Kelebihan dan Kekurangan Membuat CV Infographic

Apa Kelebihan dan Kekurangan Membuat CV Infographic? Saat ini kita berada di tahun dimana banyak pemutusan hubungan kerja dikarenakan COVID 19. Di sisi lain, masih banyak lulusan baru yang mencari pekerjaan.

Ini tentu saja membuat persaingan semakin ketat dan jika Anda sedang mencari pekerjaan sekarang, Anda mungkin mendapat ide untuk menulis CV Infographic untuk membantu Anda menonjol.

Kelebihan dan Kekurangan Membuat CV Infographic

Bagaimanapun, perekrut dan manajer HRD terus dibanjiri CV. Jadi, jika Anda mencari pekerjaan, Anda perlu memikirkan strategi baru untuk menarik perhatian perekrut dan manajer HRD.

Di sinilah CV Infographic digunakan. Pada akhirnya, ini adalah CV biasa dengan lebih banyak gambar, font, dan bentuk yang kreatif. Seperti apa pun, mungkin ada pro dan kontra untuk menggunakannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui seluk beluknya. Kami akan memandu Anda melalui artikel di bawah.

Kelebihan dan Kekurangan Membuat CV Infographic

A. Kelebihan menulis CV Infographic

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menulis CV Infographic:

1. Ini menarik secara visual

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa format CV biasa agak membosankan dan biasa saja. Ini pada dasarnya adalah blok teks dan paragraf yang disambungkan ke selembar kertas putih. Inilah sebabnya mengapa sangat menyegarkan bagi perekrut untuk melihat CV infografis, berpotensi mendesak mereka untuk melihatnya lebih lama.

2. Itu langsung ke intinya

Tujuan infografik adalah untuk memberikan informasi secara ringkas, bagian-bagian kecil dan dengan cara yang menarik secara visual. Ini membantu untuk meringkas dengan jelas mengapa Anda bagus untuk pekerjaan itu, yang sangat berguna mengingat berapa banyak pelamar yang mungkin harus disaring oleh pembaca.

3. Ini menunjukkan kemampuan kreatif Anda

CV infografis sangat bagus untuk menunjukkan keterampilan kreatif Anda, bukan hanya menyatakannya. Jika Anda melamar pekerjaan yang mewajibkan ini, ini adalah kesempatan yang tepat untuk membuat CV infografis.

Misalnya, jika Anda sedang mencari pekerjaan desain, CV infografis dapat membantu menunjukkan keahlian Anda dan apa yang dapat Anda bawa ke pekerjaan itu sendiri.

B. Kekurangan menulis CV Infographic

Berikut beberapa alasan mengapa CV infografis mungkin tidak tepat untuk Anda:

1. Itu mungkin ditolak

Menggunakan CV infografis memang berisiko HRD langsung menolak Anda. Ini karena proses meninjau CV bisa sangat manual dan banyak tools seperti menggunakan Application Tracking System (ATS) untuk langsung memfilternya.

Masalahnya adalah ATS tidak cenderung membaca gambar. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi pada Anda, pertimbangkan jenis pekerjaan yang Anda lamar. Dan jika ragu, hubungi perekrut untuk bertanya.

2. Butuh waktu lama untuk membuatnya

Tidak seperti CV biasa, CV infografis tidak memiliki template yang ditetapkan. Artinya, ada banyak ruang untuk kreativitas. Dan, meskipun ini bisa bermanfaat, ini juga bisa sangat memakan waktu.

Lagi pula, Anda perlu merencanakan bagaimana Anda akan menatanya dan kemudian secara fisik menyatukannya. Dengan mengingat hal ini, pastikan Anda memberi diri Anda cukup waktu untuk membuatnya, ini kemungkinan akan menjadi proses yang panjang.

3. Anda harus membatasi informasi yang Anda berikan

Infografik bekerja paling baik saat Anda ingin merangkum informasi besar. Ini berarti bahwa detail riwayat atau kualifikasi pekerjaan Anda sulit untuk dimasukkan.

Jadi, jika Anda tidak yakin apakah akan membuat CV infografis, mulailah dengan mendaftar semua informasi yang ingin Anda sertakan. Beberapa kandidat cenderung menggunakan infografik dari pada CV biasa untuk bertindak sebagai halaman ringkasan.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Curriculum Vitae (Template CV) dan Menulis Surat Lamaran

Kapan Anda harus menggunakan CV infografis?

Pada dasarnya, posisi pekerjaan yang Anda lamar akan menentukan apakah akan membuat CV infografis atau tidak. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan di biro desain atau produser game, CV infografis akan sangat berguna. Pekerjaan di bidang keuangan atau sektor perusahaan mungkin tidak cocok.

Jika Anda tidak yakin jika perusahaan menggunakan ATS (CV infografis sulit terbaca), kirimkan keduanya. Ini dapat membantu Anda memuaskan ATS dan perekrut.

Pertimbangkan untuk mempostingnya di profil Linkedin Anda setelah Anda mengirimkannya juga, ini akan membantu Anda diperhatikan secara online.

Pastikan Anda menonjol

Di tengah banyaknya CV, Anda harus menonjol. Jadilah ikan mas yang melompat keluar dari air di antara saingan Anda lainnya. Cara inovatif untuk menarik perhatian perekrut atau calon pemberi kerja dapat membantu Anda mencapai hal ini, khususnya dengan infografik CV.

Namun, penting untuk memastikan bahwa Anda menargetkan CV Anda ke audiens yang tepat. Usahakan terlalu berlebihan akan dengan mudahnya bisa menjadi bumerang, terutama jika perusahaan tidak dapat membacanya atau tidak sesuai untuk sektor yang Anda lamar.

Oleh karena itu, meskipun CV infografis dapat memastikan Anda menghirup udara segar di antara pesaing Anda, ingatlah untuk mempertimbangkan untuk siapa Anda menulisnya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!