Cara Menghilangkan Kejenuhan Dalam Bekerja

Bagaimana Cara Menghilangkan Kejenuhan Dalam Bekerja? Bekerja menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Dengan bekerja kamu bisa memperoleh pendapatan yang bisa kamu gunakan untuk keperluan sehari hari dan masa depan.

Karena tuntutan pekerjaan yang cukup berat, seringkali kita mudah merasa bosan. Lantas bagaimana cara menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja? Simak tipsnya disini.

Cara Menghilangkan Rasa Bosan Saat Bekerja

Bekerja menjadi sebuah rutinitas yang harus dilakukan. Bagaimana tidak, ini menjadi salah satu sumber penghasilan yang harus kamu kejar untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Terkadang ketika sedang bekerja ada kalanya karyawan merasa bosan. Lantas tahukah kamu bagaimana cara membuat pekerjaan lebih menyenangkan dan tidak merasa bosan? Simak tipsnya sebagai berikut.

1. Mencari Tahu Penyebab Kejenuhan

Cara Menghilangkan Kejenuhan Dalam Bekerja

Merasa jenuh saat bekerja sebenarnya adalah hal yang wajar, terlebih kalau kamu melakukan pekerjaan yang memiliki tekanan cukup besar.

Dikejar deadline hingga atasan yang menyebalkan bisa menjadi pemicu munculnya rasa jenuh saat berada di kantor. Mengingat penyebabnya yang sangat beragam, kamu harus tahu apa penyebab kamu merasa jenuh.

Setelah kamu mengetahui penyebab rasa jenuh yang muncul, barulah kamu bisa mengatasinya dengan cepat dan tepat. Misalnya jika rasa jenuh yang muncul disebabkan oleh pekerjaan yang terlalu banyak, kamu bisa mencoba untuk membuat daftar prioritas.

Jika semuanya sudah terjadwal, kamu bisa melihat sebenarnya pekerjaan apa saja yang bisa kamu selingi dengan refreshing.

Jika kamu rasa pekerjaan terlalu banyak sehingga kamu tak punya waktu istirahat, coba konsultasikan dengan manager. Selama kamu mengkonsultasikan dengan cara yang baik, itu sebenarnya tak ada masalah.

Jika kamu sudah berkonsultasi bisa jadi manajer mu bisa memberikan solusi misalnya dengan menambah jumlah pegawai atau memberimu asisten.

2. Luangkan Waktu Beristirahat

Saat kamu bekerja, jangan terlalu memforsir diri dan pikiran karena hal ini akan membuat kamu merasa jenuh saat bekerja. Rasa jenuh bisa menyebabkan produktivitas menurun sehingga tentu tak baik juga untuk pekerjaan yang kamu lakukan. Kamu boleh mengambil sedikit waktu untuk mengembalikan mood dan gairah bekerja.

Cara simple yang bisa kamu coba misalnya kamu bisa datang mengunjungi taman atau ruang terbuka yang ada di sekitar kantor kemudian duduklah dengan santai sekitar kurang lebih setengah jam.

Kamu juga bisa menyantap berbagai jajanan sehingga kamu akan merasa lebih baik. Setelah kamu rasa sudah kembali bersemangat, barulah kamu bisa melanjutkan pekerjaanmu.

Cara cara semacam ini patut untuk kamu coba karena jika kamu terus memaksakan diri bisa jadi pekerjaanmu akan berantakan. Otak juga memerlukan waktu untuk mengistirahatkan diri.

Takutnya kalau kamu terus melakukan ini, stress akan menumpuk dan malah membuat kamu semakin kewalahan di kemudian hari.

3. Menciptakan Suasana Baru Di Tempat Kerja

Suasana yang menyenangkan saat bekerja sebenarnya menjadi salah satu hal yang harus diperoleh oleh setiap karyawan tanpa menurunkan tingkat profesionalisme kerja.

Saat ini banyak perusahaan yang sudah mulai sadar akan hal ini sehingga mereka membuat kantor dengan desain yang senyaman mungkin untuk karyawan.

Lantas bagi kamu yang mulai merasa jenuh dengan pekerjaan, kamu bisa mengubah sedikit tampilan meja kerjamu. Kamu bisa tambahkan dekorasi kecil berupa foto atau pajangan yang akan sedikit memperbaiki mood mu saat kamu merasa bosan. Selama apa yang kamu perbuat tidak merusak fasilitas kantor dan mengganggu rekan kerja maka hal itu sah sah saja dilakukan.

