Peran dan Tugas Customer Service

Apa Peran dan Tugas Customer Service? Customer Service adalah posisi yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Menjadi seorang customer service tidaklah mudah. Pelayanan yang salah akan menurunkan kepercayaan pelanggan.

Tak heran jika seorang customer service harus ahli dalam melayani setiap kebutuhan konsumen. Ketahui ulasan lengkap terkait profesi customer service disini.

A. Peran Customer Service

Peran dan Tugas Customer Service

Customer service memiliki peran yang sangat penting terkait dengan pelayanan konsumen. Merekalah orang orang yang akan menjawab setiap pertanyaan consume sehingga kredibilitas sebuah perusahaan sangat dipengaruhi oleh kemampuan dari seorang customer service. Perannya yang besar membuat pekerjaan ini tidaklah mudah.

Untuk kamu yang emosian tentu pekerjaan ini tidak cocok karena yang penting adalah bagaimana kamu bisa menjawab setiap pertanyaan dan komplain pelanggan dengan baik. Tak jarang para pelanggan yang merasa kesal meluapkan kemarahannya pada bagian customer service.

Jika kamu orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan tidak bersumbu pendek pekerjaan ini sangat cocok. Seorang customer service memiliki peran ganda yaitu sebagai wajah perusahaan dan juga sebagai tim pelayanan.

Tak jarang customer service juga harus menghandle masalah komplain yang sebenarnya bukan kesalahan dari divisinya.

B. Tugas Customer Service

1. Menjawab Pertanyaan Konsumen

Seorang customer service memiliki peran dan andil yang penting bagi perusahaan karena merekalah orang yang selalu bersinggungan dengan pihak konsumen secara langsung.

Jika kamu berencana melamar posisi customer service pada perusahaan makanan maka kamu harus mengenal setiap produk yang dijual dengan baik, begitu pula dengan perusahaan lainnya.

Tak jarang konsumen kebingungan setelah membeli produk yang dipasarkan oleh perusahaan tempatmu bekerja. Hal ini menjadi masalah sehingga ia akan bertanya melalui seorang customer service.

Pengetahuan seputar produk tentu menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui. Bagaimana kamu bisa menjawab jika kamu tak tahu produknya secara mendalam?

Inilah pentingnya belajar produk perusahaan dengan seksama. Ditakutkan jika ada pertanyaan kamu tak bisa menjawabnya. Akan semakin salah juga jika kamu memberikan penjelasan yang tidak sesuai karena bisa bisa kamu dan perusahaan lah yang akan memiliki citra buruk dari konsumen. Penilaian pelanggan sangat penting terhadap berkembanganya sebuah bisnis.

2. Mendengarkan Keluh Kesah Konsumen

Tak hanya pertanyaan, mendengarkan serta memberikan solusi terhadap keluh kesah konsumen adalah salah satu tugas yang harus dilakukan oleh seorang customer service.

Jika perusahaan tempatmu bekerja bergerak dibidang jasa maka keluh kesah konsumen biasanya berkaitan dengan pelayanan.

Jika perusahaan tempatmu bekerja bergerak dibidang penjualan barang maka komplain atau keluh kesah yang diterima biasanya terkait dengan produk yang dijual entah barangnya yang cepat rusak atau cara barangnya yang datang tak sesuai dengan keinginan konsumen.

Dalam menanggapi hal ini, seorang customer service harus bisa menjawabnya dengan kepala dingin.

Peran dan tugas customer service ini tentunya tidaklah enteng karena apa yang dikatakan konsumen bisa saja memancing emosi.

Hal ini sudah menjadi hal yang biasa karena orang yang merasa dikecewakan biasanya melampiaskan amarah pada orang yang bisa ia temukan, yaitu pada seorang customer service dan bukan pada pemimpin perusahaan.

3. Menyambung Pembicaraan yang Baik Secara Telepon Atau Langsung

Untuk kamu yang mau bekerja sebagai seorang customer service harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Biasakan untuk selalu mengawali pembicaraan dengan salam dan senyum.

Hal ini adalah hal dasar. Jika kamu merupakan pembicara yang handal tentu hal ini tidak menjadi masalah.

