Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank Muamalat Syariah

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank Muamalat Syariah? Sama seperti tahapan ujian di berbagai perusahaan perbankan lainnya, bank syariah Muamalat juga memberikan program akselerasi karir bagi perusahaannya.

Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank Muamalat Syariah

Dan berikut ini akan kami bagikan pengalaman dan contoh materi tes apa saja yang akan anda jalani pada tahap bank muamalat syariah ini.

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Bank Muamalat Syariah

1. Seleksi administrasi

Untuk seleksi administrasi, ada banyak syarat yang harus Anda penuhi sebelum bisa lolos ke tahap selanjutnya. Layaknya lulusan S1 atau S2 dengan IPK minimal 3,00 untuk S1 dan minimal 3,23

Maka usia maksimal S1 adalah 25 tahun 27 tahun untuk S2, berlatar belakang pendidikan ekonomi, akuntansi, teknik informatika, matematika, sains dan psikologi.

Dengan memiliki nilai TOEFL / IELTS / TOEIC minimal 500/6/550 Bahasa Inggris.

2. Ujian Tertulis Agama Islam dan Perbankan

Untuk soal pada tes tertulis ini terdapat 50 soal dengan minimal 35 jawaban benar. Materi pertanyaannya adalah tentang dasar-dasar agama Islam seperti contoh Rukun Islam dan Rukun Iman dalam Islam, Tauhid, Haji dan Ayat Alquran.

Sedangkan untuk urusan perbankan syariah seperti mudarabah, musyarakah dan murabahah. Sebelum pengujian tim HR juga akan mempresentasikan apa itu MODP dan company profile perusahaan syariah muamalat.

Untuk ujian Islam dan perbankan, masalahnya ada 50 item (bisa berbeda setiap tahun), pilihan ganda. untuk lolos ke tahap berikutnya skor minimalnya adalah 70, atau setidaknya 35 soal benar. tes ini memakan waktu sekitar 35 menit.

3. Wawancara HRD

HR Interview akan membahas tentang minat dan bakat kami di perusahaan ini. Wawancara menggunakan bahasa Inggris. Jadi lebih baik Anda mempersiapkan diri untuk lebih banyak berlatih bahasa Inggris, terutama saat perkenalan diri.

Yang ditanyai tentang pertanyaan diri seperti pengalaman organisasi, prestasi dan pengalaman dalam memecahkan masalah yang kompleks.

Hanya wawancara HCD standar, pengenalan awal dalam bahasa Inggris dan wawancara formal. Lama wawancara bervariasi, ada yang hanya 5 menit, 10 atau 15 menit.

4. Tes psikologi

Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank Muamalat Syariah

Waktu tes psikologi cukup lama, sekitar 4 jam sejak dimulainya tes. Persiapkan diri Anda dan bawalah makan siang atau sarapan dulu. Soal yang akan kamu kerjakan adalah soal gambar, soal warteg dan soal essay.

Tes psikologi standar, ada gambar, perhitungan dan kepribadian. durasi tes dari jam 8 pagi sampai 12 malam.

5. Wawancara Psikolog

Wawancara kali ini adalah tim bank mulai memanfaatkan vendor luar untuk bisa menggali lebih banyak informasi tentang calon karyawannya.

Masih menggunakan bahasa Inggris, dan pertanyaan tentang diri Anda dan motivasi Anda ingin bekerja di Muamalat, seperti apa masa depan Anda dan bagaimana Anda menghadapinya.

Wawancara dengan psikolog, menggali potensi minat dan bakat kita, apakah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Psikolog dari UI, waktu wawancara sekitar 50 menit.

Mereka yang ditanya tentang prestasi, organisasi, bagaimana menyelesaikan masalah yang ditanyakan, dll. Tips, jujurlah pada diri sendiri. Karena orang yang mewawancarai psikolog. Banyak peserta yang gagal pada tahap ini. 50% gagal pada tahap ini.

6. Tes TOEFL dan Wawancara

Nilai minimal tes toefl ini adalah 400. Dan seperti tes toefl lainnya, soal berupa soal listening, reading, dan grammar. Untuk tempat uji coba, bank Muamalat juga mempercayakan vendor mitranya.

