Penyebab Susah Dapat Kerja

Apa Penyebab Susah Dapat Kerja? Mencari pekerjaan menjadi salah satu tantangan yang pasti dihadapi semua orang. Di zaman seperti ini, pendidikan saja tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan. Tidak jarang berbagai lamaran yang kamu kirim tidak mendapat balasan dari perusahaan yang dilamar.

Tahukah kamu apa penyebab kebanyakan orang sulit mendapat pekerjaan? Simak ulasannya disini.

Penyebab Susah Dapat Kerja

1. Tidak Cukup Jaringan

Penyebab Susah Dapat Kerja

Mencari pekerjaan akan lebih mudah apabila kamu memiliki banyak kenalan. Hal tersebut sangat penting karena mereka adalah orang yang bisa memberikanmu rekomendasi tempat kerja.

Meskipun di media sosial sudah banyak lowongan, mendapat info dari orang terdekat akan banyak membantu.

Sebenarnya masa kuliah menjadi waktu yang tepat untuk menambah jaringan atau networking. Orang orang yang ada di sekitarmu saat itu memiliki latar belakang yang sama dengan bidang ilmu yang kamu tekuni.

Dengan begitu, kamu bisa mendapat informasi loker dari mereka. Kamu juga bisa bertanya dan meminta saran terkait dengan masalah pekerjaan.

Networking yang baik menjadi bukti bahwa kamu adalah orang yang mudah beradaptasi. Hal tersebut sebenarnya menjadi bekal penting di dunia kerja.

Akan sangat terlihat perbedaan antara calon pegawai yang aktif dan tidak saat proses interview. Oleh karena itu mencoba untuk memperbanyak teman adalah hal yang patut dilakukan.

2. Tidak Siap Wawancara

Wawancara atau interview merupakan sebuah proses seleksi yang sering menjadi penyebab gugurnya calon pelamar. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan segala hal yang terkait dengan proses interview.

Mulai dari cara bicara hingga pakaian semuanya harus dipersiapkan dengan baik. Jangan sampai interview terhambat.

Bersiap dengan matang menghadapi wawancara akan membuatmu lebih percaya diri. Sangat penting bagimu untuk menjawab pertanyaan HRD dengan jelas dan tenang.

Kesempatan itu tidak akan datang dua kali sehingga kamu harus memberikan yang terbaik. Berikan jawaban yang membuat HRD tertarik untuk mempekerjakanmu di perusahaan tersebut.

Wajib bagimu untuk meyakinkan HRD bahwa kamu adalah kandidat terbaik. Bagaimana cara membuat HRD yakin akan hal tersebut? Kamu dapat mempersiapkan jawaban yang profesional.

Cari tahu pertanyaan apa saja yang biasanya diberikan saat interview. Nah, dari situlah kamu bisa berlatih. Siapakan jawaban terbaikmu agar HRD merasa puas.

3. Gugup Saat Wawancara

Penyebab Susah Dapat Kerja

Gugup menjadi hal yang wajar saat melakukan proses interview. Akan tetapi kamu harus bisa mengatasinya. Jangan biarkan rasa gugup membuat pikiranmu terganggu.

Tarik nafas dalam dalam dan yakinkan bahwa kamu bisa menjawab setiap pertanyaannya dengan baik. Jangan lupa untuk berdoa agar semuanya diberi kelancaran oleh Tuhan.

Hindari rasa gugup dengan banyak berlatih dan perkaya pengetahuan. Sebelum interview, kamu harus mencari informasi terkait dengan perusahaan yang kamu lamar.

Dengan begitu kamu akan merasa kenal dengan perusahaan tersebut. Langkah ini dapat membuatmu lebih siap sehingga dapat meminimalisir rasa gugup.

Minum air putih sebelum interview menjadi salah satu cara membuat diri lebih tenang. Taruhlah sebotol air mineral di dalam tas ketika hendak berangkat ke lokasi interview.

Sebelum memasuki ruangan, kami bisa meminumnya terlebih dahulu. Langkah ini bisa membuatmu lebih tenang. Dengan begitu kamu bisa menjawab semua pertanyaan HRD dengan baik.

4. CV Tidak Professional

Penulisan CV atau surat lamaran yang tidak profesional menjadi penyebab susah dapat kerja. Saat ini banyak contoh CV di internet sehingga kamu bisa mengambil inspirasi dari sana.

Kriteria CV yang baik adalah dokumen yang singkat, padat, dan jelas. Selain itu, CV tersebut juga harus mampu menonjolkan skill yang kamu punya.

