Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 3 Juta

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji 3 Juta? Mendapat pekerjaan yang enteng dengan gaji tinggi pasti menjadi impian semua orang. Meskipun begitu hal tersebut sangat sulit untuk dicapai. Mengatur pengeluaran sudah menjadi hal wajib untuk dilakukan.

Hingga saat ini kisaran gaji 3 juta banyak diterima oleh pekerja di Indonesia. Lantas bagaimana tips mengatur keuangan dengan gaji 3 juta? Simak tipsnya disini.

A. Gaji 3 Juta Layak Atau Tidak?

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 3 Juta

Beberapa orang mungkin bertanya apakah layak mendapat gaji 3 juta di tahun 2021? Tentu saja jawabannya tergantung dengan pekerjaan yang kamu ambil.

Pendapatan seseorang tergantung dengan berat atau tidaknya tugas yang mereka ambil. Selain itu faktor pendidikan menjadi penentu yang tidak kalah penting.

Biasanya semakin tinggi pendidikan gajinya juga akan meningkat. Inilah alasan mengapa kamu harus belajar setinggi mungkin. Walaupun masalah ini tidak sepenuhnya berlaku bagi seorang pebisnis.

Ijazah tidak terlalu mempengaruhi mereka. Akan tetapi apabila kamu melamar kerja di perusahaan maka ijazah menjadi standar penting yang menentukan besarnya gaji.

Selain  pendidikan dan tanggungjawab, salah satu faktor yang mempengaruhi besarnya gaji adalah kota tempatmu bekerja. Setiap daerah memiliki UMR yang berbeda beda.

Contohnya bekerja di Jakarta memiliki UMR yang lebih tinggi dibandingkan Malang. Apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi? Besarnya UMR dipengaruhi oleh kondisi perekonomian masing masing daerah.

B. Tips Mengatur Keuangan Dengan Gaji 3 Juta Per Bulan

1. Mendata Pengeluaran Rutin

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 3 Juta

Kamu harus bisa membedakan mana kepentingan pokok dan bukan. Inilah alasan mengapa kamu harus membuat daftar prioritas. Cara ini bisa mencegahmu menggunakan gaji tidak pada tempatnya.

Masalah ini menjadi pemicu menipisnya uang di akhir bulan. Seharusnya hal ini tidak boleh terjadi dan sebisa mungkin dihindari.

Berfoya foya dengan gaji 3 juta bisa dibilang tindakan yang bodoh. Dahulukan keperluan yang sangat mendesak. Apabila ada sisa barulah bisa dimanfaatkan untuk bersenang senang.

Pengeluaran yang harus didahulukan diantaranya adalah uang makan, bayar tempat tinggal, tagihan (listrik, air, pulsa), transportasi, dan kebutuhan kamar mandi.

Catat semuanya dengan rinci agar kamu bisa mengkira kira berapa pengeluaranmu dalam satu bulan. Sisihkan juga uang untuk biaya pelayanan kesehatan. Dana ini termasuk penting untuk disisihkan karena sakit selalu datang mendadak.

Selain itu ingat ingat kembali apakah kamu punya utang atau tidak. Cek lagi mungkin ada angsuran bulanan yang harus kamu lunasi.

Apabila kamu telah berkeluarga, jangan lupakan masalah pendidikan anak. Bagaimanapun caranya gaji 3 juta per bulan harus sudah bisa mengcover biaya pendidikan.

Lantas untuk kebutuhan pokok lainnya juga harus disesuaikan karena jumlahnya pasti akan bertambah. Apabila pengeluaran masih membengkak coba sesuaikan dengan lebih cermat.

2. Mengalokasikan Dana Dengan Tepat

Apabila kamu telah mendata kebutuhan, selanjutnya berikan berapa alokasi dana yang kamu sisihkan. Cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta ini sangat penting agar pengeluaran tidak meleset dari perhitungan.

Patikan kamu mematuhi alokasi dana yang sudah dibuat sebelumnya. Ketika salah satu pengeluaran melebihi target tentu akan mempengaruhi kebutuhan yang lain.

Bagaimana cara agar tidak melebihi target? Kamu bisa memasukkan setiap dana tersebut dalam amplop yang berbeda beda. Langkah ini diambil agar tidak ada uang yang bercampur antara kebutuhan satu dengan lainnya.

Ini juga memudahkanmu ketika hendak mengecek berapa sisa uang yang kamu miliki untuk alokasi dana  tersebut.

