Pendaftaran dan Syarat CPNS 2021 Lulusan SMA SMK

Bagaimana Pendaftaran dan Syarat CPNS 2021 Lulusan SMA SMK? Pada tahun 2021 ini, pemerintah kembali membuka kesempatan bagi mereka yang ingin menjadi bagian dari ASN. Pendaftaran berlaku untuk peserta didik yang baru saja lulus dari sekolah menengah atas maupun SMK.

Hanya saja syarat pendaftarannya sedikit berbeda. Silahkan simak ulasan tentang pendaftaran dan syarat CPNS 2021 lulusan SMA SMK berikut.

Pendaftaran dan Syarat CPNS 2021 Lulusan SMA SMK

A. Petunjuk Pendaftaran CPNS 2021

Pendaftaran dan Syarat CPNS 2021 Lulusan SMA SMK

Berdasarkan informasi yang berhasil didapatkan, Maret tahun 2021 adalah awal dari seleksi pendaftaran CPNS di seluruh penjuru tanah air.

Awal rencananya, pemerintah siap membuka sekitar 1 juta formasi CPNS dan memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin melamar menjadi bagian dari ASN berikutnya, tidak terkecuali untuk lulusan SMA maupun SMK.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah mulai mempersiapkan segalanya dengan matang untuk meningkatkan kemungkinan lulus seleksi.

Selain mempersiapkan segala hal, jangan lupa mencari informasi mendalam tentang seluk beluk formasi yang sedang dibuka. Carilah apakah formasi yang diinginkan sedang lowong atau sebaliknya.

Setelah mendapatkan informasi lengkapnya, saatnya untuk memastikan bahwa dirimu sudah masuk dalam kualifikasi yang telah tertera.

Jika memang ada kesempatan masuk dan lulu seleksi, segera persiapkan dirimu dengan melengkapi dokumen penting serta belajar lebih giat agar kesempatan masuk semakin tinggi dibandingkan sebelumnya.

B. Persyaratan Daftar CPNS Khusus Lulusan SMA dan SMK

Pendaftaran dan Syarat CPNS 2021 Lulusan SMA SMK

Apakah kamu adalah salah satu warga negara Indonesia ? Maka ada kesempatan emas untuk mendaftarkan diri menjadi salah satu bagian dari ASN.

Selain itu, para pelamar kerja diharuskan taat sesuai dengan UUD 1945 dan taat dan setia kepada Pancasila. Sayangnya pendaftaran hanya dibuka bagi mereka yang telah berusia 18 tahun dan maksimal  berumur 35 tahun.

Batasan umur yang cukup jauh, memberikan kesempatan besar untuk mewujudkan keinginanmu di kemudian hari. Selain dari segi umur, para peserta ujian seleksi CPNS diharapkan tidak pernah dipidana dan masuk penjara seumur hidupnya, atau maksimal mendapatkan pidana 2 tahun penjara sesuai dengan keputusan.

Berdasarkan spesifikasi tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa pemerintah tidak hanya terpaku pada nilai yang didapatkan oleh calon pelamarnya.

Sebab perilaku dan tindakan kesehariannya ikut menjadi penentu apakah kamu cocok dan layak diterima menjadi salah satu anggota ASN selanjutnya.

Selain itu calon pelamar harus memiliki catatan kelakuan yang baik dan terbebas dari narkoba. Tidak sedang berkedudukan sebagai Prajurit TNI maupun Kepolisian RI, CPNS, maupun PNS.

Kamu juga perlu memastikan bahwa bukan seorang siswa dari ikatan dinas pemerintahan, atau bagian dari anggota pengurus partai politik manapun.

Calon peserta ujian harus memastikan jika kualifikasi pendidikannya telah sesuai dengan jabatan yang hendak dilamar. Selanjutnya kamu perlu memiliki nilai ijazah, SKHU dan dokumen lain setara dengan ijazah STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) dengan minimal nilai 7.00. Apabila kamu memiliki prestasi dengan nilai lebih, maka cobalah untuk mendaftarkan diri.

Pendaftaran dan syarat CPNS 2021 lulusan SMA SMK selanjutnya, para calon pelamar kerja harus dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan dari masing masing jabatan yang hendak dilamar.

Dan hal yang paling penting adalah kamu harus siap ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau bahkan negara lain tanpa terkecuali.

C. Dokumen Pendaftaran CPNS 2021 Khusus Lulusan SMA dan SMK

Pendaftaran dan Syarat CPNS 2021 Lulusan SMA SMK

Perlu diingat bahwa pendaftaran CPNS tidak hanya sekedar lulus tes SKD dan SKB semata. Sebab para pelamar kerja harus lulus seleksi administrasi terlebih dahulu sebelum dinyatakan lulus dan berhasil mengikuti tes pada tahapan selanjutnya. Pada tahapan administrasi, kamu akan diminta melengkapi semua berkas yang telah ditentukan.

