Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Marketing

Apa Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Marketing? Anda tentu tidak asing lagi dengan kata marketing bukan? Pekerjaan yang banyak dibutuhkan ini kabarnya sering disamakan dengan profesi sales.

Padahal kedua pekerjaan tersebut pada dasarnya memiliki peran yang berbeda. Untuk itu, simak ulasan terkait pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas marketing sebagai berikut.

A. Mengenal Pekerjaan Marketing Secara Mendalam

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Marketing

Profesi bidang pemasaran memang selalu dibutuhkan sejak dulu. Namun, keberadaan teknologi informasi yang semakin berkembang menyebabkan dunia marketing memiliki segmentasi yang jauh lebih luas.

Lazimnya, pekerjaan marketing menjadi kesuksesan otak bisnis dalam mengenalkan produk maupun jasa kepada target pasar.

Tentu saja, pekerjaan ‘Marketing’ pada dasarnya sangat berbeda dengan ‘Sales’. Dalam hal ini, fungsi marketing dalam mengenalkan produk lebih kepada cara mendapatkan perhatian konsumen.

Pola konsumen yang lebih mandiri dalam melakukan riset sebelum membeli menghadirkan fungsi marketing dalam mengenalkan produk agar terlihat lebih diminati.

Untuk melihat perbedaan kedua pekerjaan ini, anda dapat memahami fungsi sales dalam menawarkan dan menjual produk secara langsung kepada konsumen.

Adapun fungsi marketing menghadirkan pemasaran secara tidak langsung. Misalnya saja menghadirkan papan reklame, spanduk, pamflet dan masih banyak yang lainnya.

Dewasa ini, perkembangan dunia bisnis yang semakin melejit banyak mempengaruhi perkembangan proses kegiatan marketing.

Pekerjaan yang semula hanya dihadirkan dengan memasarkan produk dalam bentuk fisik kini sudah mulai berubah menjadi marketing online. Lazimnya, marketing online dilakukan dengan mengenal produk melalui internet.

Pekerjaan marketing berguna untuk menjelaskan berbagai bisnis kepada masyarakat luas. Anda bisa memanfaatkan berbagai media untuk menjangkau target pasar dengan optimal.

Dalam hal ini, alangkah baiknya jika kegiatan riset pasar, analisis dan pencarian pelanggan ideal perlu dilakukan sebagai dasar dalam mengembangkan bisnis.

Setelah mendapatkan target dan ruang lingkup yang sesuai, kegiatan marketing dapat dilakukan dengan menjelaskan produk yang ditawarkan kepada masyarakat.

Anda bisa memberikan edukasi terkait produk dengan materi yang menarik dan menyenangkan. Tentu saja, bahasa yang sesuai dan mudah dipahami perlu dipertimbangkan dengan baik.

B. Kisaran Gaji Marketing

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Marketing

Melihat peran penting jenis pekerjaan ini, tak ayal jika seorang marketing memiliki kisaran gaji yang cukup tinggi. Namun tak bisa dipungkiri bahwa besaran gaji yang akan diterima biasa tergantung dengan kondisi suatu pekerjaan. Terlebih lagi seorang marketing memiliki jenjang karir yang cukup tinggi untuk mencapai level senior.

Dilihat dari informasi Gajimu.com, kisaran gaji marketing pada tahun 2013 berkisar 3 juta sampai 5 juta. Namun gaji ini biasanya sangat dipengaruhi dengan pengalaman yang telah dimiliki.

Tentu saja, seorang marketing yang memiliki pengalaman kerja akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibanding marketing yang belum memiliki pengalaman apapun.

Beberapa jenjang karir dalam dunia marketing yang perlu anda ketahui yaitu pemula, manajer, direktur pemasaran, VP pemasaran dan chief marketing officer (CMO).

Tentu saja, tingkatan pekerjaan tersebut akan dihadirkan oleh fungsi, tugas dan tanggung jawab yang lebih jelas. Untuk itu, anda sebaiknya memahami pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas marketing sebelum terjun di dalamnya.

Baca juga: Peran dan Tugas Customer Service

C. Tugas Seorang Marketing

1. Desain Dan Optimasi Website Perusahaan

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Marketing

Website perusahaan merupakan salah satu media yang banyak digunakan untuk mengenalkan perusahaan. Untuk itu, suatu website memerlukan tampilan user interface (UI) dan user experience (UX) agar target pasar betah berlama-lama di dalamnya. Tampilan yang sesuai dengan berbagai fitur dan konten menarik sangat dibutuhkan disini.