Meja kerja adalah tempat kamu banyak menghabiskan waktu sehingga meja kerja yang nyaman juga bisa meningkatkan produktivitas kerja. Walaupun cara ini simple namun sebenarnya cukup efektif.

Suasana yang menyenangkan akan membuatmu tak mudah merasa jenuh saat berada di kantor. Dengan pikiran yang fresh kamu tak akan mudah stress dan bisa bekerja dengan baik.

4. Lakukan Selingan Kegiatan Yang Menyenangkan

Cara Menghilangkan Kejenuhan Dalam Bekerja

Cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja selanjutnya adalah selingi setiap pekerjaan dengan hal hal yang menurutmu menyenangkan. Untuk kamu yang suka mendengarkan music, kamu bisa menyetel music saat bekerja. Tentu saat menyetelnya kamu harus menggunakan headset agar tidak mengganggu rekan kerja lain.

Jika saat kamu mendengarkan music dan merasa jauh lebih baik maka cara ini bisa kamu jadikan cara ampuh usir kebosanan versimu.

Setiap orang memiliki cara yang berbeda beda sehingga antara kamu dan temanmu bisa saja menggunakan metode yang berbeda. Ada juga orang yang menghilangkan kebosanan dengan cara ngemil.

Jika kamu adalah orang yang semacam ini, kamu bisa taruh toples jajanan di meja kantormu. Sepertinya hal ini juga tak masalah dilakukan selama itu tidak mengganggu orang lain.

Jika kegiatan yang kamu lakukan malah mengganggu konsentrasi, maka kamu bisa mencari metode lain karena sebenarnya semua itu tergantung dengan preferensi masing masing.

5. Gunakan Weekend Sebaik Mungkin

Weekend menjadi waktu yang pas untuk melepas penat setelah bekerja seminggu penuh di kantor. Kamu bisa menghabiskan weekend bersama dengan keluarga.

Jika kamu merasa lelah dan tak ingin keluar rumah, kamu bisa coba menghabiskan weekend dengan bersantai. Cobalah untuk menonton film atau makan makanan yang enak agar mood mu bisa naik.

Jika kamu adalah orang yang suka berpetualang, kamu bisa pergi berlibur dengan keluarga atau teman. Kunjungilah tempat tempat yang kamu sukai agar perasaanmu menjadi lebih baik.

Kalau kamu suka melihat pemandangan alam, kamu bisa coba datang ke gunung, bukit, atau pantai. Jika kamu suka naik wahana yang seru dan menantang, kamu bisa datang ke taman hiburan.

Pada intinya, gunakan hari sabtu dan minggu sebaik mungkin agar keesokan harinya yaitu hari senin kamu bisa memiliki semangat yang baru untuk menghadapi tugas yang akan kamu kerjakan.

Jangan biasakan untuk menggunakan weekend sebagai waktu lembur karena kamu harus tahu kalau tubuh dan pikiran perlu waktu sejenak untuk merasa rileks.

6. Sharing Dengan Teman Kantor

Teman curhat menjadi salah satu pereda rasa jenuh saat kamu bekerja. Jika kamu merasa ada yang mengganjal, kamu bisa ceritakan masalah ini dengan teman. Kamu juga bisa tanya bagaimana cara mereka meredakan rasa jenuh.

Bisa jadi cara yang mereka lakukan bisa sesuai dengan dirimu sehingga kamu dan dia bisa melakukan hal ini bersama sama sehingga lebih menyenangkan.

Selain itu dengan sharing bersama teman kamu bisa mempererat kekerabatan. Bercanda dengan teman menjadi salah satu jalan yang bisa dicoba untuk melepaskan stress.

Selingi pekerjaan mu dengan sedikit bergurau dengan teman di kantor agar hidupmu tidak terkesan membosankan. Lingkungan kerja yang menyenangkan akan membuat mood mu jauh lebih baik.

Baca juga: Pentingnya Analytical skills untuk Mendapatkan Pekerjaan

7. Berpegang Teguh Dengan Tujuan Masa Depan

Cara Menghilangkan Kejenuhan Dalam Bekerja

Jika pekerjaan yang kamu lakukan saat ini adalah pekerjaan yang dulu kamu inginkan dan kamu perjuangkan dengan keras, maka akan sangat disayangkan jika rasa jenuhmu membuat kamu ingin berhenti.

