Posisi dan Syarat IPK CPNS 2021 Lulusan S1

Apa Posisi dan Syarat IPK CPNS 2021 Lulusan S1? Saat ini banyak para pencari kerja yang berpendidikan terakhir sarjana. Pagelaran seleksi CPNS tahun 2021 menjadi kesempatan yang telah ditunggu tunggu.

Bagi kamu yang termasuk salah satunya, yuk simak ulasan lebih lanjut terkait dengan posisi serta syarat IPK minimal yang diperbolehkan untuk mengisi posisi CPNS 2021 disini.

A. Posisi dan Formasi CPNS 2021 Lulusan S1

1. Dokter

Posisi dan Syarat IPK CPNS 2021 Lulusan S1

Berbagai posisi ditawarkan bagi kamu yang lulusan S1. Kabarnya tahun 2021 menjadi tahun paling banyak untuk penerimaan CPNS karena tahun sebelumnya kegiatan tersebut tidak dapat dilakukan karena adanya pandemi.

Salah satu posisi yang dibuka tahun ini adalah posisi dokter. Posisi ini sangat dibutuhkan karena tampaknya kebutuhan dokter meningkat.

Dokter merupakan pekerjaan yang sangat diburu terlebih bagi lulusan fakultas kedokteran. Bekerja sebagai PNS dianggap peluang besar karena dipercaya memiliki kehidupan yang terjamin.

Memang benar sepertinya alasan ini yang membuat persaingan CPNS cukup ketat. Kamu yang ingin mengisi posisi dokter harus banyak belajar agar memiliki daya saing yang kuat.

2. Bidan

Bukan hanya dokter, tampaknya bidan masuk dalam jajaran posisi CPNS yang dibuka tahun 2021. Secara umum bidan merupakan bagian dari tenaga medis yang membantu wanita dalam masa kehamilan hingga melahirkan.

Jika dijabarkan, mereka memiliki pekerjaan yang kompleks. Hingga saat ini kebutuhan bidan juga terlihat masih diperlukan.

3. Perawat

Posisi dan Syarat IPK CPNS 2021 Lulusan S1

Perawat menjadi petugas kesehatan yang posisinya ingin ditambah tahun ini dan masuk dalam posisi yang ditawarkan dalam proses seleksi CPNS 2021.

Alokasi tenaga kesehatan memang sangat dibutuhkan oleh Kementrian Kesehatan sehingga tidak heran apabila posisi perawat turut masuk dalam formasi seleksi CPNS.

Di tahun 2018 lalu, formasi tenaga kesehatan menjadi jabatan yang paling banyak diincar. Lantas bagaimana dengan tahun 2021?

Sepertinya jumlah peminat tidak mengalami penurunan karena lulusan keperawatan juga pasti semakin bertambah. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi yang kabarnya akan segera dilakukan.

4. Penyuluh pertanian

Kementerian Pertanian menjadi salah satu instansi yang selalu menawarkan posisi CPNS setiap tahunnya. Memang hal ini terkait dengan besarnya potensi yang dimiliki Indonesia.

Posisi penyuluh menjadi jabatan yang sangat dibutuhkan. Bagi kamu yang lulusan pertanian, posisi itu bisa kamu isi. Pastikan kualifikasi nya sesuai dengan ijazah dan pendidikan terakhir yang kamu miliki.

Penyuluh pertanian memiliki fungsi untuk memberikan penjelasan lengkap terkait proses pertanian yang baik dan benar sesuai dengan apa yang diminta oleh Kementerian Pertanian.

Selain itu mereka memiliki fungsi untuk menyiapkan, melaksanakan, mengembangkan, serta mengevaluasi potensi pertanian serta membuat berbagai laporan.

5. Formasi Guru

Posisi dan Syarat IPK CPNS 2021 Lulusan S1

Kabarnya di tahun 2021 dilaksanakan program merekrut satu juta guru melalui program PPPK. Ini menjadi salah satu peluang bagi para guru untuk menjadi ASN.

Mulai dari pemerintah provinsi hingga pemerintah daerah kebutuhan guru sangatlah banyak. Untuk pemerintah provinsi, posisi guru matematika menempati posisi paling besar.

Tidak hanya guru mata pelajaran, kebutuhan tenaga bimbingan konseling juga akan dimasukkan dalam jajaran posisi yang ditawarkan dalam pagelaran CPNS 2021.

Memang tidak dapat dipungkiri apabila peningkatan kualitas pendidikan harus dilakukan. Akan tetapi pengumuman lain terkait posisi dan syarat IPK CPNS 2021 Lulusan S1 bisa kamu tunggu saat pendaftaran.

