Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT LOTTE Mart Indonesia

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT LOTTE Mart Indonesia? Kali ini kami akan berbagi pengalaman tahapan seleksi Fresh Graduate Trainee Program (FGTP) dari perusahaan Lotte Mart yang merupakan perusahaan retensi terkemuka di kota-kota besar di Indonesia.

Perusahaan retail ternama yang cabangnya bisa Anda temukan di mana-mana. Sungguh pengalaman yang menarik, di sela-sela karir saya pernah mengikuti seleksi FGTP Lotte Mart.

Banyak alumni perguruan tinggi ternama dan terbaik juga mengikuti seleksi FGTP. Universitas Indonesia, UNPAD, ITB, IPB, Airlangga, dan masih banyak lagi fresh graduate yang lolos seleksi online.

Eits, kalau sudah lolos seleksi administrasi, jangan senang dulu ya, trip kamu belum usai. Anda akan menghadapi sesama lulusan baru dari universitas terkenal.

Sebenarnya tidak berbeda dengan program management trainee yang diadakan oleh perusahaan retail lainnya (sebut saja trans retail atau alfamart), FGTP sendiri bertujuan untuk mencari pemimpin perusahaan masa depan.

Baik manajer, manajer senior, atau posisi pemimpin lainnya di perusahaan. Tentu tidak mudah untuk menjadi seorang pemimpin.

Sehingga diperlukan seleksi yang ketat dengan peserta yang memenuhi syarat dari segi akademisi atau profil CV. Sebelum Anda siap mengikuti seleksi FGTP ini, sebaiknya yakinkan diri Anda bahwa Anda sudah siap berkarir di dunia retail.

Berkarir di retail pasti ada kelebihan dan kekurangannya, semua pekerjaan seperti itu. Tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang merupakan pekerjaan paling sempurna tanpa merasa lelah.

Program FGTP ibarat program akselerasi karir di perusahaan lain dengan nama lain management trainee (MT). Anda akan dipersiapkan untuk menjadi pemimpin di perusahaan ini. Berikut tahapan seleksi yang akan Anda jalani:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di PT LOTTE Mart Indonesia

1. Seleksi Administratif

Tahapan tersebut sangat umum seperti pada tahapan pengujian di perusahaan lain. Anda akan diminta untuk mengisi berbagai file dan data pribadi sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Usahakan agar CV Anda semenarik mungkin untuk dilihat.

2. Tes Psikologis

Setelah melalui seleksi dan pengumpulan berkas, tes pertama yang akan Anda hadapi adalah psikotes. Usahakan untuk menjaga tubuh tetap fit dan sarapanlah terlebih dahulu sebelum mengikuti tes ini.

Tahapan selanjutnya adalah psikotes. Materi untuk Tes Psikologi Lotte Mart adalah:

  1. Matematika dasar dan angka
  2. Tes DISC atau tes kepribadian
  3. Tes menggambar dan warteg
  4. Kreplin

Baca juga:

3. FGD (Focus Group Discussion)

Sebagian besar tes FGD menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang yang tidak menyukai sesi diskusi dan debat. Nanti Anda akan diberikan beberapa contoh kasus terkait retail.

Misalnya, kasus seperti bagaimana Anda menangani masalah seperti hubungan dengan karyawan lain atau mengenai pekerjaan teknis seperti pembukaan cabang baru.

Semua peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok tim dimana Anda akan mendiskusikan masalah tersebut nanti. Yang penting ingat ini diskusi bukan debat.

Tips menghadapi FGD ini: JANGAN DIAM. Kamu bukan patung Pancoran. Keterampilan komunikasi Anda akan diukur di sini. Kekuatan analisis, ide, dan kreativitas akan dinilai sebaik dan seadil mungkin.

4. HRD Interview dan User

Sesi wawancara menjadi penentu lulus tidaknya peserta FGTP sebelum medical check up. Saya pikir pemeriksaan kesehatan mutlak diperlukan.

Jika peserta adalah pengguna narkoba, tentunya tidak lolos. Namun jika peserta memiliki penyakit selama penyakit tersebut tidak mengganggu aktivitasnya selama bekerja, maka peserta akan lolos ke tahap pelatihan.

Sesi wawancara untuk versi FGTP berlangsung sangat lama. Satu peserta dapat menghabiskan waktu lebih dari setengah jam (yang menurut saya cukup lama) dengan dua tim HRD siap untuk menanyakan beberapa pertanyaan dasar.

Ingat, jika Anda adalah fresh graduate, Anda harus membuktikan kepada tim HRD bahwa Anda memiliki keterampilan dasar yang dapat Anda bentuk lebih baik jika Anda terus belajar.

Banyak peserta yang gagal pada tahapan FGD, meskipun berasal dari kampus ternama, namun gagal pada FGD dinyatakan tidak lolos tahapan atau wawancara selanjutnya.

Jadi, Anda harus memanfaatkan kesempatan ini karena banyak kandidat yang tidak memiliki peluang yang Anda miliki.

Kali ini kamu akan menjalani tes wawancara dengan 2 orang sekaligus. Tim pewawancara terdiri dari HRD dan user yang akan menggunakan layanan Anda nanti dan akan menghubungi Anda.

Pertanyaan tentang perkenalan diri, pengalaman organisasi, pengalaman kerja jika ada, komitmen jika Anda diterima di perusahaan ini dan nantinya juga diberikan gambaran kasar tentang pekerjaan dan pelatihan yang akan Anda terima.

5. Pemeriksaan Medis

Tahap terakhir adalah tes kesehatan. Tes kesehatan ini sebaiknya Anda berpuasa selama 12 jam terlebih dahulu dan banyak minum air putih.

Bagi Anda yang merokok, sebaiknya Anda juga mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Yang terpenting jangan sampai menyepelekan tahap terakhir ini karena ada juga yang tidak lulus meski sudah mengikuti tes kesehatan ini.

Untuk medical check up tes ini terdiri dari:

  1. Tes fisik (tinggi badan, berat badan, gigi, mata, pendengaran)
  2. Sampel darah dan urin
  3. Sinar-X dan tes darah dan tekanan pernapasan.
  4. Usahakan untuk tidak begadang dan minum banyak air jika perlu.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT LOTTE Mart Indonesia, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!