Gaji Kurir Shopee Express dan Tunjangan

Bagaiman Sistem Gaji Kurir Shopee Express dan Tunjangan? Shopee telah memulai langkah cepat untuk membuat anak perusahaan baru di bawahnya untuk logistik. Karena pengaruh pasar yang berkembang, shopees juga membuat layanan logistik internal.

Sistem Gaji Kurir Shopee Express dan Tunjangan

Simbiosis mutualisme terjadi antara pelaku e-commerce dan jasa kurir. Salah satunya terjadi di pasar Shopee. Nah, merefleksikan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan ini.

Shopee telah menjadi pemain e-commerce yang gemilang sejak kuartal kedua tahun 2020, karena memiliki jumlah pengunjung website tertinggi yaitu mencapai 93,44 juta pengunjung website dibandingkan marketplace lain di Indonesia.

Begitu juga dengan semakin banyaknya jasa kurir, baik jasa kurir sebagai rekanan Shopee maupun jasa kurir internal Shopee (kurir Shopee Express).

Lalu, berapa gaji kurir Shopee Express yang perlu Anda ketahui? Dan bagaimana Anda menjadi kurir Shopee?

Gaji Kurir Shopee Express beserta keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bekerja di perusahaan ini. Kali ini kita akan membahas tentang pasar raksasa yaitu shopee.

Sehingga seluruh konsumen yang membeli dari Shopee bisa langsung menggunakan layanan logistik ini. Jika ada promo promo seperti gratis ongkos kirim atau diskon ongkos kirim jika berbelanja di Shopee dan menggunakan Shopee Express.

Lalu kita akan membahas tentang bagaimana dengan pekerjaan kurir ekspres shopee ini? dan berapa gaji rata-rata rider (kurir) shopee express untuk pendapatan rata-rata beserta sistem kerja kurir shopee ini seperti yang akan kita bahas selengkapnya.

Berapa Gaji Kurir Shopee Express?

Berapa Gaji Kurir Shopee Express?

Baik menjadi kurir Shopee maupun kurir Shopee Express, biasanya tidak mengalami perbedaan gaji yang signifikan. Rata-rata gaji kurir Shopee Express berkisar antara Rp. 2.200.000 dan Rp. 4.500.000, tergantung upah minimum yang ditawarkan oleh masing-masing daerah. Namun, bisa dikatakan gajinya cukup besar dan cukup tinggi.

Dengan gaji pokok yang akan diterima oleh kurir, kurir juga akan mendapatkan tunjangan atau insentif kendaraan, uang makan, dan sejumlah tunjangan untuk keperluan lain.

Gaji kurir Shopee Express cukup tinggi dibandingkan dengan gaji rata-rata. Kurir akan mendapatkan gaji yang berbeda-beda tergantung daerah tempat tinggal mereka dan jumlah paket yang mereka kirim.

Selain itu, kurir juga akan mendapatkan bonus sebesar Rp 2.200 untuk setiap paket yang berhasil dikirimkan.

Baca juga: Gaji Kurir Shopee Food dan Tunjangan

Sistem Insentif Kurir Shopee Express

Ini adalah contoh bagaimana bonus kurir dihitung. Misalnya, seorang kurir mengirim 30 paket per hari. Jadi, gaji kurir Shopee sebesar 50 kali Rp 2.200, yang berarti Rp 110.000 per hari.

Kalau dalam satu bulan kurir itu mengirim 30 paket per hari, maka total gaji yang dia dapat adalah Rp 110.000 x 30 = Rp 3.300.000 per bulan. Namun, perlu diingat bahwa jumlah ini hanya contoh dan bisa berbeda untuk daerah yang berbeda.

Selain gaji pokok, kurir juga akan dapat tunjangan seperti insentif kendaraan, uang makan, dan lain-lain.

Gaji kurir Shopee Express akan dihitung dari jumlah paket yang dikirim dan tunjangan yang diterima, dan dibayarkan di awal bulan. Sistem gaji kurir Shopee Express mudah dipahami dan tidak rumit.

Tunjangan Kurir Shopee Express

Tunjangan Kurir Shopee Express

Informasi selanjutnya adalah tentang gaji dan tunjangan yang akan Anda dapatkan. Berikut kami sajikan beberapa data yang berhasil kami dapatkan:

  1. Gaji pokok sesuai dengan UMR masing-masing daerah
  2. Tunjangan kinerja dihitung berdasarkan jumlah paket yang berhasil Anda kirimkan
  3. Insentif sewa kendaraan (untuk biaya layanan)
  4. Uang bensin dan makanan

Sistem Kerja Kurir Shopee Express

Dengan Gaji Kurir Shopee Express yang menarik, banyak yang menanyakan sistem kerjanya jika bekerja sebagai kurir shopee express.

Untuk sistem kerja, jam kerja kurir ekspres shopee ini mengalami pergeseran. Dan pekerjaannya adalah 6 hari kerja dan 1 hari libur. Ini akan ditentukan setiap 2 bulan lebih awal untuk menentukan jam kerja shift.

  1. Kurir datang untuk absensi
  2. Ambil dokumen pengiriman paket
  3. Menyusun paket pada kendaraan pribadi
  4. Mengirimkan paket ke tujuan atau mengambil paket dari konsumen
  5. Barang yang masuk dan diambil oleh kurir sebelum pukul 13.00 akan dikirim pada hari yang sama
  6. Sedangkan paket yang masuk dan diambil setelah pukul 13.00 akan dikirim keesokan harinya.
  7. Layanan standar shopee express bisa menjangkau hingga 23 provinsi di seluruh Indonesia.
  8. Sedangkan untuk ekspedisi Sameday Shopee Express hanya untuk 3 provinsi di Indonesia seperti Jawa Barat, Dki Jakarta dan Banten.

