Tips Sukses Mendapat Kerja yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Bagaimana Tips Sukses Mendapat Kerja yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah? Apakah bisa kerja tidak sesuai dengan jurusan kuliah ? Tentu saja bisa. Kini banyak sekali fresh graduate yang bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya. Bahkan tidak jarang pula orang yang memang sengaja mencari pekerjaan di luar disiplin ilmunya. Simak beberapa tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah berikut.

Tips Sukses Mendapatkan Pekerjaan Di Luar Jurusan Kuliah

1. Memilih Pekerjaan yang Sesuai dengan Potensi Diri

Mencari pekerjaan memang tidak semudah yang dibayangkan, apalagi pekerjaan yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajari selama perkuliahan. Biasanya banyak orang yang lebih memilih bekerja yang tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya, karena dianggap lebih mudah masuknya atau pekerjaan tersebut merupakan impiannya sejak dahulu.

Tips Agar Sukses Mendapat Kerja yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Sebelum memutuskan pekerjaan tersebut, ada baiknya anda harus mengetahui bidang apa yang anda sukai. Hindari untuk memilih pekerjaan sembarangan, karena Anda harus melihat dan memahami potensi yang ada pada diri anda terlebih dahulu. Usai mengetahuinya, barulah cari tahu apa yang anda sukai untuk dijadikan kelebihan anda.

Misalnya saja anda menyukai bertemu dengan orang orang baru, maka anda bisa mencoba melamar di posisi marketing atau public relation. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Asosiasi Kampus Amerika menyatakan bahwa, 93 persen perusahaan lebih fokus terhadap kemampuan komunikasi, berpikir kritis, dan memecahkan masalah.

Bahkan banyak pula perusahaan yang tidak terlalu mementingkan jurusan atau disiplin ilmu yang dikuasai oleh calon pegawainya. Tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah ini bisa dimanfaatkan dengan baik, karena saat ini banyak pekerjaan yang cukup kompleks dan menuntut pegawainya untuk bisa menguasai banyak bidang.

2. Mengikuti Program Internship dan Pelatihan

Untuk mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan di perkuliahan memang terkadang menyulitkan. Hal ini dikarenakan terkadang terdapat seseorang yang belum memiliki skill atau kemampuan yang mumpuni pada bidang yang dimasuki. Agar anda bisa memasuki pekerjaan tersebut, cara terbaik yaitu dengan melakukan pengembangan diri.

Pengembangan diri yang dimaksud bisa melalui berbagai cara seperti internship atau magang dan pelatihan. Anda tak perlu khawatir susah menemukannya, karena kini banyak perusahaan yang menawarkan program magang kepada para lulusan baru ataupun mahasiswa tingkat akhir. Kemudian anda pula bisa memilih posisi yang diinginkan dan belajar saat proses magang berlangsung.

Bahkan tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah, juga bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai pelatihan online maupun offline tanpa dipungut biaya sepeserpun. Tentunya hal tersebut akan sangat menguntungkan bagi anda yang sedang mencari pekerjaan. Biasanya pelatihan tersebut akan memberikan sertifikat yang bisa dimanfaatkan untuk melamar pekerjaan.

3. Memperluas Jaringan atau Networking

Terlepas dari disiplin ilmu yang dipelajari selama masa perkuliahan, dengan membangun hubungan sosial dengan orang lain akan sangat membantu anda di masa depan. Tak hanya mendapatkan informasi lowongan kerja saja, dengan adanya banyak relasi juga anda bisa mendapatkan ilmu mengenai pekerjaan yang anda idamkan.

Oleh karena itu anda diperlukan untuk menambah relasi sebanyak mungkin dengan orang orang dari berbagai profesi. Sebenarnya proses pencarian relasi atau networking ini bisa dilakukan sebelum ataupun setelah lulus dari perkuliahan. Mengingat di bangku perkuliahan, anda akan dipertemukan dengan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda beda.

