Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan di 2021

Jurusan Kuliah apa yang Banyak Dicari Perusahaan di 2021? Memasuki era revolusi industri 4.0, persaingan di dunia kerja kini kian ketat. Bahkan cukup banyak masyarakat yang telah memiliki gelar sarjana, namun belum terlepas dari status pengangguran. Bagi kamu yang masih akan memasuki jenjang universita, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan agar bisa bersiap sejak dini.

Jurusan yang Banyak Dicari di Era Revolusi 4.0 (Tahun 2021)

1. Engineering

Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan di 2021

Jurusan teknik merupakan salah satu jurusan kuliah yang alumninya paling banyak dicari oleh perusahaan. Bahkan hingga tahun 2020 gelar engineering ini masih menjadi primadona di dunia kerja. Diperkirakan hingga 5 tahun ke depan, permintaan insinyur profesional maupun engineering graduates akan terus meningkat.

Hal ini terjadi karena jurusan teknik memang sangat lekat dengan perusahaan, industri, ataupun startup. Mulai dari sistem manajemen industri itu sendiri, telekomunikasi, mesin untuk efisiensi, infrastruktur, hingga robotik semuanya mempunyai keterkaitan dengan jurusan teknik. Kamu bisa memilih jurusan di bidang teknik mesin, teknik listrik, ataupun spesialisasi lainnya.

2. Sastra Inggris

Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan di 2021 selanjutnya adalah sastra inggris. Meski jurusan bahasa masih memiliki sedikit peminat, namun jurusan satu ini adalah salah satu jurusan kuliah yang sangat menjanjikan. Sastra Inggris juga menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan. Bahkan beberapa pekerjaan dari lulusan ini memiliki nilai tinggi, khususnya bidang penerjemah yang memiliki gaji sangat menarik.

Selain itu lulusan dari disiplin ilmu satu ini sangat dibutuhkan dalam dunia pariwisata, dunia percetakan (sebagai penulis atau editor), dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik untuk menjadi dosen atau guru juga tidak masalah, lulusan dari jurusan Sastra Inggris juga bisa menjadi tenaga pendidik. Atau kamu juga bisa menjadi salah satu tenaga kursus pendidikan Bahasa Inggris.

3. Akuntansi dan Bisnis

Fakultas ekonomi dengan berbagai jurusan di dalamnya sejak dulu merupakan yang paling banyak peminatnya. Bagaimana tidak ? Perputaran roda ekonomi tidak bisa lepas dari kehidupan sehari hari. Oleh sebab itu jurusan seperti akuntansi atau bisnis tentu akan selalu digunakan hingga kapan pun pada semua aspek industri.

Hingga tahun 2020, keduanya merupakan jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan. Bahkan permintaan profesional akuntansi dan keuangan di awal tahun telah meningkat mencapai 44 persen dari sebelumnya, angka ini diprediksi akan terus tumbuh beberapa tahun ke depan. Bagi kamu yang menyenangi bidang bisnis, bisa memilih jurusan seperti marketing dan lain lain.

4. Ilmu Kesehatan dan Psikologi

Pada tahun 2020, tenaga profesional layanan kesehatan baik fisik dan mental dibutuhkan dan dicari sekitar 40 persen lebih banyak dari pada tahun sebelumnya. Meningkatnya kebutuhan tenaga profesional dari bidang ini, dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah serta kepadatan populasi di dunia. Sehingga kebutuhan tenaga profesional di bidang kesehatan semakin dibutuhkan.

Kebutuhan pada bidang kesehatan tersebut tidak hanya secara medis saja, namun juga berdampak serta berpengaruh pada kesehatan mental. Sehingga kebutuhan akan sarjana di sektor bidang psikologi juga diprediksi akan meningkat di masa mendatang. Terlebih pada masa pandemi seperti sekarang ini, yang sangat rawan untuk kesehatan fisik dan mental.

5. Desain Komunikasi dan Media

Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan di 2021

Menurut QS World University Rankings, meningkatnya kebutuhan akan tenaga profesional di bidang kreatif di tahun 2020 sekitar 15 persen berasal dari bidang pemasaran, periklanan, dan hiburan. Pasalnya di era industri 4.0 yang semakin menuntut kreativitas, kemampuan antara mengkomunikasikan pesan serta pemasaran produk bisa menjadi peluang karir di masa yang akan datang.

