Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank BTN

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank BTN? Bank BTN yang merupakan salah satu bank berlabel Badan Usaha Milik Negara juga kerap mengadakan seleksi atau rekrutmen yang sering Anda lihat di media online bahkan di bursa kerja.

Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank BTN

Kami akan membahas lebih detail tentang pengalaman seleksi ODP di Bank BTN. Pasti mengetahui alasan mendaftar di bank BTN (Bank Tabungan Negara), tentunya suatu kehormatan bisa bergabung dengan Bank BTN (Bank Tabungan Negara). Sebagai perusahaan perbankan yang memiliki peran penting bagi pergerakan perekonomian di Indonesia.

Terkait program penerimaan jalur ODP di Bank BTN, terdapat beberapa penerimaan jalur ODP seperti penerimaan ODP IT di Bank BTN.

Lalu apa sih arti dari ODP itu sendiri? ODP merupakan salah satu program Bank BTN untuk mencari calon pegawai di level pejabat melalui program karir yang dipersiapkan untuk menjadi generasi penerus pemimpin masa depan di Bank BTN.

ODP merupakan singkatan dari Officer Development Program, hampir sama dengan MT (Management Trainee), hanya saja ODP (Officer Development Program) masih pada tahap petugas yang nantinya dapat menjadi generasi penerus manajemen bagi pimpinan Bank BTN.

Berikut adalah Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank BTN yang bersumber dari forum Kaskus serta pengalaman pribadi dari para pencari kerja lainnya. Berikut langkah-langkah pemilihan Bank BTN untuk semua posisi, baik staf maupun MT:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Bank BTN

1. Seleksi Administratif

Seleksi administrasi ini merupakan kumpulan data dan file yang diminta oleh tim SDM Bank BTN. Bank BTN akan memilah kandidat mana yang berhak mengikuti seleksi selanjutnya berdasarkan berkas yang Anda berikan sesuai standar dari Bank BTN.

Berkas yang diminta adalah CV, fotokopi ijazah, fotokopi transkrip nilai, foto terbaru dan berkas lainnya. Usahakan untuk mengisi semua form dan file yang diminta agar kemungkinan lolos ke tahap selanjutnya semakin besar.

2. Wawancara Awal

Berbeda dengan perusahaan lain yang biasanya melakukan psikotes terlebih dahulu, Bank BTN melakukan wawancara di awal.

Setelah Anda melakukan registrasi online melalui situs rekrutmen Bank BTN, tahapan selanjutnya adalah wawancara awal. Untuk posisi IT BTN ODP, tidak hanya di satu daerah, tetapi beberapa daerah juga membuka pendaftaran IT BTN ODP.

Kenakan pakaian formal seperti kemeja polos, dasi, celana kain, dan sepatu kerja atau pantofel. Hal yang sama berlaku untuk gaya rambut dan wajah kita yang segar.

Tim HRD terdiri dari 3-6 orang dan anda bergiliran memasuki ruangan menghadap 1 orang dari HRD.

Pertanyaan seputar pengenalan diri mulai dari kehidupan kampus, pengalaman berorganisasi dan pengalaman kerja bagi anda yang pernah bekerja sebelumnya.

Pelajari juga tentang produk-produk bank BTN dan apa fungsi dari bank BTN yang merupakan salah satu badan usaha milik negara di Indonesia.

Tahapan ini mungkin masih mudah, namun Anda juga perlu memperhatikan beberapa petunjuk yang harus Anda ikuti, karena tahapan ini menjadi penentu layak tidaknya Anda bergabung dengan Bank BTN.

TIPS: Pastikan Anda tidak terlambat untuk wawancara, sebelum mengikuti proses seleksi wawancara ODP di Bank BTN alangkah baiknya untuk mempersiapkan salam pembuka seperti perkenalan pribadi dalam bahasa Inggris, usahakan tetap tenang, percaya diri, dan selalu tersenyum.

3. Tes Potensi Akademik (TPA)

Tes ini menguji pengetahuan Anda tentang perbankan pada umumnya, dan BTN pada khususnya. Ada juga tes tertulis yang umumnya seperti tes psikologi.

Soal-soal tes pengetahuan tersebut antara lain: tes bahasa Indonesia, tes bahasa Inggris, soal matematika dasar dan seri angka dan yang terakhir adalah tes pengetahuan umum.