Jadikan impianmu sebagai acuan agar kamu kembali merasa termotivasi saat bekerja dan menjadi salah satu cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja.

8. Berikan Jeda Untuk Istirahat

Berbagai deadline memang mengharuskan kamu untuk mengerjakan setiap tugas dengan cepat. Meskipun begitu, tidak baik jika kamu terlalu tegang.

Mengapa demikian? Ketika terlalu fokus kamu akan lupa waktu sehingga tidak memberikan waktu untuk diri sendiri. Masalah tersebut akan membuatmu merasa jenuh.

Ketika rasa capek dan bosan menumpuk, pekerjaan akan terganggu. Mengatasi hal tersebut tidaklah mudah. Rasa jenuh tidak akan terjadi jika kamu bisa meluangkan sedikit waktu untuk melepas penat sejenak. Problem ini dapat berpengaruh buruk pada pekerjaan dan malah membuat semuanya menjadi berantakan.

Tinggalkanlah mejamu sejenak dan coba berkeliling melihat pemandangan taman yang ada di sekitar kantor. Apabila memang pekerjaannya banyak, kamu tidak perlu bersantai terlalu lama.

Yang penting kamu tidak selalu terpaku di meja kerja. Misalkan kamu enggan beranjak dari kursi, berbicara dengan teman yang ada di meja sebelah pun bisa menjadi pilihan.

Untuk kamu yang hobi scroll media sosial, tak ada salahnya untuk memainkannya sejenak. Tapi ingat, jangan sampai terlalu lama.

Kegiatan ini bisa menjadi pilihan untuk sedikit rileks sehingga pekerjaan yang ada di hadapanmu tidak terlalu membebani. Setelah melakukannya, kamu akan merasa lebih baik dan mendapat semangat baru untuk melanjutkan tugas sempat terhenti.

9. Membawa Beberapa Cemilan

Cara Menghilangkan Kejenuhan Dalam Bekerja

Membawa cemilan bisa menjadi salah satu cara untuk menghindarkan diri dari rasa bosan. Hal tersebut menjadi alasan mengapa beberapa pegawai kantor menyelipkan jajanan ringan di meja kerja.

Ketika merasa jenuh, kamu bisa memakannya. Taruh saja beberapa cemilan favorit di sekitar meja agar mudah dijangkau.

Salah satu makanan ringan yang bisa ditaruh di meja adalah permen. Cara makannya yang praktis bisa membuat meja tidak berantakan.

Selain itu rasa manisnya akan membuat rongga mulut  menjadi lebih segar sehingga ampuh mengusir rasa kantuk. Permen juga bisa kamu selipkan di dalam tas ketika hendak melakukan kegiatan kantor di luar ruangan.

Memang benar apabila setiap kantor telah memberlakukan  jam makan siang bagi para pekerjanya. Sekitar jam 12 atau setengah 12 semua karyawan akan meninggalkan kantor untuk makan siang.

Nah sebelum waktu itu, kamu bisa mengganjal perut dengan cemilan yang ada. Tentu ketika memakannya jangan lupa untuk menawarkan pada teman di meja sebelah.

Menawarkan camilan pada sesama rekan yang mejanya berdekatan dengan mu menjadi salah satu wujud sopan santun. Makan sendiri akan membuatmu tidak enak hati.

Oleh karena itu coba basa basi dengan menawarkan makanan. Tentu ketika melakukannya kamu harus ikhlas jika temanmu benar benar mengambil sebagian dari kudapan yang kamu miliki.

10. Mendengarkan Lagu Dengan Earphone

Bagi sebagian orang, mendengarkan lagu melalui earphone bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja.

Selama kegiatan yang kulakukan tidak mengganggu karyawan lain, sebenarnya sah sah saja. Lain halnya jika kamu memutar lagu tanpa earphone. Suaranya akan membuat teman temanmu kehilangan konsentrasi.

Saling menghormati menjadi kunci sukses untuk membangun hubungan sesama rekan kerja. Sangat disayangkan apabila salah satu kegiatan karyawan mengusik pegawai yang lain.

Apabila hal ini sampai terjadi, atmosfer di dalam ruangan akan menjadi buruk dan mengganggu mood setiap karyawan yang ada di dalamnya.

Baca juga: Cara Memotivasi Diri Sendiri dalam Bekerja

11. Cari Tahu Penyebab Rasa Jenuh

Terlalu banyak tugas menjadi salah satu alasan mengapa seseorang bisa merasa bosan. Ketika beban pekerjaan terlalu berat, kesehatan mental pun dapat terganggu.

