Bocoran Lolos Seleksi Tes MDP di Bank Mega

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes MDP di Bank Mega? Bank Mega juga membuka program akselerasi seperti MT (Management Trainee). Namun yang berbeda adalah Bank Mega membuka program MMDP (Mega Management Development Program), yaitu program akselerasi karir calon pegawai baru agar cepat dalam berkarir.

Bocoran Lolos Seleksi Tes MDP di Bank Mega

Program ini terdiri dari serangkaian tes dan pelatihan baik teori kelas maupun praktek langsung di lapangan untuk mempersiapkan Anda memimpin perusahaan nanti. Tahapan pengujiannya adalah:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Bank Mega

1. Seleksi Administratif

Pengumpulan CV di website beserta pengisian formulir yang diberikan. Awalnya anda dapat memutuskan untuk mendaftar di divisi yang memungkinkan anda untuk bekerja pada divisi tersebut.

Pastikan anda mempunyai pengalaman di bidangnya dapat melamar pada divisi yang sesuai dengan passion anda.

2. Tes Psikotes

Setelah anda lolos seleksi administrasi akan ada panggilan, dimana pada hari itu Anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran, selanjutnya Anda akan diarahkan ke ruangan untuk mengikuti tes tertulis. Tidak banyak tes tertulis yang dilakukan karena dari jam 9 sampai jam 11 sudah selesai.

Usai tes koran, anda akna diajak istirahat sejenak. Anda dapat pergi ke kantin untuk makan lalu melanjutkan sholat. Kalau tidak salah, ada 6 dari 20 orang yang mengikuti tes hari itu.

Selanjutnya sekitar jam 2 siang, kami diajak masuk ke dalam ruangan dengan meja panjang berbentuk oval di tengahnya. Setelah itu muncul 2 orang wanita. Awalnya mereka menceritakan sekilas tentang CT corp dan program mega bank.

Setelah itu kami diberi selembar kertas. Ternyata kami diberi pertanyaan esai! Tapi tenang, pertanyaannya mudah. Salah satunya adalah “apakah anda puas dengan IPK anda dibandingkan dengan teman sekelas anda? Kenapa anda puas dengan IPK tersebut?” Dan beberapa pertanyaan lainnya.

Setelah mengisi esai, kami melakukan wawancara. Kata mba HRD, kami yang berada di ruangan itu lah yang berkesempatan mengikuti tes selanjutnya secara langsung (setelah tes tertulis) tentang IPK.

Sebelumnya akan ada presentasi dari tim HR yang akan menjelaskan seluk beluk dunia perbankan khususnya dalam program MMDP ini. Seperti bagaimana tahapan dan proses peserta pelatihan, serta manfaat dan keunggulan program akselerasi ini.

Untuk tes psikologi pertanyaan yang Anda hadapi adalah:

  1. Tes Pauli
  2. Gambar pohon dan manusia
  3. Tes kepribadian diri
  4. Tes verbal dan matematika dasar

Baca juga:

3. FGD (Focus Group Discussion)

Setelah terseleksi psikotes dan lolos langsung ke tahap selanjutnya yaitu tes FGD (Focus Group Discussion). Dalam tes ini, ada baiknya Anda mempelajari topik-topik terbaru dari dunia perbankan dan materi umum tentang bank.

Sebelum tes Anda akan diminta untuk melakukan pengenalan diri dalam bahasa Inggris. Ini hanya untuk menunjukkan bahwa Anda mahir berbahasa Inggris. Sedangkan FGD sendiri menggunakan bahasa Indonesia untuk diskusi.

Pertanyaan dan contoh kasus tersebut adalah mengenai pertanyaan prioritas permasalahan yang ada di Bank Mega. Anda disuruh memilih mana yang menurut Anda layak untuk diprioritaskan berdasarkan alasan dan asumsi Anda sendiri.

Ada satu orang sebagai penilai, yang merupakan manajer bagian kredit, kalau saya tidak salah. Untuk pembahasannya sendiri, kita masing-masing diberikan kasus yang berbeda.

Kami memilih secara acak satu kasus dari tujuh kasus pada saat itu. Awalnya saya kaget, saya mengira FGD akan membahas kasus yang dibicarakan sebelumnya.