Tahapan ini merupakan tahapan yang memakan waktu lama, usahakan sediakan waktu kurang lebih 2,5 jam untuk Tes Potensi Akademik (TPA). TPA ini berisi pertanyaan seperti masalah Bappenas dan masalah TPA CPNS.

Jenis soal yang akan dilakukan antara lain: tes verbal (sinonim, antonim, silogisme, artikel, dll), Numerik/Aritmatika (urutan bilangan, pola, soal cerita, penalaran, matematika dasar, dan sebagainya). lainnya) dan Gambar (pola gambar, ruang bangunan, dll.)

TIPS: Perbanyak latihan soal TPA dengan jenis hafalan bentuk, deret, keterkaitan kata, analogi, silogisme, gambar hilang, ketepatan angka, dan kesimpulan.

Sebelum mengerjakan Tes Potensi Akademik (TPA), usahakan cukup istirahat dan sarapan pagi sebelum mengerjakan soal Tes Potensi Akademik Bank BTN.

Usahakan jangan sampai ada yang mengosongkan jawaban anda, lakukan semampu anda, jangan fokus pada pertanyaan yang membutuhkan waktu lama untuk pengerjaannya, jika anda tidak bisa mengerjakan soal lebih baik mengerjakan soal selanjutnya, maka selesaikan lagi jika ada waktu.

4. Tes Bahasa Inggris

Tahap selanjutnya adalah tes kemampuan bahasa Inggris, tes ini hampir mirip dengan tes TOEFL, prosesnya memakan waktu kurang lebih 2 jam, jadi Anda harus mempersiapkan diri dengan baik dan membutuhkan tubuh yang fit dan stamina yang kuat.

Jika Anda terbiasa mengikuti tes TOEFL, mungkin proses seleksi ini dapat membantu Anda dalam mengerjakan tes bahasa Inggris.

Beberapa bagian dari soal tes bahasa Inggris mirip dengan tes TOEFL, seperti Listening Comprenhension, Written Expression, Reading Comprehension, dan Grammar Structure.

Untuk hasil tes ini tidak bisa melihat langsung skor yang didapat, sehingga tidak bisa menebak hasil dan skor minimal yang bisa lolos ke tahap selanjutnya.

TIPS: Pastikan Anda memiliki stamina yang kuat untuk mengerjakan soal ini dan sarapan dulu sebelum mengerjakan soal.

Sering-seringlah berlatih soal TOEFL, baca lebih lanjut tentang bahasa Inggris, jika perlu mungkin Anda bisa mengikuti tes TOEFL sebelum tes seleksi diadakan.

5. Tes psikologi

Tahapan selanjutnya setelah tes bahasa inggris adalah psikotes, karena kalian tahu psikotes ini membutuhkan waktu yang lama bahkan tes bisa berlangsung selama 4-5 jam non stop.

Bank BTN akan menunjuk vendor untuk seleksi ini. Soal-soal yang akan keluar hampir sama dengan psikotes di banyak perusahaan lain.

Tahapan ini terdiri dari beberapa bagian soal seperti verbal, gambar, numerik, tes kepribadian, tes surat kabar, esai, tes menggambar bentuk tertentu, dan masih banyak lagi.

Jika Anda terbiasa mengikuti rekrutmen di perusahaan lain, maka Anda pasti tidak akan kesulitan mengikuti tes ini. Berikut contoh soal dan materi psikotes Bank BTN:

  1. Tes Pauli atau kraeplin (biasanya kami katakan ini adalah tes korang yang menjumlahkan deretan angka ke atas)
  2. Tes warteg (lanjutkan menggambar dan membuatnya bermakna) dan gambar pohon serta aktivitas manusia
  3. Logika gambar (pencerminan bentuk gambar)
  4. Tes kepribadian (tidak ada jawaban benar atau salah)
  5. Tes antonim dan sinonim untuk kata-kata

Dalam tes ini, cobalah untuk fokus dan lakukan apa yang menurut Anda paling mudah dan cepat untuk dilakukan.

Tidak ada potongan jika Anda mendapatkan jawaban yang salah, jadi lebih baik untuk menjawab semua jika Anda benar-benar kehabisan waktu.

