Cara Menjadi (CS) Customer Service yang Baik

Bagaimana Cara Menjadi (CS) Customer Service yang Baik? Customer service menjadi pekerjaan yang tidak mudah untuk dilakukan. Tidak heran jika banyak perusahaan yang memberlakukan seleksi ketat untuk posisi ini. Customer service menjadi wajah perusahan karena mereka lah yang akan langsung melakukan kontak dengan para pelanggan.

Lantas bagaimana tips menjadi customer service yang baik? Simak tipsnya disini.

Cara Menjadi (CS) Customer Service yang Baik

1. Dapat Memberikan Respon Yang Cepat

Cara Menjadi (CS) Customer Service yang Baik

Posisi customer service harus diisi oleh orang yang cekatan. Posisi ini memerlukan pekerja yang mampu bekerja dengan tepat dan cepat.

Respon yang cepat tanggap sangat diperlukan terutama untuk menangani permasalah yang butuh penanganan dengan segera. Customer service tidak akan tahu tantangan apa yang akan dihadapinya pada hari itu.

Customer service memiliki job desk yang sangat luas. Mulai dari menerima tamu, komunikator, hingga membangun jaringan dengan pelanggan.

Saat pelanggan datang dan memberikan complain, customer service harus tanggap apa yang harus mereka lakukan. Respon cepat ini sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan.

Customer service dituntut memberikan pelayanan prima agar pelanggan bersedia mampir kembali. Melakukan hal ini tentu tidak mudah karena para pelanggan memiliki karakter yang berbeda beda.

Respon terhadap perbedaan setiap pelanggan yang datang tentu sangatlah penting. Beradaptasi dengan kepribadian konsumen juga menjadi salah satu wujud responsive customer service.

2. Memiliki Komunikasi Yang Baik

Membangun komunikasi menjadi kunci sukses apabila kamu bekerja sebagai seorang customer service. Bagaimana tidak, pekerjaan ini menuntut pekerjanya untuk pandai membangun komunikasi dengan orang lain.

Sikap yang ramah, sopan, dengan tutur kata yang baik menjadi senjata sehari hari seorang customer service.

Gunakan juga artikulasi yang baik dengan bahasa yang mudah dipahami. Saat seorang pelanggan mendatangi seorang customer service dan bertanya sesuatu, harapannya customer service ini bisa menjelaskan dengan baik.

Penjelasan yang jelas akan meningkatkan rasa puas yang dirasakan konsumen. Jangan sampai CS memberikan penjelasan yang sulit dicerna.

Komunikasi yang baik bisa terbangun apabila seorang customer service bisa melakukan kontak mata dengan calon pelanggan. Ketika sedang berbicara, usahakan untuk menatap konsumen yang menjadi lawan bicara anda.

Akan sangat tidak sopan apabila seorang CS tidak memandang wajah lawan bicaranya. Tindakan ini bisa menyebabkan kesalahpahaman.

CS juga bisa memberikan sedikit gesture atau gerakan tubuh yang sesuai dengan konteks dengan tujuan memperjelas penjelasan.

Misalnya seorang pelanggan bertanya dimana letak kamar ganti, CS bisa menggunakan tangan untuk menunjukkan dimana lokasi tersebut. Pada dasarnya pilihlah metode yang paling jelas sehingga para mudah dipahami oleh pelanggan.

3. Menguasai Deskripsi Produk Dengan Baik

Cara Menjadi (CS) Customer Service yang Baik

Sangat penting bagi para CS untuk memahami setiap produk yang dijual. Bukan hanya kegunaannya saja, usahakan CS memahami seluk beluk produk mulai dari bahan baku, cara pemakaian, hingga hal hal penting terkait dengan kendala yang mungkin muncul saat menggunakan produk. Semua informasi ini adalah hal hal yang biasanya ditanyakan oleh pelanggan.

Sangat disayangkan apabila seorang CS tidak bisa menjawab pertanyaan konsumen. Usahakan jawaban yang diberikan adalah jawaban yang pasti.

Apabila CS tidak yakin dengan jawaban yang diberikan, lantas bagaimana bisa meyakinkan calon konsumen. Pelayanan yang  baik akan memberikan kesan positif sehingga berpengaruh besar pada kemajuan bisnis.

Penting bagi CS untuk tidak asal jawab saat memberikan feedback kepada konsumen. Masalah serius bisa terjadi apabila CS memberikan petunjuk yang salah kepada calon pembeli.