Sudah sepatutnya kamu mengatur keuangan dengan baik. Cukup tidaknya gaji yang kamu terima hanya bisa kamu atur sendiri. Kamu adalah orang yang tahu secara detail bagaimana caramu menggunakan uang.

Ketika kamu rasa pengeluaran sudah melebihi perhitungan, maka gunakan produk pengganti yang harganya jauh lebih murah.

Salah satu bagian yang menguras gaji adalah biaya kos dan sewa rumah atau kontrakan. Sebenarnya masalah ini bisa kamu sesuaikan.

Pilih saja tempat tinggal yang terjangkau dan masih masuk dalam range alokasi dana yang telah kamu buat. Meskipun mungkin tempatnya tidak terlalu mewah yang penting kehidupanmu bisa berjalan dan tidak kekurangan uang.

Tujuan mu kerja adalah untuk mendapatkan uang dan bukan malah menjadi beban keluarga. Sangat disayangkan apabila di tempat perantauan kamu malah meminta uang dari keluarga.

Setelah kamu bekerja tentu harapannya gaji yang kamu terima sudah bisa mencukupi semua kebutuhan hidupmu disana.

3. Mencoba Menabung Walau Sedikit

Menabung adalah salah satu hal yang sangat wajib untuk dilakukan. Kebanyakan anak muda melupakan masalah ini. Padahal dengan menabung artinya kamu telah membangun masa depan yang lebih baik.

Apabila ketika proses pembagian budget ada sisa, kamu dapat memasukkannya dalam rekening bank.

Orang yang gemar menabung bisa hidup dengan lebih tenang. Sisa yang kamu dapat bulan ini jangan langsung dihabiskan untuk bersenang senang.

Memang hiburan itu penting namun pilihlah yang lebih ekonomis sehingga tidak menguras kantong. Gaya hidup yang hedon sebenarnya kurang berguna karena kesenangannya hanya sesaat.

Menabung juga harus dilakukan secara konsisten. Sangat disayangkan apabila kamu hanya menabung jika sisa saja. Sebenarnya ini tidak sepenuhnya salah namun kata “jika” tampaknya kurang kuat memaksamu menyisihkan uang.

Kamu harus punya target berapa tabungan yang harus tersimpan setiap bulannya.

Langkah ini akan membuatmu lebih terarah dan tidak melenceng dari rencana awal. Apabila memang sangat mepet dan sulit untuk bergerak barulah sisa uang boleh kamu gunakan.

Salah satu contoh pengeluaran yang mau tidak mau harus kamu berikan adalah kerabat atau orangtua yang sakit. Hemat boleh tapi tetap jangan pelit.

Baca juga: Cara menabung dengan gaji kecil

4. Menambah Dengan Penghasilan Sampingan

Cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta memang tidaklah mudah. Kamu harus mulai bergerak untuk mendapat uang dengan cara kerja sampingan.

Coba kembangkan ide apa yang bisa kamu lakukan. Misalnya kalau kamu suka masak cobalah untuk membuka usaha makanan. Tidak perlu besar yang penting menghasilkan.

Saat usaha sampingan terus dijalankan lama kelamaan bisa berkembang. Jangan lupa untuk terus mengasah skill agar kemampuanmu terus bekremang.

Inovasi menjadi salah satu hal yang wajib kamu berikan agar usaha terus berjalan. Banyak pesaing yang sedang membangun bisnis sehingga kamu harus berhati hati agar tidak kalah saing.

Apabila bisnis bukan passionmu, coba ambil pekerjaan part time. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan setelah pekerjaan utamamu selesai.

Part time banyak dipilih karena tidak perlu mengeluarkan modal. Penyedia layanan kerja part time juga sangat banyak. Kamu bisa kerja di coffee shop atau restaurant. Sistem kerja yang ditawarkan biasanya berupa shift.

Saat melakukan kerja sampingan, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan. Kerja keras memang harus namun kesehatan tetaplah hal yang utama.

Apabila Kamu sakit maka pengeluaran yang kamu perlukan akan semakin banyak. Selain itu orang tua juga akan khawatir. Pekerjaan utamamu juga akan terganggu dan malah terhambat.

Mengatur keuangan memang tidak mudah. Diperlukan perhitungan yang cermat. Namun tips yang telah disebutkan sebelumnya diharapkan dapat sedikit membantu.

Pada dasarnya kamu harus pintar menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dibandingkan gaji yang diterima.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!