Cara Memasukan Soft Skill dalam CV

Bagaimana Cara Memasukan Soft Skill dalam CV ? Apakah Anda tahu cara menampilkan soft skill Anda dalam CV? Memang, penelitian menunjukkan bahwa satu dari tiga (35%) perekrut setuju bahwa soft skill adalah salah satu aspek terpenting untuk dipertimbangkan saat merekrut.

Faktanya, banyak yang menyebutkan bahwa, di samping kecocokan budaya, mereka mengubah permainan dalam hal penyaringan dan perekrutan karyawan baru.

Cara Memasukan Soft Skill dalam CV

Namun, masalahnya adalah menyatakan bahwa Anda terorganisir, pekerja keras, atau tepat waktu tidak berarti banyak jika Anda tidak dapat membuktikannya.

Bagaimanapun, akan ada banyak pencari kerja lain di luar sana yang telah membaca panduan atau nasihat karir yang sama, dan mereka tahu bahwa mereka harus mencantumkan keterampilan berharga yang dapat ditransfer di CV mereka. Namun, ini tidak berarti mereka benar-benar memilikinya.

Jadi, untuk membantu Anda berjalan dan membuktikan bahwa Anda cocok untuk posisi tersebut, kami telah menyusun panduan ini tentang cara memamerkan soft skill Anda secara efektif dalam CV.

Cara Memasukan Soft Skill dalam CV

1. Hindari klise

Meskipun soft skill penting bagi pemberi kerja, mereka juga tidak ingin melihat CV penuh dengan klise. Mengatakan Anda ‘berorientasi pada hasil, berada dakan tim yang bekerja dengan baik dengan orang lain, tetapi juga secara individu’ tampaknya tidak akan membuat mereka menang.

Anda perlu memotong kalimat. Ingat, CV Anda harus sesingkat dan semanis mungkin. Membuat daftar panjang keterampilan yang samar-samar Anda miliki, bersama dengan frasa umum yang tidak berguna, menghabiskan ruang yang berharga.

2. Gunakan deskripsi pekerjaan

Sebelum Anda mulai menulis, Anda harus mulai dengan menyoroti kata kunci apa pun dalam deskripsi pekerjaan. Ini adalah keterampilan utama yang dicari pemberi kerja. Pastikan Anda hanya mencatat keterampilan yang relevan bagi Anda; dan bahwa Anda benar-benar memilikinya.

3. Berikan contoh

Setelah membuat daftar, Anda harus dapat menyimpannya. Itulah mengapa penting untuk memberikan contoh soft skill Anda dalam CV. Ini adalah bagian yang akan membuat Anda menonjol dari pelamar lain.

Menjelaskan bagaimana Anda telah menggunakan keahlian Anda di masa lalu dapat membantu menunjukkan bahwa Anda dapat menambahkan nilai nyata bagi perusahaan dan bisnis.

Untuk memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang apa yang kami maksud, kami telah menyiapkan beberapa contoh dari kami sendiri. Berikut adalah beberapa keterampilan teratas yang dapat ditransfer dan bagaimana Anda dapat mendemonstrasikannya:

  1. Berpikir kritis dalam pekerjaan Customer Service: ‘Meninjau umpan balik pelanggan dan menerapkan perubahan positif untuk memastikan kepuasan pelanggan yang berkelanjutan
  2. Komunikasi dalam pekerjaan perhotelan: ‘Menerima pesanan pelanggan melalui telepon dan melalui email dan menjawab setiap pertanyaan yang mereka miliki sebelum kunjungan mereka
  3. Problem-solving dalam pekerjaan ritel: ‘Menggunakan inventory management software untuk memesan pakaian bagi pelanggan yang kecewa karena tidak dapat menemukan ukuran mereka di toko
  4. Ketepatan waktu dalam pekerjaan warehouse:Menerapkan pencatatan jam kerja baru dalam sistem untuk membantu memastikan semua orang tiba tepat waktu dan dapat pergi tepat waktu ketika shift mereka selesai
  5. Proactivity dalam pekerjaan warehouse: ‘Menata ulang ruang stok untuk memudahkan semua orang mengakses dan menambahkan label ke semua unit penyimpanan untuk memastikan efisiensi.’

Baca juga: 7 Tips Menulis Pengalaman Kerja pada Curriculum Vitae (CV)

4. keterampilan terukur

Seperti yang Anda lihat, memberi contoh sangat penting ketika memasukkan soft skill ke dalam CV. Tapi meski begitu, kita cenderung memahami dampak nyata dari sesuatu saat kita mengukurnya.

Untuk alasan ini, Anda harus mencoba menggunakan angka (seperti persentase atau nilai) jika Anda bisa. Contoh keterampilan terukur yang dapat ditransfer yang dapat Anda masukkan ke dalam CV Anda bisa jadi:

  1. Customer service: ‘Menyapa 100 pelanggan setiap hari dan membantu menyelesaikan pertanyaan apa pun, yang meningkatkan peringkat kepuasan pelanggan sebesar 55% hanya dalam 6 hari
  2. Teamwork: ‘Melatih lebih dari 10 anggota staf baru dan mengatur 5 aktivitas membangun tim, membantu mereka menyelesaikan tugas sehari-hari dan menyesuaikan diri
  3. Organisation: ‘Mengoordinasikan tim saya yang terdiri dari 10 orang untuk memenuhi acara perusahaan dengan lebih dari 200 peserta, meningkatkan keuntungan acara sebesar 35% dalam setahun.

Pamerkan soft skill Anda dalam CV

Terakhir, jangan hanya menyimpan semua contoh brilian Anda untuk satu bagian. Anda bisa membuat ini di seluruh CV Anda.

Anda mungkin ingin memasukkan keterampilan terbaik Anda di profil pribadi Anda. Plus, Anda bahkan dapat menambahkan bagian ‘prestasi’ langsung di bawahnya. ini akan mencakup hasil apa pun yang sangat Anda banggakan. Ini akan memastikan bahwa perekrut tersibuk sekalipun melihat dampak yang dapat Anda berikan kepada perusahan mereka.

Kemudian di riwayat pekerjaan Anda, Anda dapat merujuk ke soft skill yang telah Anda gunakan di posisi sebelumnya. Terakhir, Anda dapat memasukkannya ke dalam bagian pendidikan Anda, memberikan contoh bagaimana Anda menggunakan perangkat lunak Anda untuk mencapai nilai sekolah, perguruan tinggi atau universitas Anda.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!