Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Telkom Indonesia Tbk

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Telkom Indonesia Tbk? PT Telkom sebagai salah satu BUMN terkemuka di Indonesia kerap membuka lowongan kerja untuk berbagai posisi dari situs resminya dengan penempatan kerja di seluruh Indonesia.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Telkom Indonesia Tbk

Kali ini akan mengulas tentang rekrutmen dan pengalaman tes Telkom Access Group di Indonesia. Mulai dari contoh psikotes hingga contoh soal dan tahapan seleksi PT Telkom ini. Berikut tahapan tes dan seleksi:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di PT Telkom Indonesia Tbk

1. Seleksi Administratif

Anda bisa mencari lowongan kerja di website resmi PT Telkom yaitu http://rekrutmen.telkom.co.id

Tipsnya adalah berusaha memenuhi semua file yang diminta, mulai dari transkrip nilai hingga sertifikat, terutama sertifikat TOEFL.

Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mengikuti tes TOEFL di kota Anda sebelum Anda mengisi berkas administrasi. Karena hanya kandidat yang memiliki berkas lengkap yang akan dipanggil di tahap selanjutnya.

2. Seleksi I (Penilaian Online)

a. Sesi 1

Pengisian data dan pencocokan data. Disini kita akan login ke website dari Telkom dan Anda juga diminta untuk mengisi data diri Anda yang menunjukkan bahwa Anda hadir dan sebenarnya Anda tercatat sebagai pelamar yang diundang sebelumnya. Ada juga pertanyaan essay tentang komitmen Anda untuk bekerja di PT Telkom.

b. Sesi 2

Akan ada beberapa tes dalam beberapa hari ke depan. Anda harus bisa mempersiapkan waktu luang untuk ujian dalam beberapa hari ke depan. Tes tersebut berupa:

  1. Tes Kemampuan Kognitif Umum (berisi matematika dasar, ruang gedung dan pengolah kata).
  2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris (hampir seperti tes TOEFL pada umumnya, hanya akan ada lebih banyak pertanyaan tentang analisis suatu kasus atau kasus dalam bahasa Inggris).
  3. Penilaian Pengetahuan (ini adalah tes yang sesuai dengan posisi apa yang Anda lamar. Pelajari lebih lanjut tentang teori dasar yang telah Anda kuasai).
  4. Telkom Way Assessment (tes kepribadian apakah kepribadian Anda sesuai dengan etos kerja di PT Telkom)

Baca juga:

3. Seleksi Tahap II

a. Wawancara online

Sesuai dengan judulnya, nanti Anda akan diwawancarai secara online. Anda akan menerima materi, prosedur dan tahapan bagaimana wawancara tersebut dilakukan melalui email.

Pertanyaannya adalah tentang memperkenalkan diri dan mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini. Yang paling sulit adalah pertanyaan tentang apa yang akan Anda bangun di PT Telkom jika Anda diterima bekerja di sini.

b. Pemberian Informasi Untuk Telkom Essay (GIFT)

Pada tahap ini Anda diminta untuk memberikan saran dan masukan terkait perkembangan Telkom mulai saat ini dan kedepannya. Ekspresikan ide kreatif Anda di sini.

4. Tahap Seleksi Akhir

Akan ada beberapa sesi dalam tes ini yang dibagi menjadi 2 hari

a. Tes psikologi

Tes tersebut berupa: tes menggambar dan tes lanjutan menggambar warteg, serta tes surat kabar Paul

b. Wawancara panel

Lebih mirip wawancara pengguna dengan 2-4 pewawancara. Lebih banyak pertanyaan pribadi dan pertanyaan seputar job description di PT Telkom.

Ini adalah tahap kedua yang saya lalui di tahap akhir tes. Rata-rata orang menghabiskan waktu antara 40 menit – 1,5 jam.

Saya juga kurang paham apa yang menyebabkan perbedaan waktu wawancara, mungkin yang lama memiliki kepribadian yang sangat menarik.

Di panel wawancara ini, saya diwawancarai oleh tiga orang yang masing-masing memiliki peran berbeda dalam wawancara. Pewawancara pertama bertugas untuk menggali biografi kami karena setiap calon karyawan diminta mengisi curriculum vitae dengan format PT. Telkom Indonesia sehari sebelumnya.

Pewawancara kedua fokus pada kompetensi kami sesuai bidang yang kami pilih.

c. Game Bisnis

Tes ini seperti tes FGD di perusahaan lain. Yang membedakan adalah tes ini lebih seperti bermain bagaimana memenangkan tender proyek besar yang akan dibandingkan dengan kelompok lain.

Dalam FGD dan Business Games kali ini kita akan membuat grup diskusi kemudian memberikan mereka permasalahan dan business case.

Kemudian masing-masing peserta akan diberikan kesempatan untuk saling menjawab dan saling merespon untuk menyelesaikan business case yang diberikan.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

5. Tes MCU (Pemeriksaan Medis)

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Telkom Indonesia Tbk

Anda akan diminta berpuasa dulu dan banyak minum air putih. Tes tersebut meliputi sampel darah dan urine, pemeriksaan fisik, tes jantung dan paru-paru serta konsultasi dokter.

Bagi Anda yang merokok, sebaiknya Anda juga mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Yang terpenting jangan sampai menyepelekan tahap terakhir ini karena ada juga yang tidak lulus meski sudah mengikuti tes kesehatan ini. Tes yang akan diperiksa meliputi:

  1. Tes fisik, tinggi dan berat badan, mata dan pendengaran
  2. Sampel darah dan urin
  3. Sinar X

Semakin pagi Anda tiba, semakin cepat Anda akan beres, karena sistem antrian. Dan jangan lupa, sebelum tes kesehatan ini, kita tidak boleh makan apapun (puasa) mulai dari jam 10 malam.

Jadi tes tahap akhir saya ambil tes wawancara dulu, lalu MCU di akhir, ada juga yang wawancara dulu, baru tes kesehatan. Saya mendapat lokasi tes di Bandung jadi tes kesehatan saya di Lab Kesehatan Telkom Bandung.

Sekarang tes kesehatan ini seperti tes kesehatan pada umumnya. Daftar tes kesehatan saya terdiri dari: tes fisik (TB, BB, dll), tes urine, tes darah, rontgen paru-paru, tes ekg, tes audiometri dan konsultasi dokter.

Persiapan untuk tes kesehatan adalah tidur cukup, makan makanan bergizi, kurangi junk food, banyak minum air putih. Jangan lupakan tes buta warna.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Telkom Indonesia Tbk, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!