Tips dan Strategi Ampuh Lulus CPNS 2021

Apa Tips dan Strategi Ampuh Lulus CPNS 2021? Pembukaan dan penerimaan CPNS selalu menjadi momen yang dinanti-nantikan banyak orang. Jenjang karir yang jelas dan penghasilan tetap, cukup menjadi alasan mengapa profesi ini diminati.

Namun fasilitas tersebut tidak mudah kamu dapatkan, ada tes seleksi yang perlu kamu lewati. Agar kamu lebih siap menghadapi ujian masuk CPNS, simak tips ampuh lolos CPNS berikut ini.

Tips dan Strategi Ampuh Lulus CPNS 2021

1. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Tips dan Strategi Ampuh Lulus CPNS 2021

Pada tahapan awal seleksi, kamu akan diminta untuk melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan. Biasanya ketika pengumuman pendaftaran tes CPNS dibuka, pihak penyelenggara juga melampirkan ketentuan dan syaratnya. Kamu bisa mencari tahu lewat website resmi dari tim penyelenggara, atau berbagai situs portal berita.

Melalui informasi tersebut kamu dapat mengetahui berkas apa saja yang dibutuhkan. Setidaknya kamu harus mempersiapkan dokumen jauh-jauh hari.

Mengingat dokumen yang dibutuhkan tidak hanya satu atau dua, melainkan lebih dari lima dokumen. Durasi waktu yang cukup lama tidak akan membuatmu terburu-buru dan lebih tenang.

Persiapan di awal seperti ini untuk berjaga-jaga, barangkali ada dokumen yang membutuhkan konfirmasi pihak ketiga. Misalnya, surat keterangan bebas narkoba yang berasal dari Polsek setempat.

Dokumen seperti ini tidak bisa disiapkan dalam waktu terbatas, kamu memerlukan waktu yang lumayan panjang untuk mengurusnya.

2. Pastikan Formasi Pilihan Dibuka

Tips ampuh lolos CPNS selanjutnya ialah memastikan bahwa formasi pilihanmu ada dalam daftar lowongan. Perlu kamu ketahui jika instansi pemerintahan hanya membuka peluang pada formasi tertentu.

Itupun jumlah kuotanya terbatas sehingga kemungkinan diterima pun sempit, mengingat setiap pembukaan tes CPNS jumlah pendaftarnya selalu membludak.

Oleh sebab itu, pilihan formasi setidaknya linear dengan pendidikan yang pernah kamu tempuh. Dengan begitu, peluangmu diterima dalam posisi tersebut jauh lebih besar.

Biasanya instansi pemerintahan cenderung mencari calon pegawai yang sesuai pada bidangnya. Bertujuan supaya tidak perlu memberi pelajaran baru kepada para pegawai baru.

Kamu sendiri juga tidak perlu lagi memahami ulang bidang yang belum pernah dipelajari. Hal tersebut untuk mempersingkat waktu, supaya ketika masuk para pegawai baru ini langsung praktik di lapangan.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, pastikan formasi pilihan dibuka. Sekaligus formasi yang sekiranya berpeluang besar untukmu.

3. Pelajari Soal-Soal Tes Masuk CPNS

Tips dan Strategi Ampuh Lulus CPNS 2021

Dari tahun ke tahun, bidang tes yang diujikan dalam seleksi CPNS tidak berubah. Diantaranya Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawancara Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Kamu bisa mempersiapkannya dengan banyak latihan soal sebelum mengikuti ujian. Tips ampuh lolos CPNS ini akan membuat kamu yakin dapat menjawab pertanyaan dengan mudah.

Buku latihan soal tes CPNS bisa kamu dapatkan di banyak toko buku. Di dalam buku tersebut sudah lengkap dengan materi dan cara menjawab cepat. Kamu tinggal mempelajari kiat-kiatnya serta meluangkan waktu untuk berlatih.

Setidaknya dalam satu hari sediakan waktu 1-2 jam untuk mengisi buku latihan soal, sekaligus memahami pola pertanyaan ujian masuk.

Bila kurang memahami materi tertentu, cobalah untuk bereksplor ke berbagai media. Kamu bisa menjelajahi internet untuk menemukan jawaban. Bisa juga bertanya ke beberapa teman yang mungkin sudah lebih dulu mengikuti tes. Dengan begitu, kamu  sudah mengantongi pemahaman soal di luar kepala.

