Manfaat Mengikuti Tryout CPNS

Apa Manfaat Mengikuti Tryout CPNS? Saat tahun 2020 memang tidak dilaksanakan penerimaan CPNS, tak heran jika pelaksanaannya di tahun 2021 merupakan salah satu ajang yang sangat dinanti nanti.

Rajin berlatih merupakan salah satu hal yang harus kamu lakukan sebelum kamu benar benar menghadapi soal tes nya di hari H. Yuk simak ulasan seputar tryout CPNS disini.

A. Ternyata Tryout Bukan Dari BKN

Manfaat Mengikuti Tryout CPNS

Sudah menjadi keharusan bagi setiap peserta CPNS untuk lebih giat berlatih mengerjakan berbagai soal terkait dengan materi tes CPNS. Salah satu jalan yang bisa dicoba adalah dengan rajin mengikuti berbagai tryout. Saat ini banyak penyedia layanan tryout CPNS, ada yang berbayar dan ada pula yang gratis.

Sebenarnya apakah BKN adalah penyelenggara tryout tryout tersebut? Jawabannya tidak. BKN sebagai lembaga pemerintahan tidak pernah menyediakan layanan tryout bagi para peserta.

Penyelenggaraan tryout biasanya dilakukan oleh lembaga bimbingan belajar yang pesertanya adalah para calon PNS sehingga tidak ada kaitannya sama sekali dengan BKN.

BKN hanya sempat menyediakan simulasi CAT saja bagi para calon peserta. Simulasi CAT yang sempat diselenggarakan pada tahun 2019 merupakan salah satu bentuk upaya BKN untuk memperkenalkan sistem CAT pada para calon ASN. Dengan adanya simulasi ini, para peserta CPNS bisa berlatih serta terbiasa mengerjakan soal berbasis komputer.

Untuk penyelenggaraan CPNS 2021 belum ada berita tentang pelaksanaan simulasi CAT, namun untuk tryout sudah banyak yang bisa kamu akses.

Kamu bisa melihat halaman website atau social media dari lembaga bimbingan belajar untuk para calon ASN. Biasanya mereka memberikan pengumuman jika hendak membuka tryout.

Soal soal yang mereka keluarkan biasanya mengacu pada soal yang tahun lalu pernah muncul atau sesuai dengan Permenpan RB yang berlaku sehingga sedikit banyak bisa membantu para calon ASN untuk belajar menghadapi soal yang sebenarnya nanti saat pelaksanaan hari H. Tak hanya soal, aka nada perangkingan juga sehingga kamu mengetahui daya saingmu.

B. Manfaat Tryout CPNS

1. Berlatih Memahami Materi

Fungi atau manfaat mengikuti tryout CPNS yang pertama adalah kamu bisa berlatih memahami soal. Soal yang keluar saat tes SKD ada tiga macam yaitu TIU (Tes Intelegensi Umum), TKP (Tes Karakteristik Pribadi), dan TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). Materi tesnya bukanlah materi kuliah melainkan materi sejak kamu berada di bangku sekolah dasar.

Tentu pengetahuan tersebut perlu kamu asah kembali karena sebagian besar materinya pasti sudah kamu lupakan. Dengan sering melakukan tryout, kamu secara tidak langsung akan ingat kembali dengan materi materi terkait dengan PKN dan juga matematika.

Kamu juga bisa lebih memahami tipe materi TKP yang baru bisa kamu jawab jika kamu mengetahui karakteristik ASN yang baik.

2. Mengenal Banyak Tipe Soal

Tak hanya kembali mengingat materi, dengan adanya tryout CPNS kamu bisa mengenal berbagai tipe soal yang kemungkinan muncul saat pelaksanaan tes SKD.

Tipe tipe soalnya sangat beragam sehingga kamu bisa sedikit banyak mencari tips dan trik saat mengerjakannya. Semua ilmu tak hanya materi, namun kamu bisa pula melihat pola soal untuk mengetahui jawaban yang benar.

Berlatih dengan berbagai soal juga merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk lebih mengenal tipe soal CPNS.

Jika kamu bukanlah tipe orang yang bisa membaca buku materi CPNS yang tebal, cara ini cukup ampuh dan efisien. Kamu bisa memancing kembali pengetahuan kamu melalui soal yang diberikan selama tryout.

Selain itu dengan seringnya mengerjakan soal, kamu bisa lebih memperkirakan waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan sebuah soal.