Saran saya sebelum FGD baca sedikit tentang syarat pemberian kredit, apa saja faktor yang harus diperhatikan dalam pemberian kredit.

Ya, meski sekilas, setidaknya paham sedikit. Saat itu, saya berbekal pengetahuan kredit yang sangat sedikit, dasar-dasar saya bukan dari ekonomi (dimana saat itu ada seorang anak ekonomi yang sepertinya sudah menguasai kelayakan kredit).

Tapi tidak apa-apa. Yang dinilai bukanlah seberapa baik kita dengan kredit. Kita akan dinilai dari cara kita berpikir tentang suatu kondisi, bagaimana kita menyampaikan pendapat kita, dan bagaimana kita juga bisa berdiskusi tentang bergaul dengan orang lain.

Kita diminta untuk menuliskan jawaban atau analisis kita pada selembar kertas besar yang akan kita sajikan di depan teman-teman kita yang lain.

Tapi tenang aja, yang penting tetap percaya diri dan rendah hati. Ngomong-ngomong, kasusnya sendiri bermacam-macam, ada yang bukan tentang kredit tapi lebih banyak tentang Sumber Daya Manusia, bagaimana menyikapi karyawan yang kinerjanya menurun, dll.

Saran saya, kalau mau FGD, jangan stres dulu. Jika stres, percayalah. Baca kasusnya nanti seperti jalan buntu, bahkan pikiran.

Bawa saja airnya, minum sedikit dulu untuk menenangkan diri. Yang penting menjernihkan pikiran, fokus pada kasus yang dibahas saat itu, dan fokus mendengarkan pendapat peserta lain. Karena bisa, kamu jadikan tanggapan mereka sebagai feedback dan jangan lupa, tetap rendah hati.

Setelah didiskusikan, Anda akan diminta untuk presentasi di depan tim HR dan tim lainnya. Tim lain juga berhak mengajukan pertanyaan, saran dan juga kritik.

4. Wawancara

Sebelum mengikuti wawancara ini, Anda akan diberikan formulir yang berisi pertanyaan seputar komitmen dan pertanyaan kepribadian lainnya.

Jangan lupa untuk mengingat jawaban yang Anda berikan di formulir, karena nanti akan ditanyakan pada saat wawancara.

Wawancara pertanyaan tentang kepribadian dan komitmen Anda jika Anda lulus tes ini. Apa yang ditanyakan tentang kehidupan kampus Anda, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja jika ada.

Nanti Anda juga akan dijelaskan lebih banyak tentang peran Anda dan tantangan seperti apa yang akan Anda hadapi di masa depan.

5. Presentasi Program

Bocoran Lolos Seleksi Tes MDP di Bank Mega

Sebelum tes, Anda akan diminta untuk mempersiapkan materi presentasi yang akan Anda presentasikan saat tes. Materi gratis dapat berupa tema perbankan atau tema tentang teori perguruan tinggi yang telah Anda kuasai sebelumnya.

Tips dari kami, untuk membuat presentasi sesuai bidang yang Anda kuasai. Tidak masalah jika materi Anda bukan tentang perbankan.

Yang terpenting adalah Anda benar-benar menguasainya dan mengetahui seluk beluknya. Tim penilai hanya ingin mengetahui sejauh mana Anda bisa menguasai bidang yang sudah Anda pelajari sebelumnya.

6. Pemeriksaan kesehatan

Pada tahap ini yang akan diuji adalah tes urine dan sampel darah, tes fisik tinggi dan berat badan, tes mata dan rontgen. Untuk MCU kali ini lebih baik kalian jangan begadang sehari sebelumnya, dan jangan lupa banyak minum air putih.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes Bina BNI

7. Tanda Tangan Kontrak

Menandatangani kontrak kerja beserta keuntungan yang Anda terima. Ada juga denda dan penalti jika Anda mengundurkan diri sebelum masa kontrak berakhir.

Tetapi jika Anda terputus karena keterampilan Anda tidak sesuai dengan yang diharapkan program, Anda tidak akan dikenakan denda dan penalti.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes MDP di Bank Mega, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!