Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja

Jurusan Kuliah apa yang Cepat Dapat Kerja? Menentukan pilihan usai lulus dari bangku SMA memang menyulitkan. Apalagi bagi kamu yang memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Tidak sedikit para lulusan bingung menentukan jurusan terbaik yang akan ia tempa. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, berikut beberapa jurusan kuliah yang cepat dapat kerja yang wajib kamu ketahui.

Jurusan yang Berpotensi Cepat Mendapatkan Pekerjaan

1. Jurusan Pendidikan

Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja

Salah satu jurusan yang paling tepat untuk kamu pilih yaitu jurusan pendidikan. Meski banyak yang menganggap bahwa lulusan jurusan ini memiliki penghasilan rendah dibandingkan dengan jurusan lain, akan tetapi cakupan kerjanya sangat luas. Tak heran jika banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan pendidikan dengan program studi yang beragam.

Misalnya saja Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan, dan masih banyak lainnya. Asal kamu tahu, lulusan pendidikan selain bisa melamar pekerjaan di sekolah negeri maupun swasta, kamu juga bisa melamar menjadi guru atau tutor di lembaga bimbingan belajar.

Bahkan kamu juga bisa menciptakan peluang pekerjaan dengan membuka layanan bimbingan belajar secara online maupun offline di sekitar tempat tinggalmu. Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh salah satu lembaga penelitian, menyatakan bahwa di Indonesia membutuhkan guru profesional untuk ditempatkan di beberapa daerah terpencil.

2. Jurusan Hukum

Bisa dikatakan hukum merupakan salah satu jurusan kuliah yang cepat dapat kerja dan sangat tepat untuk kamu pilih.  Meskipun banyak yang menilai jika mahasiswa hukum itu lebih kaku, suka mengkritik, dan senang berdebat. Namun apakah kamu tahu bahwa fakultas dengan mahasiswa paling banyak di Indonesia yaitu Fakultas Hukum.

Berdasarkan sebuah survei dari Higher Education Statistics Agency di Inggris, jurusan hukum termasuk ke dalam 10 disiplin ilmu yang paling cepat bekerja. Maka tak heran jika banyak orang berlomba lomba untuk masuk ke jurusan satu ini. Apalagi peluang kerja bidang hukum sangat berlimpah, sehingga kamu tak perlu khawatir jika nantinya tidak akan mendapatkan pekerjaan.

Hebatnya lagi, jika berkuliah di jurusan hukum ini kamu akan terbebas dari kebutaan mengenai aturan hukum serta tidak mudah dikendalikan oleh hukum. Beberapa peluang kerja di bidang hukum yang bisa kamu ambil yaitu hakim, pengacara, panitera, asisten legal dan paralegal, mediator, notaris, konsultan hukum, dan masih banyak lainnya.

Dewasa ini, banyak sekali perusahaan maupun lembaga tertentu yang membutuhkan tenaga hukum. Hal tersebut tidak lain untuk membantu segala permasalahan hukum yang berkaitan dengan perusahaan. Sering terjadinya sengketa yang ada di kalangan masyarakat dengan perusahaan juga bisa menjadi peluang lulusan jurusan hukum untuk menanganinya.

3. Jurusan Sastra Inggris

Jika dibandingkan dengan disiplin ilmu lainnya, sastra inggris juga bisa dibilang sebagai jurusan kuliah yang cepat dapat kerja dengan peluang yang sangat besar.

Namun sayangnya, peminat jurusan satu ini sangatlah sedikit, padahal banyak sekali perusahaan yang membutuhkannya. Apakah kamu tahu bahwa jurusan sastra inggris juga mampu menghadirkan beberapa jenis pekerjaan dengan gaji tinggi.

Kamu bisa melamar pekerjaan dengan mudah di beberapa perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga penerjemah. Atau kamu juga bisa menjadi seorang pengajar seperti guru, dosen, maupun tutor di lembaga bimbingan belajar. Tak hanya itu saja, sebenarnya terdapat beberapa perusahaan di bidang jurnalistik yang juga membutuhkan lulusan dari disiplin satu ini.

Apabila kamu sangat menyukai dunia pariwisata, maka hal tersebut bisa kamu manfaatkan dengan cara memandu para turis asing yang datang ke tanah air dan memberikan pelayanan ramah.