Pengerjaan SKD nantinya akan diberi waktu 90 menit dengan jumlah 100 soal sehingga waktu menjadi salah satu masalah yang seringkali membuat peserta kewalahan menyelesaikan soal.

3. Melatih Kepercayaan Diri

Saat anda terbiasa mengerjakan soal maka kamu akan mengerti bagaimana tipe soal yang mungkin akan muncul sehingga ada tak lagi kaget saat pelaksanaan hari H.

Kamu akan memiliki kepercayaan diri yang baik sehingga, kamu bisa lebih fokus kepada soal yang muncul di layar. Kepercayaan diri adalah bekal utama saat kamu melakukan sebuah ujian.

Jika mulai dari awal kamu tidak memiliki keyakinan diri maka akan semakin sulit kamu untuk berkonsentrasi. Kamu akan mudah terganggu dengan kondisi sekitar.

Terlebih jika saat kamu memasuki ruangan ujian dan melihat peserta lain yang tampaknya jauh lebih siap dibandingkan kamu. Masalah ini bisa jadi membuat kamu lupa dengan segala materi yang telah kamu pelajari.

4. Mengetahui Kemampuan Awal

Dengan rajin melakukan tryout, kamu akan mengetahui bagaimana perkembangan kesiapan kamu melakukan tes CPNS. Jika kamu telah mengetahui bagaimana kemampuan kamu, maka kamu bisa menetapkan metode belajar yang baik dan lebih sesuai dengan sasaran. Misalnya kamu lemah di TKW maka kamu bisa perbanyak belajar tentang wawasan kebangsaan.

Tentu orang yang mengetahui kelemahannya adalah orang yang memiliki peluang besar untuk lebuh berkembang. Ia bisa menempatkan dirinya sesuai dengan kemampuannya.

Dia juga bisa mengejar ketertinggalannya dengan fokus belajar hal hal yang menjadi pusat kelemahannya. Dengan begitu ia bisa setara dengan kemampuan teman temannya yang lain.

Baca juga: Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK, TKP dan TIU (Kunci Jawaban) 2021

5. Lebih Mengenal Sistem CAT

Sistem CAT adalah system yang digunakan dalam pelaksanaan seleksi CPNS. Tahukan kamu apa yang dimaksud dengan sistem CAT? Sistem CAT adalah salah satu sistem yang berbasis komputer yang dikembangakn agar penyelenggaraan seleksi CPNS bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Nyatanya belum semua orang terbiasa dengan system ini.

Sistem CAT digunakan sejak tahun 2014 untuk menggantikan sistem LJK karena sistem CAT memiliki kelebihan yang sangat besar. Sistem CAT bisa menghemat biaya dan tenaga yang harus dikeluarkan oleh pihak penyelenggara.

Sistem sebelumnya yaitu LJK mengharuskan pemerintah menyiapkan dana yang besar untuk pemenuhan lembar LJK peserta.

Tahukah kamu berapa jumlah kertas yang berhasil dihemat pemerintah saat penyelenggaraan seleksi CPNS dengan sistem CAT? Jumlah kertas yang berhasil dihemat mencapai 4 ton.

Jumlah ini tentu sangat besar jika dikonversikan dalam bentuk uang. Selain itu dengan sistem CAT semua proses bisa berjalan lebih transparan dan cepat.

Untuk kamu yang tahun 2021 menjadi tahun perjuangan pertama tentu bertanya tanya bagaimana cara mengerjakan soal dengan sistem CAT. Dengan adanya tryout, kamu bisa mengerti apa yang dimaksud dengan sistem CAT.

Jika tryout dilakukan secara online biasanya penyelenggara telah menyiapkan soalnya dalam sistem yang menyerupai CAT sehingga kamu bisa berlatih.

Keberhasilan tidak selamanya diperoleh dari pemahaman materi, namun kebiasaan menggunakan system yang berlaku juga bisa berandil besar.

Tak heran jika tryout CPNS menjadi salah satu manfaat mengikuti tryout CPNS. Jika kamu terbiasa mengerjakan soal dengan sistem CAT maka kamu akan lebih percaya diri saat pelaksanaan tes yang sebenarnya.

Demikianlah penjelasan terkait manfaat dilaksanakannya tryout CPNS. Gunakan peluang ini untuk terus berlatih agar kamu bisa semakin siap menghadapi soal yang sebenarnya akan keluar saat pelaksanaan tes CPNS.

Banyak pilihan lembaga yang bisa kamu pilih sebagai penyelenggara. Jika kamu beruntung kamu bisa menemukan tryout online yang gratis.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!