Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Bagaimana Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula? Setelah tuntas mengenyam pendidikan, tahapan baru dalam hidup adalah mencari pekerjaan. Semakin banyak pengalaman semasa kuliah bisa meningkatkan daya saing dibandingkan pelamar yang lain.

Salah satu kegiatan yang menjadi tahapan penting dalam sebuah seleksi kerja adalah interview. Tahukah kamu bagaimana cara menghadapinya? Simak ulasannya disini.

Cara Menghadapi Interview Bagi Pemula

1. Pelajari Tentang Perusahaan

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Saat mendapat panggilan interview kamu akan merasa senang. Meskipun begitu, panggilan ini menjadi awal bagimu untuk berjuang. Banyak belajar menjadi salah satu kegiatan yang harus kamu lakukan.

Bukan hanya materi seputar posisi yang kamu lamar, ada baiknya kamu menggali pengetahuan terkait dengan perusahaan tempatmu melamar kerja.

Jangan sampai kamu datang ke sana tanpa sedikitpun pengetahuan tentang perusahaan itu. Pada dasarnya setiap jawaban yang akan kamu sampaikan harus sesuai dengan profil perusahaan.

Jangan lupa cari tahu tentang visi misinya. Akan lebih baik jika jawaban yang kamu berikan sesuai dengan visi misi mereka.

Selain itu informasi penting terkait perusahaan yang harus kamu ketahui adalah skill dan utama yang dibutuhkan bagi calon pegawai. Cari tahu informasi skill apa saja yang sedang gencar dibutuhkan oleh mereka.

Apabila kamu tidak menemukannya di internet, coba cari rekan atau kenalan yang dan pernah bekerja sebagai pegawai di perusahaan tersebut.

2. Memaksimalkan Penampilan

Tidak dapat dipungkiri apabila penampilan memegang peran penting saat interview. Pakaian yang bersih dan wangi harus kamu siapkan jauh jauh hari. Kandidat yang berpenampilan rapi akan lebih menarik dimata HRD.

Selain itu secara tidak langsung pakaian menggambarkan personality seseorang. Jika pakaian berantakan artinya tidak siap melakukan interview.

Ketika kamu datang dengan pakaian yang rapi dengan wajah penuh semangat, kamu akan terlihat niat mencari kerja. Dengan begitu, HRD akan menganggapmu sebagai kandidat yang bisa menempatkan diri sesuai dengan kondisi.

Mampu membawa diri sesuai dengan keadaan menjadi salah satu karakteristik karyawan yang biasanya dicari.

Penampilan yang berantakan akan menurunkan penilaian HRD terhadapmu. Apabila dari sejak interview kamu sudah terlihat tidak niat, lantas bagaimana kinerjamu ke depan? Mereka akan melihatmu sebelah mata.

Lantas hal ini bisa menjadi penyebab mu tidak diterima sebagai salah satu karyawan yang lolos pada tahap seleksi.

3. Lakukan Kontak Mata

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Kontak mata menjadi salah satu hal yang harus kamu perhatikan ketika hendak melaksanakan kegiatan interview. Kontak mata juga tidak perlu berlebihan, yang penting begitu masuk dan diajak ngobrol kamu fokus dengan HRD nya. Jangan terlalu banyak mengalihkan pandangan ke sudut ruangan yang lain.

Pada dasarnya, kontak mata bisa menjadi cerminan kepercayaan diri. Jika dari awal kamu tidak memiliki kepercayaan diri, HRD akan mengurungkan niatnya untuk memilihmu.

Dalam sebuah perusahaan dibutuhkan SDM yang memiliki kepercayaan diri serta kemampuan berpikir yang baik. Selain itu kandidat yang potensial adalah mereka yang penuh dengan rasa antusias.

Selain terlihat tidak percaya diri, menghindari kontak mata dapat membuatmu terlihat tidak yakin dengan jawabanmu. Berbohong saat interview itu tidak baik.

Salah satu ciri ciri orang yang berbohong biasanya tidak dapat menatap lawan bicaranya. Menjaga sikap adalah salah satu poin penting saat interview.

4. Jelaskan Siapa Dirimu Tanpa Berbelit Belit

“Singkat, padat, dan jelas” ungkapan tersebut harus kamu gunakan sebagai salah satu cara menghadapi interview kerja bagi pemula.

Mengapa demikian? HRD tidak terlalu suka kandidat yang banyak bicara namun tidak ada informasi penting di dalamnya. Inilah mengapa penting bagimu untuk banyak berlatih sebelum berangkat.

