Cara Membuat Dan Perpanjang SKCK Untuk Daftar Gojek (Online dan Offline)

Bagaimana Cara Membuat Dan Perpanjang SKCK Untuk Daftar Gojek? Grab dan Gojek merupakan perusahaan yang menyediakan layanan transportasi online. Kemudahan akses serta layanan cepatnya, membuat perusahaan tersebut memiliki pelanggan setia.

Maka dari itu, untuk menjaga reputasi, perusahaan memberikan standar dan syarat jika ingin bergabung. Berikut cara membuat dan perpanjang SKCK untuk daftar Gojek dan Grab.

Cara Membuat Dan Perpanjang SKCK Untuk Daftar Gojek

Cara Membuat Dan Perpanjang SKCK Untuk Daftar Gojek (Online dan Offline)

SKCK merupakan salah satu dokumen yang harus disiapkan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya yaitu digunakan untuk mendaftar kerja atau administrasi.

Hal ini juga berlaku pada pendaftaran sebagai pengemudi Gojek dan juga Grab. Anda dituntut untuk mengurus dokumen SKCK jika ingin mendaftar sebagai driver perusahaan transportasi tersebut.

Pengurusan SKCK ini sebenarnya bisa dibilang mudah dan tidak ribet. Asalkan Anda tahu prosedur dan persyaratan yang harus dilengkapi terlebih dahulu.

A. Pembuatan SKCK Secara Offline

Bagi Anda yang ingin mengurus dokumen ini, maka bisa langsung datang ke kantor polisi setempat. SKCK ini akan diterbitkan oleh Polri melalui Kepolisian Sektor maupun Kepolisian Resor setempat.

Dalam Surat Keterangan Catatan Kepolisian ini akan berisi mengenai catatan seseorang yang ada pada data kepolisian. Jadi, fungsi utama dari SKCK untuk menerangkan ada atau tidaknya catatan seseorang mengenai kejahatan atau kriminalitas yang dilakukannya. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apakah orang tersebut memiliki kelakuan baik atau tidak.

1. Berapa masa berlaku SKCK?

SKCK ini akan berlaku selama 6 bulan, sejak dokumen tersebut diterbitkan oleh kepolisian setempat. Meskipun begitu, SKCK juga bisa diperpanjang jika masa berlakunya sudah habis.

Prosedurnya juga tidak begitu lama dan ribet, asalkan Anda mengetahui dengan baik alurnya. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan dokumen penting untuk mengurusnya.

2. Dimana Tempat Pembuatan SKCK?

Pengurusan SKCK bisa dilakukan secara offline atau datang langsung ke Polsek atau Polres setempat. Jika Anda ingin menggunakan dokumen ini sebagai persyaratan untuk masuk ke instansi negara, maka SKCK yang digunakan haruslah diterbitkan oleh Polres. Namun, jika untuk perusahaan swasta, maka bisa menggunakan SKCK yang diterbitkan oleh Polsek.

3. Persiapan Pembuatan SKCK Bagi WNI

Hal pertama yang harus Anda persiapkan untuk mengurus SKCK secara offline yaitu menyiapkan surat pengantar dari kelurahan.

Sebelum datang ke kelurahan, tentunya Anda harus mengurus surat keterangan melalui RT dan RW terlebih dahulu. Setelah itu, Anda baru bisa mendapatkan surat dari desa atau kelurahan.

Biasanya, ketika Anda mengurus surat pengantar tersebut akan ada biaya penanganan yang harus dibayarkan. Namun, hal ini tergantung dari desa atau tempat tinggal Anda.

Selanjutnya, Anda bisa membawa pengantar dari RT atau RW  ke kelurahan untuk mengisi formulir yang ada. Dengan begitu Anda bisa mengurus SKCK ke polres setempat.

Setelah itu, lengkapi persyaratan untuk mengurus SKCK. Seperti halnya jika Anda mengurus dokumen lain, Anda harus menyiapkan dokumen pendukung.

Syarat yang harus dipersiapkan yaitu salinan KTP dan SIM, KK, Pas foto 4 x 6 sebanyak empat lembar dengan background merah. Tak lupa juga Akta Kelahiran atau Ijazah terakhir sebagai bukti dokumen pendukung.

4. Persiapan dan Prosedur Pembuatan SKCK Bagi WNA

Persyaratan tersebut diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia atau WNI. Namun, hal ini akan berbeda jika digunakan untuk WNA atau Warga Negara Asing.

Persyaratan yang harus dipenuhi yaitu Fotokopi paspor, surat nikah, surat menggunakan tenaga kerja asing atau IMTA dari Kementerian Tenaga Kerja, pas foto 4 x 6 background kuning dan juga surat tanda melapor dari kepolisian.

