Cara Menabung Dengan Gaji Kecil

Bagaimana Cara Menabung Dengan Gaji Kecil? Anda mungkin pernah merasa minder dengan orang pemilik gaji besar dan mampu menabung dalam jumlah besar. Jangan minder, nyatanya gaji kecil yang disisihkan dengan baik juga bisa menghasilkan jumlah tabungan yang serupa.

Anda penasaran bagaimana caranya ? Yuk intip cara menabung dengan gaji kecil berikut.

Cara Menabung Dengan Gaji Kecil

1. Rumuskan Tujuan

Cara Menabung Dengan Gaji Kecil

Keinginan yang tak pernah terpenuhi membuat setiap orang ingin mengeluarkan uang untuk membeli berbagai hal. Tak ayal jika kegiatan menabung merupakan kegiatan yang sangat sulit untuk dilakukan.

Terlebih lagi jika anda sudah berkeluarga dan memiliki kebutuhan yang lebih besar dibandingkan sebelum berkeluarga.

Untuk menyiasati kondisi ini, menetapkan tujuan adalah solusi tepat untuk dilakukan. Anda bisa membuat keinginan besar yang bermanfaat dalam jangka waktu lama.

Misalnya saja merencanakan pembelian lahan untuk berinvestasi di masa depan. Dengan menetapkan tujuan ini, anda pasti akan terpacu untuk menabung lebih giat agar mendapatkan tujuan tersebut.

2. Hitung Pengeluaran Pribadi Secara Rutin

Meski demikian, kegiatan menabung harus dilakukan dengan tidak mengesampingkan kebutuhan pokok sehari-hari. Anda sebaiknya mengetahui mana kebutuhan penting yang harus dipenuhi dan mana keinginan yang menyamar sebagai kebutuhan.

Untuk mengetahui hal ini, anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk mengetahui pengeluaran jumlah uang yang dimiliki.

Pencatatan seluruh pengeluaran secara detail dapat digunakan untuk melihat keluaran yang bisa menghalangi kegiatan menabung.

Misalnya saja anda membagi pengeluaran menjadi 4 bagian, yaitu penting mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting mendesak dan tidak penting tidak mendesak. Selanjutnya, evaluasi berbagai jenis pengeluaran tersebut dengan baik.

Setelah mengetahui berbagai jenis keluaran tersebut, segera hapuskan pengeluaran yang tidak penting tidak mendesak. Anda juga bisa menunda pengeluaran penting tidak mendesak dan mempertimbangkan pengeluaran tidak penting mendesak.

Tentunya, hal ini dapat memudahkan anda untuk mengetahui perbedaan kebutuhan pokok dan keinginan yang sering menggoda.

3. Menyusun Target Pribadi

Cara Menabung Dengan Gaji Kecil

Jika anda sudah mengetahui kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, tetapkan target pengaturan keuangan dengan lebih cermat.

Anda bisa merencanakan nominal uang untuk dana tabungan, dana kebutuhan pokok, dan dana darurat yang harus dipenuhi ketika terdapat risiko yang dapat terjadi secara tiba-tiba.

Perencanaan tabungan dengan sistem ini dapat dilakukan pada setiap awal bulan maupun ketika gajian. Anda bisa memulai tabungan dengan jumlah nominal yang lebih kecil.

Kemudian, cobalah meningkatkan nominal untuk tabungan pada bulan berikutnya untuk mengetahui nominal terbaik hingga membentuk kebiasaan. Namun, anda bisa mengurangi nominal tersebut jika kesulitan.

Selain target untuk merencanakan tabungan, target pribadi juga dapat dilakukan untuk memantau jumlah nominal uang yang dikeluarkan.

Anda bisa memberikan patokan pengeluaran perbulan tidak boleh melebihi 30% sampai 50% jumlah pendapatan. Meski demikian, jumlah nominal ini dapat disesuaikan dengan jumlah gaji per bulan.

4. Menabung Setiap Hari

Jika anda merasa keberatan mengeluarkan nominal besar, cara menabung dengan gaji kecil dapat disiasati dengan menyisihkan jumlah uang kecil setiap harinya.

Kegiatan menabung dengan cara ini pada dasarnya lebih mudah dilakukan karena jumlah uang yang dikeluarkan tidak akan terasa. Sayangnya, cara ini membutuhkan konsistensi dan ketelitian agar tidak terlewatkan.

Menabung setiap hari dapat dilakukan dengan menyisihkan 5%-10% dari jatah harian anda. Misalnya saja anda biasa menghabiskan uang 50ribu setiap harinya.

Maka, anda perlu memangkas 5%-10% uang tersebut untuk ditabung sebelum dibelanjakan. Jika anda mampu konsisten melakukan penghematan ini, tabungan anda akan melejit dalam waktu singkat.