Terlebih jika masalah tersebut terkait dengan cara penggunaan produk. Bukannya membantu, jawaban ini malah akan menjerumuskan sehingga bisa saja manfaat produk tidak diterima dengan baik oleh konsumen.

4. Memiliki Kemampuan Meyakinkan Pelanggan

Cara menjadi customer service yang baik selanjutnya adalah harus memiliki kemampuan meyakinkan pelanggan. Pelanggan akan tertarik membeli produk apabila CS bisa membuat calon konsumen percaya akan kegunaan produk yang dijual.

CS bisa berikan informasi apa saja kelebihan produk tersebut dibanding dengan produk lain.

Entah bagaimana caranya, yang penting konsumen tertarik untuk membeli produk yang dijual. Walaupun begitu, CS harus memberikan jawaban yang benar.

Tidak boleh terlalu melebih lebihkan keunggulan produk padahal nyatanya produk yang dijual tidak sebagus itu. Informasi bohong malah akan membuat konsumen merasa kecewa.

Biasanya konsumen yang sudah kecewa dengan kerja seorang CS akan enggan kembali ke toko tersebut. kehilangan satu konsumen menjadi masalah yang tidak bisa disepelekan karena konsumen tersebut bisa saja mempengaruhi konsumen lain. Apabila hal ini terjadi ditakutkan akan membuat penjualan semakin menurun dan berdampak pada kelangsungan usaha.

5. Sabar Dan Tidak Mudah Terpancing Emosi

Cara Menjadi (CS) Customer Service yang Baik

Orang yang mudah emosi tidak boleh bekerja sebagai seorang CS. Pekerjaan ini memerlukan tenaga kerja yang bisa bersikap tenang dalam kondisi apapun.

Mereka harus bisa memberikan jawaban yang baik meskipun konsumen sedang dalam kondisi marah. Ditakutkan apabila CS ikut terpancing emosi, masalah akan semakin melebar dan menimbulkan masalah lain.

Pelanggan yang marah tentu memiliki alasan. Dengarkan terlebih dahulu alasan yang membuat konsumen merasa tidak senang. Bisa saja penyebabnya memang kesalahan toko tempat CS tersebut bekerja.

Jika hal ini terjadi maka meminta maaf adalah jalan yang harus dipilih. Kita harus paham bahwa karakter orang berbeda beda begitu juga dengan pelanggan yang datang.

Menahan emosi memang tidak mudah apalagi kalau konsumen sudah mengeluarkan kata kata yang kasar. Walaupun begitu, sudah menjadi tugas CS untuk tetap memberikan respon yang baik.

Terima setiap kritik dan jangan lupa untuk menyampaikannya pada atasan. Bisa saja permasalahan tersebut sangat urgen untuk diperbaiki.

6. Berbicara Fakta Dan Tidak Banyak Mengumbar Janji

Mampu memberikan penjelasan yang benar sudah menjadi salah satu langkah atau cara menjadi customer service yang baik. Mengumbar janji yang tidak sesuai dengan kenyataan akan menyebabkan kekecewaan.

Ketika pelanggan meminta CS untuk menjelaskan produk maka berilah jawaban  yang benar. Tidak perlu terlalu melebih lebihkan keunggulan barang yang dijual.

Jawaban yang sesuai fakta sangat diperlukan dan biarlah nanti pelanggan yang menilai apakah produk tersebut layak atau cocok untuk dibeli atau tidak.

Mengangkat produk sehingga konsumen tertarik memang pekerjaan CS namun bukan berarti memberikan informasi bohong bisa dibenarkan. Takutnya jika hal ini terus dilakukan, perusahaan akan kehilangan kepercayaan konsumen.

Baca juga: Peran dan Tugas customer service

7. Memiliki Kemampuan Sebagai Pendengar Yang Baik

Tidak hanya bertanya tau complain, bisa saja pelanggan menceritakan pengalaman setelah memakai produk yang kamu jual. CS sebagai orang yang diajak bicara tentu harus bisa menjadi pendengar yang baik.

Apabila hal tersebut penting, kamu juga bisa mencatatnya. Feedback berupa pendapat konsumen juga hal yang sangat penting bagi kemajuan kualitas produk.

Demikianlah penjelasan terkait dengan tips menjadi customer service yang baik. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik menjadi inti dari pekerjaan yang satu ini.

Bekerja dibidang ini juga memerlukan kesabaran yang ekstra karena setiap pelanggan yang datang memiliki karakter yang berbeda beda. Perbedaan inilah yang membuat CS harus mudah beradaptasi dengan baik.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!