5+ Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD CPNS

Apa saja Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD CPNS? dan Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Tes CPNS? Kabarnya CPNS akan dibuka kembali, jadi kamu bisa mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

Tidak hanya persiapan pendaftarannya saja, perlengkapan & persiapan yang harus dibawa saat tes CPNS juga tidak kalah penting untuk dipelajari, khususnya penyiapkan Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD.

Agar nantinya kamu sudah memiliki persiapan yang matang dalam mengikuti seleksi tersebut.

Persiapan Jelang Tes CPNS

Karena persaingan mengikuti CPNS begitu ketat setiap tahunnya, tentu kamu harus mempersiapkan diri dengan baik terlebih menjelang tes berlangsung.

Mulai dari tes SKD hingga SKB harus dipersiapkan dengan matang, agar nantinya kamu bisa mendapat hasil seperti yang telah kamu tunggu tunggu selama proses ini.

Sebelum masuk ke Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD, ada baiknya anda mempersiapkan beberapa hal jelang tes CPNS yaitu:

1. Dokumen

5+ Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD CPNS

Mulai dari mempersiapkan dokumen penting atau Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD, memantau pengumuman, menyiapkan pakaian untuk ujian, serta mempersiapkan diri sendiri harus dilakukan dengan baik.

Karena tanpa adanya dokumen dokumen penting yang telah ditentukan, maka kamu bisa didiskualifikasi tanpa bertarung, alias tidak diperkenankan mengikuti tes.

2. Pengumuman

Jangan lupa untuk terus memantau pengumuman di website resmi instansi yang telah kamu lamar, untuk mengetahui jadwal serta lokasi tes yang hendak diikuti.

Pastikan bahwa lokasi tes memang sudah benar sesuai dengan pengumuman yang tertera. Bahkan kalau kurang yakin, kamu bisa melakukan survei lokasi terlebih dahulu beberapa hari sebelum ujian berlangsung.

3. Pakaian

Persiapan Jelang Tes CPNS

Kemudian menyiapkan pakaian untuk ujian juga tidak kalah penting, karena pakaian ini sudah ditentukan oleh masing masing instansi.

Dimana peserta diwajibkan untuk mengenakan kemeja berwarna putih polos tanpa corak, serta celana panjang atau rok yang berwarna gelap. Dan kamu tidak diperbolehkan menggunakan sandal ketika mengikuti ujian.

Untuk peserta yang menggunakan jilbab, biasanya diminta menggunakan jilbab dengan warna gelap namun beberapa instansi ada juga yang meminta untuk menggunakan jilbab putih polos.

Jadi ingat, pastikan bahwa kamu telah membaca pengumuman serta ketentuan yang ada dengan cermat tanpa terlewat satu pun.

4. Materi

Sedangkan yang dimaksud dengan mempersiapkan diri sendiri, adalah mempersiapkan bahan tes. Misalnya dengan mempelajari soal-soal CPNS terdahulu, dengan materi wawasan kebangsaan (TWK), karakteristik pribadi (TKP), dan intelegensi umum (TIU). Untuk tes SKB pun begitu, kamu juga wajib mempersiapkan dengan baik.

Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD CPNS

Perlengkapan & persiapan yang harus dibawa saat tes CPNS meliputi kartu peserta ujian, kartu tanda penduduk (KTP) atau identitas lain, serta alat tulis.

Dimana kartu peserta ujian dibutuhkan sebagai bukti, bahwa kamu memang merupakan peserta resmi dari tes CPNS yang dilaksanakan tersebut. Sehingga kartu peserta ini wajib untuk kamu bawa di hari H.

Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD adalah sebagai berikut:

1. Kartu Peserta Ujian

Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD CPNS

Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD pertama yaitu Kartu Peserta Ujian.

Pada saat tes SKD maupun SKB, kamu bisa login menggunakan akun yang telah kamu buat di website resmi SSCN untuk mencetak kartu tersebut.

Sebaiknya gunakan kertas HVS yang tebal misalnya dengan berat 80 gram untuk mencetak kartu peserta ini, agar nantinya tidak mudah rusak ketika dibawa. Pastikan pula tinta cetak terlihat dengan jelas, tidak kabur, serta tidak luntur.

Baca juga: 2+ Cara Cetak Kartu Ujian CPNS dengan Mudah

2. KTP

Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD kedua yaitu KTP. Selain kartu peserta ujian, kartu identitas juga wajib untuk dibawa karena panitia akan memeriksa kecocokan data diri kamu dengan kartu identitas tersebut.

Dalam hal ini kamu bisa membawa kartu tanda penduduk (KTP) yang asli maupun pengganti, apabila KTP kamu yang asli sebelumnya hilang atau mengalami masalah dan lain sebagainya.

Namun jika kamu tidak memiliki eKTP maupun pengganti KTP karena beberapa hal, maka kamu bisa membawa kartu keluarga (KK) asli yang telah tercantum nomor induk kependudukan.

Pasalnya data nomor induk kependudukan (NIK) miliki peserta telah terdaftar di SSCN BKN, sehingga bisa dijadikan bukti bahwa kamu adalah peserta sah tes CPNS.

Jika pada proses pengecekan ditemukan tanda tidak kecocokan antara NIK pada kartu peserta dan NIK pada KTP atau KK, maka peserta yang bersangkutan wajib untuk melampirkan surat keterangan.

Dimana surat keterangan ini diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan, serta disertai kartu identita lain seperti SIM atau lainnya.

