10 Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa

Apa Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa? Sebagian dari kamu mungkin pernah mendengar LinkedIn. Mungkin tidak semua mahasiswa benar benar paham apa arti LinkedIn bagi mereka. Ada yang menganggapnya sebagai media sosial biasa, ada pula yang menganggapnya sebagai portal mencari kerja.

Namun, apa sebenarnya manfaat linkedin bagi mahasiswa? Yuk simak penjelasannya di sini!

Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa

Kegunaan linkedin bagi mahasiswa tentu cukup banyak meskipun belum lulus, anda dapat membuat akun di linkedin untuk berbagai keperluan, misalnya:

1. Memperluas Jaringan Pertemanan Secara Digital

Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa Memperluas Jaringan Pertemanan Secara Digital

Pada dasarnya, tak ada kata terlambat untuk memperluas relasi. Meski kamu berada di umur yang sekian, memperluas pertemanan masihlah wajar.

Meski menginjak bangku kuliah, bukan berarti kamu harus menunggu lama untuk memiliki jaringan pertemanan yang luas. LinkedIn menjadi portal yang tepat untuk kamu yang ingin memperluas relasi.

Siapa tahu, teman yang kamu kenal dari portal LinkedIn dapat memberikan lapangan pekerjaan untukmu. Baik itu paruh waktu, maupun proyek untuk menambah skill dan uang jajan secara bersamaan.

Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa selain bisa memperluas jaringan, kamu dapat meningkatkan skill atau kemampuan dalam berbagai bidang.

2. Mengetahui Informasi Tentang Lowongan Pekerjaan

Selain memperluas jaringan pertemanan, portal LinkedIn juga menjadi wadah berbagai informasi seputar lowongan pekerjaan. Di portal ini kamu bisa mendapatkan berbagai macam pekerjaan yang dapat disesuaikan passionmu.

Mulai dari paruh waktu, maupun full time bisa kamu temukan berdasarkan kualifikasi tersendiri.

Jika kamu ingin tahu informasi tentang perusahaan tertentu, maka bisa cek profil LinkedIn-nya. Lewat portal ini kamu juga bisa mengaktifkan notifikasi apabila perusahaan tersebut tengah membuka lowongan pekerjaan.

Akan tetapi, pastikan bahwa posisi pekerjaan yang ditawarkan tidak akan mengganggu waktumu belajar.

Adapun informasi yang tersaji dalam portal ini sangatlah akurat. Kamu tidak perlu lagi khawatir soal isu penipuan informasi lowongan pekerjaan.

Bahkan, lewat LinkedIn kamu bisa langsung mempertanyakan perihal pekerjaan secara langsung kepada pihak perusahaan. Inilah manfaat Linkedin bagi mahasiswa yang paling utama.

3. Dikenal Secara Profesional Oleh Pihak Perusahaan

Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa Dikenal Secara Profesional Oleh Pihak Perusahaan

Di jaman yang serba menggunakan teknologi ini, saat kamu kerja kemungkinan pihak perusahaan akan mencari tahu segala informasi tentangmu lewat sosial media milikmu.

Tak jarang akun sosial media para pelajar dinilai negatif oleh pihak perusahaan. Hal demikian akan mengurangi nilai pada dirimu saat melamar kerja di perusahaan tersebut.

Tapi terdapat Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa yaitu dengan memiliki akun LinkedIn, kamu dapat menunjukkan pada dunia kerja bahwa dirimu adalah orang yang profesional.

Jangan hanya memiliki akunnya saja, kamu juga harus aktif LinkedIn agar memudahkan perusahaan mencari informasi tentangmu. Jadi, daripada bersusah payah memperbaiki sosial media, tunjukkan saja akun LinkedIn milikmu.

4. Lebih Siap Sedia Untuk Melakukan Wawancara

Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa selanjutnya yaitu lebih siap sedia untuk melakukan wawancara.

Wawancara kerja mungkin menjadi hal yang paling ditakuti para pelamar. Wawancara merupakan ajang unjuk diri bahwa pelamar memiliki kelebihan yang patut dipertimbangkan oleh perusahaan.

Lewat wawancara pula, pihak perusahaan akan mengetahui sejauh mana kualitas dirimu untuk bisa bekerja sama dalam perusahaan itu sendiri.

Tapi jika kamu sudah memiliki akun LinkedIn dan aktif mengoperasikannya, maka kamu bisa mencari tahu tentang suatu perusahaan dan karyawannya sebelum melaksanakan wawancara.

Dengan cara inilah kamu akan mendapatkan begitu banyak informasi tentang perusahaan yang bisa menambah kepercayaan diri saat wawancara.

5. Dapat Mengetahui Perusahaan Mana Yang Butuh Skillmu

Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa Dapat Mengetahui Perusahaan Mana Yang Butuh Skillmu

Dapat mengetahui perusahaan mana yang membutuhkan skillmu merupakan salah satu Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa.

Hal lain yang tak kalah penting dari memiliki LinkedIn adalah kamu bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan yang ingin dilamar secara mendetail.

Perlu kamu tahu, salah satu hal yang membuat pewawancara tertarik terhadap pelamar adalah pengetahuannya tentang perusahaan yang dilamarnya secara luas dan mendetail.

Tak hanya informasi utama seperti visi dan misi, namun juga mengenai penghargaan, penilaian pengguna, dan feedback dari konsumen terhadap perusahaan juga dapat tertera lewat LinkedIn.