TIPS: Lakukan sesuai dengan kepribadian Anda, dan biasakan mengerjakan soal psikotes. Sebelum mengerjakan soal, pastikan Anda memiliki tubuh yang sehat dan mampu mengerjakan soal serta sarapan pagi sebelum mengerjakan soal.

Baca juga:

6. Wawancara Psikolog

Pada tahap ini Anda akan berhadapan langsung dengan psikolog, dimana tahap wawancara psikologis ini melihat kepribadian dan komitmen Anda untuk digali secara mendalam, mungkin setiap orang akan memiliki pertanyaan yang berbeda-beda yang akan ditanyakan sesuai dengan jawaban Anda.

Umumnya apa yang ditanyakan tentang pribadi, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, tujuan hidup, kekuatan dan kelemahan Anda, bagaimana menghadapi konflik, bagaimana mengisi waktu luang, studi kasus, dan sebagainya.

TIPS: Pada tahap ini dapat dipelajari karena setiap orang memiliki kunci atau formula sendiri-sendiri untuk melewati tahap wawancara.

Rumusnya didasarkan pada pengalaman wawancara Anda sebelumnya. Pada tahap wawancara tidak ada jawaban yang salah atau benar jadi pastikan kamu menjawab sesuai dengan kepribadian kamu.

7. Leaderless Group Discussion (LGD)

Pada tahap LGD (Leaderless Group Discussion), seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing kelompok bisa mencapai 6-8 orang.

Di LGD, masalah khusus akan dibahas oleh masing-masing kelompok dan mencari solusi untuk masalah ini.

LGD ini tidak memiliki moderator yang harus diikuti, oleh karena itu setiap peserta memiliki kesempatan yang sama untuk menyampaikan pendapat dan idenya tentang solusi dari permasalahan tersebut.

TIPS:

  1. Ekspresikan pendapat Anda dengan sopan, jika Anda tidak setuju dengan solusi yang diberikan oleh orang lain, Anda harus mencoba menghargai pendapat itu.
  2. Jangan menyela orang lain saat orang lain itu mengungkapkan pendapat atau berbicara.
  3. Jika pendapat Anda tidak diterima atau ditolak, usahakan untuk tidak memaksakan pendapat Anda.
  4. Di LGD, pastikan Anda memiliki pendapat sekreatif mungkin ketika orang lain memiliki jawaban yang sama, sehingga Anda memiliki nilai tambah karena memiliki pendapat yang berbeda namun tetap terkait dengan topik yang sedang dibahas.
  5. Usahakan agar opini Anda tidak terlalu dominan dan juga tidak terlalu pasif. Yang paling penting adalah Anda mengungkapkan pendapat Anda untuk menyelesaikan masalah.
  6. Menurut pendapat Anda, cobalah untuk menjadi jelas dan to the point dan jangan bertele-tele.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

8. Wawancara User

Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank BTN

Jika lolos maka akan langsung masuk ke langkah selanjutnya yaitu user interview. jika anda melamar posisi cs atau teller maka anda akan di wawancara langsung oleh manajer atau teller cs. Pertanyaan-pertanyaannya seperti:

  1. Pengenalan diri (kuliah, organisasi, pengalaman kerja dan aktivitas sehari-hari)
  2. Mengapa Anda ingin bekerja di dunia perbankan, khususnya di Bank BTN
  3. Apa yang Anda ketahui tentang Bank BTN (terutama produk dari bank ini)
  4. Apa yang Anda ketahui tentang layanan pelanggan, dll
  5. Jangan lupa berpakaian sopan dan formal. Tambahkan dasi jika perlu.

9. Pemeriksaan medis

Tes terakhir adalah medical check up (MCU). Pada pengujian ini yang akan diuji seperti:

  1. Uji sampel darah dan urin
  2. Rekap jantung, paru-paru dan x-ray
  3. Tes mata (minus, plus atau buta warna)
  4. Yang terpenting adalah menjaga tubuh dalam kondisi fit hingga tes kesehatan ini berlangsung. Hindari begadang dan banyak minum air putih serta menjaga pola makan yang sehat.

10. Tahap Akhir Pengarahan Akhir

Jika sudah pada tahap ini berarti sudah diterima sebagai ODP di Bank BTN. Disini akan dijelaskan terkait alur pendidikan, pelatihan, syarat dan ketentuan serta benefit, dan lain-lain.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di Bank BTN, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!