Cara Melamar Pekerjaan Menggunakan Whatsapp

Bagaimana Cara Melamar Pekerjaan Menggunakan Whatsapp? mengirim lamaran lewat Whatsapp menjadi hal yang biasa saat ini. Di jaman sudah serba canggih ini mampu menjadikan segala hal dapat dijangkau hanya melalui ponsel pintar saja.

Cara Melamar Pekerjaan Menggunakan Whatsapp

Termasuk juga di dalamnya untuk mencari pekerjaan via aplikasi chat Whatsapp. Namun sebelum melakukannya, simak dulu beberapa cara melamar pekerjaan menggunakan Whatsapp berikut ini.

A. Etika Melamar Pekerjaan Melalui Whatsapp

Kalau kamu ingin mendapatkan pekerjaan secara online, pastinya harus rajin untuk mencari segala bentuk informasi yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan sesuai bidang yang kamu inginkan.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mengetikkan kata kunci secara langsung pada kolom mesin pencarian internet.

Tidak hanya itu saja, kamu pun juga bisa bergabung dengan sebuah grup ataupun komunitas yang daap ditemukan pada beberapa media sosial.

Diantaranya seperti Instagram, Facebook, hingga grup Telegram yang mana keberadaan channel lowongan kerja sangat bermanfaat untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan.

Etika berikutnya jika kamu sudah mendapatkan informasi lengkap seputar perusahaan yang kamu tuju, yakni pelajari syarat syarat serta kelengkapan berkas.

Pada poin ini, pastikan kalau kamu sudah memenuhi semua kriteria dan juga memiliki dokumen yang dibutuhkan oleh pihak penerima pekerjaan.

Namun sayangnya tidak sedikit orang yang belum memiliki kelengkapan dokumen yang sesuai. Jika kamu salah satunya, gunakanlah waktu luang yang cukup agar kamu bisa melengkapinya dan bisa mendapatkan diri pada lowongan tersebut. Apabila memang waktunya tidak mencukupi, ada baiknya untuk kamu mencoba di lain waktu lagi.

Etika terakhir yang tidak boleh sampai terlupa jika kamu ingin melamar kerja dengan bantuan aplikasi Whatsapp, yakni dengan menghubungi narahubung yang telah tertera pada berita lowongan kerja.

Karena banyak lowongan pekerjaan yang menyuruh pelamar untuk mengirimkan pesan langsung kepada nomor narahubung agar proses pendaftaran berjalan lebih efektif.

Baca juga: Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Kerja

B. Cara Melamar Pekerjaan Menggunakan Whatsapp

1. Perhatikan Isi Pesan yang Hendak Dikirimkan

Sebenarnya isi pesan untuk melamar pekerjaan tidaklah jauh berbeda dengan saat berbicara langsung secara tatap muka. Seperti perhatikan kesopanan, urutan, dan juga tidak memaksa.

Namun yang menjadi pembeda saat mengirimkan lamaran melalui Whatsapp, yaitu sebaiknya kamu menggunakan kata kata baku serta sapaan supaya tidak terkesan seperti meremehkan.

Sebagian orang banyak yang sering melupakan poin penting yang satu ini, yaitu tidak memperhatikan penggunaan kata yang seharusnya, seperti menyingkat kata dan penggunaan tanda baca yang kurang tepat.

Padahal, hal tersebut sangat penting diperhatikan agar orang yang dituju mudah memahami semua isi pesan yang kamu kirimkan.

2. Mengawali Dan Mengakhiri Pesan Secara Sopan

Sebelum masuk ke inti pesan, ada baiknya kamu awali pesan dengan mengucapkan salam terlebih dahulu. Diantaranya seperti ucapan selamat pagi, siang ataupun malam.

Setelah itu, ketikkan pesan yang memperkenalkan diri secara singkat, berupa nama lengkap dan juga asal kota.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan informasi lainnya yang mungkin dibutuhkan oleh penerima kerja. Contohnya saja seperti tambahan informasi dimana kamu menemukan berita lowongan pekerjaan tersebut.

Tahap berikutnya, yaitu lanjutkan dengan kalimat bahwa kamu ingin melamar pekerjaan beserta keterangan telah memenuhi persyaratan yang diberikan.

Apabila semua awal dan isi pesan telah disampaikan, berikutnya yaitu tutup pesan dengan mengucapkan terima kasih. Selain itu, tambahkan kalimat harapan supaya kamu bisa diterima pada perusahan mereka.

Tentu dengan memperhatikan beberapa isi pesan tersebut, akan membuat penerima pesan menjadi lebih tertarik dengan gaya bicara kamu meskipun hanya melalui Whatsapp.

3. Persiapkan berkas yang Diperlukan

Bagi kamu yang masih pertama kalinya mengirimkan lamaran pekerjaan via Whatsapp, mungkin masih merasa kebingungan dengan apa saja berkas wajib yang perlu dipersiapkan dengan matang.

