Cara Menggunakan LinkedIn untuk Mendapatkan Pekerjaan

Bagaimana Cara Menggunakan LinkedIn untuk Mendapatkan Pekerjaan? Kapan terakhir kali Anda masuk ke profil LinkedIn Anda? Jika sudah beberapa bulan (atau bahkan bertahun-tahun!), Inilah saatnya untuk memperbarui informasi itu, terutama jika Anda sedang mencari posisi baru. Faktanya, ada banyak keuntungan menggunakan LinkedIn untuk mendapatkan pekerjaan.

Cara Menggunakan LinkedIn untuk Mendapatkan Pekerjaan

Bagaimanapun, perekrut akan sering melihat profil LinkedIn Anda ketika mereka berada di tahap final untuk suatu posisi. Ini memungkinkan mereka untuk menggali lebih dalam pengalaman Anda, mendapatkan pandangan lebih dekat tentang apa yang sebenarnya Anda tawarkan dan untuk memeriksa apa yang Anda kerjakan sebelumnya.

Cara Menggunakan LinkedIn untuk Mendapatkan Pekerjaan

Jika CV Anda sempurna tetapi LinkedIn Anda tidak menarik, perekrut mungkin meragukan kemampuan Anda. Berikut cara menggunakan LinkedIn untuk mendapatkan pekerjaan dan memberi Anda posisi yang benar-benar diinginkan.

1. Lengkapi profil

Halaman LinkedIn yang tidak lengkap terlihat ditinggalkan atau diabaikan, bahkan jika CV Anda luar biasa.

Jadi, hal pertama yang yang perlu anda lakukan adalah selesaikan profil itu dan perbarui. Tambahkan posisi, keterampilan, atau proyek baru, isi profil yang belum terisi, dan uraikan pengalaman baru Anda.

LinkedIn secara otomatis menilai profil Anda berdasarkan seberapa lengkapnya, Anda harus mengincar ‘All-Star’!

2. Jaga agar tetap konsisten

Riwayat pekerjaan dan pendidikan Anda di LinkedIn harus sesuai dengan yang tertulis di CV Anda.

Jika calon pemberi kerja melihat ketidakkonsistenan yang signifikan, mereka mungkin memiliki beberapa pertanyaan untuk diajukan. Lebih buruk lagi, mereka mungkin berasumsi bahwa Anda berbohong di CV Anda.

Meskipun itu hanya tanggal yang tidak cocok, kesalahan dapat merugikan Anda saat ada peran kompetitif yang harus diisi. Jadi, pastikan Anda menggunakan LinkedIn sesuai dengan CV Anda.

Ingat: Profil LinkedIn Anda penuh dengan detail kecil yang bisa berubah sejak terakhir kali Anda memperbaruinya. Itu termasuk lokasi Anda, jabatan saat ini, dan ringkasan ‘tentang saya‘.

3. Tambahkan foto profil profesional

Perekrut dan pemberi kerja ingin mengenal kandidat mereka selama proses perekrutan. Meskipun Anda tidak menambahkan foto profil ke CV Anda, akan tetapi anda perlu menambahkan foto di profil LinkedIn. Plus, itu pasti membantu untuk mengenali wajah dan mengingat nama.

Anda tidak perlu menyewa fotografer profesional, tetapi foto Anda harus seprofesional mungkin. Ambil foto dengan menggunakan kamera dengan kualitas yang layak, pastikan pencahayaannya bagus, berpakaian rapi, dan yang terpenting tersenyumlah.

4. Tulis profil yang menarik

CV Anda harus menyertakan ringkasan yang meyakinkan tentang siapa Anda dan apa yang Anda lakukan beberapa tahun terakhir, kami menyebutnya profil profesional.

Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk mendapatkan perkejaan karena memerlukan ringkasan yang serupa dengan CV. Ini mempunyai tujuan yang sama, untuk menjual kemampuan Anda dan membangkitkan minat pembaca.

Saat perekrut melihat profil LinkedIn Anda, mereka akan membaca ringkasan Anda terlebih dahulu. Jadi, jika kurang bersemangat, mereka mungkin memilih untuk keluar dari halaman Anda dan pindah ke kandidat berikutnya.

Meskipun Anda tidak boleh membuat salinan sama dari profil CV Anda. Pastikan itu singkat, menarik, dan memberi pembaca gambaran singkat tentang pengalaman dan keterampilan Anda hingga saat ini.

Baca juga: Cara Menulis Profil Pribadi Curriculum Vitae (CV)

5. Pamerkan prestasi Anda

Jika perekrut membuka LinkedIn setelah membaca CV Anda, kemungkinan besar mereka akan berada di tahap akhir dari proses perekrutan. Mereka tertarik dengan potensi Anda pada tahap ini, jadi ini adalah kesempatan terakhir Anda untuk menarik perhatian mereka, membuktikan pengaruh Anda, dan membujuk mereka agar menelepon Anda untuk wawancara.

Jadi, kemas profil Anda dengan hasil, kemampuan, dan pencapaian yang dapat terukur jika memungkinkan. Ini bisa berupa penghargaan, kutipan dari beberapa umpan balik luar biasa yang Anda terima, contoh saat Anda mendapatkan penjualan besar, mendapatkan klien besar, dll. Pada dasarnya, apa pun yang berdampak positif pada pemberi kerja atau klien.

Selain itu, jika Anda mempunyai publikasi, melakukan beberapa seminar, menjadi sukarelawan secara teratur, menyelenggarakan acara industri atau memulai blog Anda sendiri, pastikan untuk menyorotnya dan memperlihatkan beberapa karya terbaik Anda.

6. Dorong rekan kerja untuk mendukung Anda

LinkedIn membuatnya sangat mudah untuk menambahkan keahlian ke profil Anda. Jadi, ada baiknya menggunakan fungsi ini secara maksimal. Ini sangat membantu jika Anda ingin perekrut untuk menemukan profil Anda dan menyarankan posisi kepada Anda.

Setelah Anda menambahkan atau memperbarui keahlian Anda, mintalah kolega atau klien saat ini atau sebelumnya untuk mendukung Anda. Dukungan menunjukkan bahwa Anda memiliki koneksi dalam jaringan Anda dan koneksi tersebut menghargai apa yang Anda lakukan.

Dukungan terbaik berasal dari rekan kerja dan siapa pun yang lebih senior dari Anda. Pengakuan mereka bisa sangat berarti, terutama di industri yang kompetitif atau kecil.

Mereka akan dengan senang hati membantu jika Anda memiliki hubungan yang baik. Selain itu, Anda dapat mendukung keterampilan mereka sebagai imbalan.

7. Terlibat dengan posting yang relevan

Buktikan hasrat untuk sektor Anda dengan menyukai, berkomentar, dan memposting konten dan debat terkait industri yang anda minat. LinkedIn adalah komunitas seperti jaringan sosial lainnya, jadi akan sayang jika Anda tidak menggunakannya secara maksimal, tidak menggunakannya untuk mengobrol dan berbagi pengetahuan dengan profesional lain di jaringan Anda.

8. Gunakan LinkedIn untuk melengkapi CV Anda

Meskipun Anda bukan pengguna biasa di situs ini, Anda masih dapat menggunakan LinkedIn untuk melengkapi CV Anda dan mendukung pencarian pekerjaan Anda. Ingatlah untuk konsisten, pamerkan atribut terbaik Anda, libatkan konten industri yang relevan, dan selalu tetap profesional. Dalam pasar kerja yang kompetitif, ini mungkin memberi Anda keunggulan yang Anda butuhkan!

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!