Cara membuat dan perpanjang SKCK untuk daftar Gojek dan Grab selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk mengisi daftar riwayat hidup yang sudah disediakan oleh pihak kepolisian.

Disini ada berbagai macam pertanyaan yang harus diisikan, mulai dari data dirim informasi pendidikan, status perkawinan, ciri ciri tubuh, hingga pernah atau tidaknya melakukan tindak kriminal selama hidup.

Selain itu, ada juga pengambilan sidik jari oleh pihak Kepolisian. Akan tetapi, bagi Anda yang belum melakukan perekaman sidik jari, maka diharuskan mengurusnya.

Anda harus menyiapkan beberapa persyaratan, mulai dari fotokopi KTP, foto samping kanan dan kiri, serta foto dari depan yang berukuran 4 x 6.

Jika Anda sudah melengkapi semua berkas, maka yang Anda butuhkan adalah membuat SKCK dengan datang ke Polsek terdekat.

Anda bisa datang ke Polsek pada jam operasional pelayanan mulai dari hari Senin hingga Jumat di jam 8.00 – 15.00. Selain itu, Anda juga bisa mengurusnya di hari Sabtu, namun hanya sampai jam 11 saja melalui loket SKCK.

Disini Anda akan menyerahkan kelengkapan persyaratan sesuai dengan yang dibutuhkan. Agar tidak bolak balik karena kurangnya dokumen, alangkah baiknya jika menyiapkan salina dokumen dengan jumlah banyak.

Apabila Anda belum pernah mengurus SKCK sebelumnya, Anda bisa mengambil sidik jari di Polres sebagai rekam sidik jari dengan biaya 5000.

Setelah perekaman jari selesai, Anda bisa mulai mengumpulkan berkas yang sudah disiapkan. Di loket pengurusan ini Anda dituntut untuk mengumpulkan berkas dan mengisi data diri.

Setelah itu, tunggu beberapa waktu, maka SKCK sudah siap diterbitkan. Untuk mendapatkannya Anda perlu membayar biaya penanganan sejumlah 30 ribu rupiah saja.

B. Cara Membuat SKCK Secara Online

Selain bisa mengurus SKCK secara offline, Anda juga bisa mengurusnya secara online. Tentunya prosedurnya sedikit berbeda dengan offline, sebab kepengurusan lewat daring lebih mudah dan efisien.

Anda tidak perlu mendatangi Polres atau Polsek setempat untuk mendapatkan surat keterangan berkelakuan baik tersebut.

1. Persiapan Pembuatan SKCK

Hal pertama yang bisa Anda siapkan yaitu mempersiapkan dokumen pribadi dalam bentuk soft file atau hasil scan dokumen. Berkas berkas yang perlu Anda siapkan yaitu scan KTP, KK, Akta Kelahiran, foto 4 x 6 dengan background merah, scan paspor bagi WNI yang keluar negeri untuk kunjungan, sekolah, dan menerbitkan visa.

Setelah itu, kunjungi website pendaftaran SKCK (https://skck.polri.go.id/). Perlu diketahui setiap daerah memiliki website yang berbeda, jadi pastikan mengakses sesuai dengan tempat tinggal Anda.

2. Prosedur Pembuatan SKCK

Apabila sudah mengakses web tersebut (https://skck.polri.go.id/), Anda akan diarahkan pada menu pengisian data pribadi. Data ini meliputi NIK, wilayah polres, NIK, dan foto.

Langkah berikutnya, Anda diperintahkan untuk mengisi data keluarga, pekerjaan, alamat, hingga nama saudara kandung. Jika sudah, Anda juga perlu mengisikan data pendidikan yang meliputi sekolah, tahun lulus, dan juga kota.

Pada tahap berikutnya, Anda diarahkan untuk mengisi kotak mengenai pertanyaan pernah terlibat tindak pidana atau tidak.

Apabila sudah mengisinya, klik tombol selanjutnya dan isi tujuan Anda membuat SKCK. Jika sudah, jangan lupa klik ikon next di bawah laman web untuk mengirim data pemrosesan SKCK.

Baca juga: Cara Membuat Surat Pernyataan Bebas Narkoba dan Sejenisnya

C. Keperluan SKCK untuk Mendaftar Gojek dan Grab

Cara membuat dan perpanjang SKCK untuk daftar Gojek dan Grab yang terakhir, Anda akan mendapatkan kode atau nomor registrasi untuk ditukar SKCK asli.

Mengurus SKCK untuk keperluan pekerjaan di Grab dan Gojek tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Bahkan tersedia dua cara, yaitu offline dan online untuk mengurusnya.

Jika mengurus secara offline, Anda hanya perlu mendatangi Polsek setempat. Tetapi jika mengurus online, maka kunjungi web sesuai daerah asal. Dengan begitu, Anda bisa mengurusnya sesuai kebutuhan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!