Bahkan kini para lulusan Sastra Inggris juga telah dilirik oleh dunia percetakan ataupun jurnalistik. Hebatnya lagi, dalam dunia perbisnisan sarjana sastra inggris juga bisa bisa dimanfaatkan dengan baik salah satunya di bidang ekspor impor.

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja

Menjadi salah satu jurusan yang sangat berpotensi, para alumni ilmu komunikasi pada umumnya akan bekerja di berbagai industri kreatif.

Dimana perusahaan tersebut notabene merupakan industri yang sangat berkembang serta menjanjikan untuk saat ini hingga mendatang. Bahkan di era global ini, jurusan ini memegang peranan penting pada setiap perusahan.

Disiplin ilmu satu ini memiliki beberapa cabang ilmu seperti jurnalistik, hubungan masyarakat, dan periklanan. Jika kamu menempuh jurusan kuliah yang cepat dapat kerja ini, maka penyampaian pesan bisa dilakukan lebih efektif dan komunikatif. Jika terdapat penemuan baru di sebuah perusahaan, maka lulusan ilmu komunikasi akan sangat membantu untuk mempromosikannya.

Apalagi kini perkembangan teknologi sudah semakin canggih, sehingga membutuhkan tenaga ahli untuk mengiklankan produknya melalui media sosial. Dengan adanya komunikasi yang baik tentu akan membuat banyak orang tertarik dengan iklan yang ditampilkan. Keuntungan yang didapatkan pun akan semakin melimpah bagi pihak perusahaan.

5. Jurusan Ekonomi

Dari sekian banyak disiplin ilmu yang ditawarkan, jurusan ekonomi memang paling banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan hampir di semua sektor kehidupan manusia tidak terlepas dari kegiatan ekonomi, terutama untuk proses jual beli.

Dengan adanya berbagai skill yang dimiliki, kni jurusan ekonomi sangat dibutuhkan oleh hampir seluruh perusahaan guna mengatur alur keuangannya.

Bisa dibilang jika sarjana ekonomi memiliki cakupan yang sangat luas untuk memilih lapangan pekerjaan yang akan ditekuninya. Bahkan lowongan pekerjaan untuk disiplin ilmu ini tidak akan pernah surut hingga masa mendatang. Salah satu cabang program studi ekonomi yang sangat berpotensi mendapatkan pekerjaan yaitu akuntansi.

Jurusan kuliah yang cepat dapat kerja ini bisa bekerja di berbagai perusahaan swasta maupun negeri sebagai akunting, atau bisa juga membuka jasa Akuntan Publik. Dimana seorang Akuntan Publik memiliki tugas yang berhubungan dengan pengurusan rekam jejak transaksi, menyiapkan berbagai surat keuangan, serta mengurus pengembalian pajak atau tax returns.

Jika kamu tidak berminat menjadi akuntan, tak perlu khawatir karena lulusan ekonomi juga bisa mengambil jurusan HRD. Kabar baiknya, kini banyak sekali lowongan kerja untuk HRD dan bisa menjadi kesempatan emas bagi kamu untuk berkembang dengan cepat. Semakin besar suatu perusahaan, semakin banyak pula HRD yang dibutuhkan untuk mengurusi segala hal.

Baca juga: Jurusan yang Peluang Kerjanya banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang

6. Jurusan Teknik Informatika

Salah satu jurusan yang sangat berpotensi di era digital seperti ini yaitu teknik informatika. Perkembangan dunia digital yang semakin kesini semakin canggih, kerapkali membuat para pelakon bisnis kwangkalan menghadapinya. Satu satunya cara yang paling ampuh untuk mengatasinya yaitu dengan memperkerjakan para lulusan teknik informatika.

Apalagi kini banyak bermunculan marketplace atau pasar online yang menggaet berbagai kelebihan, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya. Tak hanya marketplace yang menjajakan berbagai produk saja, terdapat pula platform yang menyediakan lapak untuk para lulusan jurusan kuliah yang cepat dapat kerja ini berkreasi.

Melanjutkan pendidikan ke jenjang ke bangku perkuliahan merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang memiliki cita cita setinggi langit. Meskipun kini di Indonesia para sarjana banyak yang menganggur, namun hal tersebut bukan berarti tidak ada kesempatan bagi kamu untuk tetap berkarya. Dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat ini, kamu bisa membuka peluang kerja sendiri.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!