Meski begitu, berat maksimal pengiriman barang menggunakan Shopee Express ada batasannya, lho. Artinya, kurang dari 50 kg. Jika barang Anda lebih dari 50 kg, Anda dapat menggunakan layanan kurir lain yang termasuk dalam mitra Shopee.

Begitu juga dengan lamanya pengiriman, tergantung pilihan layanan yang Anda gunakan. Untuk layanan Standar di Pulau Jawa biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-3 hari.

Sedangkan jika menggunakan jasa ekspedisi Sameday, barang yang sudah diambil oleh kurir sebelum pukul 13.00 WIB oleh kurir akan dikirim pada hari yang sama. Apabila kurir dijemput setelah pukul 13.00 WIB maka akan dikirim keesokan harinya.

Baca juga: Gaji Kurir J&T dan Tunjangan

Jam Kerja Kurir Shopee Express

Setelah mengetahui Gaji Kurir Shopee Express dan sistem kerjanya, akan lebih baik jika mengetahui jam kerja kurir shopee express.

Kurir Shopee Express harus bekerja 6 hari dalam seminggu, dengan sistem kerja yang bergantian dengan kurir lain. Satu shift kerja berlangsung selama 7 hingga 8 jam per hari.

Kurir harus datang kerja sesuai jadwal yang sudah ditentukan, yang biasanya akan berubah setiap 2 bulan sekali.

Jam operasional Shopee Express dari pukul 08.00-20.00, sehingga jadwal ini juga menjadi jam kerja kurir. Kurir harus datang kerja sesuai jadwal, termasuk pada hari Minggu dan hari libur.

Jam operasional ini berlaku untuk semua jenis pengiriman Shopee Express, seperti Shopee Express standard, sameday, hemat, dan instant, dan berlaku di seluruh Indonesia.

Namun, ada batas berat maksimal pengiriman barang menggunakan Shopee Express yaitu kurang dari 50 kg.

Jika barang yang dikirim melebihi 50 kg, maka dapat menggunakan jasa ekspedisi lain yang merupakan rekanan Shopee.

Bagaimana Cara Menjadi Kurir Shopee Express?

Bagaimana Cara Menjadi kurir Shopee Express?

Cara mendaftar menjadi kurir shopee dan mencari lowongan kurir ekspres shopee cukup sulit. Karena kami juga tidak menemukan website resmi yang mencantumkan lowongan kerja kurir shopee express.

Oleh karena itu sebaiknya anda perlu melakukan:

  1. Cari informasi mengenai rekrutmen kurir di Shopee.
  2. Jika sudah ketemu, segera serahkan surat lamaran dan persyaratan di atas untuk dikirim ke perekrut.
  3. Tunggulah beberapa hari untuk mendapatkan telepon dan wawancara. Pastikan nomor HP yang kamu gunakan untuk mendaftar masih aktif ya.
  4. Tunggu informasi selanjutnya dari perekrut, apakah lulus atau tidak.
  5. Jika Anda lulus, Anda akan langsung mendapat panggilan ke kantor untuk menjadi kurir Shopee.

Persyaratan

Ada beberapa syarat yang harus kamu persiapkan sebelum mendaftar kurir ekspres shopee ini. Kualifikasi yang diberikan Shopee tidak terlalu memberatkan bagi calon kurir yang ingin melamar kerja di sini. Dan itu masih cukup sama dengan persyaratan kurir di logistik lainnya.

Persyaratannya adalah:

  1. Pria dengan usia maksimal 35 tahun
  2. Pendidikan minimal SMA atau sederajat
  3. Memiliki sepeda motor sendiri (surat keterangan kendaraan aktif)
  4. SIM C yang masih aktif
  5. Memiliki BPJS / KIS (Jabodetabek)
  6. SKCK yang masih aktif
  7. Sehat jasmani dan rohani
  8. Punya hp android dengan RAM minimal 2GB
  9. Pahami rute untuk menemukan wilayahnya
  10. Rekening BCA atas nama pribadi
  11. NPWP atas nama pribadi
  12. Bahkan untuk daerah tertentu seperti Jabodetabek, biasanya sudah termasuk surat domisili yang ditandatangani oleh ketua RT atau RW.
  13. Tambahan lainnya adalah bersedia mengirim paket menggunakan kendaraan pribadi dan sistem shift siap kerja.

Dokumen

  1. CV terbaru
  2. Ijazah terakhir
  3. Fotokopi SIM C.
  4. Fotokopi STNK
  5. KTP dan pelengkap lainnya
  6. SKCK aktif
  7. Fotokopi NPWP
  8. Fotokopi buku rekening BCA
  9. Sertifikat domisili RT / RW (opsional)

Mungkin cukup ribet untuk dokumen yang harus Anda persiapkan, namun besaran gaji tersebut tentunya sepadan dan lumayan besar dibandingkan beberapa kurir logistik kompetitor lainnya.

Kesimpulan

Itu tadi gaji kurir shopee express beserta informasi lain yang bisa kami berikan untuk Anda. Jadi informasi lengkap ini dapat membantu Anda untuk memahami sistem kerja shopee express di masa mendatang jika Anda bekerja sebagai kurir.

Bagaimana, apakah kekhawatiran Anda tentang gaji kurir Shopee Express dan bagaimana menjadi kurir Shopee terjawab? Dengan nilai nominal seperti itu, jasa kurir tidak sebatas mengirim barang ke pembeli, tapi juga menjemput barang dari penjual lho. Yaitu sistem Drop Off dan sistem Pick Up. Selamat berjuang !

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang Sistem Gaji Kurir Shopee Express dan Tunjangan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba kedepannya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!