…

 
 
 
 

20. Helen menyukai David. Siapa yang menyukai David menyukai Tom. Helen menyukai hanya laki-laki tampan. Jadi:

 
 
 
 

Question 1 of 20

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!