2. Copywriting

Seorang marketing harus memiliki kemampuan copywriting untuk mengenalkan produk dan meningkatkan daya beli konsumen. Lazimnya, copywriter merupakan komponen isi utama yang akan dikonsumsi oleh target pasar dalam mengenal perusahaan.

Untuk itu, bahasa yang menarik dan sederhana sangat diperlukan. Terlebih lagi copywriting dapat dihadirkan secara tertulis atau audio visual.

3. Meningkatkan Kualitas SEO

Memiliki keterkaitan dengan tugas sebelumnya, SEO atau search engine optimization diperlukan dalam menghadirkan artikel yang mudah ditemukan oleh pembaca.

Dalam hal ini, SEO difokuskan kepada off-page, on-page dan technical. Menghadapi tugas yang cukup rumit ini, tugas marketing biasanya akan dibagi-bagi.

4. Membangun Audiens Di Media Sosial

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menghadirkan media sosial sebagai salah satu tempat untuk menjangkau target pasar.

Media sosial dapat digunakan untuk membangun brand perusahaan dengan baik. Tentu saja, banyaknya jumlah audiens di media sosial dapat mempengaruhi kredibilitas suatu perusahaan.

5. Menyusun Kampanye Via Email

Email dapat dimanfaatkan sebagai media yang tak pernah ditinggalkan oleh pengguna. Untuk itu, Menyusun kampanye via email menjadi tugas marketing dalam menjangkau target pasar.

Hal ini bahkan dapat dilakukan dengan baik karena email yang dikirimkan melalui fitur broadcast hanya akan diberikan kepada orang yang tertarik dengan perusahaan.

6. Membangun Branding Dan Pesona Perusahaan

Selanjutnya, tugas ini adalah tugas penting yang tidak boleh disepelekan. Branding maupun pesona perusahaan merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengenalkan produk.

Dalam hal ini, anda bisa melakukan brainstorming dengan mengenalkan perusahaan melalui logo atau maskot yang mudah diingat dan dikenali oleh target pasar.

7. Memonitor Dan Menganalisis Pertumbuhan ROI Website

Tugas selanjutnya yang harus dilakukan adalah memonitor dan menganalisis pertumbuhan ROI website. Lazimnya, pertumbuhan ROI merupakan laporan kampanye dan penjualan secara terperinci.

Hal ini tentu menjadi keuntungan perusahaan untuk menganalisis berbagai kegiatan promosi secara realtime. Menariknya, hasil ini dapat digunakan untuk menentukan strategi selanjutnya.

9. Menjalankan Kampanye Periklanan Digital

Anda juga perlu menjalankan tugas yang satu ini jika bekerja di bidang marketing. Pasalnya, tugas ini dilakukan dengan menangani berbagai periklanan digital lintas platform.

Website, media sosial hingga e-commerce dapat dimanfaatkan untuk menarik pelanggan. Namun, kegiatan ini perlu diawali dengan analisis segmentasi pasar dengan mempertimbangkan tipe audiens dan potensi exposurenya.

9. Merencanakan Pemasaran Eksperimental

Jobdesk yang satu ini juga perlu digalakkan. Pemasaran eksperimental dapat dipraktikkan dengan menggunakan pelanggan yang pernah membeli produk.

Anda bisa meminta testimoni pelanggan yang tertarik dengan perusahaan untuk menarik calon pelanggan lain. Begitu pula, jobdesk ini dapat dilakukan dengan memberikan motivasi agar pelanggan melakukan pembelian ulang.

10. Menggarap Materi Iklan Tradisional

Perkembangan dunia digital memang memberikan porsi yang sangat besar. Meski demikian, cara beriklan tradisional nyatanya masih efektif dan umum untuk dilakukan.

Kegiatan iklan dengan cara ini dilakukan untuk menjangkau skala lokal maupun target pasar orang tua. Tak ayal jika jobdesk memasang iklan secara fisik seperti pamflet, baliho dan reklame masih sering dilakukan.

Menggarap materi iklan tradisional nyatanya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda perlu memiliki ide kreatif untuk menghadirkan iklan yang mudah ditangkap oleh target pasar.

Selain itu, seorang marketing juga perlu menentukan metode yang tepat dan memilih tempat strategis untuk memasang iklan jenis ini.

Marketing merupakan suatu pekerjaan yang memiliki potensi apik di masa depan. Pekerjaan ini memiliki peran penting dalam menghadirkan perkembangan dan kesuksesan suatu perusahaan.

Tak heran jika proses seleksi yang dilakukan untuk menduduki posisi ini cukup ketat dan tak mudah untuk didapatkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!