Pekerjaan, Gaji dan Tugas SEO Specialist

Bagaimana Pekerjaan, Gaji Dan Tugas SEO Specialist? Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat menyebabkan adanya pergeseran dunia bisnis yang lebih mengarah pada digital. Tentu saja, transformasi format digital menjadi tujuan utama selain profit.

Tak ayal jika SEO specialist termasuk salah satu profesi yang diandalkan. Untuk lebih lengkapnya, yuk intip pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas SEO specialist berikut.

Sebelum mengetahui Tugas SEO Specialist, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu SEO Specialist.

A. Apa Itu SEO Specialist?

Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas SEO Specialist

Sebelum membahas pekerjaan SEO specialist secara mendalam, alangkah baiknya jika pengertian SEO perlu dijabarkan. SEO atau dikenal dengan Search Engine Optimization merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk mengoptimasi mesin pencarian.

Sistem ini dihadirkan sedemikian rupa agar artikel yang diupload muncul pada halaman pertama dan banyak dikunjungi.

Artikel tersebut seringkali dimanfaatkan untuk mengenalkan perusahaan kepada khalayak ramai. Tentu saja, hal ini memberikan keuntungan tersendiri untuk mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada target pasar dengan mudah dan praktis.

Dalam hal ini, pekerjaan SEO specialist berfungsi untuk memberikan informasi perusahaan kepada target pasar.

Tentu saja, SEO specialist tidak hanya dibutuhkan dalam mengenali program komputer. Pemahaman strategi marketing yang baik di internet juga dibutuhkan agar banyak calon pelanggan yang tertarik dengan bisnis anda.

Hal ini dapat dipahami bahwa SEO specialist hampir memiliki peran yang sama layaknya seorang marketing.

Meski demikian, SEO specialist lebih ditekankan pada kegiatan penjualan yang dihadirkan melalui laman web perusahaan. Pemilihan website sebagai platform penjualan diduga terbukti sangat efektif.

Website bahkan memiliki peran penting dalam membangun branding perusahaan. Terlebih lagi jika dihadirkan dengan memperhatikan tampilan user interface dan user experience.

Fungsi utama SEO specialist adalah meningkatkan traffic website secara berkala. Pasalnya peningkatan ini memiliki peran penting agar sebuah website mudah ditemukan dan dibaca banyak orang.

Untuk itu, memperhatikan beberapa komponen penting yang harus dihadirkan dalam sebuah artikel wajib untuk dilakukan.

Pekerjaan ini menghadirkan proses optimasi dengan teknik khusus agar situs mendapatkan posisi terbaik dalam mesin pencarian.

Tentu saja, SEO specialist harus memiliki keahlian dalam memahami dan menganalisis struktur sebuah website. Umumnya, jenis pekerjaan ini terbagi menjadi beberapa jabatan sesuai dengan tingkatan tertentu.

Dari penjelasan diatas sudah terdapat gambaran sedikit mengenai Tugas SEO Specialist, selanjutnya mari kita simak bagaimana gaji dan jenjang karir dari SEO Specialist.

B. Jenjang Karir Dan Gaji SEO Specialist

Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas SEO Specialist

SEO specialist merupakan salah satu pekerjaan yang sangat dibutuhkan. Pasalnya, persaingan bisnis yang beralih dalam dunia digital membutuhkan keahlian ini agar tidak tertinggal dan terhempas karena banyaknya pesaing.

Sehingga gaji SEO specialist nyatanya cukup menggiurkan untuk didapatkan. Meski demikian, gaji ini sangat tergantung dengan perusahaan tempat anda bekerja.

Menurut kitapunya.net, gaji profesi SEO specialist berkisar mulai dari Rp 4.000.000. Tentu saja, gaji ini sangat disesuaikan dengan jabatan yang anda duduki saat ini.

Semakin tinggi jabatan, semakin tinggi pula gaji yang bisa anda dapatkan. Jabatan tertinggi dari pekerjaan ini bisa mendapatkan gaji hingga Rp 40.000.000.

Beberapa tahapan jenjang karir yang bisa anda dapatkan ketika bergelut dalam bidang ini yaitu SEO Link Builder, SEO Copywriter, SEO Officer, SEO Content Writer, SEO Manager dan SEO Director.