Baca juga: Latihan Psikotes Online dan Jawaban Gratis

4. Tumbuhkan Rasa Optimis dan Percaya Diri

Tips ampuh lolos CPNS berikutnya adalah menumbuhkan rasa percaya diri dan pikiran positif. Tujuannya agar kamu tidak diselimuti perasaan gelisah dan merasa kemampuan diri terbatas.

Padahal setiap orang memiliki kemampuan yang sama, meski cara mengembangkannya berbeda-beda. Tinggal kamu ada keinginan untuk mengembangkan diri atau tidak.

Buatlah dirimu fokus dengan menumbuhkan rasa optimis dan percaya diri. Tanamkan bahwa kamu sudah menanti momen tes masuk CPNS ini sejak lama. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh membuat kesempatan ini menjadi sia-sia.

Pikirkan perasaan bahagia apabila kamu berhasil diterima dalam seleksi kali ini, maka tidak masalah jika harus bersakit-sakit dahulu sekarang.

Rasa optimis dan percaya diri turut memengaruhi mentalmu hingga menjelang tes dimulai. Pikiran yang tenang membuatmu lancar ketika menjawab soal-soal nantinya.

Selain itu, tips ampuh lolos CPNS ini memberikan sugesti positif agar kamu tidak gugup. Sehingga hal-hal yang sekiranya sepele, seperti dokumen yang perlu dibawa ketinggalan, tidak akan mengganggu peforma.

5. Survey Lokasi dan Datang Lebih Awal

Tips dan Strategi Ampuh Lulus CPNS 2021

Biasanya tempat tes berlangsung tergantung dari pilihan regional masing-masing peserta. Meskipun jaraknya dekat, namun kamu tetap perlu melakukan survey lokasi untuk ujian.

Hal tersebut bertujuan untuk mempelajari rute, sekaligus melakukan estimasi waktu perjalanan. Apalagi saat hari H jalanan wilayah tes akan dipadati oleh peserta dari berbagai daerah, dan pastinya akan terjadi kemacetan panjang.

Usahakan datang ke tempat ujian lebih awal, paling tidak satu jam sebelum tes dimulai. Antisipasi ini dilakukan agar pikiranmu tidak panik, sehingga bisa kehilangan fokus saat mengerjakan soal.

Sambil menunggu giliran, kamu dapat memanfaatkan waktu untuk cek data diri di papan pengumuman. Selain itu, bisa digunakan untuk membuka obrolan dengan peserta lain.

6. Kelola Waktu dengan Baik

Tips ampuh lolos CPNS yang terakhir ialah mengelola waktu ujian dengan baik. Dalam ujian masuk CPNS, bukan hanya tentang ketepatan menjawab soal, tetapi juga pintar mengolah waktu.

Kamu dituntut untuk menjawab beragam pertanyaan dengan waktu yang terbatas. Maka kamu perlu mengatur mana soal yang perlu dijawab lebih dulu atau dikerjakan belakangan.

Hal tersebut dapat kamu pelajari selama mengerjakan latihan soal tes masuk CPNS. Kamu bisa belajar untuk memilah pertanyaan yang mudah dijawab lebih dulu.

Alhasil ketika ujian berlangsung, kamu tidak berhenti untuk memecahkan satu soal saja. Padahal masih banyak soal-soal yang berkaitan dengan hasil akhir nantinya. Jangan sampai waktu yang disediakan sia-sia dan kerjakan tes dengan tenang.

7. Menjaga Kesehatan Tubuh

Tips dan Strategi Ampuh Lulus CPNS 2021 terakhir adalah kondisi kesehatan sering kali diabaikan oleh para peserta tes masuk CPNS. Mungkin terlalu tegang dan ambisi yang besar, sehingga mengabaikan kesehatan diri sendiri.

Terlampau memforsir diri untuk latihan soal setiap hari, tetapi tidak menjaga pola makan dan tidak berolahraga. Sehingga kesehatan semakin menurun dan jatuh sakit di waktu-waktu menjelang tes.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebelum waktu ujian masuk, kamu harus ketat dalam menjaga kesehatan. Setidaknya jangan telat makan dan melewatkan waktu istirahat yang seharusnya.

Boleh kamu berjuang keras agar impianmu tercapai, namun tubuh tetap perlu perhatian nomer satu. Jagalah dengan makan makanan sehat serta berolahraga rutin.

Menjelang ujian masuk CPNS memang menjadi momen-momen yang cukup menegangkan. Ada puluhan bahkan ribuan peserta yang nantinya ikut berpartisipasi dalam tes nasional ini.

Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik sejak awal. Mulai dari melengkapi berkas, latihan soal, hingga menjaga kesehatan agar kamu lolos tes CPNS seusai harapanmu.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!