Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bank BRI

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bank BRI? Kali ini kami akan coba share tentang pengalaman mengikuti tahapan seleksi bank BRI. Tahap seleksi ini untuk Frontliner yang nantinya bisa dibagi menjadi 2 bagian jika lolos yaitu bagian Teller dan bagian Customer Service.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bank BRI

Untuk bagian lainnya tahapan pengujiannya hampir sama dengan Frontliner, jadi anda bisa mengikuti Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bank BRI dari kami. Tahapannya dimulai dari:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Bank BRI

1. Seleksi Administratif

Jika Anda dapat memenuhi persyaratan yang diminta oleh perusahaan, Anda dapat dipanggil untuk mengikuti langkah-langkah selanjutnya dari bank BRI ini, persyaratan tersebut antara lain:

  1. CV dan surat lamaran kerja
  2. Fotokopi KTP aktif
  3. Foto terbaru
  4. Foto copy ijazah dan ijazah nilai yang telah dilegalisir
  5. Fotokopi sertifikat akreditasi kampus Anda
  6. Coba juga tulis lamaran dan posisi Anda di folder dan di surat lamaran Anda.

2. Psikotest

Pada tahap ini akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai company profile dan bagaimana jika diterima di bank BRI ini. Anda akan diberitahu tentang gaji fasilitas dan tunjangan lainnya.

a. tes pertama

Tes dibagi menjadi beberapa tahap, dan tes pertama adalah psikotes tentang kosakata, seperti mencari kata-kata yang memiliki hubungan paling dekat.

Mencari kata-kata yang tidak ada sangkut pautnya dengan orang lain, dan variasi lainnya. Juga soal pengetahuan umum yang khas dari Psikologi Tes seperti: tinggi rata-rata anak usia 10 tahun, diameter 500 keping uang logam, jarak Jakarta-Surabaya dan sebagainya.

b. tes kedua

Jenis pertanyaan psikotes yang kedua adalah soal numerik / matematika. Ini sederhana tetapi waktu yang diberikan sangat singkat, kisaran masalahnya adalah mencari rata-rata sekumpulan angka, menghitung peluang, kemudian menghitung masalah perbandingan.

Contoh: jika 8 pekerja dapat menyelesaikan pembangunan jalan dalam 3 hari, berapa pekerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya dalam 1 hari.

Ada juga soal matematika tentang kerentanan jarak bilangan (rumus), misalnya: 1,2,4,7,28,? Rumusnya adalah +1, x2, + 3, x4 maka selanjutnya +5 jadi jawabannya 33.

c. tes ketiga

Berikutnya adalah jenis soal psikotes tentang benda 3 dimensi, seperti kubus atau balok pada tiap sisinya, ada beberapa gambar yang sama tetapi ditempatkan berbeda, dan kita disuruh memilih gambar yang berbeda.

Kemudian ada gambar yang disuruh terus supaya identik, misalnya gambar pertama anak panah, panah kedua dilingkari, gambar ketiga garis horizontal, maka jawaban gambar keempat dilingkari horizontal.

d. tes keempat

Tahapan tes psikologi selanjutnya adalah menghafal. Kami disuguhi kertas berisi 5 kategori objek: bunga, perkakas, hewan, burung, seni.

Setiap kategori terdiri dari 4 kata tertentu, contoh bunga: tulip, mawar, anggrek, bougenvil. Begitu juga kategori lainnya, yang memiliki total 20 kata khusus, dan awal huruf yang berbeda satu sama lain.

Contoh bunga: Tulip, mawar, anggrek, bogenvil = T, M, A, B serta kategori lainnya, semuanya berbeda untuk memasukkan 20 huruf. Contoh soal: objek dengan awalan urutan T dikategorikan? A. Bunga B. Alat C. Hewan D. burung atau E. seni.

Jadi selanjutnya hingga 20 pertanyaan. Waktu yang diberikan untuk menghafal adalah 90 menit. TIPS: jangan mencoba merekam / menyontek karena diskualifikasi dapat merugikan Anda. Hafalkan saja huruf awal setiap kategori.

Soal psikotes berikutnya adalah tentang tes koran atau Pauli Kraepelin. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur kecepatan, stabilitas dan ketahanan kerja kita.

berdasarkan itu hasil yang maksimal adalah hasil yang tinggi dan stabil, jangan sampai grafiknya berfluktuasi, usahakan stabil.

e. tes kelima

Varian psikotes berikutnya adalah soal kepribadian yang terdiri dari 200+ butir soal. Tujuan utama dari jenis masalah ini adalah untuk melihat apakah kita konsisten dalam menjawab pertanyaan.

Setelah beberapa kali mengikuti psikotes, akhirnya saya menemukan titik lemah dari varian psikotes yang satu ini. Jadi dari 266 item tersebut dapat dibagi menjadi 40 kategori, atau setiap 7 pertanyaan jawabannya harus sama jenisnya sesuai dengan kategori yang ditanyakan.