Adapun kelengkapan dokumen yang dimaksud yakni curriculum vitae, ijazah pendidikan terakhir, sertifikat pendukung, foto diri, dan beberapa berkas lain yang disesuaikan dengan permintaan perusahaan.

Untuk berkas curriculum vitae, biasanya berbentuk pdf ataupun foto yang ukurannya juga tidak boleh terlalu besar aliansi berada pada kapasitas byte.

Sedangkan pada dokumen ijazah, sertifikat, dan berkas pendukung lainnya harus berupa scanning dengan tampilan warna hitam putih.

4. Mengirimkan Kelengkapan berkas yang Dibutuhkan

Untuk mengirimkan berkas, cantumkan lampiran berkas tersebut bersamaan dengan pesan pertama pada pihak penerima pekerjaan.

Pastikan juga bahwa kamu mengirim dokumen yang sesuai. Baik dari permintaan perusahaan, ataupun dokumen penunjang lainnya seperti surat kesehatan atau sertifikat.

Sedikit tips untuk kamu dalam mempersiapkan berkas, yaitu jadikanlah berkas dalam satu folder dalam handphone ataupun flashdisk.

Dengan begitu, saat kamu membutuhkan berkas untuk dikirimkan pada perusahaan, kamu tidak akan bingung lagi dan bisa segera menggunakan berkas terurut sebagai kelengkapan melamar pekerjaan. Baik melalui Whatsapp ataupun media online lainnya.

5. Perhatikan Waktu Tepat Pengiriman Pesan Lamaran Pekerjaan

Tidak hanya memberikan isi pesan yang akan dikirimkan, tapi kamu juga perhatikan waktu pengiriman yang tepat.

Mengapa? Karena pesan yang akan kamu kirimkan diterima secara real time atau saat itu juga, maka pastikan kembali bahwa kamu tidak melakukannya di luar jam operasional.

Sayangnya banyak orang yang belum tau tentang aturan yang satu ini. Dimana mereka mengirimkan lamaran pekerjaan pada jam istirahat seperti jam 12 hingga satu siang, maupun diluar jam operasional pada umumnya.

Seperti diatas jam 5 sore, bahkan saat malam hari yang merupakan waktu istirahat.

Ada baiknya untuk kirimkan pesan mulai dari jam 8 pagi, hingga jam 3 sore. Lebih ataupun sebelum dari berapa waktu tersebut, biasanya tidak akan dibalas atau akan ditanggapi pada keesokan harinya.

Hal ini akan sangat penting diperhatikan karena ketepatan pengiriman juga berpengaruh terhadap penilaian pihak penerima pada kamu.

Baca juga: Cara Mengirim CV Lewat Email yang Baik dan Benar

C. Cara Kirim Lamaran via WhatsApp

1. Temukan Perusahaan yang akan Dilamar

Ada berbagai platform untuk mencari loker. Bisa dari teman atau situs pencarian kerja. Ketika Anda menemukan lowongan pekerjaan yang Anda sukai dan sesuai dengan deskripsi dan kriteria pekerjaan, lihat cara melamar pekerjaan.

Beberapa lowongan kerja menyediakan contact person seperti nama, email atau nomor WA. Pastikan cara kirim lamaran bisa kirim lamaran lewat WA atau tidak

Tips: Jika disediakan email, akan lebih baik mengirimkan CV atau lamaran kerja melalui email. Namun, di Indonesia masih banyak perusahaan mikro yang belum memiliki email, sehingga mengirim aplikasi melalui WhatsApp juga bisa menjadi pilihan.

2. Siapkan CV

Setelah membaca job description yang dibutuhkan loker, saatnya membuat curriculum vitae.

Salah satu bagian terpenting dari pengiriman lamaran adalah mempersiapkan CV. Jika Anda baru pertama kali membuat CV atau melamar pekerjaan, Anda bisa melihat contoh CV terlebih dahulu agar lebih mudah membuat CV yang baik dan benar.

Tips: Sebaiknya buat dan kirim CV dalam bentuk PDF agar isi CV tidak bergeser saat dibuka dari perangkat apapun.

3. Mengirim Lamaran dan Dokumen Pendukung Melalui WA

Setelah membuat CV, Anda juga perlu menyiapkan dokumen lain seperti:

  1. Surat Lamaran Kerja / Teks melamar pekerjaan melalui WA
  2. Scan Ijazah terakhir
  3. Pemindaian Transkrip Nikai
  4. Pindai SKCK
  5. Pindai Paspor
  6. Tambahan : Scan SIM, Scan Surat Pengalaman Kerja, Scan Sertifikat, dll (tergantung kebutuhan job description)

4. Kirim lamaran via WA

Langkah terakhir setelah menyiapkan semua hal yang dibutuhkan untuk mengirim CV melalui WA, Anda bisa mengirimkan lamaran. Copy surat lamaran kerja yang sudah disiapkan, paste di kotak chat. Lampirkan juga berkas-berkas yang diperlukan seperti CV, SKCK, Pas foto, dll.