Berbagai jenis tingkatan tersebut umumnya memiliki tugas yang berbeda. Tentu saja, SEO Director sebagai jabatan tertinggi memiliki tugas dan tanggung jawab yang paling berat.

Pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas SEO specialist alangkah baiknya perlu dipahami sebelum memilih jenis pekerjaan ini. Selanjutnya, anda juga dituntut untuk memiliki skill yang mumpuni agar dapat bekerja dengan maksimal.

Pemahaman tentang algoritma search engine, bahasa digital marketing, pemeliharaan website, tools SEO dan trend SEO adalah bekal yang harus dimiliki.

C. Tugas SEO Specialist

Terdapat banyak Tugas SEO Specialist yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

1. Riset Keyword Dan Content Strategist

Pekerjaan Gaji Fungsi Dan Tugas SEO Specialist 2

Sebelum mengoptimasi sebuah mesin pencarian, seorang SEO specialist wajib merencanakan konten yang relevan. Tentu saja, konten yang berpotensi untuk mendatangkan traffic dan penjualan adalah hal yang harus diperhatikan.

Hal ini juga dapat dilakukan untuk menarik pembaca agar memberikan feedback terkait informasi yang dihadirkan.

Dalam hal ini, kegiatan riset keyword perlu dilakukan agar sebuah artikel dapat ditemukan dengan mudah dan praktis. Kemudian, keyword tersebut perlu dimasukkan ke dalam konten yang ringan dan sesuai dengan selera target pasar suatu perusahaan.

Meski demikian, konten yang dapat diterima dan menjangkau seluruh kalangan lebih direkomendasikan.

2. Optimasi SEO On Page Dan Off Page

SEO specialist bertugas untuk mengoptimasi website dengan baik. Penerapan SEO on page dapat dilakukan dengan memberikan custom title dan meta description, title image, keyword density, internal link, tag heading optimization dan keyword density.

Penerapan tersebut diharapkan dapat menghadirkan website yang dapat menjangkau target dengan ampuh.

Begitu pula, anda dapat menambahkan SEO off page agar website terlihat lebih kredibel. Hal ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan rangking status dan authority pada hasil pencarian.

Beberapa tugas dapat perlu anda lakukan ketika memanfaatkan SEO off page adalah memberikan link building (guest post, content placement, pbn), natural link building dan share to social media.

3. Menulis Dan Mengedit Artikel

Tugas SEO specialist selanjutnya yang harus dipahami adalah menulis dan mengedit artikel dengan baik. Tak hanya menghadirkan informasi terkait perusahaan, SEO specialist nyatanya harus memahami teknik copywriting untuk meningkatkan daya jual. Bahasa SEO friendly dan tambahan call to action (CTA) sangat diperlukan.

Baca juga: Peran dan Tugas Customer Service

4. Melakukan Site Audit

Sebagaimana jenis pekerjaan yang lain, site audit nyatanya juga dibutuhkan dalam dunia SEO. Tugas yang satu ini bertujuan untuk menghadirkan kondisi website yang bagus secara technical.

Hal ini bahkan perlu dilakukan secara rutin dan berlanjut agar kualitas website selalu mendapatkan ranking yang baik.

Lazimnya, pekerjaan site audit bertujuan untuk mengetahui berbagai issue-issue yang kurang tepat. Misalnya saja keberadaan tag heading yang kurang tepat, tidak ada alt pada gambar, duplicate content, mendeteksi broken link dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika beberapa kesalahan tersebut ditemukan, maka SEO specialist bertugas untuk memperbaikinya.

5. Mengoptimasi Kecepatan Website Dan User Experience

Tugas SEO specialist yang tak boleh dilewatkan adalah optimasi kecepatan website dan user experience. Kedua komponen tersebut pada dasarnya memiliki pengaruh penting terhadap pengunjung yang menyelami website perusahaan.

Beberapa tools yang sering dimanfaatkan untuk memeriksa kecepatan website diantaranya lighthouse, pagespeed insights dan GT matrix.

6. Analisis dan Laporan

Tugas terakhir yang harus diperhatikan setelah semua tugas selesai adalah analisis dan reporting. Keberhasilan proses optimasi hingga traffic yang terjaring perlu dianalisis dengan baik.

