Link Resmi Pendaftaran CPNS 2021 SSCASN BKN

Apa Link Resmi Pendaftaran CPNS 2021 SSCASN BKN? Bagi calon pelamar CPNS tentu perlu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan sejak awal. Karena nantinya ada tahapan seleksi administrasi sebagai syarat lanjut ke tes berikutnya. Namun banyaknya informasi situs pendaftaran yang simpang siur membuat anda harus berhati-hati.

Berikut link resmi pendaftaran CPNS 2021 SSCASN BKN (Cara Daftar, Dokumen yang perlu di upload).

A. Link Resmi untuk Mendaftar CPNS 2021

Link Resmi Pendaftaran CPNS 2021 SSCASN BKN

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia ingin menjadi bagian dari Pegawai Negeri Sipil (PNS). Gaji rutin setiap bulan beserta beberapa tunjangan merupakan alasan kuat mengapa pekerjaan ini diimpikan.

Pada tahun 2021 ini pemerintah kembali membuka pendaftaran untuk peserta sesuai ketentuan. Rencananya pendaftaran akan dibuka pada bulan April 2021.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, kemungkinan besar pemerintah menyediakan lebih dari 1 juta formasi pada CPNS 2021 nanti. Artinya kesempatan anda untuk mewujudkan cita-cita semakin terbuka lebar.

Anda hanya perlu mempersiapkan diri sejak awal, mulai dari persiapan beberapa kebutuhan dokumen dan luangkan waktu untuk latihan soal.

Anda bisa melihat informasi resminya di laman SSCASN BKN. Di situs ini calon pelamar bisa membaca pengumuman terkait jadwal seleksi CPNS. Sekaligus apa saja dokumen yang perlu dilengkapi untuk mengisi kolom pendaftaran. Karena banyak dokumen yang harus disertakan, ada baiknya memahami dan mencatat setiap detail berkas-berkas penting.

Semua Warga Negara Indonesia (WNI) memiliki kesempatan untuk mendaftar dan mengikuti seleksi CPNS. Selama masih memenuhi kriteria dan ketentuan, anda diperbolehkan ikut tahapan seleksi.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin menggapai masa depan, segera persiapkan diri mulai sekarang. Dalam kurun waktu ini anda bisa mempelajari

Pertama kali yang perlu anda lakukan ialah membuat akun pribadi di laman SSCASN BKN. Akun tersebut dibuat secara online, lalu pelamar diminta mengisi identitas dan data penting di formulir pendaftaran.

Isinya berupa data diri, informasi pilihan formasi, serta beberapa kelengkapan dokumen. Setelah semuan kolom terisi barulah anda simpan dan mencetak kartu peserta.

B. Cara Pendaftaran CPNS 2021

Perjalanan menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak mudah, perlu melalui proses seleksi yang cukup panjang. Dimulai dari pendaftaran dan melengkapi berkas dokumen untuk mengikuti tahapan seleksi adminstrasi.

Jika lolos baru mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Apabila dinyatakan lulus tes SKD langsung lanjut ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Link resmi pendaftaran CPNS 2021 SSCASN BKN (Cara Daftar, Dokumen yang perlu di upload) bisa anda cek di https://sscasn.bkn.go.id.

Laman resmi milik penyelenggara tes CPNS ini menyediakan informasi lengkap terkait alur pendaftaran. Sebelumnya, pelamar diharapkan memahami ketentuan dan syarat dengan baik. Berikut ini ada tahapan cara pendaftaran:

  1. Akses portal resmi milik SSCASN BKN untuk mendapatkan informasi pendaftaran
  2. Pahami dulu tata cara dan syarat pendaftaran dengan teliti
  3. Cek bagian informasi pendaftaran CPNS 2021 pada menu SSCN
  4. Di bagian menu “Layanan Informasi” pilih “Info Lowongan” untuk mencari tahu instansi, jabatan, pendidikan, lokasi penempatan, hingga jumlah dan jenis formasi CPNS yang ditetapkan
  5. Klik “Alur” untuk melihat bagaimana cara pendaftaran CPNS 2021, setelah itu baca poin per poin dengan cermat
  6. Buat akun pribadi di bagian menu “Registrasi”
  7. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada KTP
  8. Masukkan Nomor Kartu Keluarga (KK), bisa juga NIK Kepala Keluarga
  9. Kemudian lengkapi data pribadi seperti Nama sesuai KTP (tanpa gelar), tanggal lahir, tempat lahir, dan kode Captcha
  10. Lalu klik “Lanjutkan”
  11. Isi data sesuai dengan KTP dan data ijazah, sekaligus lakukan perbandingan data keduanya. Perlu anda tahu kalau data ijazah adalah data pokok kepegawaian untuk mendaftar CPNS
  12. Unggah pas foto ukuran 4×6 dengan background berwarna merah, tinggal klik “Choose File”. Lalu cari foto di penyimpanan komputer atau laptop milik anda
  13. Masukkan data tambahan seperti email aktif, tidak ketinggalan buat password yang mudah diingat
  14. Masukkan pertanyaan pengaman, berikutnya klik “Lanjutkan”
  15. Selanjutnya anda bisa logout dan login kembali untuk mengisi pendaftaran instansi