Contoh: jika pertanyaan no. 1 Anda menjawab “Saya suka dimarahi teman-teman yang mendebat saya”, maka coba pertanyaan no. 2 sampai 7 jawabannya sejenis.

Begitu juga untuk pertanyaan 8-13 jika awalnya Anda menjawab “Anda lebih suka bekerja sendiri” maka jawablah stabil semacam ini hingga kategori masalah berubah.

Jika kategori 14-20 berikutnya menanyakan pertanyaan favorit Anda dari rekan kerja wanita di kantor Anda, dan di 14 Anda menjawab “Saya suka berkencan dengan rekan kerja wanita”, coba jawab pertanyaan 20 dengan jawaban serupa seperti “Saya sangat suka hal-hal yang berbau. Seks. “.

f. tes keenam

Dan jenis psikotes lainnya adalah tes menggambar. Ada 3 tahapan menggambar, yaitu: melanjutkan 8 gambar, menggambar orang dan aktivitasnya, menggambar pohon berkayu.

Tidak perlu bingung buat yang belum pandai menggambar, karena disini bukan tes seni, bukan keindahan yang dinilai, tapi kelengkapan apa yang kamu gambar.

Dalam tes untuk menyelesaikan gambar, saya tidak mengerti bagaimana penggunaannya, tetapi Anda diminta memberi nomor gambar 8 dari yang pertama sampai yang terakhir, dan Anda disuruh memberi 1 gambar yang paling Anda sukai, dan 1 yang paling tidak Anda sukai.

Tentunya psikolog memiliki penilaian tertentu dengannya, dan kebetulan dia tidak membaginya dengan saya. Gambar kedua adalah manusia dengan aktivitasnya menggambar siapa saja, yang penting terlihat seperti manusia.

Yang terpenting adalah kelengkapan bagian tubuh (lengkap, tidak terpotong) dan detailnya, seperti bagian tangan yang memiliki jari. Dan gambar terakhir adalah menggambar pohon, hal yang sama dinilai kelengkapan dan detailnya

Untuk ujian kali ini lumayan lama, usahakan sarapan dulu biar staminamu bisa awet. Tes psikologi ini meliputi:

  1. Tes koran
  2. Matematika dasar dan angka
  3. Tes Warteg dan tes menggambar pohon dan aktivitas manusia
  4. Army Alpha Test
  5. Tes EPPS (Jadwal Preferensi Pribadi Edwards) tentang kepribadian diri. Tidak ada jawaban benar atau salah dalam tes ini. Hanya saja tes ini akan mendeskripsikan seperti apa kepribadian Anda yang sebenarnya
  6. Tes verbal, analogi, sinonim dan antonim kata.

Baca juga:

2. Wawancara Awal

Pada tahap wawancara pertama ini, Anda akan berhadapan langsung dengan tim HRD dari bank BRI. Pertanyaan masih seputar kepribadian masing-masing dan pertanyaan seputar produk dan brand dari Bank BRI.

Bagi Anda yang memiliki rekening BRI akan mudah dijelaskan mengenai produk dan layanan bank ini.

Ada baiknya jika mencoba mempelajari pengetahuan umum bank BRI dan produk layanan apa saja yang disediakannya.

Yang paling penting juga tentang pakaian saat wawancara kerja kita. Usahakan untuk menggunakan tampilan kantor, kenakan kemeja lengan panjang tanpa pola, celana kain dan pantofel.

Usahakan juga agar wajah Anda terlihat bebas dari rambut, baik kumis maupun jenggot, serta rambut halus dan rapi.

Baca juga: Contoh Jawaban Kelemahan Diri Dalam Wawancara dan Tipsnya

3. Wawancara tahap kedua

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bank BRI

Pada wawancara terakhir akan bertemu langsung dengan user yaitu manager atau spv bank BRI. Pewawancara akan meninjau kembali jawaban Anda pada tes psikologi sebelumnya. Jadi coba jawab psikotes sesuai kepribadian kamu.

Pertanyaan tentang pengalaman kampus, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja. Akan ada juga pertanyaan tentang komitmen kerja Anda jika diterima di perusahaan ini.

Coba pelajari lebih lanjut tentang produk dan layanan bank BRI. Dan alasan Anda ingin bekerja di BRI dan mengapa melamar posisi tersebut.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes Bina BNI

4. Pemeriksaan kesehatan

Dalam tes MCU (Medical Check Up) ini yang terpenting adalah tidak buta warna, tidak menggunakan obat-obatan dan tidak memiliki riwayat kesehatan kronis.

Selebihnya adalah pemeriksaan kesehatan lanjutan, seperti pemeriksaan sampel darah dan urin, pemeriksaan kesehatan fisik dan juga rontgen.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di Bank BRI, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!