3. Formulir Deklarasi Sehat

Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD ketiga yaitu Formulir Deklarasi Sehat, Anda perlu mencetak Formulir deklarasi sehat di akun SSCASN masing-masing peserta.

4. Hasil Negatif SWAB Test PCR atau Rapid Test Antigen

Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD selanjutnya yaitu hasil negatif SWAB PCR atau Rapid test Antigen.

  • Hasil negatif swab test PCR (maksimal 2×24 jam)
  • Rapid test antigen (maksimal 1×24 jam)

5. Kartu atau Sertifikat Vaksin

Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD terakhir yaitu membawa kartu atau sertifikat vaksin yang sudah dicetak.

Baca juga: 10+ Berkas CPNS yang Harus Dipersiapkan

Perlengkapan yang Dibawa Saat Tes CPNS yaitu Alat Tulis

Perlengkapan yang Dibawa Saat Tes CPNS yaitu Alat Tulis

Ada alat tulis yang sebaiknya juga kamu bawa di dalam tas, ketika hendak mengikuti tes CPNS.

Meski biasanya panitia telah menyiapkan alat tulis tersendiri, dan peserta tidak diperbolehkan membawa alat tulis pribadi ke dalam ruangan. Namun tidak ada salahnya kamu jaga jaga membawa alat tulis di dalam tas.

Karena tas kamu pun nantinya harus dititipkan pada tempat penitipan, jika memang tidak boleh membawa alat tulis maka kamu hanya perlu meninggalkannya di dalam tas.

Hal ini dilakukan hanya untuk mengantisipasi peraturan yang bisa saja berubah sewaktu waktu. Itulah perlengkapan & persiapan yang harus dibawa saat tes CPNS.

Sebaiknya membawa alat tulis pribadi pulpen dan pensil kayu (bukan pensil mekanik)

Baca juga: Pendaftaran dan Syarat CPNS Lulusan SMA SMK

Perlengkapan yang Tidak Boleh Dibawa Saat Tes CPNS

Perlengkapan yang Tidak Boleh Dibawa Saat Tes CPNS

Setelah menyiapkan Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD, selanjutnya anda perlu mengetahui perlengkapan yang tidak boleh dibawa saat tes CPNS.

Jika ada perlengkapan yang wajib untuk kamu bawa, maka ada pula beberapa barang yang memang tidak diperkenankan untuk dibawa ke dalam ruang ujian.

Jadi lebih baik jika kamu langsung tidak membawanya dan meninggalkannya di rumah. Agar nanti tidak repot untuk melepasnya, apabila barang ini melekat pada diri.

1. Perhiasan

Barang yang dimaksud yaitu pertama perhiasan, baik itu kalung, cincin, maupun gelang. Pihak panitia akan menyita setiap perhiasan yang kamu, bahkan bila kamu menyembunyikannya di dalam saku tetap akan terlacak oleh metal detector. Jadi kamu harus menyimpannya di dalam tas, atau tidak membawanya sama sekali.

2. Smartphone

Kemudian smartphone tentunya juga tidak boleh kamu bawa ke dalam ruang ujian, meski dalam keadaan silent atau non aktif sekalipun.

Smartphone wajib hukumnya dimasukkan ke dalam tas. Selain itu kamera dalam bentuk apapun di luar gawai juga tidak diperkenankan masuk ke dalam ruang ujian. Pun dengan jam tangan, juga wajib untuk dititipkan pada panitia.

3. Jam Tangan

Bagi kamu yang terbiasa menggunakan jam tangan untuk melihat petunjuk waktu, maka tidak perlu khawatir. Karena sudah tersedia pengatur waktu atau timer untuk mengerjakan soal ujian, yang bisa kamu gunakan sebagai penunjuk waktu.

4. Ikat Pinggang

Kemudian ikat pinggang juga tidak boleh dikenakan baik oleh peserta laki laki maupun perempuan.

Jadi pastikan bahwa pakaian yang kamu kenakan sudah pas dan tidak terlalu longgar, sehingga kamu pun tidak memerlukan ikat pinggang lagi.

Apabila dalam kondisi darurat, maka kamu dapat mengganti fungsi ikat pinggang ini dengan tali atau pengait lainnya yang mungkin bisa digunakan untuk menahan pakaian terlalu longgar tersebut.

5. Bros

Selain itu biasanya banyak peserta perempuan yang menggunakan bros agar kerudung lebih rapi. Ternyata penggunaan bros ini tidak diperbolehkan ketika mengikuti tes CPNS, terlebih jika bros yang digunakan berukuran besar.

Dalam hal ini kamu bisa mengantisipasi dengan menggunakan kerudung instan, atau ubah modelnya sehingga tidak membutuhkan bros.

6. Uang, Kalkulator, Makanan & Minuman

Beberapa perlengkapan lain yang juga tidak boleh dibawa yakni uang, kalkulator, hingga makanan dan minuman. Intinya yang harus kamu bawa yaitu kartu peserta dan kartu identitas, karena tanpa kedua hal ini maka bisa menyebabkan kamu tidak bisa mengikuti tes. Untuk itu pastikan kamu membaca dengan cermat, mengenai peraturan yang ada agar tes berjalan lancar.

Video mengenai Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD CPNS, bisa dilihat di:

Sekian artikel berjudul 5+ Dokumen yang Dibawa saat Tes SKD CPNS, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!