Cara Melamar Kerja Di Job Fair

Bagaimana Cara Melamar Kerja Di Job Fair? Job fair merupakan salah satu ajang yang dinanti nanti oleh para pencari kerja. Dengan adanya job fair, para pencari kerja bisa bertemu dengan perusahaan atau instansi yang sedang membutuhkan karyawan baru.

Terlebih banyak pencari kerja yang langsung interview dan memperoleh pekerjaan melalui job fair. Yuk simak cara dan tips melamar kerja di job fair.

Cara Melamar Kerja Di Job Fair

1. Jangan Lupa Membawa Berkas

Cara Melamar Kerja Di Job Fair

Saat kamu datang ke job fair, jangan lupa untuk sebelumnya menyiapkan terlebih dahulu berkas berkas lamaran. Berkas lamaran yang kamu siapkan  sudah seharusnya berisi segala informasi yang valid terkait dengan data diri dan pengalaman kamu. Berkas berkas yang harus kamu bawa diantaranya adalah CV, fotokopi KTP, fotokopi ijazah dan transkrip, dan foto.

CV atau curriculum vitae yang kamu buat haruslah singkat padat dan jelas. Buat CV yang tak perlu berbelit belit, yang penting masukkan segala keahlian dan poin plus yang kamu miliki.

Gunakan bahasa yang baik serta jangan lupa untuk gunakan font yang mudah dibaca. Jangan hanya bawa satu, bawa beberapa lebar print CV dan dokumen lainnya.

Sebelum kamu berangkat, masukkan semua file ke dalam flashdisk karena beberapa perusahaan tidak menerima CV dan dokumen cetak namun ada juga yang menerima dalam bentuk soft file.

Jika kamu menyimpannya dalam flashdisk, file file tersebut bisa dengan mudah kamu jangkau. Selain itu nantinya jika kamu rasa berkas yang kamu print kurang, kamu bisa print ulang.

Untuk berbagai berkas lain seperti  fotokopi KTP, ijazah, dan transkrip usahakan agar hasilnya jelas dan terbaca. Beberapa kasus fotokopi KTP dan dokumen yang kurang terbaca bisa membuat perusahaan yang sedang mencari calon pegawai kesulitan memverifikasi datamu. Jika data tidak terbaca, ditakutkan akan mempengaruhi proses selanjutnya.

Untuk ijazah dan transkrip, jangan lupa untuk bawa fotokopian yang sudah dilegalisir. Hasil fotokopi ijazah dan transkrip akan lebih valid jika mendapatkan tanda tangan atau stempel dari lembaga tempatmu belajar.

Dengan adanya legalisir, perusahaan yang sedang mencari pegawai akan semakin yakin dengan kevalidan dokumen yang kamu bawa.

Selain itu, kamu juga bisa membawa dokumen dokumen asli. Dokumen asli ini biasanya digunakan jika perusahaan yang mencari kerja ingin memastikan kecocokan data yang ada.

Jika kamu membawa dokumen asli, jangan lupa untuk terus menjaganya. Beberapa pencari kerja seringkali lupa dan teledor sehingga berkas berkas penting bisa saja hilang atau tertukar.

Baca juga: Berkas yang Perlu Disiapkan Untuk Melamar Kerja

2. Persiapkan Jawaban Untuk Interview Dadakan

Sebelum kamu berangkat ke sebuah job fair, pastikan kamu telah siap jika perusahaan yang kamu tuju ingin langsung melakukan interview.

Berbagai pertanyaan yang biasa ditanyakan saat interview bisa kamu temukan di halaman Google. Jika kamu sudah banyak berlatih, harapannya kamu tidak akan gugup dan kebingungan saat proses wawancara.

Dari proses interview atau wawancara, perusahaan pencari kerja sudah bisa melihat kesiapan para calon pegawainya. Jika kamu menjawab semua pertanyaan dengan tegas dan jelas, perusahaan akan menilai kamu adalah orang yang siap.

Walaupun kamu memiliki banyak record positif dalam CV namun jika nyatanya kamu tidak siap interview bisa jadi kamu tidak diterima.

Beberapa pertanyaan yang mungkin muncul seperti alasan kamu memilih perusahaan dan [osisi ini, seberapa dalam kamu mengenal calon perusahaan, hingga kamu akan diminta untuk menceritakan kelebihan dan kekurangan diri.