Baca juga: Ketentuan dan Syarat Pendaftaran CPNS 2021

C. Alur Pendaftaran Instansi Sesuai Pilihan

Link Resmi Pendaftaran CPNS 2021 SSCASN BKN

Setelah mendapatkan akun pasca pendaftaran, anda boleh meneruskan ke tahap selanjutnya yaitu pendaftaran instansi. Anda pasti sudah memiliki instansi tujuan dan formasi sesuai keinginan.

Di alur ini anda bisa mendaftarkan diri ke formasi pilihan, tapi sebelumnya login dengan NIK dan password terdaftar lebih dulu. Berikut cara pendaftarannya:

  1. Login menggunakan NIK dan password
  2. Upload foto diri atau selfie sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun. Kartu tersebut bisa anda dapatkan dengan mencetaknya setelah membuat akun
  3. Lengkapi data pribadi yang diminta, baca satu per satu kolom agar tidak keliru saat input
  4. Pilih instansi, jenis formasi, jabatan, dan pendidikan
  5. Lengkapi data pada kolom yang sudah tersedia
  6. Unggah dokumen yang diminta, setelah berhasil lakukan cek sekali lagi sebelum berkas tersebut dikumpulkan
  7. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2021

Dokumen yang sudah diunggah ketika pendaftaran akan melalui tahap seleksi administrasi. Pelamar tinggal menunggu kabar dari pihak penyelenggara untuk melakukan verifikasi data.

Data dan dokumen para peserta CPNS diverifikasi oleh tim verfikator instansi. Jika dinyatakan lolos seleksi administrasi, maka anda akan memperoleh Kartu Peserta Ujian.

Kartu Peserta Ujian ini menjadi kunci untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Bagi pelamar yang tidak lolos di tahapan seleksi administrasi, maka tidak mendapat kartu tersebut dan kesempatan tes SKD hilang.

Tapi tenang saja, terdapat masa sanggah maksimal 3 hari untuk mengklarifikasi kesalahan. Setelah itu tim verifikator instansi akan mengumumkan hasil sanggahan.

Dokumen yang Perlu Diunggah

  1. Kartu Keluarga (KK)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP), jika belum punya bisa melampirkan Surat Keterangan dari Disdukcapil
  3. Ijazah dan Transkrip Nilai
  4. Pas foto 4×6 dengan background warna merah
  5. Dokumen pendukung sesuai syarat dari instansi tujuan

Baca juga: Berkas Penting Pendaftaran CPNS 2021

D. Masalah yang Sering Terjadi Saat Pendaftaran CPNS

Acap kali para pelamar kurang memahami dengan baik alur pendaftaran CPNS. Terkadang pula tidak membaca aturan dengan seksama, ataupun tidak berpedoman pada ketentuan CPNS periode sebelumnya.

Kesalahan sepele ini bisa berakibat pada kelulusan calon peserta di tahap seleksi administrasi. Usahakan catat semua dokumen yang diperlukan, baik di tulis di note.

Jangan terburu mengisi data setelah membuat akun, pelajari dulu satu per satu. Setelah dokumen lengkap baru login akun dan unggah sesuai dengan ketentuan.

Cari tahu juga jumlah formasi yang dibutuhkan, jika formasi impian peluangnya kecil berarti harus berusaha keras.

Tahapan seleksi administrasi merupakan salah satu tahapan yang cukup penting. Dimulai dari pendaftaran akun kemudian mengunggah dokumen yang ditentukan.

Dalam proses pendaftaran, anda juga mengisi kolom instansi dan formasi sesuai pilihan. Dokumen yang terverifikasi berarti lolos ke tahap berikutnya, yaitu tes SKD.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!