Tentu saja, hasil analisis tersebut perlu dihadirkan dalam sebuah laporan. Lazimnya, laporan ini sangat bermanfaat untuk mengevaluasi efektivitas kegiatan marketing untuk melakukan strategi selanjutnya.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui terkait pekerjaan SEO specialist. Gaji mungkin menjadi poin utama yang sering diperhatikan dalam mencari pekerjaan.

Meski demikian, pengetahuan terkait SEO specialist alangkah baiknya jika dipahami terlebih dahulu. Termasuk beberapa tugas yang akan anda lakukan ketika bergelut dalam bidang ini.

7. Tugas Seo Specialist Lainnya

  • Analisis situs web untuk diperbarui, diperbaiki, atau dihapus.
  • Buat laporan strategi terperinci.
  • Kenali kata kunci dengan harga rendah tapi kuat. Ini akan membawa manfaat bagi web.
  • Jalankan kampanye dengan mekanisme bayar per klik.
  • Tulis informasi utama, body copy dan web yang efisien.
  • Meningkatkan hasil pencarian organik dari web perusahaan.
  • Pastikan web dapat memuat kata kunci yang maksimal.
  • Tempatkan kata kunci dengan benar untuk mendapatkan lalu lintas tinggi di mesin pencari.
  • Gunakan tag header dalam artikel yang dipublikasikan di web.
  • Tulis konten SEO yang original.
  • Lakukan strategi konten SEO di off page.
  • Gunakan keterampilan pengkodean dasar dan desain web untuk meningkatkan nilai SEO.
  • Kembangkan strategi SEO jangka panjang.
  • Diskusikan dengan desainer web hingga navigasi web dapat diperbarui. Ini akan membawa web ke posisi teratas mesin pencari.
  • Evaluasi penawaran produk, opsi transportasi, dan keamanan opsi pembayaran online.
  • Pantau konten situs, desain situs, lalu lintas, kualitas halaman, dan demografi konsumen saat melakukan penelusuran.
  • Sesuaikan kampanye PCC sesuai kebutuhan.
  • Buat strategi dan tingkatkan kinerja web.
  • Menulis ajakan bertindak secara efisien.
  • Ikuti strategi white hat dan black hat untuk mendapatkan dasar-dasar mesin pencari.

D. Tanggung Jawab SEO Specialist

  • Pastikan web yang dikembangkan telah dimaksimalkan secara teknis
  • Hasilkan laporan terperinci untuk klien tentang kinerja SEO yang dikelola di web.
  • Buat tema yang akan digunakan dalam membangun SEO.
  • Menetapkan mekanisme dan prosedur internal. Ini digunakan untuk memastikan pengoptimalan semua konten dari semua tipe.
  • Promosikan web dengan Onsite atau Offsite.
  • Kembangkan hubungan pengguna web dengan web, yang dapat membuat peringkat web dan lalu lintas.

E. Persyaratan untuk Menjadi spesialis SEO

Untuk menjadi spesialis SEO, Anda harus memenuhi persyaratan dan kemampuan dasar berikut.

1. Pendidikan dan Pengalaman

  • Pendidikan minimal S1 semua jurusan
  • Setidaknya satu tahun pengalaman sebagai spesialis SEO

2. Kemampuan

  • Memiliki kemampuan di bidang SEO
  • Menguasai alat SEO seperti Google Analytics, Google Adwords, HTML, CSS, Google Search Console, Google Keyword Planner
  • Memiliki kemampuan yang cukup dalam menulis teks
  • Pernah berhasil membuat link

Untuk lebih jelas mengenai Tugas SEO Specialist, bisa melihat penjelasan video dibawah ini.

Kesimpulan

Oleh karena itu keunggulan peran spesialis SEO di dunia strategi pemasaran berbasis internet.

Tujuan dari optimasi SEO ini adalah agar website yang digunakan klien bisa naik di halaman pertama mesin pencari.

Banyak perusahaan menawarkan produk atau layanan mereka melalui Internet. Oleh karena itu, jika website yang digunakan bisa tampil di halaman pertama, kemungkinan besar akan dilihat oleh pengguna internet.

SEO ini dapat meningkatkan berbagai jenis pencarian. Anda dapat mencari gambar, video, pencarian lokal, pencarian akademis, dan bahkan pencarian industri.

Umumnya, karir spesialis SEO ini diperlukan di perusahaan pemasaran digital.

Sekian artikel berjudul Pekerjaan, Gaji dan Tugas SEO Specialist, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!