5. Menunggu dengan sabar

Jangan terus mengirim pesan Whatsapp ke team HRD/perusahaan menanyakan kabar mereka. Tunggu beberapa hari atau minggu dan berikan waktu kepada perusahaan untuk menilai kandidat yang paling cocok untuk lowongan pekerjaan tersebut.

Sudah, cara kirim lamaran lewat WA sangat mudah bukan? Hanya dengan 5 langkah di atas kamu sudah bisa mengirimkan lamaran melalui WA dan menunggu undangan wawancara kerja.

Sekarang, mari kita lihat cara membuat Surat Lamaran Kerja yang dikirim melalui WhatsApp. Anda bisa langsung menyalinnya.

D. Contoh Surat Lamaran Kerja via WhatsApp

Di bawah ini adalah contoh teks melamar pekerjaan melalui WhatsApp yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk melamar pekerjaan. Selamat mencoba dan mendapatkan pekerjaan ya! Jangan lupa sertakan juga CV Anda.

1. Contoh teks lamaran kerja via WA

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth

Manajer HRD PT Mencari Cinta Sejati
Jl. Buah Batu, Bandung

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari social media instagram tanggal 02 Januari 2022, PT Mencari Cinta Sejati membuka lowongan pekerjaan di bidang Marketing. Dengan surat pengantar ini, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai staf pemasaran di perusahaan yang Anda pimpin.

Informasi data diri:

Nama : Budi Surya
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 12 Juni 1997
Jenis kelamin laki-laki
Pendidikan terakhir: D3 Manajemen
Alamat: Jl. Asia Afrika, Bandung
Telepon/HP: 0812 345 678

Saat ini saya dalam kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik. Saya juga memiliki pengalaman dalam pemasaran dan penjualan selama 2 tahun dan telah meningkatkan penjualan sebesar 30%. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan bahasa Inggris yang fasih, dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data pribadi saya sebagai berikut:

– Ukuran foto 3 x 4
– Fotokopi KTP
– Daftar Riwayat Hidup
– Fotocopy Ijazah Terakhir
– Fotokopi SKCK
– Fotokopi surat pengalaman kerja

Besar harapan saya untuk dipanggil wawancara agar saya dapat menjelaskan secara detail tentang potensi dan kemampuan saya.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Budi Surya

2. Contoh Lamaran Kerja Fresh Graduate dikirim via WA

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth
Bapak/Ibu Pimpinan
PT Loker Pintar
Jl. Sukajadi
Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Hendrik Alna
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 18 Juli 1994
Pendidikan Terakhir: S1
Alamat: Jl. Gegerkalong No 1, Bandung
Telepon (HP): 0854663525255
Email : [email protected]
Status: Belum Menikah

Berdasarkan informasi lowongan kerja dari Linkedin pada tanggal 15 Maret 2021, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai content creator di PT Loker Pintar. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen sebagai berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotocopy Ijazah S1 yang dilegalisir
3. Fotokopi Transkrip
4. Fotokopi kursus dan sertifikat pelatihan
5. Foto Terbaru
6. Fotokopi SKCK

Demikian surat lamaran ini disampaikan. Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan wawancara. Atas perhatian dan waktunya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami

Hendrik Alna

E. Hal yang Dilakukan Setelah Melamar Kerja via Whatsapp

Cara Melamar Pekerjaan Menggunakan Whatsapp

Persoalan melamar pekerjaan ini tidak hanya sebatas pengiriman berkas dan pesan lamaran pekerjaan saja, melainkan juga melihat hal yang perlu dilakukan setelah melamar pekerjaan.

Diantaranya seperti menunggu balasan dengan sabar, dan hindari mengirimkan pesan atau bertanya berkali kali karena hal tersebut dianggap mengganggu kinerja pihak penerima karyawan.

Untuk mengisi waktu luang tersebut, kamu bisa menggunakannya sebagai waktu untuk mengirimkan lowongan pekerjaan di tempat berbeda, bisa melalui Whatsapp ataupun media lainnya.

Dengan begitu, kamu tidak akan terus menerus memikirkan akan balasan dari pihak penerima karyawan yang sudah kamu lamar sebelumnya.

Jika kamu sudah mengetahui pengumuman penerimaan dan dinyatakan belum berhasil untuk lolos ke tahap berikutnya, tetaplah bersikap profesional seperti mengucapkan terimakasih atas jawabannya.

Sebab hal ini juga termasuk dalam cara melamar pekerjaan menggunakan Whatsapp yang sesuai dengan etika.

Itulah penjelasan seputar tata cara mengirim pekerjaan dan hal yang harus dilakukan setelah kamu mendapatkan jawaban atau pengumuman dari lowongan pekerjaan terbaru.

Dari informasi yang telah dijelaskan, diharapkan kamu lebih mengerti dengan cara melamar pekerjaan yang baik dan benar. Yakni dengan mengedepankan etika serta aturan kesopanan yang seharusnya dilakukan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!