Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum? Kemampuan berbicara di depan umum menjadi salah satu hal yang sangat penting. Nyatanya, tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut. Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum menjadi sebuah hal yang menakutkan.

Tak perlu cemas, kamu bisa membuang rasa takut di berbicara di depan banyak orang jika terbiasa. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

1. Harus Bisa Melawan Rasa Malu

Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Rasa malu memang merupakan satu hal yang wajar, namun rasa malu yang berlebihan menjadi tanda bahwa kita tidak memiliki kepercayaan diri yang baik.

Selama kita tidak melakukan kesalahan dan melanggar norma yang ada maka seharusnya kita tidak perlu malu. Rasa malu sebenarnya bisa dilawan, salah satu tipsnya adalah dengan menganggap audience adalah teman.

Bayangkan saja kamu adalah sumber informasi dan orang yang paling tahu dengan materi yang ingin kamu sampaikan. Dengan begitu kamu akan merasa menjadi penguasa sehingga kamu tak akan merasa malu dan minder.

Jangan biasakan untuk malu pada suatu hal yang tidak perlu, jika kamu tak mencobanya sekarang, kamu akan semakin kesulitan menanganinya nanti.

2. Jangan Takut Mengemukakan Pendapat Atau Pertanyaan

Sistem belajar di sekolah atau kuliah saat ini mengedepankan kemampuan sosialisasi siswa. Tak heran jika saat ini banyak sekolah yang menggunakan konsep FGD atau Focus Group Discussion.

Adanya sistem ini, membuat para siswa bisa belajar bagaimana cara memecahkan sebuah masalah dengan cara berdiskusi. Dengan begitu para siswa bisa saling mengemukakan pendapat.

Jika hal ini terjadi dalam forum, kamu tak usah merasa khawatir. Sebenarnya tekniknya sama saja. Setelah kamu mendengarkan pemateri selesai memberikan penjelasan, kamu berhak untuk bertanya atau memberikan pendapat. Bisa jadi pertanyaan yang muncul dalam benakmu juga sebenarnya menjadi pertanyaan dalam pikiran audiens yang lain.

Selain pertanyaan, kamu bisa juga memberikan pendapat. Selama pendapat yang kamu kemukakan sesuai dengan pokok bahasan dan tidak bermaksud untuk menjatuhkan pemateri makan semuanya sah sah saja untuk dikemukakan.

Bisa saja pendapatmu menjadi jalan pemecahan masalah yang baru dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh pemateri atau audience lain.

Tak perlu langsung banyak, coba saja untuk memberikan minimal satu komentar saat kamu berada dalam sebuah forum. Dengan cara ini kamu juga bisa melatih kepercayaan diri.

Jika kamu sudah memiliki kepercayaan diri yang baik maka kamu bisa maju ke tahap selanjutnya yaitu sebagai pemateri di kesempatan lain.

3. Melakukan Persiapan dengan Matang

Persiapan yang matang akan membuat kita percaya diri. jika kamu akan menjadi seorang pemateri, siapkan semua bahan yang dibutuhkan mulai dari presentasi, video, atau bahan demo.

Selain itu juga siapkan outfit yang paling cocok dan membuat kamu merasa nyaman. Kamu juga harus berlatih sebelum benar benar berbicara di depan umum.

Saat mempersiapkan materi, usahakan kamu kemas dalam bentuk yang menarik. Presentasi yang menarik juga sebenarnya tak hanya dibutuhkan oleh audience, tapi presentasi yang baik juga bisa meningkatkan mood kamu selama memberikan penjelasan.

Kamu sebagai pembawa materi juga tak akan merasa bosan. Jika kamu saja sudah bosan bagaimana dengan audience?

Tak hanya materi dan outfit, kamu juga mempersiapkan mental. Bagaimana cara mempersiapkan mental? Kamu harus banyak berlatih.

Minta saja teman atau saudaramu untuk mendengarkan materi yang akan kamu sampaikan. Minta juga pendapat mereka sekiranya apa yang kurang dari presentasi yang kamu lakukan.

Berlatih di depan cermin sebenarnya juga bukan ide yang buruk, namun berlatih akan semakin baik jika kamu menggunakan partner yang bisa memberimu saran.

