Contoh dan Tips Membuat CV untuk Guru

Bagaimana Contoh dan Tips Membuat CV untuk Guru? Sayangnya, masih banyak lowongan guru di tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah di Indonesia. Di sisi positifnya, ini berarti ada banyak lowongan kerja mengajar saat ini.

Namun, Anda masih perlu membuat CV guru yang luar biasa agar anda dapat  dipanggil wawancara karena standar perekrutan belum turun. Teruslah membaca untuk menemukan bagaimana apa yang harus anda sorot mengenai keterampilan dan pengalaman mengajar Anda dalam bentuk CV dan.

Format CV untuk Guru

Meskipun format CV tidak lagi dibatasi pada satu template, garis besar ‘standart’ layak dipertimbangkan. Bagaimanapun, Anda masih perlu menunjukkan kualifikasi mengajar, pengalaman, dan keterampilan Anda apakah Anda menulis CV guru untuk sekolah dasar atau menengah. Tujuan CV Anda adalah untuk mendorong diri Anda ke daftar paling atas dan mendapatkan wawancara.

Karena sebagian besar manajer HRD menerima CV online, penting bagi Anda untuk memahami pentingnya menambahkan kata kunci yang tepat. Kami menyarankan Anda untuk menganalisis kata-kata dari deskripsi pekerjaan dengan cermat untuk mendapatkan petunjuk tentang kata kunci terbaik untuk disertakan.

Contoh dan Tips Membuat CV untuk Guru

Idealnya, keterampilan Anda harus sesuai dengan yang diminta dalam deskripsi pekerjaan. Ingat, CV Anda harus melewati applicant tracking systems yang digunakan untuk menghilangkan aplikasi yang tidak relevan.

Saat Anda melamar untuk menjadi seorang guru, tidak perlu dikatakan lagi bahwa itu harus 100% benar secara tata bahasa dengan bebas dari kesalahan ejaan. CV guru Anda harus disesuaikan untuk setiap pekerjaan dan mencerminkan konteks sekolah dan organisasi.

Yang terpenting, ingatlah bahwa ruang pada CV terbatas jadi tulis secara singkat segala hal yang Anda tulis. Jangan khawatir akan kehilangan apa pun, karena untuk itulah surat lamaran Anda.

Bagaimana menulis CV untuk Guru

1. Tulis Pernyataan Pribadi

Ini adalah paragraf pendek yang Anda tambahkan di bagian atas CV Anda. Singkat dan pentingnya, ini adalah salah satu bagian tersulit dari bagian apa pun.

Pernyataan pribadi harus menunjukkan siapa Anda, dan menyebutkan keterampilan dan kekuatan Anda yang relevan dengan posisi guru yang ditawarkan. Pikirkan pernyataan pribadi sebagai versi sangat singkat dari surat lamaran.

2. Sorot Kualifikasi & Pendidikan Keguruan

Anda harus akurat dan komprehensif di bagian ini, mungkin lebih dari pekerjaan lain mana pun. Secara realistis, Anda tidak mungkin mendapatkan posisi guru tetap kecuali Anda memiliki kualifikasi yang relevan. Bahkan lebih baik jika Anda memiliki gelar Magister Pendidikan atau telah menyelesaikan sertifikasi profesional.

Sertakan detail lengkap dengan tanggal untuk semuanya, dan soroti sertifikasi, workshops, atau konferensi apa pun yang pernah Anda hadiri. Menghadiri acara semacam itu merupakan tanda yang jelas dari komitmen Anda untuk belajar dan mengajar.

3. Garis Besar Keterampilan & Pengalaman Mengajar

Di bagian ini, Anda perlu meyakinkan manajer HRD bahwa Anda memiliki metode pengajaran yang progresif. Sertakan detail tentang penyampaian pelajaran, perencanaan, cara Anda mengelola kelas, menilai ujian dan pekerjaan rumah, dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi ujian.

Jika Anda seorang guru yang berpengalaman, cobalah untuk menghindari pengulangan. Daripada membuat daftar tugas yang sama di setiap pekerjaan, tunjukkan cara Anda mengatasi kesulitan atau hambatan apa pun saat mencoba mengajar kelas.

Secara keseluruhan, coba jelaskan bagaimana inovasi Anda membantu meningkatkan peluang keberhasilan siswa Anda.

Jika Anda baru mengenal profesi guru, sertakan detail pengalaman kerja yang relevan atau saat Anda menjadi sukarelawan. Ini termasuk mengajar atau bekerja sebagai asisten pengajar. Terakhir, ada permintaan tinggi untuk guru yang ‘melek digital’. Sertakan pengalaman apa pun yang Anda miliki saat bekerja dengan komputer, tidak perlu dilakukan di ruang kelas.

4. Perluas dengan Surat Lamaran

Surat lamaran Anda harus mendapatkan perhatian yang sama dari CV Anda. Jika Anda ingin menonjol di industri ini, Anda perlu membuat surat lamaran guru yang menyoroti pencapaian dan pengalaman kerja sebelumnya. Lihat tips kami tentang cara menulis surat lamaran.

Fajar Putro
Karawang, Jawa Barat, Indonesia – [email protected]

Pernyataan Pribadi
Guru sekolah menengah berprestasi dengan keterampilan manajemen kelas yang luar biasa dan semangat untuk membantu siswa agar semua kemampuan dan potensi mereka tercapai.

Saya telah bekerja di beberapa sekolah menengah di daerah Jawa Barat selamat 10 tahun. Selama 15 tahun saya berkarir mengajar, saya memiliki sertifikasi keguruan yang memungkinkan saya untuk membuat rencana pelajaran yang benar-benar menarik bagi siswa, dan menghasilkan hasil teladan dalam pemeriksaan dan pengembangan murid.

Pendidikan

  1. Magister Pendidikan, UPI – 2003
  2. Sarjana Pendidikan di UPI – 1999 – 2002

Riwayat pekerjaan
September 2015 – September 2018: Guru Matematika di Sekolah Menengah Labschool
– Gambaran
Mengajarkan matematika dengan metode yang tidak membosankan
– Kunci tanggung jawab
• Pelajaran yang direncanakan sesuai dengan tujuan kurikulum dengan memanfaatkan berbagai metodologi pengajaran.
• Menjalin hubungan positif dengan siswa untuk memfasilitasi pembelajaran.
• Menggunakan gaya mengajar yang efektif untuk memastikan siswa tetap disiplin dan penuh perhatian.
• Memberi orang tua siswa umpan balik pada pertemuan.
– Pencapaian Utama
• Mengembangkan dan menerapkan strategi pembelajaran baru yang belum pernah digunakan di Labschool sebelumnya.
• Meningkatkan kinerja akademik siswa dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Informasi tambahan

Saya menjadi anggota Himpunan Guru Sejarah sejak 2010. Selama itu, saya telah mengikuti berbagai seminar termasuk Seminar Nasional 2018 di UPI. Saya juga anggota Asosiasi Guru di Indonesia.

Kesimpulan

Yang terpenting, pastikan CV Anda menyoroti bidang spesialisasi dan pengalaman Anda secara keseluruhan. CV guru sekolah dasar akan terlihat sangat berbeda dengan sekolah menengahnya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!