Contoh Foto Full Body untuk Melamar Kerja dan Tipsnya

Contoh Foto Full Body untuk Melamar Kerja dan Tipsnya | Untuk melamar kerja, tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan yaitu foto diri dengan full body.

Contoh Foto Full Body untuk Melamar Kerja dan Tipsnya

Hal ini wajib diperhatikan jika ingin dilirik oleh HRD. Agar tidak salah kaprah, yuk intip contoh foto full body untuk melamar kerja dan tipsnya seperti ulasan berikut ini!

A. Pentingnya Foto Untuk Melamar Kerja Yang Wajib Anda Tahu

Segala hal yang berkaitan dengan lamaran pekerjaan, tentu persiapan yang matang harus diperhatikan dengan baik. Beberapa di antaranya yang tidak boleh terlupakan yaitu kelengkapan dokumen serta foto diri.

Untuk dokumen foto biasanya diminta sesuai kriteria dari perusahaan yang ingin dilamar, mulai dari foto close up sampai dengan foto full body.

Pelamar pekerjaan disarankan untuk menggunakan foto resmi atau formal. Jangan sampai melampirkan foto pribadi atau foto selfie yang ada di sosial media.

Biasanya perusahaan akan meminta foto dengan full body dengan gaya yang menarik dan pakaian formal agar menampilkan kesan lebih rapi dan sopan.

B. Kriteria Foto Untuk Melamar Kerja yang Wajib Anda Tahu

Saat mempersiapkan lamaran kerja, foto menjadi salah satu persyaratan yang perlu diperhatikan. Meski lazim, sebagian orang masih ada yang bingung bagaimana cara mempersiapkan potret saat hendak melamar pekerjaan di suatu pekerjaan. Bahkan ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menyiapkan foto.

Foto yang dipersiapkan sudah semestinya terlihat profesional agar lebih formal. Hal ini penting diperhatikan, sebab masih banyak yang menganggap foto sebagai aspek remeh yang dicantumkan dalam lamaran kerja.

Padahal, foto ini bisa menentukan nasib seseorang di dunia kerja karena dapat menarik perhatian para HRD.

Apabila ingin melamar pekerjaan, maka periksalah kriteria foto apakah sudah sesuai dengan perusahaan yang dituju. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan pakaian yang dikenakan di dalam foto agar terlihat profesional. Untuk mendapatkan foto terbaik, maka pria dan wanita memiliki cara foto yang berbeda pula.

Pria umumnya menggunakan jas yang rapi, sedangkan untuk para wanita menggunakan blazer. Selanjutnya, hindarilah menggunakan pakaian yang terlalu mencolok dan terlalu ramai.

Selain itu, pelamar pekerjaan juga tidak disarankan untuk menggunakan perhiasan yang terlalu berlebihan. Buatlah tampilan sesimpel mungkin, namun terlihat profesional.

Aspek lain yang perlu diperhatikan yaitu penggunaan make up ketika foto. Hindari menggunakan make up yang terlalu tebal serta pewarnaan rambut yang mencolok.

Sebab, hal ini akan mempengaruhi pandangan HRD perusahaan terhadap kepribadian yang dimiliki. Namun semakin berkembangnya zaman, sudah banyak perusahaan yang memperbolehkan pewarnaan rambut.

Meskipun begitu, kamu juga perlu mengetahui latar belakang perusahaan yang dituju. Apakah mereka termasuk perusahaan yang ketat terhadap penampilan seperti pengecatan rambut atau tidak.

Jika iya, usahakan untuk mengembalikan warna rambut alami yang Anda miliki. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan foto terbaik untuk melamar perusahaan.

Tak kalah pentingnya, kamu juga perlu memilih foto foto terbaru jika ingin melamar pekerjaan. Jangan sampai menggunakan foto lama, meskipun mungkin kamu terlihat menarik atau good looking pada foto tersebut.

Tujuannya untuk mencegah agar recruiter tidak kaget saat bertemu secara langsung karena kemungkinan wajah terlihat lebih tua dibandingkan dengan foto.

Selain itu, gunakan background dengan satu warna seperti merah, biru, atau putih. Usahakan hanya menampilkan diri saja, jangan sampai tampilkan barang atau item lainnya dalam foto.