Segala pertanyaan ini memang dirancang untuk mengetahui seberapa sungguh sungguhnya dirimu serta seberapa dalam kamu mengenal dirimu sendiri.

3. Mempersiapkan Alat Pendukung Lainnya

Tidak hanya CV, kamu harus mempersiapkan alat alat pendukung lain seperti kertas dan alat tulis. Kesiapan yang matang menjadi salah satu tips dan cara melamar kerja di Job Fair yang harus kamu perhatikan.

Siapkan pulpen, pensil, tip ex, penghapus, rautan , gunting, dan juga lem. Saat kamu datang di job fair, semua orang tentu akan sibuk dengan urusannya masing masing.

Sebenarnya bisa saja kamu pinjam pada para pencari kerja yang lain, tapi hal tersebut bisa saja mengganggu kenyamanan sesame pencari kerja sehingga lebih baik kamu mempersiapkan semuanya secara lengkap.

Selain itu bawa bolpoint atau pensil jangan hanya satu karena bisa saja bolpoin mu macet dan tidak bisa digunakan atau hilang karena terjatuh.

4. Mempersiapkan Mental dan Fisik

Cara Melamar Kerja Di Job Fair

Mental dan fisik menjadi salah satu hal yang harus disiapkan dengan baik. Saat kamu datang ke sebuah job fair, raut wajah yang segar serta kondisi tubuh yang fit bisa membuatmu semakin terlihat siap di mata penyedia kerja.

Usahakan semalam sebelum acara job fair kamu tidur dengan cukup dan sarapan agar kamu lebih bertenaga untuk menjalankan aktifitas.

Jika kamu datang dalam kondisi yang kurang sehat, kamu akan kesulitan untuk berkonsentrasi padahal saat pelaksanaan interview kamu harus benar benar siap.

Jika kamu dalam kondisi yang lelah dan lapar, kamu akan tampak loyo sehingga bisa memberikan penilaian yang negatif pada sesi wawancara yang berlangsung.

Siapkan pula mental yang kuat sebelum berangkat ke acara job fair. Jangan mudah terintimidasi dengan banyaknya peserta yang datang. Seringkali banyaknya orang yang datang ke job fair bisa menurunkan mental para pencari kerja.

Kamu harus percaya diri dan anggap saja para pencari kerja yang lain memiliki kemampuan yang setara denganmu.

5. Buat Penampilan Seprofesional Mungkin

Tidak bisa dipungkiri, penampilan menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan sebelum kamu datang ke sebuah job fair. Pakailah baju yang formal dengan rambut yang tertata rapi.

Penampilan yang terkesan profesional akan membuat perusahaan yang kamu tuju lebih tertarik dengan dirimu. Selain itu tampilan yang baik menjadi salah satu bukti kesiapanmu mencari kerja.

Sangat disayangkan jika kamu gugur dan tidak lolos sebuah seleksi kerja hanya karena masalah penampilan. Penampilan menjadi sangat penting saat kamu mencari kerja.

Selain itu penampilan yang baik bisa membuatmu lebih percaya diri saat bersaing dengan para pencari kerja yang lain. Walaupun tampilannya harus formal, tetap gunakan pakaian yang nyaman.

Saat kamu melakukan interview, pakaian yang nyaman akan membuatmu lebih tenang. Jangan gunakan pakaian yang tidak nyaman karena akan membuatmu kehilangan konsentrasi. Takutnya, saat kamu sedang diwawancarai, kamu malah ribet dengan urusan pakaian, tentu hal ini tidak sopan dan akan menurunkan penilaian perusahaan terhadap dirimu.

Baca juga: Penyebab Gagal Lulus Tes Koran untuk Melamar Kerja

6. Selalu Bersikap Santun

Cara melamar kerja di job fair yang selanjutnya adalah selalu bersikap sopan dan santun. Etika menjadi salah satu hal yang tidak boleh diabaikan.

Perusahaan yang sedang mencari karyawan tentu memilih orang yang tau adab dan sopan santun. Perusahaan akan menilai bagaimana caramu berbicara dengan orang lain.

Demikianlah 6 tips dan cara melamar kerja jika kamu datang ke sebuah acara job fair. Job fair adalah salah satu peluang besar untuk kamu bisa menemukan perusahaan yang sesuai impian.

Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin dengan cara mempersiapkan diri dengan matang. Tak semua kesempatan bisa diulang dua kali sehingga jangan sampai kamu menyesalinya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!