Ini bisa menjadi senjata utama yang bisa kamu keluarkan saat menghadapi wawancara. Pihak perusahaan akan menilai dirimu sebagai orang profesional dan kompeten.

6. Kamu Berkesempatan Dilamar Perusahaan

Tak hanya pencari kerja yang dapat melamar pekerjaan suatu perusahaan. Di LinkedIn, para perusahaan juga mencari calon karyawan dengan melamarnya di portal ini.

Jika kamu memiliki profil LinkedIn terbaik dan pengalaman yang berkaitan dengan perusahaan, maka jangan kaget bila kamu dipanggil untuk melakukan wawancara.

Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa ini sungguh menarik, kamu tidak perlu lagi bersusah payah mencari pekerjaan dari satu perusahaan ke perusahaan lain.

Sebelum itu, lengkapi dulu profil akun LinkedIn milikmu dan tambahkan pengalaman kerja yang relevan dengan target yang diinginkan. Misalnya, kamu ingin dilamar perusahaan pada posisi supervisor, maka cantumkan pengalaman berkaitan supervisor.

7. Memperoleh Wawasan Dengan Mereka Yang Sukses

Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa Memperoleh Wawasan Dengan Mereka Yang Sukses

Pada dasarnya, ada lebih dari 3 juta pengguna LinkedIn di Indonesia. Mereka berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa yaitu memperoleh wawasan dengan mereka yang sukses.

Ada yang dari pemasaran, teknik atau Engineering, produsen, distributor, operasional, IT, media, bahkan perbankan sekalipun. Posisi mereka pun beragam, ada yang CEO, HRD, staff administrasi, hingga karyawan biasa.

Lewat LinkedIn, kamu bisa mencari para profesional yang sudah lebih dulu terjun ke dalam bidang karir impianmu. Tambahkan mereka ke dalam jaringan relasimu.

Jangan lupa menyisipkan pesan yang sopan dan menyertakan alasan mengapa kamu ingin terhubung dengan mereka. Berikan pula alasan mengapa kamu tertarik untuk menciptakan relasi dengannya.

Tak lama, mereka akan merespons pesan yang kamu kirim. Dari interaksi inilah, kamu akan mendapat segudang ilmu yang tentunya tidak didapatkan saat berada di bangku sekolah.

Hal ini bisa dijadikan bekal untuk dirimu ketika terjun ke dalam dunia pekerjaan. Kamu juga akan lebih siap menghadapi dunia kerja yang sejatinya memang keras.

Baca juga: Cara Menggunakan LinkedIn untuk Mendapatkan Pekerjaan

8. Bisa Terhubung Dengan Para Mahasiswa Cerdas

Tak hanya terkoneksi dengan mereka yang sudah berhasil di bidang impianmu, Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa lainnya yaitu memungkinkanmu untuk terhubung dengan mahasiswa cerdas lainnya.

Lewat LinkedIn, kamu seolah olah sedang membaca CV milik mahasiswa lain dan mengetahui apa minat kerja mereka. Kamu bahkan bisa menyelami pribadi mereka di dunia profesional.

Saat kamu tahu bahwa salah satu dari mereka mendapatkan pekerjaan di kantor impianmu, kamu dapat mengunjungi profil mereka dan menilai apa kira kira yang membuat perusahaan tertarik kepadanya.

Kamu bahkan dapat menawarkan kerjasama menjadi panitia di acara kampus dan membagikan pengalamanmu agar mendapat feedback berupa pengalaman pekerjaan.

9. Menjaga Hubungan Dengan Teman Lama Di LinkedIn

Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa Menjaga Hubungan Dengan Teman Lama Di LinkedIn

Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa kesembilan yaitu menjaga hubungan dengan teman lama di Linkedin.

Tak hanya membantu menciptakan jaringan pertemanan yang luas, LinkedIn juga dapat membantumu menemukan teman lama yang mungkin bisa diajak bekerja sama.

Hal ini tentunya akan sangat berguna bagimu. Karena pada dasarnya manusia akan lebih percaya dengan orang yang sudah lama dikenalnya. Bekerja dengan teman lama, bisa menjadi pilihan tepat bagimu.

10. Menjadi Tempat untuk Personal Branding

Menjadi tempat untuk personal branding merupakan Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa terakhir.

Sebagai mahasiswa atau karyawan, apakah Anda ingin beberapa orang melihat siapa Anda dan kamu siapa? Ini adalah bagian yang tepat untuk personal branding.

Karena ada tampilan di LinkedIn yang bisa Anda isi dengan minat profesional, konten yang sering dibagikan, atau pekerjaan Anda saat ini. Bahkan jika Anda masih mahasiswa, tidak ada salahnya untuk memulai personal branding.

Anda dapat mengisinya berdasarkan minat Anda saat ini, organisasi yang Anda ikuti, atau hal lain. Dari sana orang akan melihat bahwa Anda memiliki “citra” tertentu.

Demikian deretan Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa. Seperti yang kamu tahu, dunia online sungguh sangat membantu seseorang untuk mencari berbagai hal.

Contohnya dalam mencari pekerjaan. Apalagi saat ini, banyak perusahaan yang membuka lamaran pekerjaan secara online. Dengan begitu, memiliki akun LinkedIn menjadi kewajiban bagimu.

Sekian artikel berjudul 10+ Manfaat Linkedin Bagi Mahasiswa, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!