Cari di internet pertanyaan apa saja yang biasanya ditanyakan saat interview kerja. Dengan begitu kamu bisa mengetahui gambaran jawaban yang akan kamu berikan.

Fokuskan jawaban pada inti pertanyaan. Tidak perlu berbelit belit. Apabila mereka memintamu menjelaskan siapa dirimu, jawablah dengan jawaban yang simple namun berbobot serta menonjolkan skill.

Informasi terkait dengan hobi apa perlu untuk disebutkan? Selama hobi yang kamu miliki relevan dengan posisi yang akan kamu isi, sebenarnya boleh saja diceritakan.

Akan tetapi pastikan informasi tersebut bisa menambah daya saing ku dibandingkan dengan kandidat yang lain. Apabila hobi tidak relevan, lebih baik tidak perlu diceritakan.

Focus pada skill dan pengalaman adalah jawaban yang benar. Pengalaman selama kuliah seperti pengalaman organisasi bisa kamu kemukakan kepada mereka.

Mengapa demikian? Banyak perusahaan yang menyukai orang yang pernah menjadi bagian dalam sebuah organisasi. Kegiatan ini membuatmu terlihat menjadi orang yang aktif dan mampu bersosialisasi dengan baik.

5. Jelaskan Alasan Yang Tepat Saat Memilih Perusahaan

Salah satu pertanyaan yang selalu diberikan oleh HRD adalah alasan mengapa kamu mengambil posisi tersebut di perusahaan ini.

Pertanyaan itu klasik namun masih banyak pemula yang merasa bingung. Salah satu alternatif jawaban yang baik adalah coba menjawab dengan tujuan yang sesuai dengan visi misi perusahaan.

Apabila kamu memiliki visi dan misi yang sama dengan perusahaan, setidaknya kamu telah menjadi salah satu kandidat yang potensial di mata mereka.

Interview itu sebenarnya tidak perlu 100 persen jujur, kamu harus bisa memberikan jawaban yang profesional akan tetapi harus bersedia bertanggung jawab atas jawaban yang telah kamu sampaikan.

Mungkin alasanmu yang sebenarnya adalah untuk mendapatkan uang. Memang benar itu menjadi salah satu tujuan mengapa kamu mencari kerja.

Akan tetapi jawab itu bukanlah jawaban yang dicari oleh HRD. Kamu akan terlihat pasrah dan tidak memiliki rencana yang jelas terkait masa depanmu di perusahaan tersebut.

Meskipun mungkin jawaban yang kamu berikan bukan berasal dari hati, kamu harus terlihat tidak mengada ada. Sampaikan saja seperlunya sehingga kamu tidak terkesan membual.

Terlalu menyombongkan diri juga bukan pilihan jawaban yang baik. HRD malah akan merasa terganggu dengan jawabanmu yang seperti itu.

Baca juga: Cara Reschedule Job Interview

6. Ungkapkan Kekurangan Dengan Seimbang

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul adalah masalah kelebihan dan kekurangan diri. Meskipun kamu rasa kekuranganmu lebih banyak dibandingkan kelebihan, tidak perlu kamu ungkapkan semuanya.

Beritahukan saja yang paling mendasar. Selain itu berikan penjelasan terkait dengan solusi apa yang kamu miliki untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kejenuhan Dalam Bekerja

7. Mulai Dengan Doa

Doa menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh sampai dilupakan. Sebelum interview, sudah sepatutnya kamu berdoa terlebih dahulu.

Interview adalah tahapan yang penting sehingga pertolongan-Nya sangat dibutuhkan. Harapannya dengan berdoa kamu bisa menjawab pertanyaan HRD dengan baik sehingga bisa diterima kerja.

Selain berdoa, mintalah restu kepada orang tua. Beritahukan dimana kamu akan melakukan interview. Apabila rumah orang tua jauh, kamu bisa mengabarinya lewat telepon.

Yang penting kamu memberikan kabar sehingga orang rumah bisa mendoakan kesuksesanmu. Langkah ini menjadi cara menghadapi interview kerja bagi pemula yang tidak boleh sampai terlupakan.

Setelah berusaha dan mengikuti tips yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa berangkat dengan percaya diri menuju tempat interview.

kamu harus berserah diri dan bersiap menerima setiap keputusan. Hasil yang kamu terima adalah jalan terbaik. Meskipun begitu berjuang dengan sungguh menjadi jalan yang harus kamu tempuh.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!