5. Memiliki 2 Tabungan Yang Berbeda

Cara Menabung Dengan Gaji Kecil

Sebagian orang berpendapat bahwa rekening tabungan berfungsi untuk menyimpan uang dengan baik. Nyatanya, kemudahan yang dihadirkan dalam sistem ATM dapat memudahkan anda untuk menggunakan uang dengan mudah dan praktis.

Sistem M-Banking yang tersedia membuat anda bisa mengeluarkan uang untuk membeli berbagai hal dengan praktis.

Mengetahui kondisi tersebut, alangkah baiknya jika anda memiliki 2 tabungan yang berbeda. Tabungan yang satu berfungsi untuk menyimpan uang saja, sedangkan yang lainnya dapat digunakan untuk menyimpan dana belanja.

Begitu pula, anda juga perlu mengatur pemikiran bahwa uang yang anda miliki hanya terdapat pada rekening belanja.

6. Siapkan Dana Darurat Di Awal Bulan

Selain memiliki uang tabungan dan dana untuk keperluan sehari-hari, anda perlu menyiapkan dana darurat yang bisa mencukupi kebutuhan mendesak tak terduga.

Hal ini perlu dilakukan karena biaya darurat dalam jumlah besar yang sangat mendesak dapat menguras tabungan. Bahkan, anda bisa sangat kesulitan jika gaji tidak mencukupi dan tidak punya tabungan.

Untuk itu, dana darurat sebaiknya disiapkan dengan mengumpulkan dana dalam jumlah kecil layaknya ketika menabung. Persiapan dana darurat dengan baik dapat memudahkan anda untuk mengatur keuangan secara keseluruhan.

Lazimnya, persiapan dana darurat dapat dilakukan dengan menyisihkan sebagian uang pada awal bulan maupun ketika gajian.

Dana darurat yang telah dikumpulkan sejak dini dapat membuat anda lebih tenang ketika menghadapi risiko mendesak. Persiapan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan tak terduga juga dapat membantu untuk mengatur budget dengan baik tanpa mengganggu uang tabungan. Pasalnya, penentuan dana darurat dapat dilakukan dengan menghitung besaran pengeluaran bulanan.

Baca juga: Cara Negosiasi Gaji via Email dan saat Interview Kerja

7. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Fasilitas menarik yang ditawarkan oleh berbagai pihak dapat memanjakan setiap orang dalam memenuhi keinginan. Tawaran diskon barang dengan pembelian jumlah tertentu seringkali lebih menggoda.

Akibatnya, anda biasanya akan membeli barang tersebut dengan bebas. Terlebih lagi jika anda menggunakan kartu kredit dengan limit tertentu maupun tanpa batasan limit.

Mengetahui kondisi tersebut, kartu kredit pada dasarnya hanya akan menambah kerugian karena utang dibandingkan dengan keuntungan.

Untuk itu, anda sebaiknya menghindari kebiasaan penggunaan kartu kredit jika ingin berhemat. Mengurangi penggunaan kartu kredit hingga terlepas dapat dilakukan secara perlahan dengan memperhitungkan kebutuhan daripada keinginan.

8. Siasati Kebiasaan Nongkrong Pada Tempat Yang Murah Atau Menawarkan Diskon

Menabung mungkin terlihat sebagai suatu hal yang berat. Meski demikian, merencanakan masa depan yang cerah juga dapat dilakukan dengan tidak mengesampingkan kesenangan pribadi.

Kebiasaan nongkrong yang seringkali dilakukan dapat disiasati dengan memilih tempat yang lebih hemat maupun memiliki kupon diskon.

Dewasa ini, perkembangan teknologi yang semakin pesat memberi kemudahan bagi anda untuk mengulik informasi tentang tempat nongkrong yang terjangkau.

Anda bisa mengecek penawaran terbaik melalui sosial media maupun website yang ditawarkan. Tentunya, makanan enak dengan biaya terjangkau ditambah pemberian diskon adalah penawaran asik untuk didapatkan.

Meski demikian, anda perlu waspada agar tidak terlena dengan pengeluaran kecil yang rutin. Anda bisa membuat skala prioritas sehingga kebiasaan nongkrong yang dilakukan tidak hanya menguras waktu yang tersedia.

Tentunya, kegiatan sharing untuk menambah wawasan, pengalaman hingga pendapatan bisa dilakukan.

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan agar bisa menabung meskipun hanya memiliki gaji kecil. Hal utama yang harus diperhitungkan dalam melakukan kegiatan ini adalah mengalokasikan dana dengan tepat.

Misalnya saja mengatur keuangan untuk kebutuhan pribadi, dana darurat dan tabungan dengan memperkirakan prioritas pengeluaran.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!