Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Angkasa Pura

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Angkasa Pura? Kali ini akan mengulas tahapan tes dan seleksi di PT Angkasa Pura yang merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa ke bandar udaraan di Indonesia.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Angkasa Pura

Ada juga banyak perusahaan cabang dari PT Angkasa Pura ini. Baik PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, maupun PT Angkasa Pura support. Kali ini kita akan membahas PKWT PT Angkasa Pura II walaupun model rekrutmennya hampir sama di setiap cabang perusahaan.

A. Tahapan Seleksi Karyawan di PT Angkasa Pura

1. Seleksi Administratif

Dalam pengujian ini, Anda akan diminta untuk menunjukkan keaslian file yang Anda miliki. Seperti izasah, transkrip nilai, SKKK, akta sehat, akta kelahiran hingga kartu keluarga.

Tes ini adalah tes performance. Nanti Anda akan diinformasikan tentang file apa saja yang masih kurang dan harus diatasi dan akan dibuatkan checklist.

Nanti Anda akan difoto dan menulis formulir untuk diserahkan panitia dan mengisi daftar hadir. Anda akan mengikuti tes berikutnya setelah tes kinerja ini.

2. Tes Psikologi

Hampir sama dengan psikotes di perusahaan lain, ada soal matematika dasar, deret angka dan angka, deret gambar dan tes kepribadian lainnya.

Tes akan dibagi menjadi 3 tahap. Yang pertama adalah tes menggambar warteg dan tes koran atau krep. Intinya adalah Anda bisa stabil dalam pekerjaan Anda dan tidak tertekan oleh waktu.

  • Tes melihat kecocokan antara kata-kata di kolom A dan B, jika benar beri “O” dan jika salah beri “X”. Ada sekitar 20 pertanyaan jika saya tidak salah.
  • Tes Pauli atau Tes Koran. Ini adalah tes yang sudah biasa di tahap tes psiko. Jumlahkan angka dari atas ke bawah dan beri garis pada setiap sinyal yang diberikan oleh penguji.
  • Tes melihat kesesuaian gambar. Nah ini yang paling test menurut saya, ada sekitar 2-3 bagian tentang test match gambar dengan nama test yang berbeda-beda.
  • Tes kepribadian. Tes ini terdiri dari 2 pernyataan dari 90 pertanyaan, kami diminta untuk memilih hanya satu pernyataan yang paling menggambarkan kami. Harus diselesaikan dalam 15 menit.
  • Tes Wartegg, Tes Draw A Person, Tes Draw A Tree, Tes Menulis kepribadian kita

Baca juga:

3. Tes FGD (Focus Group Discussion)

Pada tahap ini akan ada beberapa kelompok dimana setiap kelompok beranggotakan 5-6 orang. Anda diminta untuk memecahkan masalah yang akan Anda diskusikan dengan kelompok Anda.

Masalahnya berupa uji prioritas dan terkait dengan penerbangan dan pelayanan di PT Angkasa Pura. Ada baiknya mempelajari tentang layanan dan bahan dasar dari visi dan misi PT Angkasa Pura.

Nanti Anda dan kelompok Anda akan diminta untuk berdiskusi dan menentukan mana yang akan Anda prioritaskan dalam masalah ini.

Di depan psikolog, kami berlima duduk memperkenalkan diri. Disana kami masing-masing diberikan selembar kertas, untuk diminta memilah perkara yang menjadi prioritas pribadi kami, setelah beberapa saat kami diminta berdiskusi untuk bisa memilah perkara menjadi satu suara dalam waktu yang singkat.

Setelah itu, kami diminta keluar ruangan, untuk kemudian wawancara satu persatu dengan psikolog..

4. Wawancara Psikologis

Yang akan mewawancarai Anda adalah seorang psikolog dan pertanyaannya adalah tentang mengeksplorasi kepribadian Anda.

Bagaimana peran Anda di perguruan tinggi, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja. hal-hal apa yang telah Anda capai dan apa impian Anda saat ini. Jawablah dengan apa adanya dan jadilah diri sendiri.

Baca juga: Contoh Jawaban Kelemahan Diri Dalam Wawancara dan Tipsnya

5. Pemeriksaan kesehatan

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Angkasa Pura

Berbeda dengan perusahaan lain yang biasanya tes kesehatan merupakan tahap akhir dari tes perusahaan. Di PT Angkasa Pura Anda akan menjalani tes kesehatan terlebih dahulu. Anda akan diminta berpuasa selama 8 jam sebelum menjalani tes ini.

Rangkaian tes tersebut antara lain tes sampel darah, tes sampel urin, rekam jantung dan rontgen, tes fisik seperti tes penglihatan mata, tinggi dan berat badan. Jangan lupa untuk tidak begadang pada hari sebelumnya dan minum banyak air juga.

6. Wawancara User

Pada tahap ini jangan lupa untuk membawa file yang diminta, karena sangat dibutuhkan untuk keaslian tahap seleksi. Anda akan menghadapi tim HR dan tim user yang akan memakai jasa Anda nanti.

Siapkan juga bahasa Inggris Anda nanti jika diminta menggunakan bahasa Inggris. Pertanyaannya adalah tentang kehidupan Anda, mulai dari pengalaman kuliah Anda, organisasi dan pengalaman kerja yang Anda miliki.

Tim user nantinya juga akan memberikan kasus khusus kepada Anda terkait pekerjaan di PT Angkasa Pura dan bagaimana jika Anda bekerja di sini apa yang akan Anda lakukan.

Di akhir wawancara, Anda akan diinformasikan tentang manfaat dan fasilitas apa yang akan Anda dapatkan jika Anda bekerja di PT Angkasa Pura ini.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Angkasa Pura, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!