Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Pertamina (Persero)

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Pertamina (Persero)? Seperti kita ketahui, PT Pertamina Persero kerap melakukan proses rekrutmen calon karyawan untuk berbagai posisi.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Pertamina (Persero)

Dan juga karena sulitnya menerobos tahapan-tahapan yang akan dihadapi, maka kali ini kami akan mencoba mereview setiap tips dan bocoran agar Anda dapat mengatasinya.

Pastikan semua filenya sudah didapat dan dikirimkan ke tim HR, mengingat banyaknya kompetitor dan peserta yang sangat antusias mengikuti lowongan kerja menjadi karyawan PT Pertamina.

Tahapan proses rekrutmen PT Pertamani adalah sebagai berikut:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di PT Pertamina (Persero)

1. Pemilihan file

Pada tahap ini Anda diminta untuk mengumpulkan beberapa file penting sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Seperti yang kita bahas sebelumnya, coba lengkapi semua file yang diminta.

Hanya kandidat yang dapat menyelesaikan file yang akan dipanggil untuk tes tahap berikutnya. Tipnya adalah coba gunakan bahasa Inggris untuk mengisi formulir yang ada. Karena dibutuhkan kemampuan bahasa inggris untuk mengikuti tes ini.

Untuk file yang dibutuhkan adalah: KTP, NPWP, Jamsostek, Sertifikat Toefl, Sertifikat Pelatihan atau Kursus, Penghargaan berskala nasional / internasional, Scan KTP, NPWP, Jamsostek, Sertifikat Toefl, Ijazah, CV, Transkrip Nilai, Sertifikat Penghargaan, Sertifikat Pelatihan / Kursus .

2. Wawancara HRD

Dalam wawancara ke-H kali ini, Anda akan berhadapan langsung dengan tim HR dari Pertmina. Pertanyaan tentang kehidupan pribadi Anda. Mulai dari menceritakan pengalaman kuliah, pengalaman berorganisasi, pengalaman kerja jika pernah bekerja sebelumnya.

Pertanyaan yang sering diajukan adalah bagaimana Anda menanggapi kehidupan Anda dalam 5 tahun ke depan. Dan apa yang Anda ketahui tentang posisi yang Anda lamar saat ini.

Cobalah untuk memahami tentang posisi yang Anda lamar. Misalkan Anda melamar ke bagian administrasi, software apa yang Anda kuasai? Apa yang telah Anda pelajari tentang sistem administrasi dan sebagainya.

Untuk wawancara ini Anda akan diminta untuk berbicara bahasa Inggris. Bagi anda yang kesulitan berbicara bahasa inggris, cobalah bernegosiasi dengan pewawancara untuk menggunakan bahasa indonesia atau mungkin bisa menggunakan campuran bahasa indonesia dan bahasa inggris.

3. Tes Psikologi

Setelah mengikuti tahapan wawancara HRD, langkah selanjutnya adalah psikotes dan wawancara langsung dengan psikolog. Perusahaan Pertamina menggunakan vendor untuk pengujian ini.

Berikut bocoran psikotes di PT Pertamina:

  1. Tes matematika dasar dan nomor seri matematika
  2. Tes diri dan kepribadian untuk mengetahui apakah kepribadian Anda cocok untuk bekerja pada posisi ini.
  3. Tes memori. Anda akan diberikan beberapa macam gambar kemudian anda diharuskan untuk mengingatnya untuk pertanyaan selanjutnya.
  4. Tes warteg atau lanjutkan menggambar.
  5. Tes Pauli atau tes koran seri matematika dasar
  6. Tes gambar pohon dan manusia

Usahakan untuk membawa alat tulis lengkap untuk kebutuhan Anda. Lakukan semua jawaban dengan cepat secara tepat dan efisien mengingat waktu yang diberikan tidak banyak dengan jumlah soal yang cukup banyak.

Usahakan juga sarapan dulu karena proses psikotes ini memakan banyak waktu dan tenaga untuk berpikir.

Baca juga:

4. Wawancara Psikolog

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Pertamina (Persero)

Untuk tes wawancara dengan psikolog, usahakan menjawab dengan jujur ​​apa adanya dan sesuai dengan pertanyaan saat tes psikolog. Hanya kandidat yang lulus yang akan melanjutkan ke tahap wawancara psikolog ini.

5. Wawancara User

Untuk wawancara user ini, Anda juga diwajibkan membawa beberapa berkas tambahan beserta formulir yang diminta seperti SKCK dan SKBN.

Anda akan berhadapan dengan atasan langsung yang nantinya akan menggunakan jasa Anda. Tetap tenang dan mencoba berkonsentrasi adalah kunci dari wawancara pengguna ini.

Anda akan ditanya lebih banyak tentang pekerjaan teknis yang akan Anda lakukan. Bagaimana Anda menanggapi posisi ini dan tim pewawancara lainnya akan mencoba menjelaskan gambaran umum dari posisi yang akan ditawarkan nanti.

Jika lulus, mereka akan dipanggil untuk mewawancarai manajemen puncak organisasi tempat kami akan ditempatkan nanti. Ujian ini biasanya dihadiri oleh Vice President dan Senior Vice President. Di sini pertanyaan yang lebih umum diajukan seperti visi & misi pelamar, alasan melamar & motivasi

Sisanya hanya akan menanyakan tentang pengalaman Anda selama ini dan kehidupan Anda sehari-hari.

6. Pemeriksaan kesehatan

Jika sudah lolos semua tahapan maka tahapan selanjutnya adalah tahapan uji MCU dan penawaran tanda tangan kontrak. Ini adalah tahap akhir dari tahapan dan seleksi tes perusahaan PT Pertamina.

Tes yang akan Anda ikuti meliputi:

  1. Tes USG
  2. Sampel darah dan urin
  3. Periksa gigi Anda
  4. Tes gula darah dan kolesterol
  5. Dan tes rontgen, mata, pendengaran dan pernapasan

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Pertamina (Persero), semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!