Posisi dosen juga kabarnya dibutuhkan tahun ini. Langkah tersebut diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi yang ada di Indonesia. Kebutuhan dosen dibutuhkan oleh pemerintah daerah.

Namun untuk menjadi dosen pendidikan minimalnya bukanlah S1. Meskipun begitu dosen menjadi bagian dari tenaga pendidik yang tak kalah penting.

6. Penyuluh KB

Bagi kamu yang belum tahu, KB merupakan singkatan dari program pemerintah yang bernama “Keluarga Berencana”. Tampaknya di tahun 2021, pekerja teknis lebih dibutuhkan dibandingkan tenaga administrasi.

Salah satu formasi yang akan dibuka adalah jabatan sebagai penyuluh KB. Program KB harus digalakkan untuk menekan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat.

Selain itu KB digencarkan kembali untuk meningkatkan kualitas hidup sebuah keluarga. KB sebenarnya sudah lama digaungkan namun sepertinya tenaga penyuluh memang masih sangat dibutuhkan.

Oleh karena itu, jabatan ini bisa kamu pilih sebagai salah satu posusu yang kamu ambil disaat proses pendaftaran seleksi CPNS 2021.

B. Syarat IPK dan Ijazah Seleksi CPNS S1

Hingga saat ini IPK masih menjadi standar yang harus diperhatikan dengan baik. jangan sampai kamu mendaftar posisi yang IPK nya melebihi apa yang kamu dapat.

Apabila hal ini terjadi, dapat dipastikan kamu tidak dapat lolos menjadi seorang ASN. Untuk kamu yang lulusan S1 perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri, IPK minimal adalah 3.00.

Tentu IPK ini juga tergantung instansi yang kamu pilih. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih instansi dan formasi yang persyaratan administrasinya bisa kamu penuhi dengan baik.

Sangat disayangkan apabila kamu mengambil jabatan yang salah. Hal ini dapat membuatmu gagal dalam proses seleksi CPNS yang dilakukan.

Baca juga: Manfaat Mengikuti Tryout CPNS

Bagi kamu yang lulusan S1 Cumlaude, terdapat jalur penerimaan CPNS spesial yang bisa kamu ambil. Meskipun begitu, semuanya harus bisa kamu buktikan melalui berkas yang valid.

Berkas yang dimaksud adalah keterangan dalam ijazah atau dokumen resmi yang diterbitkan oleh perguruan tinggi tempatmu menuntut ilmu.

IPK memang masih menjadi standar utama. Meskipun begitu , bukan berarti yang IPK nya tinggi bisa langsung menjadi ASN. Kamu masih tetap harus mengikuti proses seleksi. Seleksi CPNS dikenal sulit.

Banyak juga soal yang menjebak sehingga membuat para peserta gagal. Lantas apa yang membedakan jalur umum dan cumlaude? Yang membedakan adalah skor minimal test.

Bagi kamu yang lulusan S1 luar negeri, pastikan telah memperoleh penetapan penyetaraan nilai ijazah karena pastinya sistem penilaian di kampusmu berbeda dengan yang ada di Indonesia.

Proses penyetaraan dapat kamu lakukan dengan menghubungi Panitia Penilaian Ijazah luar Negeri. Perhatikan betul langkah ini, jangan sampai ketinggalan.

IPK memang memegang peran penting, akan tetapi itu hanyalah syarat administrasi saja. Pertarungan yang sebenarnya terjadi saat seleksi SKD dan SKB.

Ajang ini menjadi pembuktian apakah kamu layak menjadi seorang PNS atau tidak. Apabila memang kamu lulus, masih ada tahap pemberkasan yang harus dilalui.

Tahap ini menjadi tahap akhir sebelum kamu mendapatkan NIP. Apabila saat proses pendaftaran awal terjadi ketidaksesuaian berkas, bisa jadi kesempatanmu menjadi ASN digugurkan.

Oleh karena itu perhatikan betul syarat seperti mulai dari IPK hingga dokumen penunjang lainnya. Pastikan kamu jeli memperhatikan setiap berkas tersebut.

Posisi dan syarat IPK CPNS 2021 Lulusan S1 memang belum diumumkan secara rinci. Meskipun begitu, kamu bisa bersiap siap dengan mengacu pada sistem yang sebelumnya pernah dilakukan.

Untuk urusan IPK dan ketentuan lainnya yang lebih jelas, dapat kamu ketahui setelah pengumuman resminya keluar karena setiap instansi bisa saja berbeda.

CPNS masih menjadi lowongan pekerjaan yang didambakan oleh banyak orang. Tidak heran apabila proses seleksinya terus ditunggu.

Tahun 2020 lalu tidak diadakan proses seleksi sehingga tahun ini formasi yang dibutuhkan jauh lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan diri dan cermat memilih posisi.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!