Jika penyebab bosan adalah beban kerja yang tidak wajar, coba komunikasikan pada atasan. Siapa tau managermu bisa memberikan saran sehingga bebanmu bisa sedikit berkurang.

Alasan kedua mengapa seseorang bisa bosan ketika bekerja adalah suasana kerja yang tidak baik. Tidak saling sapa dan terlalu individualis memang kerap terjadi di dunia kerja terutama pada bagian yang memerlukan pemikiran serius.

Bagi sebagian orang, hal tersebut tidak masalah. Namun bagi kamu yang aktif, suasana ini akan sangat mengganggu.

Komunikasi menjadi langkah penting untuk menyelesaikannya. Tidak usah sungkan untuk memulai pembicaraan. Bahkan, mengenal pribadi sesama rekan kerja wajib dilakukan.

Takutnya kamu yang terlalu banyak bicara malah membuat mereka merasa terganggu. Lantas bagaimana cara mengenal mereka? Cobalah lihat kebiasaan yang dilakukan mereka ketika jam istirahat.

Jam makan siang menjadi waktu yang baik untuk membangun chemistry antar pegawai. Tanyakan apakah mereka adalah tipe orang yang suka berbicara ketika bekerja atau tidak.

Bisa saja mereka selama ini merasakan hal yang sama. Meskipun begitu jangan sampai keasyikan ngobrol di jam kerja, karena ditakutkan mengganggu deadline tugas.

12. Mencoba Dekorasi Ruangan

Kamu bisa mendekorasi ruangan apabila memiliki ruang pribadi di kantor. Langkah ini bisa menjadi salah satu cara untuk menghindarkan diri dari rasa bosan.

Terkadang berada di ruangan yang sama setiap hari mulai pagi hingga sore akan membuatmu merasa jenuh. Selama kegiatan dekorasi dilakukan dengan tidak merusak fasilitas kantor sepertinya boleh saja dilakukan.

Sedikit perubahan di ruangan akan membuatmu merasa lebih fresh. Pikiran juga bisa lebih jernih dan kinerja akan meningkat dibandingkan sebelumnya.

Apabila tidak punya ruangan, kamu bisa menghias meja kerjamu. Meskipun sederhana, langkah ini cukup ampuh untuk mengusir rasa bosan. Biasanya foto keluarga atau vas bunga menjadi komponen menarik untuk dipajang.

Mengubah tempat kerja menjadi nyaman memang menjadi cara melepas penat yang ampuh. Hal tersebut bisa membuatmu lebih santai.

Menambah pernak pernik favorit akan membantumu lebih rileks. Adanya foto keluarga juga bisa meningkatkan motivasi. Sosok mereka memiliki arti yang sangat penting sehingga dipastikan dapat meningkatkan semangat kerja mu.

13. Selalu Berfikir Positif

Terlalu pusing dengan pikiran sendiri akan membuatmu semakin benci dengan pekerjaan. Apa yang diperintahkan atasan kepada kita sudah sepatutnya untuk dilakukan dengan baik.

Anggap saja banyaknya tugas menjadi jalan yang memang harus kamu tempuh. Jangan beranggapan berlebihan dalam menanggapi hal tersebut.

Pikiran negatif seperti pertanyaan apakah atasan memberikan tugas banyak karena membencimu adalah salah satu hal yang berlebihan. Hal Ini akan membuatmu merasa tertekan tanpa alasan.

Cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja setiap orang memang berbeda beda. Akan tetapi, memiliki pikiran positif menjadi salah satu jalan harus dilalui semua orang.

Bekerja menjadi rutinitas yang melelahkan. Meskipun begitu, bertahan menjadi jalan yang patut dilakukan selama kamu belum memiliki pandangan jelas terkait dengan kegiatan setelah resign.

Bosan adalah hal yang lumrah dan semua orang merasakan hal yang sama. Oleh karena itu ikuti tips yang telah disebutkan sebelumnya agar kamu bisa lebih semangat bekerja.

Demikianlah tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa jenuh saat bekerja. Pada intinya berilah sedikit waktu untuk diri sendiri agar kamu bisa melepaskan sedikit rasa stress yang menumpuk akibat pekerjaan.

Kamu juga harus ingat bagaimana perjuanganmu memperoleh pekerjaan hingga ada di posisi ini, dengan begitu kamu akan termotivasi kembali.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!