Masalah akan muncul jika kamu adalah orang yang tak bisa menyambung pembicaraan dengan baik. Seorang pelanggan tentu akan merasa tak senang dan bisa jadi mempengaruhi pendapatnya terhadap perusahaan tempatmu bekerja. Kamu harus menjadi orang yang ramah dan jangan sampai masalah pribadi mempengaruhi pekerjaanmu.

4. Memberikan Solusi Pada Konsumen

Setiap keluh kesah dan pertanyaan yang diberikan konsumen hendaknya kamu jawab dengan baik dan sertakan solusi yang bisa diberikan.

Jika yang kamu terima adalah complain datau saran maka jangan lupa katakana bahwa saran pelanggan yang kamu dengan dirinya akan kamu sampaikan pada atasan atau divisi terkait.

Semua complain harus kamu catat dengan baik agar kamu bisa menyampaikannya pada bagian terkait dengan baik. Jika yang datang padamu adalah pertanyaan seputar produk maka jawablah penjelasan produk sejelas mungkin dan jangan lupa tanyakan produk seperti apa yang konsumen inginkan dan berikan saran produk terbaik menurutmu yang cocok untuknya.

Jangan biasakan kamu menghindar dari pertanyaan konsumen. Jika tempatmu bekerja adalah pelayanan langsung yang artinya tidak menggunakan telepon akan sangat tak baik jika kamu menghindari kontak mata dengan konsumen. Konsumen yang akan bertanya malah akan menganggap kamu adalah orang yang tidak ramah.

Meskipun mood mu sedang buruk usahakan untuk membalas setiap pertanyaan konsumen dengan baik dan juga teruslah tersenyum.

Senyum yang sewajarnya ya, jangan terlalu berlebihan juga karena akan membuat konsumen merasa tidak nyaman. Mental yang kuat dan semangat melayani menjadi dasar yang sangat dibutuhkan oleh seorang customer service.

Baca juga: Pekerjaan Baru di Era New Normal

5. Penyalur Pesan

Peran dan tugas customer service yang selanjutnya adalah seorang penyalur pesan. Bisa jadi saat kamu bertigas kamu bertemu dengan seorang pelanggan yang ingin memberikan saran kepada pelayanan perusahaan tempatmu bekerja.

Jika hal ini terjadi jangan sampai  lupa untuk mencatatnya. Setelah dia memberikan saran jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih.

Setiap saran yang diberikan oleh konsumen akan membuat perusahaan tempatmu bekerja semakin berkemabng. Jangan sampai kamu acuh tak acuh dengan saran yang diberikan oleh konsumen.

Bisa saja saran yang diberikan oleh pelanggan tersebut bermula dari masalah yang dirasakan oleh semua konsumen namun memang tak semua orang berani untuk speak up.

Hargai usaha mereka yang menyempatkan diri untuk memberikan saran dan kritik pada perusahaan. Jika pelanggan tersebut memberikan kritik kamu juga tidak boleh marah karena setiap orang memiliki persepsi dan pemikiran yang berbeda beda sehingga apa yang menurutmu benar belum tentu menurut orang lain benar.

Catat saja semua komentarnya dan sampaikan pada divisi terkait atau jika memang perlu dibahas lebih lanjut jangan ragu ragu untuk menyampaikannya pada atasan agar atasanmu lah yang akan membawanya menjadi bahan rapat penting perusahaan. Harapannya dengan kritik dan saran yang diberikan oleh konsumen bisa membuat perusahaan semakin maju.

Salah satu sikap yang tak boleh dilakukan oleh seorang customer service adalah lepas tanggung jawab. Apa jadinya jika setiap komplain konsumen kamu mengoperkannya pada rekan kerjamu?

Berusahalah untuk menangani setiap masalah dengan konsumen sebaik mungkin. Tugas customer service memang tak mudah jika itu adalah pilihanmu maka kamu harus bekerja sebaik mungkin.

Demikianlah penjelasan terkait dengan tugas seorang customer service. Semangat pelayanan menjadi salah satu hal yang harus ia miliki.

Seorang customer service haruslah orang yang sabar dan juga cekatan. Tak heran jika memang pekerjaan yang satu ini sangat sulit dan tak semua orang bisa melakukannya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!