Untuk tes wawancara dalam bahasa Inggris. Pertama-tama Anda akan ditanya tentang topik yang akan dibahas. Ada baiknya jika sudah menyiapkan topik yang akan dibahas nanti.

Pilihan topiknya bisa berupa hobi atau yang berkaitan dengan pekerjaan perbankan yang lebih baik.

TOEFL test, listening, reading, grammar. Skor minimalnya mudah, hanya 400. Tips, beli buku TOEFL untuk menguasai tata bahasa, kosakata, dll. Untuk mendengarkan, Anda bisa mengandalkan video “Study English with Jennifer”, yang sangat membantu adaptasi pendengaran.

Interview dalam bahasa inggris, setelah TOEFL langsung dilanjutkan dengan full english interview oleh tim LIA, kita diberi topik oleh pewawancara atau kita tentukan sendiri topiknya, dan pertanyaannya adalah tentang topiknya.

Topiknya bisa tentang olah raga, hobi, perbankan dll. Dulu AMI ditanya langsung tentang perbankan, tapi dia sangat teknis. Wawancara berlangsung sekitar 15 menit. Pada tahap TOEFL dan wawancara, penurunan peserta sekitar 50% juga.

7. Wawancara User

Masih menggunakan bahasa Inggris wawancara akan dimulai dengan perkenalan dan cerita Anda tentang tahapan-tahapan tersebut hingga Anda melewati tahapan ini.

Pertanyaan juga tentang perbankan Islam, isu terkini tentang perbankan, dan saham ekonomi saat ini. Pertanyaan juga tentang diri Anda seperti pengalaman Anda sebelumnya, organisasi atau pengalaman kerja dan apa pendapat Anda dengan Anda di tahun depan.

Interview Area Manager / Division Head. Sebenarnya jika sudah melewati tahap ini peluangnya sudah 80%, dan inilah tahap terakhir yang harus dipersiapkan dengan baik.

Pengenalan awal dalam bahasa Inggris, kemudian hanya dalam bahasa Indonesia. Pertanyaannya bervariasi tergantung siapa yang mewawancarai mereka, ada yang ditanya tentang istilah perbankan, masalah perbankan, saham, ekonomi, pengalaman organisasi, prestasi, sikap, prinsip hidup, tujuan masa depan, dll.

Waktu wawancara sekitar 50 menit hingga 1 jam. Tipsnya, jika sudah sampai tahap wawancara Area Manager / Divhead usahakan bersikap dewasa, percaya diri, optimis, dengan nada suara yang bagus, tidak gugup, berpenampilan bersih dan rapi, dll, karena sebagai calon officer memang sudah harus punya bakat memimpin.

8. Pemeriksaan kesehatan

Tes kali ini berupa darah, urine, mata, mulut dan rontgen. Jangan lupa untuk berpuasa makan selama 8 jam sebelum ujian dan banyak minum air putih, jangan sampai kamu begadang sehari sebelumnya.

Pemeriksaan kesehatan. Akhirnya sampai tahap ini. hanya takdir yang bisa menggugurkanmu. kalau tidak ada penyakit yang serius insya Allah sembuh.

Toh tidak semua orang 100% sehat, ada batasan toleransi yang diberikan. Tes tersebut meliputi darah, urin, mata, mulut, telinga, sinar-X.

Tipsnya puasa minimal 8 jam sebelum tes kesehatan, tapi boleh minum air putih, jangan begadang, jangan keluyuran, istirahat yang cukup.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes Bina BNI

Kesimpulan

Untuk gaji MODP Bank Muamalat ini, pada saat pelatihan awal berkisar Rp. 6 juta belum termasuk fasilitas kost untuk karyawan yang tinggal di luar Jakarta.

Dan bila sudah dinyatakan memenuhi syarat, Anda akan mendapatkan gaji sebesar Rp 8 juta, belum termasuk fasilitas yang diberikan. Anda juga bisa melihat informasi ini di berbagai situs forum kerja seperti Kaskus.

Sekian artikel berjudul Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank Muamalat Syariah, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!