Jika kamu menggunakan cermin tentu tak ada yang bisa memberi komentar, selain itu vibe nya juga berbeda karena calon audience mu nanti adalah kumpulan manusia yang bisa saja tidak kamu kenal.

4. Jangan Berusaha Meniru Orang Lain

Cara mengatasi rasa takut berbicara di depan umum yang berikutnya adalah jangan berusaha meniru orang lain. Gunakan style mu sendiri dan dengan begitu kamu akan lebih merasa nyaman. Menjadikan orang sebagai sumber inspirasi sah sah saja namun bukan berarti kamu menirukan segala hal tentangnya.

Jika kamu terlalu terpaku pada seseorang, kamu akan semakin gugup. Kamu akan semakin terbebani dan tidak fokus dengan materi yang kamu bawakan.

Para audience juga tentu bisa merasakan jika kamu tak focus dengan materi yang sedang kamu bicarakan. Selama kamu berbicara dengan sopan, santai, dan tampak siap semuanya akan baik baik saja.

5. Jangan Hindari Kontak Mata dengan Audience

Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Jika kamu berbicara depan umum, usahakan untuk melakukan kontak mata dengan audience. Tentu kontak matanya tidak usah berlebihan, lakukan secukupnya.

Jika secara tidak sengaja kamu bertemu tatap dengan salah satu audience, jangan menghindar karena itu akan membuatmu terlihat tidak professional.

Kesalahan yang sering muncul adalah kamu sebagai seorang presentator jangan terlalu sering menunduk atau menatap langit langit. Jika hal ini sekali kali di lakukan boleh boleh saja namun jangan terlalu sering.

Audience akan tidak fokus dan ditakutkan materi yang kamu sampaikan tidak ditangkap dengan baik oleh mereka.

Anggap saja audience yang ada di depanmu adalah teman sehingga kamu akan merasa lebih nyaman. Selain itu dengan tetap melakukan kontak mata akan membuat audiens merasa benar benar diajak berbicara sehingga audiens tidak akan merasa ngantuk. Selain itu jika kamu melakukan kontak mata dengan audience, kamu terlihat lebih antusias dan bersemangat.

6. Sering Berlatih

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mempersiapkan semua hal dengan matang menjadi salah satu tips yang harus kamu lakukan. Gunakan berbagai kesempatan untuk membangun kepercayaan diri.

Jika kamu adalah pelajar, gunakan kesempatan presentasi di depan kelas sebagai salah satu arena belajar untuk bisa berbicara di depan umum.

Walaupun mungkin presentasi di depan kelas biasa dilakukan secara berkelompok, jangan minta bagian materi yang paling sedikit.

Jika memungkinkan sesekali pilihlah materi yang lebih panjang, dengan begitu kamu bisa berlatih lebih lama. Apabila kamu banyak berlatih, kamu tak akan mudah merasa gugup saat berbicara di depan orang banyak.

Baca juga: Cara Memotivasi Diri Sendiri dalam Bekerja

7. Mulai Kegiatan dengan Berdoa

Doa adalah bagian awal dari semua kegiatan. Dengan berdoa kamu akan merasa lebih tenang. Setelah kamu  banyak berlatih dan telah mengikuti tips cara mengatasi rasa takut berbicara di depan umum yang telah disampaikan sebelumnya, kamu hanya perlu pasrah kepada Tuhan.

Jika usaha yang kamu lakukan sudah maksimal maka kemungkinan kamu juga bisa melakukannya dengan baik.

Selain membuatmu lebih tenang, doa akan membuatmu bisa merasakan getaran positif sehingga dengan sendirinya kamu akan merasa lebih percaya diri dan berani berbicara.

Berdoa juga jangan main main, berdoalah dengan sungguh sungguh agar selama kamu berbicara di depan umum, materi bisa tersampaikan dengan baik dan kamu bisa menikmatinya.

Demikianlah 7 tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah takut berbicara di depan umum. Pada intinya terus berlatih dan membuat persiapan yang matang akan membuatmu lebih percaya diri.

Dengan kepercayaan diri yang baik kamu tidak akan merasa malu untuk berbicara di depan umum. Jangan lupa juga untuk berdoa sebelum memulai kegiatan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!