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan lagi yaitu memastikan hanya ada dirimu di dalam foto lamaran kerja. Jangan biarkan orang lain masuk dalam frame foto untuk menunjukkan profesional.

Kamu juga harus konsisten dalam menggunakan foto jika ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan yang diidam idamkan.

Sebagai saran, gunakan foto yang sama pada profil pencarian kerja dan lain sebagainya. Dengan begitu, HRD akan lebih mudah mengenali dirimu ketika mencari tahu lebih lanjut di internet.

Penting juga untuk memerikanlah ekspresi yang tidak berlebihan dalam foto lamaran kerja full body. Usahakan mengatur ekspresi senatural mungkin dalam foto.

Jangan berpose yang berlebihan, namun usahakan tetap memberikan senyuman. Buatlah impresi yang baik kepada HRD perusahaan hanya dengan melihat foto yang kamu cantumkan dalam CV.

C. Contoh Foto Full Body

Contoh Foto Full Body untuk Melamar Kerja dan Tipsnya

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk melakukan foto lamaran kerja. Pertama, perhatikan pakaian apa yang sesuai untuk lamaran kerja, seperti contoh pakaian berwarna putih dengan setelan celana hitam.

Jangan sampai menggunakan warna yang terlalu mencolok seperti biru laut, hijau muda, dan lain sebagainya.

Usahakan untuk menggunakan pakaian formal seperti kemeja lengan panjang dan bawahan yang sesuai. Sedangkan wanita bisa menggunakan kemeja serta bawahan warna senada.

Contohnya bisa menggunakan kemeja putih, memakai celana bagus warna abu abu atau hitam dan juga mengenakan blazer.

Contoh Foto Full Body untuk Melamar Kerja dan Tipsnya

Tips selanjutnya yang wajib diperhatikan yaitu tentang kebersihan wajah serta kerapihan wajah sebelum melakukan sesi foto full body.

Ada baiknya jika kamu memperhatikan wajah, rambut dan anggota tubuh lainnya agar bagus ketika di foto. Tak lupa, posisi tangan juga perlu diperhatikan dengan cara meletakkan di depan tubuh. Hal ini juga berlaku pada posisi kaki yang harus di depan.

Baca juga: Cara Melamar Kerja Di Job Fair

D. Hal yang Harus Dihindari Dalam Foto Lamaran Kerja

Sebagus bagusnya foto yang ada di gadget kamu, hindari menggunakan foto selfie saat mengirim lamaran kerja pada suatu perusahaan.

Selain terlihat tidak profesional, kamu akan dinilai malas oleh HRD. Recruiter akan menilai kamu seseorang yang tidak mau berusaha secara lebih untuk mempersiapkan foto. Jangan sampai kamu tidak diterima hanya karena sebuah foto.

Hal yang harus dihindari berikutnya yaitu memperbesar foto. Coba lihat saja bagaimana ukuran foto yang baik dalam sebuah CV.

Tentunya ukuran foto cenderung kecil seperti ukuran thumbnail. Untuk itu, hindari pemilihan foto yang sudah diperbesar dalam CV. Pasalnya, hal tersebut akan mempengaruhi konten penting dalam dokumen yang kamu kirimkan.

Selanjutnya, hindari mengedit foto secara berlebihan pada foto full body yang kamu kirimkan untuk melamar kerja. Jangan sampai mengedit foto lamaran kerja dengan menambahkan elemen lain seperti filter dan lain sebagainya.

Jika dibutuhkan, maka mengedit foto hanya sebatas correction saja dan membuatnya lebih profesional.

Hindari juga dalam penggunaan foto yang beresolusi rendah atau blur. Hal ini akan mengakibatkan foto yang kamu gunakan untuk melamar kerja menjadi terlihat pecah atau blur.

Apalagi jika kamu mencetaknya dalam bentuk pas foto maupun full body. Maka dari itu, pastikan resolusi foto sudah cukup baik serta menggunakan pedoman contoh foto full body untuk melamar kerja dan tipsnya.

Itulah beberapa aturan aturan dalam memasang foto lamaran kerja yang harus kamu perhatikan. Meskipun kriteria tersebut tidak tertulis secara jelas, usahakan untuk tetap profesional.

Selain itu, coba berikan foto yang menunjukkan impresi baik agar terkesan  lebih siap untuk melamar pekerjaan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang diimpikan dengan mudah.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!