Terlebih dengan semakin pesatnya perkembangan budaya digital di era globalisasi seperti saat ini, peluang kerja terkait industri kreatif semakin terbuka lebar di perusahaan perusahaan startup. Bagi kamu yang berminat, bisa memilih jurusan seperti seni, desain komunikasi, jurnalistik, film, atau bidang lain yang masih terkait dengan industri kreatif.

6. Teknik Informasi

Jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan berikutnya yaitu jurusan teknik informasi. Jurusan ini sangat berhubungan erat dengan industri digital, sehingga pada era yang serba digital ini tenaga profesional dari bidang tersebut akan sangat dibutuhkan. Menurut QS World University Rankings, di tahun 2020 permintaannya bahkan telah meningkat hingga 26,5 persen.

Kemajuan teknologi yang semakin canggih setiap tahunnya, memang membuat semua pekerjaan pada akhirnya dialihkan menjadi berbasis komputer. Berdasarkan alasan tersebut, para lulusan dari jurusan teknik informatika menjadi semakin diminati. Peluang kerjanya pun masih sangat luas di masa yang akan datang, begitu pula perihal penghasilan yang bisa didapat.

Baca juga: Tips Sukses Mendapat Kerja yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

7. Ilmu Data (Data Science)

Jurusan ilmu data atau data science mungkin masih belum terlalu umum di kalangan masyarakat. Jurusan ini merupakan gabungan dari berbagai disiplin ilmu seperti matematika, statistika, teknologi informasi, dan ilmu komputer. Bak paket komplit dari berbagai disiplin ilmu, ilmu data menjadi jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan di era sekarang ini.

Saat ini tenaga profesional dari bidang data science masih cukup langka, padahal kebutuhan akan tenaga ahli tersebut kini semakin tinggi. Dalam industri dan ekonomi yang saat ini sangat bergantung pada teknologi, data memang menjadi suatu hal yang begitu berharga. Dimana dengan data tersebut perusahaan bisa mendapatkan gambaran kondisi bisnis, serta peluang pengembangannya.

Seorang data scientist dengan metode tertentu, akan bertugas dalam mengumpulkan serta mengolah data. Dimana data ini memungkinkan untuk bisa dianalisa oleh perangkat lunak komputer. Begitulah cara perusahaan akhirnya memperoleh data dari bisnis mereka. Profesi data scientist ini masih cukup langka meski kebutuhannya banyak, sehingga gaji yang ditawarkan pun cukup tinggi.

8. Aktuaria

Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan di 2021 terakhir adalah aktuaria. Senada dengan jurusan ilmu data, jurusan aktuaria juga masih belum umum di telinga masyarakat.

Bahkan di Indonesia masih sedikit sekali institusi yang menawarkan pilihan program studi aktuaria ini. Secara sederhana jurusan aktuaria sendiri merupakan ilmu mengenai risiko keuangan yang ada di masa depan.

Jurusan aktuaria adalah kombinasi antara statistika, keuangan, matematika peluang, dan pemrograman komputer. Tenaga ahli aktuaria ini banyak dicari oleh berbagai perusahaan besar, dan tawaran gajinya pun tidak main main. Karena tergolong profesi yang masih langka, gaji yang ditawarkan perusahaan untuk tenaga ahli pada bidang ini memiliki nominal yang cukup tinggi.

Hal tersebut berlaku baik untuk perusahaan di dalam negeri, maupun perusahaan di luar negeri. Peluang dari jurusan aktuaria ini pun meningkat seiring dengan semakin berkembangnya perusahaan asuransi. Dimana tenaga ahli dari disiplin ilmu tersebut sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu aktuaria menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan pada saat ini.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan. Bahkan tenaga ahli dari beberapa jurusan tersebut diprediksi akan semakin meningkat kebutuhannya. Kamu bisa mempertimbangkannya sebagai jurusan kuliah yang nantinya kamu masuki. Meski begitu tentu diperlukan niat dan usaha yang tinggi agar bisa bersaing mencari kerja di masa mendatang.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!