Lantas apakah informasi pengalaman perlu dicantumkan di dalam CV? Bagian tersebut sangat penting untuk ditulis. Apabila pengalamanmu terlalu banyak, pilih saja yang paling berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. Informasi tersebut menambah daya saing dibandingkan dengan calon kandidat yang lain.

Menulis CV tidak perlu bertele tele. Langsung saja beritahukan informasi yang penting. Nanti saat wawancara baru kamu jelaskan lebih dalam ketika memperkenalkan diri.

Kesempatan ini sangat penting. Buatlah HRD tertarik sehingga mereka bersedia membawamu lolos ke tahap seleksi yang berikutnya. Dengan begitu lebih besar kesempatanmu untuk menjadi pegawai disana.

5. Kurang Bijak Menggunakan Media Social

Media sosial menjadi bagian kemajuan teknologi yang banyak digandrungi. Penting bagimu untuk memiliki media sosial sebagai sarana komunikasi.

Akan tetapi gunakan media sosial dengan bijak. Takutnya, calon perusahaan yang kamu incar membuka halaman media social setiap yang kamu miliki.

Media social menjadi cerminan penggunaannya. Apabila kamu terlalu banyak mengupload hal hal negatif, itu akan menurunkan citramu di depan HRD.

Takutnya hal tersebut akan membuat kesempatanmu diterima berkurang. Jangan sampai penggunaan media sosial yang kurang bijak mempengaruhi karirmu di masa depan.

6. Asal Melamar dan Kirim CV

Penyebab Susah Dapat Kerja

Dalam setiap pengumuman lowongan pekerjaan terdapat persyaratan atau kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengisi posisi yang kosong.

Terkadang alasan kamu sulit diterima kerja karena kurang memperhatikan persyaratan tersebut. Perusahaan juga pastinya memilih kandidat yang paling sesuai sehingga peluangmu sangat kecil jika memaksakan diri.

Jurusan atau pendidikan terakhir menjadi bagian persyaratan yang tidak dapat ditawar. Apabila pendidikan yang diminta adalah S1 maka usahakan kamu adalah lulusan S1.

Jika yang diminta adalah jurusan ekonomi maka pastikan kamu berasal dari dari jurusan yang sama. Daripada buang buang waktu menunggu panggilan interview lebih baik cari yang lebih cocok.

Terkadang terlalu banyak melamar pekerjaan akan membuatmu merasa jenuh. Memilih lowongan yang sesuai bisa menghindarkan dari rasa sakit hati karena ditolak berulang kali.

Oleh karena itu gunakan saja waktu yang ada untuk mencari lowongan pekerjaan yang paling sesuai. Harapannya, kamu bisa diterima disana dan mendapat posisi yang cocok.

Baca juga: Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

7. Terlalu Perhitungan Dengan Gaji

Gaji tinggi adalah impian semua orang.  Akan tetapi pantaskah kamu mendapatkan gaji setinggi itu? Semuanya tergantung dengan pengalaman yang kamu punya.

Apabila kamu adalah seorang pemula yang belum berpengalaman, hal ini sulit untuk didapat. Llebih baik kamu terima saja pekerjaan yang ada dan perlahan membangun skill.

Mulai dari bawah bukan hal yang memalukan. Gaji akan meningkat jika kamu bisa menekuni suatu hal dan menjalankannya dengan sungguh sungguh.

Daripada berkali kali menolak kesempatan, lebih baik kembangkan peluang yang ada untuk menjadi bekal di kemudian hari. Tidak baik jika terlalu lama menganggur hanya karena pilih pilih gaji.

Semakin banyak pengalaman akan menambah daya saing mu dibandingkan dengan kandidat yang lain. Meskipun mungkin pekerjaanmu saat ini tidak bergaji besar, anggap saja menjadi salah satu batu loncatan.

Jangan terlalu pilih pilih gaji karena ini bisa menjadi penyebab susah dapat kerja. Sangat disayangkan apabila hal tersebut sampai terjadi.

Mencari pekerjaan memanglah tidak mudah. oleh karena itu sangat perlu adanya strategi. Hindari hal hal yan bisa membuatmu sulit diterima.

Apabila hal ini terus berlanjut, dapat dipastikan perlu waktu lama bagimu untuk mendapatkan pekerjaan. Waktu terus berjalan sehingga sangat disayangkan apabila kamu pengangguran terlalu lama.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!