Selain mencari relasi di sekitar kampus, tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah ini pun bisa dilakukan dengan memperluas jaringan melalui media sosial seperti instagram, facebook, twitter, dan lain sebagainya. Jika diperlukan anda bisa mengunduh aplikasi khusus untuk para pencari kerja misalnya saja LinkedIn, Jobstreet, atau yang lainnya.

4. Membuat Curriculum Vitae yang Cocok dengan Pekerjaan yang Dilamar

Curriculum Vitae atau yang sering disebut dengan CV ini merupakan suatu hal yang sangat penting ketika akan melamar suatu pekerjaan pada perusahaan tertentu. Sebab di dalam CV tersebut dicantumkan latar belakang seorang pelamar mulai dari biodata diri, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, hingga keahlian yang dikuasai.

Dalam proses pencarian kerja yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah, anda diperlukan untuk membuat CV yang cocok dengan pekerjaan yang dilamar. Maksudnya, anda tidak diperbolehkan membuat satu CV untuk semua jenis posisi pekerjaan yang akan dilamar. Hal tersebut diklaim tidak efektif karena bisa “mengubur” potensi yang spesifik.

Cobalah untuk membuat CV sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Misalnya saja anda ingin melamar di posisi marketing atau public relation, maka isi dalam CV tersebut harus sesuai. Jika perlu anda bisa menambahkan skill atau informasi tambahan yang bisa mendukung pekerjaan tersebut. Cara satu ini dianggap ampuh untuk mempermudah anda mendapatkan kerja tidak sesuai jurusan.

Selain CV,  pada tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah ini pula bisa dilakukan dengan melampirkan cover letter. Biasanya cover letter berperan untuk melengkapi dan menjelaskan apa yang anda tulis di dalam CV, bahwa anda menginginkan posisi pekerjaan yang dilamar dan meyakinkan perusahaan untuk memilih anda sebagai pegawainya.

Baca juga: 8 Prospek Pekerjaan Jurusan Management

5. Memanfaatkan Apa yang Telah Dipelajari Selama di Kampus

Selama berada di kampus, kegiatan tidak hanya tertuju pada proses pembelajaran saja. Karena terdapat berbagai hal yang bisa dilakukan, misalnya saja dengan mengikuti segala kegiatan di beberapa organisasi baik itu intra maupun ekstra. Adanya beberapa organisasi di kampus tersebut sangat mendukung minat yang anda miliki untuk dikembangkan.

Tak hanya itu saja, anda pula bisa membentuk sebuah komunitas ataupun usaha baru dengan beberapa teman anda. Bahkan status sebagai mahasiswa tersebut pula bisa dimanfaatkan untuk mengikuti berbagai pelatihan ataupun seminar. Jika anda bisa menggunakan berbagai fasilitas kampus tersebut, ada kemungkinan bahwa hal tersebut membantu anda sukses di masa depan.

Mengembangkan minat dalam sebuah organisasi tersebut juga bisa anda gunakan untuk memudahkan anda melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan. Misalnya saja anda mengikuti organisasi jurnalistik di kampus, maka hal tersebut bisa anda manfaatkan dengan melamar pekerjaan di bidang jurnalistik meskipun jurusan anda bukan di bidang itu.

Bahkan tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah ini juga bisa anda cantumkan pada Curriculum Vitae yang diserahkan untuk melamar pekerjaan. Biasanya pengalaman organisasi tersebut digunakan oleh pihak perusahaan untuk mempertimbangkan apakah anda layak untuk diterima sebagai pegawai atau tidak.

Bekerja tidak sesuai dengan jurusan bukanlah hal yang salah ataupun memalukan, karena tidak ada yang tahu jalan kesuksesan setiap orang. Meskipun demikian, jika anda ingin bekerja sesuai dengan jurusan juga tidak dipermasalahkan apalagi anda telah memiliki ilmu yang cukup. Oleh karena itu manfaatkanlah dengan baik masa kuliah anda untuk memperluas jaringan serta mengasah keterampilan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!