Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT PLN (Persero)

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT PLN (Persero)? PLN juga sering melakukan rekrutmen untuk mencari calon karyawan baru di perusahaan tersebut.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT PLN (Persero)

Tentunya untuk penempatan regional, jika Anda berhasil melewati tahap seleksi ini, Anda akan ditempatkan di seluruh Indonesia. Anda dapat melihat lowongan kerja dan berbagai tahapan tes melalui website resmi PLN yaitu https://recruitment.pln.co.id/.

Kali ini, kami akan mengulas pengalaman seleksi dan tahapan tes di PT PLN dengan berbagai posisi dan jenjang karir. Berikut adalah langkah-langkah yang akan Anda lalui:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di PT PLN (Persero)

1. Seleksi Administratif

Untuk tes ini Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi dan file data pribadi Anda melalui website.

Berkas-berkas yang harus Anda selesaikan mulai dari KTP, Akta Kelahiran, Ijazah, Transkrip Nilai, Pelatihan Mata Kuliah, TOEFL dan juga penghargaan atau prestasi yang Anda miliki jika Anda memilikinya. Coba selesaikan semua file yang diperlukan.

Saya tidak tahu persis apa yang akan dinilai pada saat seleksi, tapi ketika saya pelajari lebih lanjut, yang perlu kita khawatirkan saat pendaftaran adalah apa yang diinginkan PLN itu sendiri.

Misalnya, ketika diminta TOEFL, isilah TOEFL-nya. Karena pengalaman, teman saya bersikeras untuk mendaftar tetapi tidak memiliki TOEFL pada akhirnya, dia gagal.

Selanjutnya, Anda bergabung dalam organisasi apa? dan menjadi apa di dalam organisasi?

Nah, jika memungkinkan, ketika Anda diminta untuk menceritakan kelebihan dan cerita organisasi saat mendaftar online, cobalah menggunakan bahasa Inggris agar ada nilai plus bagi Anda dibandingkan pelamar lainnya.

2. Tes Akademik dan Bahasa Inggris

Tes ini akan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi bahasa Inggris dan sesi seleksi akademik.

Usahakan untuk tidak menjawab sembarangan pada tes ini, karena jika salah maka skor point anda akan berkurang 1 dan jika benar anda akan mendapat nilai 4, tidak diisi akan mendapat nilai 0.

Untuk tes bahasa Inggris, soal dan materinya hampir sama jika Anda mengikuti tes TOEFL pada umumnya dan untuk tes akademik materinya sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

Jadi lebih baik mempelajari lebih lanjut tentang teori dari perguruan tinggi Anda sebelumnya sebelum mengikuti tes ini.

3. Tes Kecerdasan

Biasanya pada tahap tes ini kamu akan mengerjakannya secara online dengan komputer yang telah disediakan oleh panitia. Materi tes yang akan Anda terima meliputi:

  1. Tes krepline atau biasa disebut tes koran
  2. Tes matematika dasar (statistik dasar dalam bentuk grafik data)
  3. Tes abstraksi (menentukan pola suatu gambar) dan tes verbal (antonim dari sinonim seperti tes bahasa Indonesia).

4. Tes psikologi

Jika Anda terbiasa mengikuti tes psikologi di berbagai perusahaan, maka tes ini tidak akan menemui kesulitan. Seperti pada psikotes di perusahaan lain, pertanyaannya berupa:

  1. Tes kepribadian diri (tidak ada jawaban benar atau salah yang murni berdasarkan kepribadian masing-masing)
  2. Tes Warteg (menggambar pola awal untuk membuatnya menjadi bentuk yang bermakna)
  3. Tes pauli (berupa tes koran dan hampir sama dengan creplin)
  4. Tes menggambar (menggambar pohon dan aktivitas manusia)

Baca juga:

5. Tes kesehatan

hampir seperti tes kesehatan pada umumnya untuk mengetahui apakah anda bisa lebih produktif jika menjadi pegawai di PLN. Tes dimulai dari:

  1. Tes mata (apakah Anda menderita minus, plus atau buta warna)
  2. Tes fisik (Indeks Massa Tubuh, tinggi dan berat badan)
  3. Periksa lingkar perut, darah, rektum, dan nadi
  4. Pemeriksaan kepala, mata, gigi, telinga, hidung, tenggorokan, leher dan dada
  5. Pemeriksaan alat kelamin, ektemitas, pemeriksaan kulit dan keseimbangan.

6. Uji Laboratorium

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT PLN (Persero)

Ini adalah tes kesehatan tahap akhir yang dirangkai menjadi satu kesatuan. Tes ini berupa pengambilan sampel darah, sampel urin, rontgen, paru-paru, audiometri, rekam jantung.

Untuk persiapannya, ada baiknya jika Anda lebih banyak berolahraga terlebih dahulu dan banyak minum air putih serta pola makan yang teratur.

Jangan lupa juga untuk istirahat dan tidur secara teratur. Jangan remehkan tes kesehatan dari PLN ini. Untuk perusahaan lain, biasanya jika sudah melewati tahap ini bisa bernafas lega karena 90% kemungkinan lulus tapi tidak untuk ujian di PLN, masih banyak kemungkinan gagal bahkan pada tahap ini. tahap kesehatan, terutama bagi Anda yang aktif merokok.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT KAI (Kereta Api Indonesia)

7. Wawancara User

Wawancara user ini adalah tahap terakhir Anda sekaligus menentukan apakah Anda diterima atau tidak.

Saat wawancara, kami diminta mengisi formulir seperti kesediaan kami ditempatkan di seluruh Indonesia yang dibubuhi cap tanda tangan. Kami juga disuruh memilih perusahaan yang cocok dengan kami, apakah PLN Holding atau anak perusahaan

Pertanyaan tentang kehidupan pribadi Anda seperti pengalaman kuliah sebelumnya, organisasi, atau pengalaman kerja jika ada. Pertanyaan lain mengenai masalah teknis jika Anda bekerja untuk perusahaan ini.

Jangan lupa untuk mempelajari teori dasar dan pengetahuan tentang posisi yang Anda lamar.

Sebaiknya anda sering membuka website resmi PT PLN untuk mengetahui perkembangan dan berita terkini yang sedang dihadapi PLN sebagai bekal anda saat wawancara user.

Sebelumnya, buat 1 atau 2 pertanyaan yang akan Anda siapkan saat Anda diundang untuk bertanya kepada tim user. Karena pertanyaan ini adalah kunci seberapa besar keinginan Anda untuk bekerja di PLN.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT PLN (Persero), semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!