Apa saja dokumen yang harus dilengkapi agar lulus ke tahap kedua ? Dokumen atau berkas yang dibutuhkan antara lain fotokopi Akta Kelahiran, Ijazah SMA atau SMK sederajat beserta dengan transkip nilai, fotokopi sertifikat atau ijazah khusus bagi pelamar lulusan SMA, D3. dan S1, serta fotokopi KTP dan surat keterangan rekaman kependudukan.

Bagaimana jika domisili pelamar berbeda dengan alamat yang tertera pada KTP ? Pertama tama pelamar diminta untuk mengurus surat keterangan di Lurah maupun Kepala Desa.

Dinyatakan pindah domisili ketika sudah berpindah tempat minimal 1 tahun lamanya. Selanjutnya surat keterangan domisili tersebut harus ikut dilampirkan oleh pelamar.

Selain itu pelamar diminta menyelipkan daftar riwayat hidup (CV) dengan penjelasan yang singkat namun padat. Siapkan foto berukuran 3×4 sebanyak 4 lembar dengan hasil foto yang baik.

Persyaratan foto pas yang baik adalah wajah terlihat jelas, menggunakan background berwarna merah, dan mengenakan pakaian yang rapi.

Para pelamar kerja juga tidak boleh lupa membuat surat pernyataan bahwa dirinya siap ditempatkan dimana saja, dan dilengkapi dengan materai senilai Rp. 10.000.

Surat pernyataan tersebut harus ditandatangani dengan tinta berwarna hitam tepat di atas materainya. Jika semua dokumen telah disiapkan, kini saatnya untuk mendaftarkan diri.

Beruntungnya kini pendaftaran sudah bisa dilakukan secara online. Sebelumnya kamu perlu membuat akun terlebih dahulu, lalu mengunggah dokumen yang masuk dalam persyaratan serta memilih formasi yang diinginkan.

Setelahnya kamu hanya perlu menunggu hingga tanggal pengumuman tahap seleksi administrasi dilakukan.

D. Tips Lulus Seleksi Pendaftaran CPNS 2021

Persaingan yang cukup ketat bukanlah halangan untuk mencoba mendaftarkan diri menjadi bagian dari anggota ASN berikutnya.

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar kemungkinan lulus dan diterima di formasi idaman dapat terwujudkan segera. Apa saja tips yang harus dilakukan untuk mewujudkannya ? Simak ulasan berikut.

1. Melengkapi Semua Dokumen

Pada tahapan awal, para pelamar kerja sudah ditekankan untuk melengkapi seluruh dokumen yang diminta agar lulus dari seleksi tahap pertama.

Pastikan agar semua dokumen telah tersedia dan siap dikirimkan sebelum menekan tombol kirim lamaran kerja. Banyaknya peserta yang melamar,  membuatmu harus bergerak cepat sebagai langkah antisipasi terjadi antrian membludak.

2. Menjaga Kesehatan Tubuh

Para pelamar CPNS harus melewati beberapa tahapan terlebih dahulu sebelum dinyatakan lulus dan diterima. Banyaknya rintangan yang harus dilewati, kadangkala membuat pikiran menjadi kalut hingga mengganggu kesehatan.

Dalam keadaan kurang fit, otak tidak dapat bekerja maksimal untuk mengerjakan setiap soal yang diberikan.

Oleh sebab itu, para peserta diminta untuk menjaga kesehatannya agar tetap terjaga hingga pengumuman kelulusan telah dilakukan.

Selama itu pula, usahakan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi baik bagi tubuh. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan olahraga agar tubuh tetap fit setiap saat.

3. Mempelajari Materi Tes CPNS

Hal yang paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah mempelajari setiap materi tes CPNS dengan giat. Banyaknya materi yang harus dipelajari, otomatis belajar kebut semalam bukanlah metode pembelajaran tidak disarankan dilakukan.

Dengan kata lain, persiapan pendaftaran dan syarat CPNS 2021 lulusan SMA SMK harus dilakukan sejak jauh hari adalah keputusan tepat.

Baca juga: Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK, TKP dan TIU (Kunci Jawaban) 2021

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar lulus seleksi menuju tahap selanjutnya. Meski persaingan cukup ketat, jangan pernah semangat untuk menunjukkan diri bahwa kamu adalah salah satu bagian dari ASN berikutnya.

Dengan usaha keras yang diseimbangkan dengan doa, diharapkan dapat menjadi bekal agar lulus seleksi.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!